15 Cara Mengatasi Kulit Keriput di Usia Dini Dengan Efektif

Sebagian besar orang tentunya tidak ingin dirinya tampak menua namun hal itu adalah suatu proses alami yang tidak dapat dielakkan. Siapa orangnya yang tidak menginginkan cara penuaan yang elegan seperti para selebriti yang kita lihat di televisi, internet dan media cetak? Walaupun dalam hati kecil kita tahu bahwa dibutuhkan banyak usaha dan biaya untuk tampak muda serta cantik, namun penampilan yang muda tetap saja diusahakan oleh banyak orang terutama wanita. Kulit kita mulai menua sejak usia 20 tahunan namun efeknya akan semakin jelas seiring dengan pertambahan usia.

Kolagen dan elastin sebagai dua macam protein utama kulit akan mulai berkurang dan menyebabkan kulit mulai tampak keriput dan bergaris halus. Penuaan memang merupakan suatu proses yang alami, akan tetapi banyak kebiasaan kita yang dapat mempercepatnya. Gaya hidup yang tidak sehat, stres, ketergantungan pada makanan siap saji, kafein, alkohol dan kebiasaan tidak sehat seperti merokok, kurang olahraga dan gerak tubuh, serta paparan polusi semuanya menyumbangkan kepada penuaan dini yang dialami oleh kulit kita serta kemunculan keriput di wajah.

Merawat Kulit Keriput Dini

Bahan – bahan alami yang mudah ditemukan dan sering digunakan di rumah dengan manfaatnya untuk menyembuhkan secara alami akan dapat menjadi cara mengatasi kulit keriput di usia dini dan mengatasi penyebab kulit keriput.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak alami yang efektif yang membantu menghilangkan keriput dan garis halus, juga mengencangkan kulit yang kendur. Minyak zaitun merupakan sumber protein yang kaya, mineral dan asam lemak alami yang menutrisi kulit karena mudah diserap oleh pori – pori kulit. Minyak ini juga mengandung vitamin A dan E sehingga berfungsi sebagai antioksidan yang kuat dan membantu menghidrasi kulit serta memelihara kekenyalan serta elastisitasnya agar tampak lebih muda. Cara menghilangkan kerutan di kulit wajah dengan minyak zaitun yaitu dengan menuangkan beberapa tetes minyak zaitun di telapak tangan dan oleskan pada wajah serta leher yang telah dibersihkan. Pijat kulit selama 5-10 menit sebelum tidur malam, bilas dengan air keesokan paginya.

2. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit hampir tidak terhitung. Selain berfungsi sebagai bahan alami yang efektif untuk jerawat, juga dapat mengurangi kelebihan minyak di kulit. Kandungan asam malat didalamnya membantu memperbaiki elastisitas kulit dan mengurangi keriput serta garis halus. Zinc yang ada didalamnya memperbaiki kemudaan kulit kita. Cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami dengan lidah buaya yaitu:

  • Potong daun lidah buaya dan ambil gelnya lalu oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan.
  • Pijat selama 5-10 menit dengan gerakan melingkar yang lembut, biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Fenugreek

Biji fenugreek dapat menjadi cara mengatasi kulit keriput di usia muda dan cara mengatasi kerutan di wajah serta cara menghilangkan kerutan di wajah karena mengandung sumber vitamin B3 dan niasin yang dapat membantu memulihkan sel kulit mati yang rusak dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru serta jaringan kulit yang akan membantu mencerahkan age spot, keriput, hiperpigmentasi, garis halus dan keriput di sudut mata, kening, dan bibir.

  • Giling segenggam biji fenugreek untuk membentuk pasta kental.
  • Tambahkan satu sendok teh madu, campur merata dan oleskan pada wajah dan leher.
  • Biarkan selama satu jam dan bilas dengan air.

