10 Cara Mengatasi Kulit Kering Akibat AC

Seharian berada di luar ruangan seringkali membuat kulit kusam, tapi bukan berarti jika seharian didalam ruangan kulit akan tetap sehat. Ada banyak faktor yang membuat kulit kurang sehat saat didalam ruangan, salah satunya adalah AC.

Berada didalam ruangan berAC akan membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Berikut cara mengatasi kulit kering akibat AC yang dapat Anda coba.

1. Minum Air 8 Gelas Sehari

Ketika bekerja didalam ruangan ber-AC seharian, tentu Anda tidak akan merasa kepanasan. Tapi tanpa disadari, hal ini berdampak buruk bagi kulit wajah Anda.

Apalagi jika perawatan yang dilakukan tidak tepat, kulit justru akan semakin kering. Salah satu untuk mengatasinya secara alami adalah dengan minum 8 gelas air setiap hari.

Walaupun saat didalam ruangan berAC tubuh tidak berkeringat, bukan berarti boleh mengurangi anjuran mengonsumsi air setiap harinya. Karena air akan menjaga tubuh tetap sehat dan kulit terjaga kelembabannya.

2. Mengonsumsi Buah dan Sayuran Segar

Selain rutin mengonsumsi air putih, buah dan sayuran segar juga akan membantu menjaga kesehatan dan kelembaban kulit dari dalam. Jadi saat

Anda selalu bekerja di dalam ruangan berAC, pastikan kebutuhan buah dan sayur terpenuhi. Selain itu pilihlah buah yang memgandung banyak air seperti semangka, pir ataupun melon.

Selain buah, pastikan juga untuk mengonsumsi sayuran yang kaya akan vitamin C seperti tomat. Vitamin didalam tomat akan meningkatkan produksi kolagen, serta menjaga kulit agar awet muda.

Kandungan likopen didalam tomat juga bisa menjadi tabir surya alami, yang mampu menjaga kulit saat terkena sinar matahari dan membuat kulit tetap elastis.

3. Rutin Mengonsumsi Vitamin

Rutin mengonsumsi sayur dan buah seringkali masih dirasa kurang. Sehingga diperlukan asupan vitamin agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Tapi pastikan vitamin yang di minum kaya akan antioksidan baik, salah satunya adalah vitamin E. Vitamin E akan membantu menjaga kesehatan dan menutrisi kulit yang rusak akibat radikal bebas.

4. Menggunakan Humidifier

Humidifier bisa menjadi solusi untuk melembabkan udara di ruangan berAC. Alat ini akan menyemprotkan uap air yang mampu menjaga kelembaban di dalam ruangan.

Selain humidifier, Anda juga bisa menggunakan meletakkan baskom berisi air dibawah AC. Dengan cara ini kelembaban udara akan terjaga, karena air di dalam ruangan perlahan akan menguap.

5. Menggunakan Pelembab

Tidak hanya menjaga kelembabab udara, menjaga kelembaban kulit juga perlu dilakukan agar kulit tidak menjadi kering. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pelembab atau moisturizer. Pelembab dapat digunakan oleh semua jenis kulit termasuk kulit berminyak.

Penggunaan pelembab sangat membantu untuk menjaga agar kadar air dalam kulit tidak hilang dengan cepat. Sehingga kulit wajah akan tetap terhidrasi bahkan saat berada didalam ruangan berAC sekalipun.

6. Rutin Memakai Face Oil

Agar rutinitas skincare mampu menjaga kelembaban kulit, face oil bisa menjadi solusinya. Face oil akan membuat kulit tetap lembab dan ternutrisi, apalagi skincare ini terbuat dari minyak alami yang berasal dari tumbuhan. Untuk hasil maksimal gunakan face oil sebelum memakai pelembab.

7. Menggunakan Face Mist

Face mist bisa menjadi salah satu solusi untuk kulit kering akibat AC. Cara penggunaan face mist sangatlah mudah, cukup disemprotkan saja ke wajah.

Ada beragam variasi face mist yang dapat dipilih, walaupun begitu semua produk face mist akan menghidrasi kulit secara instan serta mengandung beragam vitamin, essential oil dan ekstrak.

Selain itu, pilihlah face mist sesuai kebutuhan kulit wajahkarena ada beberapa face mist yang bisa menenangkan kulit, mengontrol minyak berlebih dan anti-aging.

8. Lip Balm Untuk Bibir Kering

Selain melakukan perawatan agar wajah tidak kering saat di ruang berAC, bibir juga membutuhkan perawatan agar tidak kering dan pecah-pecah.

Salah satu tips agar bibir tetap lembab, gunakanlah lip balm agar kelembaban bibir tetap terjaga. Setelah menggunakan lip balm, Anda bisa tetap menggunakan lipstik.

9. Rutin Memakai Sleeping Mask Sebelum Tidur

Jika saat tidur Anda juga menggunakan AC, tentu rutinitas skincare pada malam hari memerlukan produk yang menjaga kelembaban. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sleeping mask. Tidak hanya menjaga kelembaban kulit, sleeping mask juga membantu menutrisi kulit.

Sleeping mask dapat mengunci kelembapan kulit dan lebih ampuh dibandingkan krim malam yang cepat menguap. Beragam nutrisi didalam sleeping mask akan lebih cepat terserap bahkan masuk hingga ke dalam lapisan kulit.

Walaupun begitu, ada juga yang tidak terserap guna melindungi kulit dari kotoran dan debu.

10. Menggunakan Sunscreen

Tidak hanya diperlukan saat beraktivitas di luar ruangan, sunscreen juga tetap dibutuhkan saat bekerja didalam ruangan. Karena sinar matahari tetap dapat masuk ke ruangan dari jendela kaca.

Tidak hanya melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari, sunscreen juga akan menjaga kelembaban kulit. Saat beraktifitas didalam ruangan saja, sunscreen SPF 30 sudah mampu melindungi kulit.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit kering akibat AC. Untuk menjaga kelembaban kulit bisa dilakukan dengan cara alami maupun menggunakan produk skincare. Pastikan untuk melakukannya secara rutin agar hasil yang didapat bisa maksimal.