Sponsors Link

21 Cara Mengatasi Kulit Kering Dan Gatal Dengan Mudah

Sponsors Link

Ketika kulit mu mengalami gangguan seperti gatal-gatal, kulit kering, kulit kusam dan bersisik, maka sebaiknya segera atasi hal tersebut dengan baik. Jika kamu mengalami gangguan kulit, pasti hal tersebut akan membuat mu merasa tidak nyaman untuk beraktivitas. Gangguan kulit bisa saja terjadi pada laki-laki maupun perempuan, dan hal tersebut bisa saja terjadi secara tiba-tiba. Berikut ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi kulit kering dan gatal-gatal, yuk simak yang berikut ini.

ads

Baca Juga :

Pemicuh Gangguan Pada Kulit

Gangguan pada kulit bisa saja terjadi pada siapapun, dan kali ini kita akan membahas tentang apa saja faktor pemicuh terjadinya gangguan pada kulit.

  • Salah makan / alergi makanan
  • Keturunan
  • Alergi debu
  • Alergi pada tumbuhan
  • Alergi obat
  • Tertular orang lain
  • Alergi susu
  • Gaya hidup tidak sehat
  • Jorok dan lain sebagainya

1. Mandi Lebih Sering

Tahukah kamu jika dengan mandi 2 kali sehari, ternyata tidak cukup membuat tubuh beberapa orang tetap bersih dan sehat. Jika kamu adalah orang yang mudah sekali mengalami gatal-gatal, maka mandi 2 kali sehari bukanlah hal yang tepat. Karena kamu harus lebih sering mandi, dan paling tidak mandilah sehari 3 kali. Dengan mandi sehari 3 kali akan membuat tubuh mu lebih lembab dan tidak kering alias bersisik. Selain itu mandilah dengan benar, gunakan air bersih dan sabun yang seuai dengan jenis kulit mu. Menggunakan sabun saja tidak cukup jika kamu mandi, karena kamu juga harus memperhatikan ketelitian dalam membersihkan badan mu.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Uban Dengan Kulit KentangPensil Alis Waterproof

2. Menggunakan Sabun Yang Megandung Moisturizer

Mandi dengan air bersih saja tidak cukup untuk membuat kulit mu tetap lembab dan sehat. Jika kamu memiliki masalah kulit seperti kulit kering dan bersisik, sebaiknya telitilah dalam memilih sabun mandi. Ada baiknya jika kamu memilih sabun yang mengandung moisturizer alias pelembab, karena dengan menggunakan sabun yang mengandung moisturizer akan membuat kulit mu tetap lembab. Jangan lupa untu tetap teliti dalam melihat kandungan bahan dalam sabun, dan tetap pilihlah sabun yang aman serta melembabkan kulit mu. Selain itu perhatikan juga tanggal kadaluwarsa sabun yang kamu beli, karena ketelitian tentang perawatan badan adalah hal yang utama.

3. Menggunakan Lulur

Menggunakan lulur saat mandi atau ketika ada waktu kosong adalah ide yang bagus. Kamu bisa menggunakan lulur usai mandi, dan mengoleskannya pada seluruh bagian tubuh hingga merata. Selain itu pilihlah lulur yang mengandung moisturizer, misalnya saja memilih lulur yang mengandung susu, mengandung bengkoang dan buah-buahan lainnya. Jangan menggunakan lulur secara berlebihan, dan pastikan jika kamu membilasnya dengan bersih. Dengan menggunakan lulur secara teratur paling tidak 3 kali seminggu, bisa membuat kulit mu tampak lebih lembut, lembab dan sehat. Dan tetaplah untuk memperhatikan tanggal kadaluwarsa lulur, karena hal ini sangat penting bagi kesehatan kulit mu dalam jangka panjang.

Baca Juga :

4. Menggunakan Body Lotion

Tahukah kamu jika kulit yang kering dan gatal-gatal ternyata bisa disebabkan karena kurang nutrisi, dan salah satu cara untuk meredahkannya adalah dengan menggunakan body lotion. Kamu bisa menggunakan bodylotion paling tidak 2 kali sehari, gunakanlah body lotion usai mandi pagi dan mandi sore. Beberapa ahli kecantikan mengatakan, jika kita menggunakan body lotion secara teratur, maka kulit kita bisa lebih lembab dan terhindar dari masalah kulit seperti kulit kering, kuling bersisik, kulit gatal-gatal, dan masalah kulit lainnya. Oleh sebab itulah mengapa menggunakan body lotion sangat diperlukan kulit tubuh mu. Selanjutnya tetaplah untuk memperhatikan tanggal kadaluwarsa lulur, karena hal ini sangat penting bagi kesehatan kulit mu dalam jangka panjang.

