10 Cara Membuka Softlens Baru Dengan Aman

Softlens sekarang ini menjadi salah satu barang yang sangat diandalkan terutama oleh orang yang senang tampil mencolok dan juga bagi orang yang memiliki mata minus, softlens akan menjadi cara yang praktis daripada harus menggunakan kaca mata kemana – mana. Sudah tidak terhitung kasus kacamata yang tertinggal karena terlupa dibawa. Softlens menjadi pengganti kacamata yang praktis, lain dari itu juga Anda mungkin berpikir apa sulitnya membuka satu kemasan baru softlens.

Pada kenyataannya, cara membuka softlens baru mungkin tidak semudah kelihatannya karena kebersihannya harus benar – benar terjaga. Cara membuka yang salah bisa menyebabkan softlens terkontaminasi dan tidak dapat digunakan. Kemasan softlens ada dua macam yaitu kemasan yang terbuat dari plastik berbentuk strip dan kemasan berbentuk botol. Kemasan botol biasanya berguna sebagai salah satu tanda yang menunjukkan kualitas dari softlens itu sendiri, yang artinya Anda membeli softlens impor asli berkualitas baik. Berikut ini adalah cara membuka softlens baru dalam kemasan botol yang benar.

  1. Sebelum membukanya, perhatikan softlens yang Anda beli apakah warna, bentuk kemasan, warna, tanggal kadaluarsa, dan ukurannya sudah sesuai semuanya, dan telitilah dalam tips memilih softlens. Jangan lupa cara membedakan softlens kanan dan kiri.
  2. Carilah tanda di tutup botol softlens berupa segitiga yang menghadap keatas sebelum melakukan cara membuka softlens baru.
  3. Pusatkan kekuatan pada satu titik yaitu jempol dan tarik ke atas atau dorong ke atas tutup botol tersebut tepat pada gambar tanda segitiga tadi.
  4. Dorong perlahan dengan jempol tutup sampai segel alumuniumnya terbuka sedikit demi sedikit, lakukan sampai bungkus alumuniumnya robek.
  5. Anda bisa melindungi jempol agar tidak terkena segel alumunium yang tajam dengan kain atau ujung baju.
  6. Jika bungkus alumunium putus, teruskan dorong sampai lepas ke arah kanan sampai segel alumuniumnya terbuka penuh untuk cara membuka softlens baru.
  7. Ketika segel sudah lepas setelah cara membuka softlens baru, Anda bisa membuka tutup karet dengan mudah agar bisa mengambil softlens di dalamnya.
  8. Pada bagian ini terkadang Anda akan menemui kendala karena softlens masih menempel di dasar botol walaupun sudah dikeluarkan semua cairannya. Anda bisa mengambilnya dengan pinset khusus untuk memudahkan.
  9. Bilas lagi softlens dengan cairan khususnya sebelum digunakan untuk menghilangkan kotoran apapun yang mungkin menempel setelah melakukan cara membuka softlens baru. Jangan pernah menggunakannya atau melakukan cara memakai softlens  tanpa bilasan lebih dulu.
  10. Sebelum menggunakan dan melakukan cara membuka softlens baru atau cara memakai softlens untuk mata sipit, pastikan Anda sudah memiliki wadah softlens dan cairan khusus untuk softlens yang diperlukan. Jangan pernah menggunakan wadah lain dan cairan lain yang tidak dibuat khusus untuk softlens.

Tips yang Perlu Diperhatikan

Anda perlu memperhatikan beberapa aturan sebelum memakai softlens agar tidak mengalami iritasi mata berikut ini :

  • Pastikan tangan bersih sebelum mengeluarkan dan memakai softlens, jika perlu Anda dapat menggunakan sabun antiseptik. Mencuci tangan sangat penting agar kuman yang bersarang di tangan tidak berpindah ke softlens dan menyebabkan infeksi mata.
  • Jangan gunakan softlens lebih dari 8 jam setiap hari. Mungkin jika lensa memiliki daya hantar oksigen rendah maka Anda dapat memakainya hingga 8 jam maksimal, tetapi untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan maka sebaiknya tidak digunakan selama itu.
  • Jangan menggunakan softlens ketika tidur. Ada softlens yang dapat digunakan ketika tidur tapi hanya pada produk dan kondisi tertentu saja atas persetujuan dokter.
  • Selalu periksa kondisi softlens Anda setelah cara membuka softlens baru. Hal ini wajib dilakukan karena menghindari memakai softlens yang kotor dan tidak higienis. Periksa juga tanggal kadaluarsa dan bagian yang rusak atau sobek sehingga harus segera diganti.
  • Anda harus rajin membersihkan softlens dengan wadah yang bersih dan cairan khusus yang baru. Teteskan larutan secukupnya di atas softlens ketika disimpan dan tutup rapat serta simpan dengan baik.
  • Ketika menggunakan softlens, Anda perlu meneteskan cairan khusus ke mata agar mata tidak kering dan berakibat softlens sulit dilepaskan. Teteskan cairan tiap beberapa menit sekali atau ketika dirasa perlu, terutama jika Anda sering berada di ruangan ber – AC. Sebelum menggunakan softlens, lakukan cara mempercantik mata dengan masker kantung mata dan cream untuk menghilangkan kantung mata yang bagus agar mata Anda terhindar dari masalah mata panda dan keriput yang membuat mata tampak kendur sehingga wajah tampak tua.

Mengetahui dan siap mengikuti tata cara pemakaian softlens yang benar sebelum melakukan cara membuka softlens baru sangat diperlukan. Anda tidak dapat memakai softlens jika tidak berkomitmen penuh dan telaten terhadap cara – cara perawatannya. Memakai softlens memang terkadang tampak sangat mudah, akan tetapi bahaya bisa menimpa mata Anda jika tidak melakukan perawatan yang benar. Jika seandainya Anda bukan seorang yang telaten atau cukup memiliki waktu untuk melakukan ritual pemakaian softlens, Anda bisa menggunakan softlens sekali buang yang digunakan setiap hari. Janganlah memaksakan menggunakan softlens jika Anda tidak bisa berkomitmen, karena infeksi mata yang terjadi karena kesalahan pemakaian softlens bisa sangat mengganggu dan berbahaya.