4. Putih Telur

Mengaplikasikan masker putih telur merupakan cara yang mudah dan efektif untuk menghilangkan keriput dan garis halus. Cara mengatasi kulit keriput di usia dini dengan putih telur atau cara menghilangkan kerutan di wajah dengan putih telur yaitu dengan mengoleskan putih telur pada wajah. Biarkan mengering selama 15 menit dan bilas dengan air. Cara mengatasi kulit keriput di kelopak mata dan mengatasi penyebab kulit cepat keriput dapat dilakukan dengan putih telur.

5. Pisang

Kandungan potasium, vitamin B, C, dan E dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit keriput di usia muda untuk melembabkan kulit kering, memperbaiki produksi kolagen, elastisitas kulit dan kekenyalannya serta melawan kerusakan akibat radikal bebas.Hancurkan dua buah pisang matang hingga menjadi pasta lembut, oleskan secara merata pada wajah yang bersih dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air dan gunakan pelembab untuk mengatasi penyebab kulit kering dan keriput serta penyebab kulit kering dan keriput di usia muda.

6. Madu

Merupakan solusi alami untuk semua masalah kulit termasuk cara mengatasi kulit keriput di usia muda, madu menjaga kulit tetap lembab untuk mencegah keriput karena kulit kering. Vitamin B dan potasium yang ada di dalam madu membantu memperbaiki elastisitas kulit dan kekenyalannya. Siapkan satu sendok madu murni di telapak tangan yang bersih lalu oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat untuk cara mengencangkan kulit wajah.

7. Lemon

Lemon yang kaya akan asam sitrat membantu mengeksfoliasi kulit, menghilangkan sel kulit mati dan kotoran serta menyusutkan pori – pori agar wajah tampak lebih mulus. Lemon juga mengencangkan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit untuk mengurangi penampilan keriput dan garis halus. Peras air dari satu buah lemon dan celupkan kapas ke dalamnya. Bubuhkan sari lemon dengan kapas pada kulit wajah, biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air.

8. Nanas

Nanas mengandung antioksidan seperti potasium dan vitamin C, nanas dapat membantu menetralkan efek buruk radikal bebas dan eksidasi sel dan mencegah penuaan dini pada kulit. Selain itu juga membantu memperbaiki warna kulit dan mengoreksi warna kulit yang tidak seimbang, noda hitam, age spot dan hiperpigmentasi.Hancurkan setengah cangkit nanas dalam blender untuk membentuk pasta lembut. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Nanas juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata dan cara mengencangkan kulit wajah dengan buah.

9. Alpukat

Daging buah alpukat yang lembut dan bersifat creamy akan membantu meningkatkan kekenyalan dan kemudaan kulit sehingga tampak lebih muda dan segar, bebas keriput. Alpukat mengandung vitamin B, C, E, dan K, selenium, potasium, zinc, folat dan beta karoten yang memiliki manfaat luar biasa bagi kulit. Cara menggunakan masker alpukat yaitu dengan mengerok daging sebuah alpukat lalu hancurkan hingga menjadi pasta lembut. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit, bilas dengan air.

10. Almond

Almond mengandung nutrisi seperti vitamin E, zat besi, zinc, asam folat dan asam oleat yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat untuk mencegah degenerasi serat kolagen di kulit dan menunda proses penuaan dengan mengobati keriput dan garis halus, juga cara mengencangkan kulit leher.

  • Rendam almond sebanyak 8-10 butir dalam susu semalaman.
  • Giling kacang almond  hingga menjadi pasta kental, oleskan pada wajah yang bersih selama lima menit dengan gerakan melingkar.
  • Biarkan selama 30 menit dan bilas seluruhnya dengan air hangat.

Menghentikan Keriput di Usia Dini

Kebiasaan sehari – hari yang tidak kita sadari pun dapat mendatangkan keriput di usia dini atau sebelum waktunya. Untuk cara mengatasi kulit keriput di usia dini dengan efektif, tidak bisa hanya dengan melakukan perawatan wajah dengan masker alami, namun juga memperhatikan beberapa kebiasaan sehari – hari yang akan mempengaruhi kondisi kulit.