5. Memilih Body Lotion

Body lotion adalah bahan yang perawatan yang tepat untuk membuat kulit mu tetap sehat dan lembab. Kamu bisa menggunakannya setiap hari, dan body lotion bisa digunakan dalam jangka panjang. Ladies !! ketika kamu memilih body lotion, sebaiknya perhatikan kandungan yang ada dalam body lotion tersebut. Pilihlah body lotion yang mengandung moisturizer, karena dengan kandungan tersebutlah kulit mu bisa tetap lembab dan sehat. Pilihlah body lotion yang mampu melembabkan kulit mu dalam 12 jam, dengan begitu kulit mu akan tetap lembab selama 12 jam. Gunakanlah body lotion paling tidak 2 kali sehari, baik itu ketika usai mandi pagi atau ketika usai mandi sore. Dan tetaplah untuk memperhatikan tanggal kadaluwarsa lulur, karena hal ini sangat penting bagi kesehatan kulit mu dalam jangka panjang.

Sponsors Link

6. Banyak Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih paling tidak 8 -9 gelas sehari ternyata mampu mengurangi resiko dehidrasi. Jika kamu mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan, maka yang akan terjadi kulit mu lebih gampang kering dan gatal-gatal. Oleh sebab itulah sebaiknya konsumsilah air puth minimal 8 – 9 gelas sehari untuk menghindari resiko dehidrasi. Selain itu menngonsumsi banyak air putih juga dapat mencerahkan kulit mu, dengan begitu kulit akan lebih cerah dan lebab seharian. Jangan lupa perhatikan kebersihan air yang kamu minum, karena hal tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh mu.

Baca Juga :

7. Tidak Merokok

Jika kamu adalah seorang perokok aktif, sebaiknya segera hentikan kebiasaan merokok tersebut. Karena dengan merokok dapat menyebabkan kulit mu menjadi kusam, kering, gelap dan mengalami masalah kulit lainnya. Kamu bisa mengganti kebiasaan mu itu dengan permen, karena mungkin akan berat sekali untuk mengubah kebiasaan secara tiba-tiba. Oleh sebab itu sebaiknya lakukan perubahan mulai dari sekarang, agar kulit mu tetap sehat dan lembab sepanjang hari.

8. Tidak Mengonsumsi Alkohol

Kamu memiliki gangguan kulit, dan kamu sering mengonsumsi alkohol ?? Maka sebaiknya segara hentikan kebiasan mengonsumsi alkohol tersebut. Karena bisa jadi gangguan kulit yang kamu alami, adalah efek dari kamu mengonsumsi alkohol tersebut. Pada dasarnya alkohol bersifat keras dan bisa merusak jaringan dalam tubuh mu, dan kamu juga bisa mengalami gangguan kulit akibat mengonsumsi alkohol. Sebaiknya gantilah kebiasaan mu dengan mengonsumsi jus, dan tentu jus akan jauh lebih sehat dibandingkan alkohol.

9. Kurangi Konsumsi Soda

Jika kamu mengalami masalah dengan kulit seperti kulit bersisik, kulit kering dan lain sebagainya, sebaiknya jangan mengonsumsi minuman selain jus dan air putih. Jika kamu mengonsumsi minuman lain, maka bisa jadi hal tersebut akan memperparah masalah kulit mu. Misalnya saja seperti minuman bersoda, sebaiknya segera hindari minuman yang mengandung soda agar kulit mu tetap sehat dan indah. Minuman soda dapat mengakibatkan kulit kering dan membuat mu lebih mudah merasa haus alias dehidrasi.

Baca Juga :

10. Makan Sayur

Cara alami lainnya untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit mu, adalah dengan rajin mengonsumsi sayuran. Konsumsilah sayuran secara rutin atau lebih baik setiap hari, agar kulit mu tetap sehat dan indah. Misalnya saja dengan mengonsumsi sayuran hijau yang mengandung vitamin E, A, C, vitamin tersebut bisa kamu dapatkan dari bayam, sawi, wortel, brokoli, tomat dan masih banyak lagi sayuran lainnya. Perhatikan juga kebersihan sayuran yang kamu makan, cucilah sayuran sebelum dimasak dengan air bersih yang mengalir. Selain itu perhatikan juga bagaimana cara memasak sayuran, masaklah sayuran sesuai dengan tingkat kematangannya. Jangan sampai kamu membuat sayuran tersebut overcook atau terlalu matang, karena vitamin pada sayur bisa hilang.

11. Makan Buah

Buah-buahan akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, dan sebaiknya kamu juga mengonsumsinya secara teratur agar kulit mu tetap sehat. Jika kamu mengalami masalah atau gangguan kulit seperti gatal-gatal dan kulit kering, maka sebaiknya perbanyak konsumsi buah. Kamu bisa mengonsumsi buah dalam bentuk jus atau dimakan biasa saja.

