22 Cara Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami Dengan Cepat

Warna kulit di bawah ketiak yang menghitam umumnya bukanlah masalah besar yang mengindikasikan adanya suatu penyakit atau kondisi medis serius. Ketiak yang menghitam lebih umum dilihat sebagai suatu masalah atau kondisi yang timbul sebagai reaksi dari paparan dari beberapa faktor penyebab, seperti kulit bagian tubuh lainnya yang berubah warna menjadi hitam karena terkena sinar matahari.

Penyebab ketiak yang hitam ada banyak faktor, diantaranya akibat pencukuran, pemakaian krim penghilang bulu yang sering, keringat berlebih, terbakar matahari, kurangnya sirkulasi udara di area ketiak, penumpukan sel kulit mati, penggunaan deodoran berbahan alkohol, dan penggunaan antiperspirant tertentu. Kondisi – kondisi yang disebabkan beberapa faktor tadi dapat Anda hilangkan dengan mudah menggunakan bahan rumahan yang alami dan aman serta terjangkau.

Bahan Pemutih Ketiak Hitam

Berikut ini adalah beberapa bahan yang mudah ditemukan di rumah Anda yang dapat digunakan untuk menghilangkan ketiak hitam:

1. Kentang

Kandungan asam sedang yang ada di dalam kentang adalah bahan pemutih alami. Tidak seperti bahan pemutih lainnya yang kuat, kentang tidak akan menyebabkan kulit teriritasi. Cara menggunakan kentang untuk memutihkan ketiak hitam yaitu:

  • Gosokkan sepotong kentang ke bawah lengan Anda
  • Anda juga dapat memarut kentang dan mengoleskannya ke area ketiak.
  • Biarkan selama lima belas atau dua puluh menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Untuk hasil lebih cepat, bisa digunakan sebanyak dua kali sehari.

Selain untuk kulit tubuh, manfaat kentang untuk kulit wajah dan rambut ada beragam, dan dapat digunakan dalam berbagai cara. Diantaranya cara menghilangkan uban dengan kulit kentang dan cara membuat masker kentang untuk wajah.

2. Mentimun

Mentimun tidak hanya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata dalam tiga hari.  Namun juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan daerah kewanitaan dan cara menghilangkan belang di wajah. Seperti kentang, mentimun juga mempunyai khasiat sebagai bahan pemutih alami yang bisa mengatasi masalah perubahan warna pada kulit ketiak. Cara menggunakan mentimun untuk mengatasi ketiak hitam adalah:

  • Oleskan potongan ketimun atau parutan ketimun pada ketiak. Lakukan hal ini satu atau dua kali sehari sampai Anda puas dengan hasilnya.
  • Buatlah ketimun menjadi jus, kemudian campurkan dengan bubuk kunyit dan air perasan lemon secukupnya. Oleskan pasta ini di area yang menggelap, biarkan selama setengah jam dan cuci bersih dengan air. Bisa digunakan seali sehari atau setiap dua hari sekali untuk hasil terbaik.

3. Lemon

Manfaat lemon untuk kulit antara lain digunakan sebagai cara memutihkan tangan. Jeruk lemon berkhasiat sebagai pemutih alami dan memiliki khasiat anti bakteri yang kuat serta bersifat antiseptik. Inilah sebabnya mengapa lemon digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit lainnya selain juga untuk mengatasi warna ketiak yang menghitam. Namun waspadalah karena lemon dapat menyebabkan kulit menjadi kering, karena itulah sebaiknya tidak menggunakan lemon terlalu sering melainkan secukupnya saja. Cara menggunakan lemon untuk memutihkan ketiak hitam yaitu:

  • Untuk menghilangkan sel kulit mati dan mencerahkan ketiak, gosokkan potongan lemon ke kulit ketiak selama beberapa menit. Biarkan air lemon menyerap di kulit selama sepuluh menit. Kemudian bilas sampai bersih menggunakan air biasa. Agar kulit mati meluruh dengan lebih baik, Anda bisa tambahkan sedikit gula di potongan lemon tersebut dan gosokkan ke kulit ketiak. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali seminggu.
  • Alternatif lain adalah dengan menambahkan sedikit bubuk kunyit, madu atau yogurt tawar pada air lemon secukupnya dan gunakan untuk di bawah ketiak. Biarkan selama sepuluh menit dan bilas sampai bersih. Ulangi tiga atau empat kali seminggu.