1. Tidur cukup

Tidur merupakan bagian paling penting untuk menjaga pikiran dan tubuh tetap sehat dan bugar, juga menjadi cara mencegah penuaan dini dan tips mencegah penuaan dini. Jika Anda tidak menjaga waktu tidur yang cukup selama 8 hingga 9 jam per hari, Anda pasti akan terlihat bertahun – tahun lebih muda daripada usia anda dalam waktu lima tahun kedepan. Usahakan untuk tidak tidur dengan wajah menekan bantal, karena garis lipatan pada sarung bantal akan berbekas ke kulit wajah dan lama kelamaan membuatnya tampak keriput.

2. Gunakan serum anti keriput

Menggunakan krim anti penuaan dini yang bagus merupakan cara pasti untuk menjauhkan keriput dari kulit wajah Anda dan cara mengatasi kulit keriput di usia dini. Tidak saja kulit Anda akan terasa luar biasa, namun krim penuaan dini juga akan memberi tampilan wajah yang bersinar dan juga cara mengencangkan kulit wajah serta cara menghilangkan kerutan di dahi dengan efektif.

3. Merawat kulit wajah

Kulit wajah akan jauh dari keriput apabila Anda rajin membersihkannya dengan produk pembersih wajah yang bagus dan cocok dengan jenis kulit Anda untuk cara merawat wajah agar awet muda . Usahakan untuk tidak menggunakan sabun mandi untuk mencuci wajah, karena dapat membuat kulit kering dan timbul keriput permanen. Gunakan pembersih wajah ringan untuk membersihkan kotoran dan minyak dari wajah. Begitu juga dengan penggunaan pelembab yang berkualitas bagus. Kegunaan krim pelembab yang bahus sangat penting untuk kesehatan kulit untuk menjaganya tetap kenyal, sehat dan terlindungi.

4. Menjaga asupan cairan

Air putih sebanyak minimal delapan gelas sehari tidak saja dapat cara mengatasi kulit keriput di usia dini, namun juga akan membuat kulit tampak bersinar dan tampak muda, serta menghindari penyebab cepat tua. Anda juga dapat membiasakan meminum susu untuk melembabkan kulit dari dalam dan mencegah kekeringan, juga membantu mengurangi penggelapan kulit. Kandungan susu berupa protein esensial, asam amino dan vitamin A mampu menutrisi kulit dengan baik.

5. Menjaga asupan makanan

Penuaan dini dan makanan mempunyai hubungan yang erat. Kebanyakan para ahli nutrisi setuju bahwa cara terbaik untuk melawan efek negatif penuaan adalah dengan nutrisi anti penuaan yang tepat. Namun mengubah kebiasaan makan seseorang merupakan salah satu hal yang paling sulit dilakukan, khususnya dengan banyaknya restoran cepat saji yang menjamur. Anda bisa mengubah kebiasaan makan sedikit demi sedikit. Pastikan untuk mengonsumsi makanan sumber kalsium dan vitamin untuk kulit kering dan keriput dan gunakan manfaat vitamin E untuk kulit setiap harinya.

Seperti telah disebutkan di atas, gaya hidup yang kita jalani sehari – hari turut berperan dalam mendatangkan keriput dini pada kulit. Untuk melakukan cara mengatasi kulit keriput di usia dini, maka Anda juga perlu memelihara kondisi tubuh dengan melakukan olah raga secara teratur. Jika Anda kebetulan mempunyai kesibukan yang tidak memungkinkan untuk berolahraga teratur, maka Anda bisa menggantinya ke dalam kegiatan sehari – hari. Misalnya lebih banyak menggunakan tangga daripada lift, berjalan kaki jika tujuan Anda dekat, juga membiasakan untuk bangkit dari kursi setiap beberapa menit sekali ketika sedang bekerja. Gerak tubuh akan membantu kulit untuk tampak lebih segar dan tidak mudah keriput.