Baca Juga :

ads

12. Tidur Tepat Waktu

Masalah kulit bisa terjadi kapan saja, selain itu bisa terjadi akibat berbagai macam pemicuh. Salah satu pemicuh masalah pada kulit adalah kurang tidur, karena jika seseorang kurang tidur akan mudah sekali mengalami gangguan kesehatan termasuk gangguan kesehatan pada kulit mu. Oleh sebab itu sebaiknya mulai sekarang tidurlah secara teratur, agar tubuh mu sehat dan kulit mu juga lebih sehat tentunya.

13. Olahraga

Menjaga kesehatan kulit bisa kamu lakukan dengan rutin berolahraga, paling tidak lakukan olahraga minimal 3 kali seminggu. Kamu bisa jogging atau bahkan yoga disaat ada waktu kosong, dengan melakukan olahraga secara rutin akan membuat tubuh mu makin sehat termasuk juga kulit mu.

Baca Juga :

14. Hindari Ruangan Ber- AC

Tahukah kamu jika salah satu penyebab kulit kering adalah seringnya kita berada diruangan ber AC. Jika kamu berada dalam ruangan ber AC sebaiknya gunakan body lotion, karena ruangan ber AC dapat membuat kulit mu menjadi cepat kering. Selain itu konsumsilah air putih lebih sering agar kulit mu tetap sehat dan lembab sepanjang aktivitas mu.

15. Spa Tubuh

Ketika kulit terasa gatal, kering dan bersisik, bisa jadi itu adalah pertanda jika kulit mu butuh perawatan lebih. Spa tubuh adalah adalah cara yang tepat untuk membuat kulit mu lebih rileks dan lebih sehat. Kamu bisa melakukan spa pada saat weekend, mungkin kamu juga bisa melakukkan bersama teman atau bahkan pasangan. Sebaiknya lakukan spa paling banyak 2 kali dalam satu bulan, agar kulit tetap terjaga kesehatannya.

16. Sering Menguras Kamar Mandi

Kulit kering, gatal-gatal, pecah-pecah dan bahkan kusam, ternyata bisa disebabkan karena air yang biasa kita gunakan untuk mandi. Menguras kamar mandi tiga hari sekali adalah cara yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit kita, karena bisa jadi ada kuman yang masuk dalam bak mandi dan menempel pada badan kita. Sebaiknya gunakan juga cairan antiseptik untuk menjaga kebersihan air dari kuman, kamu bisa menambahkannya hanya sekitar 2-3 ml saja agar kebersihan air tetap terjaga.

17. Rajin Ganti Baju

Kebiasaan pada diri kita ternyata sangat mempengaruhi kesehatan kulit tubuh kita. Mengganti baju setiap hari adalah cara yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit tubuh. Gantilah pakaian mu ketika pagi dan malam hari, karena pasti ada keringat yang menempel pada baju mu. Dan jika kamu tidak mengganti pakaian, maka bisa jadi aka nada kuman yang berkembang dan menyebabkan gangguan kulit seperti gatal-gatal, panu dan lain sebagainya.

18. Mencuci Baju Dengan Benar

Rajin mengganti pakaian saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan kulit mu, karena kamu juga harus memastikan jika baju yang kamu pakai benar-benar bersih. Cucilah baju mu dengan sabun, dan pastikan seluruh bagian baju sudah tercuci dengan bersih. Jika kita mencuci baju dengan benar, maka baju akan lebih bersih dan kulit mu juga akan lebih sehat tentunya.

Baca Jaga : Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak ZaitunLem Bulu Mata Yang Bagus

19. Minum Vitamin Kulit

Menjaga kesehatan kulit bisa kamu lakukan dengan rajin mengonsumsi suplemen vitamin untuk kulit. Konsumsilah suplemen dengan kandungan vitamin E dan beberapa vitamin lainnya yang baik untuk kulit. Dengan mengonsumsi vitamin kulit, maka kulit mu akan lebih lembab, sehat dan terawat.

20. Menggunakan Sunblock

Menghindari gangguan kulit seperti gatal-gatal, kering dan kusam, bisa kamu lakukan dengan cara menggunakan sunblock saat akan keluar rumah. Kamu bisa menggunakan sunblock yang mengandung SPF dan juga vitamin untuk kulit. Selain itu jangan lupa untuk tetap melindungi kulit mu dari paparan sinar matahari secara langsung, agar kulit tidak terbakar sinar matahari.

21. Sering Mengganti Sprei

Rutin mengganti sprei ternyata dapat meminimalisir terjadinya gangguan kulit seperti gatal-gatal, kulit kering, dan lain sebagainya. Sebaiknya gantilah sprei paling tidak dua minggu sekali, agar kebersihan tetap terjaga. Selain itu cucilah sprei dengan benar, pastikan untuk membuang air rendaman ke 1 dan ke 2, dan mencucinya dengan deterjen yang rama lingkungam.

Ladies !! sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari kulit kering dan gatal-gatal. Sebaiknya lakukan 21 tips diatas dalam kehidupan sehari-hari, agar kulit mu tetap sehat dan lembab setiap saat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 03rd, April 2017 / 05:20 Oleh :
Kategori : Kulit