4. Baking Soda

Untuk perawatan wajah, cara membuat masker baking soda bisa digunakan untuk cara menghilangkan belang di wajah. Baking soda disamping itu juga dapat digunakan sebagai bahan eksfoliasi kulit untuk menghilangkan ketiak hitam. Khasiatnya akan membantu menghilangkan sel kulit mati yang menjadi salah satu sebab utama mengapa kulit ketiak menghitam. Selain itu, baking soda juga dapat membersihkan pori – pori kulit yang tersumbat. Cara membuat baking soda untuk memutihkan ketiak yaitu:

  • Campur baking soda dan air menjadi pasta kental.
  • Gunakan pasta untuk menggosok bagian bawah lengan.
  • Cuci sampai bersih dan keringkan dengan ditepuk – tepuk.
  • Ulangi beberapa kali seminggu.

5. Kulit Jeruk

Berkat khasiat kulit jeruk untuk memutihkan dan mencerahkan, bahan alami yang satu ini bisa digunakan untuk menjadi cara merawat kulit wajah agar putih, cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami, dan cara mememutihkan kulit di bawah lengan. Cara menggunakan kulit jeruk untuk memutihkan ketiak yaitu:

  • Jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari selama beberapa hari sampai mengering sepenuhnya.
  • Giling kulit jeruk hingga menjadi bubuk.
  • Campur dua sendok teh bubuk kulit jeruk dengan air mawar secukupnya dan susu untuk menjadi pasta kental,
  • Gosok bagian bawah lengan Anda dengan lembut dan biarkan selama sepuluh sampai lima belas menit
  • Bersihkan area tersebut dengan air dingin.
  • Anda bisa mengulanginya sebanyak dua atau tiga kali seminggu.

6. Minyak Kelapa

Salah satu cara memutihkan ketiak atau tips memutihkan ketiak adalah menggunakan minyak kelapa. Kandungan vitamin E didalamnya dapat membantu mencerahkan area bawah lengan. Pada saat yang sama, minyak kelapa juga dapat berfungsi sebagai deodoran alami untuk menjadi cara alami menghilangkan bau badan dan ketiak berlebih. Cara menggunakan minyak kelapa sebagai cara memutihkan ketiak yaitu:

  • Pijat ketiak yang menghitam dengan minyak kelapa.
  • Biarkan selama sepuluh atau lima belas menit.
  • Bersihkan dengan sabun yang ringan dan air hangat.
  • Anda bisa melakukan perawatan ini dua atau tiga kali seminggu hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

7. Susu

Sebagai cara memutihkan ketiak lainnya, Anda bisa menggunakan manfaat susu untuk kulit wajah dan tubuh dengan cara membuat lulur susu yang mudah. Vitamin dan asam lemak yang ada di dalam susu dapat membantu meminimalkan ketiak yang menghitam. Juga melembutkan kulit dan membuat warna kulit menjadi semakin terang. Cara menggunakan susu untuk memutihkan ketiak yaitu:

  • Campur dua sendok makan susu full fat , satu atau dua sendok makan tepung dan satu sendok makan yogurt tawar untuk membuat pasta yang kental. Oleskan ke bawah ketiak dan biarkan selama lima belas menit sebelum dicuci dengan air dingin. Ulangi beberapa kali seminggu secara teratur.
  • Alternatif lain adalah untuk merendam beberapa helai saffron dalam dua sendok teh susu selama lima belas atau dua puluh menit. Anda juga dapat menambahkan sedikit madu. Oleskan ramuan ke kulit ketiak dan biarkan selama paling tidak dua puluh sampai tiga puluh menit sebelum membersihkannya. Lakukan cara ini setiap hari sampai Anda puas dengan hasilnya.

