14 Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering Secara Alami

Kaki yang mulus dan halus pasti akan menjadi salah satu keunggulan dalam penampilan fisik wanita. Dengan memiliki kaki yang terawat, tidak perlu lagi menutupi kaki dengan stoking jika mengenakan busana yang memperlihatkan bagian kaki.  Menjaga kesehatan kulit kaki adalah merupakan cara menjaga penampilan diri wanita. Tapi apa jadinya jika kaki tampak kering dan bersisik? Pastinya akan merasa tidak nyaman untuk menunjukkan kaki yang kering dan bersisik jika keluar rumah.

Salah satu faktor yang menyebabkan kulit kaki menjadi mudah kering adalah karena tidak terdapat kelenjar minyak pada kulit kaki. Kulit kaki yang kering tidak hanya tampak tidak enak dilihat, tetapi juga terasa tidak nyaman. Bahkan terkadang bisa terasa gatal, dan bahaya dari menggaruk bagian yang gatal tersebut bisa menyebabkan infeksi kulit karena kuman masuk dari luka yang diakibatkan garukan.

Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Bahan Alami

Ramuan yang terbuat dari bahan alami sangat baik untuk menjadi cara mengatasi kulit kering dan bersisik secara alami pula. Sebelum melakukan perawatan dengan bahan alami ini, pastikan untuk mencuci bersih kaki terlebih dulu. Perawatan tidak akan efektif jika kaki dalam keadaan kotor. Juga sediakan tempat yang lega dan alasi lantai dengan kain agar ruangan tetap bersih dan rapi, sehingga bahan yang dipakai dalam perawatan tidak mengotori rumah atau perabot. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit kaki yang kering adalah:

1. Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Mentimun

Manfaat timun untuk mata dan wajah sudah sering digunakan untuk merawat kantung mata dan dibuat menjadi masker wajah. Mentimun dapat bermanfaat sebagai cara menghaluskan kulit kaki yang kasar dan kering.Cara memakainya yaitu dengan menghaluskan mentimun secukupnya, lalu gunakan mentimun yang sudah halus tersebut untuk pijat kaki yang kering. Biarkan selama beberapa menit, lalu cuci bersih kaki dengan air.

2. Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat menjadi salah satu bahan alami yang bagus untuk mengatasi kulit kering dan juga menjadi cara menghilangkan flek hitam di kaki. Cara menggunakannya yaitu dengan mengosokkan jeruk nipis yang sudah agak tua di telapak kaki atau bagian lain kaki yang kering. Biarkan selama beberapa menit lalu bersihkan kaki dengan menggunakan air. Untuk perawatan rambut, cobalah cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis.

3. Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Pisang

Kulit kaki yang kering dapat diatasi dengan menggunakan manfaat pisang untuk kulit tubuh. Pisang jenis apa saja bisa digunakan untuk merawat kulit kaki yang kering ini. Caranya sangat mudah, hancurkan buah pisang secukupnya sampai lumat. Kemudian balurkan ke bagian kaki yang kering, biarkan beberapa menit lalu bilas sampai bersih.

4. Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Alpukat

Manfaat alpukat untuk kulit sangat berguna jika digunakan untuk merawat kecantikan kulit, baik kulit wajah atau tubuh kita. Alpukat dapat membantu memberi kelembaban pada kulit yang kering, termasuk kulit kaki. Cara memakai buah alpukat untuk kaki sangat sederhana, hanya tinggal menghancurkan daging buahnya yang sudah dikupas sampai lumat. Kemudian balurkan ke bagian kaki yang kering, tunbbu beberapa menit lalu bilas sampai bersih dengan air.

5. Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Nanas

Jus nanas bisa menjadi salah satu bahan dalam perawatan kulit yang menggunakan cara menghilangkan tahi lalat. Buah eksotis ini juga memiliki manfaat bagi kulit kaki yang kering. Cara menggunakannya yaitu terlebih dulu nanas diparut, lalu gosokkan pada kaki yang kering. Kemudian cuci kaki sampai bersih setelah beberapa menit.

6. Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Susu

Manfaat susu untuk kulit adalah untuk memberi kelembaban bagi kulit yang mengalami kekeringan. Jika Anda merasa kulit kaki mulai kering, ambillah sedikit susu yang ada di rumah. Jika ada, lebih bagus menggunakan susu yang dingin. Tuangkan ke dalam baskom atau wadah yang bersih. Celupkan waslap atau kain yang lembut. Lalu gosokkan susu tersebut ke bagian kaki yang kering selama lima menit. Susu memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa menghilangkan rasa gatal akibat kulit kering.

7. Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Oatmeal

Oatmeal bukan hanya berguna sebagai makanan sehat untuk mencegah sakit jantung dan kolesterol, tetapi juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan dalam cara memutihkan badan secara alami dan cara menghilangkan bulu ketiak secara alami. Kulit kaki yang kering pun bisa diatasi menggunakan oatmeal. Caranya harus dilakukan saat Anda mandi dan menggunakan bath tub, karena untuk menggunakan oatmeal kaki harus direndam seluruhnya. Campurkan dua cangkir penuh oatmeal atau lebih ke dalam bath tub yang telah diisi air hangat, sesuaikan dengan kebutuhan. Kemudian rendam kaki Anda ke dalam air tersebut, jika ingin juga bisa merendam seluruh badan. Berendamlah selama 20-30 menit. Lakukan perawatan ini sekitar dua kali seminggu.

8. Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Gula dan Garam

Manfaat garam untuk kulit dan manfaat gula untuk kulit yaitu bisa memberikan efek pengelupasan kulit mati dengan menggunakan butirannya yang kasar. Cara menggunakannya yaitu siapkan gula atau garam secukupnya, minyak nabati pilihan yang biasa digunakan juga dalam jumlah secukupnya. dan air. Campurkan semua bahan lalu gosokkan pada kaki yang kering selama beberapa menit saja. Setelah dirasa cukup, bersihkan kaki dengan air, gunakan air hangat supaya pori – pori terbuka. Gula juga dapat menjadi cara menghilangkan belang di wajah.

9. Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Minyak Zaitun

Jenis minyak esensial apapun sebenarnya baik untuk memberi kelembaban pada kulit yang kering, namun minyak zaitun adalah pilihan yang paling mudah didapat. Pakai minyak zaitun di bagian kaki yang kering pada malam hari sebelum tidur. Beri pijatan sedikit untuk kaki Anda, kemudian bungkus dengan kaus kaki dan gunakan celana panjang untuk tidur, juga alasi seprai agar tidak ternoda minyak. Minyak zaitun dapat menjadi cara mengatasi kulit mengelupas di tangan dan cara menghaluskan telapak tangan.

10. Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni atau Extra Virgin Coconut Oil dapat digunakan untuk cara menghilangkan bekas luka. Selain itu, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk merawat kulit kaki yang kering. Cara penggunaannya sama dengan minyak zaitun, yaitu dioleskan ke kaki kering sebelum tidur dan diberi pijatan sedikit. Kemudian bungkus kaki dengan kaus kaki dan gunakan celana panjang serta alas untuk sprei agar tidak kotor oleh minyak.

Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Produk Perawatan Kulit

Kulit kaki yang kering bisa diatasi dengan berbagai cara. Diantaranya, menggunakan produk perawatan kulit yang sudah tersedia di pasaran. Beberapa produk yang bisa digunakan antara lain:

1. Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Menggunakan Pelembab Mengandung AHA

Kulit kering dapat dirawat dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid). Salah satu fungsi AHA untuk kulit adalah untuk mengatasi penyebab kulit kering dengan efektif. Pelembab yang mengandung AHA dapat menghilangkan kulit yang kering, keras, dan bersisik, sekaligus mempertahankan kelembaban di dalam kulit. Cara yang paling bagus memakai pelembab adalah saat sehabis mandi, ketika kulit masih agak basah. Oleskan pelembab di kulit kemudian keringkan tubuh dengan ditepuk – tepuk menggunakan handuk.

2. Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Menggunakan Pelembab Mengandung Lanolin

Lanolin adalah salah satu dari beberapa produk yang bisa memberikan kelembaban yang tahan lama bagi kulit. Lanolin adalah produk berbentuk krim yang terbuat dari lemak yang dihasilkan dari kulit domba. Manfaatnya bisa mengatasi kulit yang kering, kasar dan pecah – pecah. Lanolin hanya digunakan untuk produk luar dan bukan untuk dikonsumsi. Balurkan krim lanolin ke kaki yang kering setiap hari selama seminggu pertama, lalu lanjutkan setiap tiga atau empat hari sekali. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah , Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering)

3. Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Petroleum Jelly

Untuk menghilangkan kulit yang kering, Anda tidak bisa menggunakan pelembab untuk kulit kering dan kusam yang berbahan dasar air atau berparfum. Sebaliknya, yang dibutuhkan adalah lotion yang kental dan padat kandungannya, seperti petroleum jelly yang mampu melembutkan kulit kering. Bagi beberapa orang, petroleum jelly mungkin terlalu berminyak dan sulit diratakan pada kulit. Untuk mengatasinya, cara memakai petroleum jelly dengan menggosokkannya dulu pada kedua telapak tangan. Kemudian baru balurkan ke kulit kaki yang kering. Pakai pada malam hari sebelum tidur dan biarkan semalaman.

Zat Kimia Dalam Produk Perawatan Kulit yang Harus Dihindari

Jika Anda sedang mengalami masalah kulit kaki yang kering, Anda perlu memperhatikan bahan – bahan apa saja yang terkandung di dalam produk perawatan kecantikan Anda. Beberapa zat yang terkandung dalam produk perawatan kulit harus dihindari karena bisa menyebabkan kulit makin kering.

1. Retinoid

Walaupun retinoid sudah dikenal secara luas sebagai zat kimia yang ampuh mengobati jerawat pada orang dewasa, kulit keriput, psoriasis dan kutil, serta dapat menjadi cara menghilangkan komedo putih di hidung, tetapi zat ini juga mempunyai efek samping. Retinoid bisa menjadi zat yang terlalu keras untuk kulit kering, karena dapat membuatnya semakin kering yang akan memicu iritasi pada kulit.

2. Benzoyl Peroxide

Ini adalah salah satu zat kimia selain retinoid yang biasa digunakan untuk mengobati jerawat. Benzoyl Peroxide juga tidak cocok digunakan pada kulit yang kering karena selain dapat menyebabkan iritasi, juga dapat menyebabkan kulit mengelupas, gatal dan memerah.

3. Alkohol

Sebagian besar produk perawatan kulit mengandung alkohol, karena alkohol dapat membantu penyerapan produk ke dalam kulit. Gel dan lotion mengandung alkohol lebih tinggi daripada produk yang lainnya. Gantilah gel atau lotion kulit Anda yang mengandung alkohol dengan krim yang konsentrasinya lebih kental dan tidak mengandung alkohol. Jika ingin menggunakan alkohol untuk perawatan kecantikan, cobalah menggunakan manfaat alkohol untuk rambut.

4. Salicylic Acid

Apabila digunakan dengan benar, Salicylic Acid bisa menjadi bahan untuk melembutkan kulit. Namun jika dibeli bebas tanpa resep dokter dan digunakan pada kulit yang sangat kering, akibatnya justru bisa berbahaya. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba menggunakan Salicylic Acid pada kulit, tanyakan dosis yang pas untuk digunakan.

5. Pewangi dan Pengawet

Bahan pewangi dan pengawet dalam produk kecantikan biasanya menjadi penyebab alergi pada kulit, misalnya penyebab alergi kulit wajah. Akan tetapi tidak hanya kulit wajah saja, kulit seluruh tubuh pun bisa mengalami alergi karena produk yang mengandung kedua bahan tersebut, termasuk kulit pada kaki. Selain alergi, pewangi dan pengawet pun bisa menimbulkan iritasi pada kulit dan menjadi kering serta mengelupas. Pilihlah produk yang tidak mengandung wewangian atau pengawet agar lebih aman.

Hal yang tidak kalah penting yaitu untuk menghindari terlalu banyak terekspos sinar matahari dan mandi air panas, karena hal – hal tersebut juga memiliki kontribusi terhadap kulit kering. Anda bisa mencoba beberapa cara yang telah disebutkan untuk merawat kulit kaki Anda yang kering. Apabila belum juga menunjukkan hasil yang signifikan setelah beberapa lama mencoba perawatan rutin, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan berkonsultasi dengan dokter kulit agar dapat memastikan penyebab serta pengobatannya.