8. Cuka Putih

Cuka juga dapat menjadi bahan penyelamat Anda untuk menyingkirkan ketiak yang menghitam. Bahan ini tidak saja akan mencerahkan warna kulit, namun juga membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan bau ketiak. Jadi, cuka dapat menjadi cara menghilangkan bau ketiak secara alami dan ampuh. Cara menggunakan cuka sebagai cara memutihkan ketiak adalah:

  • Campur tepung beras dengan cuka secukupnya untuk membentuk pasta tebal, tambahkan air sedikit jika perlu.
  • Mandilah dengan air hangat dan setelahnya gunakan pasta ini ke bawah lengan.
  • Biarkan mengering selama sepuluh sampai lima belas menit.
  • Bilas menggunakan air hangat sampai bersih.
  • Ulangi perawatan ini beberapa kali seminggu.

9. Cuka Apel

Cuka apel dapat membantu memutihkan ketiak dengan manfaat asamnya yang menengah dan  juga mencerahkan kulit dengan mencegah penumpukan sel kulit mati. Sebelum digunakan, sebaiknya Anda mencobanya lebh dulu agar tidak mengiritasi kulit. Cara menggunakan cuka apel untuk memutihkan ketiak yaitu:

  • Siapkan satu atau dua sendok makan cuka apel dan campur dengan sedikit air. Oleskan pada ketiak dan biarkan selama beberapa menit. Ulangi selama beberapa minggu.
  • Aduk satu sendok teh cuka apel dan baking soda sampai merata, tunggu buihnya menghilang. Gunakan ramuan ini untuk kulit di bawah ketiak dan biarkan mengering. Bilas dengan air biasa, Anda dapat lanjutkan perawatan ini secara teratur.

10. Minyak Telur

Minyak telur mengandung Omega 3 yang dapat membantu pertumbuhan sel kulit baru yang dapat membuat kulit tampak terang dan halus. Cara menggunakan minyak telur untuk memutihkan ketiak yaitu:

  • Ambil minyak telur secukupnya dan gosokkan pada area di bawah ketiak.
  • Pijat perlahan selama beberapa menit dan biarkan semalaman.
  • Cuci atau bilas keesokan malamnyamenggunakan sabun yang mengandung PH seimbang atau sabun dan air.

Anda bisa melanjutkan secara rutin untuk menghilangkan ketiak yang hitam.

11. Tepung Gram

Tepung gram atau disebut juga tepung besan adalah salah satu cara mengeksfoliasi sel kulit mati yang juga memutihkan ketiak hitam jika digunakan secara teratur. Cara menggunakan tepung gram yaitu:

Campur dua sendok teh tepung gram dan satu sendok makan yogurt dan satu sendok yogurt, dan sejumput bubuk kunyit.

  • Oleskan ke ketiakmu dan pijat selama aekitar lima menit.
  • Tunggu sampai mengering atau selama tiga puluh menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Pada minggu pertama, Anda bisa mengikuti instruksi ini setiap hari dalam seminggu lalu setiap dua kali seminggu untuk hasil yang lebih efektif dan cepat.

Tepung gram juga dapat digunakan pada cara menghilangkan bulu kaki secara alami agar kulit kaki tampak halus dan mulus.

12. Cendana

Cendana adalah salah satu bahan yang bagus untuk mengatasi ketiak menghitam, karena mangandung khasiat mencerahkan kulit. Selain itu wangi alaminya akan melenyapkan bau badan. Cendana juga dapat menenangkan perasaan seperti terbakar pada kulit. Cara membuat cendana untuk memutihkan ketiak yaitu:

  • Campur dua sendok makan bubuk cendana dengan satu sendok makan air mawar. Aduk hingga merata dan oleskan ke bawah lengan. Biarkan selama lima belas menit atau sampai mengering. Bersihkan dengan air dingin dan ulangi setiap hari.
  • Campur satu sendok teh bubuk cendana, susu dan air perasan lemon serta tepung gram. Tambahkan sejumput bubuk kunyit dan aduk sampai rata. Oleskan ke bagian ketiak dan aduk sampai rata. Tunggu selama dua puluh sampai dua puluh lima menit dan bersihkan dengan air. Anda bisa mengulangi perawatan ini secara teratur.

13. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung anti oksidan serta komponen lain yang dapat mencegah bau badan serta mencerahkan kulit. Cara menggunakan minyak zaitun untuk memutihkan ketiak yaitu:

  • Campur tiga sendok makan minyak zaitun extra virgin dan satu cangkir gula merah.
  • Basahi kulit ketiak dan oleskan ramuan tersebut.
  • Biarkan selama lima menit dan cuci dengan air.
  • Ulangi dua kali seminggu.

14. Yogurt

Kombinasi dari yogurt dan madu dapat membantu memperbaiki ketidak sempurnaan yang menyebabkan perubahan warna kulit dan juga menetralkan bau badan. Cara menggunakan yogurt untuk memutihkan ketiak yaitu:

  • Siapkan satu atau dua sendok makan yogurt dan gunakan pada kulit ketiak.
  • Gosokkan yogurt dengan lembut pada ketiak yang menghitam dan tunggu beberapa menit.
  • Bilas dengan air sampai bersih dan ulangi setiap hari.
  • Anda juga dapat menambahkan manfaat madu untuk kulit agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

15. Apel

Apel mengandung fungsi AHA untuk kulit untuk membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan ketiak menghitam. Selain itu apel juga dapat memberikan manfaat eksfoliasi untuk kulit dengan meluruhkan sel kulit mati. Cara menggunakan apel untuk kulit ketiak yang menghitam yaitu:

  • Siapkan satu atau dua buah apel dan hancurkan.
  • Gunakan apel pada kulit ketiak sambil dipijat dengan lembut selama beberapa menit.
  • Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bersihkan dengan lap handuk yang lembut.
  • Anda bisa melakukan perawatan ini satu atau dua kali seminggu.

16. Pepaya

Manfaat pepaya untuk kulit diambil dari enzimnya yang dapat mencerahkan dan mengeksfoliasi kulit. Cara menggunakan pepaya untuk memutihkan ketiak yaitu:

  • Ambil sepotong pepaya dan gosokkan ke kulit ketiak.
  • Anda juga bisa membuat jus pepaya dan mengoleskannya ke area ketiak.
  • Biarkan selama lima belas atau tiga puluh menit
  • Bilas dengan air sampai bersih.
  • Lanjutkan perawatan ini selama tiga sampai empat kali seminggu untuk memutihkan area di sekitar ketiak.

Mencegah Ketiak Menghitam

Anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mencegah ketiak menghitam:

  1. Hindari deodoran – Salah satu penyebab ketiak hitam adalah penggunaan deodoran. Anda dapat mengganti deodoran atau antiperspirant dengan bahan alami. Bahan deodoran alami adalah baking soda, minyak kelapa atau air mawar.
  2. Hindari mencukur  – Anda bisa melakukan waxing sebagai ganti kebiasaan mencukur ketiak. Hindari juga penggunaan krim pencukur bulu ketiak yang dapat membuat warna kulit ketiak menghitam.
  3. Rajin mandi – Membersihkan tubuh atau mandi dapat menghilangkan semua kotoran di tubuh termasuk di ketiak dan tidak membuat kulit mati menumpuk serta menjadikan kulit ketiak menjadi gelap.
  4. Biarkan kulit bernapas – Gunakan pakaian yang berbahan nyaman dan tidak membuat kulit kesulitan mendapat sirkulasi udara. Kulit yang menghitam juga bisa disebabkan karena kurang mendapatkan udara di pori – porinya.
  5. Eksfoliasi – Lakukan pengelupasan kulit menggunakan bahan alami secara teratur untuk membuat ketiak tidak berubah warna menjadi gelap.
  6. Pelembab – Gunakan pelembab alami seperti lidah buaya, lesitin atau minyak kelapa untuk menjaga kelembaban dan mencegah iritasi di kulit ketiak Anda.

Semua perawatan ini bisa Anda coba sebagai cara memutihkan ketiak hitam, namun tingkat keberhasilannya mungkin tidak akan sebaik jika Anda juga menghindari berbagai hal yang dapat menyebabkan ketiak hitam tersebut. Cobalah untuk melakukan beberapa langkah pencegahan seperti yang telah disebutkan diatas agar warna kulit pada ketiak Anda tidak kembali menjadi gelap.