7 Cara Mengatasi Wajah Gatal Akibat Kosmetik

Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit gatal karena penggunaan kosmetik. Pertama, kondisi kulit yang tidak cocok dengan kandungan yang ada di dalam produk kosmetik. Kedua, kandungan berbahaya dalam produk kosmetik yang menyebabkan wajah mengalami gatal-gatal sebagai respons dari alergi.

Selain timbul gatal-gatal, alergi ini juga bisa menimbulkan masalah lain seperti ruam kuli, dan muncul jerawat. Kamu perlu melakukan pertolongan pertama jika mengalami gatal-gatal di wajah dengan menggunakan beberapa bahan alami sebagai berikut.

1. Kompres dengan es batu

Es batu akan memberikan sensasi dingin dan menenangkan pada wajah yang sedang gatal-gatal. Cari ini cukup ampuh dan sederhana. Kamu hanya perlu mengompres wajah dengan es batu pakai kain bersih. Pastikan es batu dalam keadaan steril agar terhindar dari kuman atau bakteri yang bisa memicu masalah lebih lanjut pada wajah.

2. Gunakan minyak Vitamin E

Minyak vitamin E diketahui mampu mengatasi masalah yang berkaitan dengan kulit, minyak ini mengandung zat antioksidan yang bisa mengurangi gatal-gatal di wajah. selain itu, minyak ini bisa memulihkan luka akibat terbakar sinar matahari dan luka bakar lain.

Suplemen vitamin E dalam minyak ini bisa memberikan efek signifikan dalam gejala eksim (peradangan kulit yang menyebabkan kulit terasa gatal). Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan sedikit minyak vitamin E ke area kulit dengan merata, lalu tunggu hingga 24-48 jam ke depan. Jika tidak ada gejala lain yang muncul pada kulit wajah yang gatal, artinya minyak vitamin E tidak menimbulkan alergi.

3. Gunakan aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya bisa mendinginkan kulit gatal dan terbakar yang disebabkan karena alergi kosmetik. Manfaat lainnya yang diketahui yaitu bisa menenangkan, menghidrasi, dan menyembuhkan kulit bermasalah karena alergi.

Lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi dan anti mikroba yang menjadikannya mampu mengatasi masalah gatal dan ruam di kulit. Dalam melakukan proses penyembuhan pada kulit yang gatal, kandungan hormon auksin dan giberelin bersifat menyembuhkan luka dan anti inflamasi. Kedua hormon ini membantu mempercepat proses penyembuhan kulit gatal dengan cara menstimulasi replika sel.

4. Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan jenis minyak yang dibuat dengan proses ekstraksi dari kelapa mentah. Minyak kelapa mengandung berbagai macam asam lemak yang dipercaya bisa bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Minyak kelapa ini bisa menyembuhkan kulit yang meradang karena kandungannya yang bersifat anti radang. Diketahui juga bisa menyembuhkan luka dan luka bakar pada kulit. Minyak kelapa dikenal berkhasiat untuk mengatasi iritasi kulit ringan seperti gatal-gatal.

5. Masker mentimun

Mentimun merupakan sayur yang kaya air dan vitamin seperti vitamin C, vitamin A, folat, dan asam kafeik yang memunculkan khasiat anti peradangan dan antioksidan. Mentimun mengandung zat astringent alami yang mampu mengatasi kulit wajah yang gatal.

Pada kulit wajah yang mengalami iritasi, mentimun sangatlah bermanfaat. Ketika kulit memerah dan terbakar, nutrisi air, kalium, sulfat, dan vitamin A dan C membantu mengatasi kulit wajah karena masalah itu.

Pengaplikasian mentimun ke area wajah yang mengalami gatal-gatal bisa dengan cara menempelkan potongan mentimun di wajah.

6. Gunakan minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan lemak baik yang tinggi. Selain itu, minyak zaitun juga diketahui menjadi sumber polifenol yang baik untuk tubuh dan mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Kandungan polifenol ini berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk mengatasi masalah kulit wajah yang terkena alergi seperti gatal-gatal. Pada kasus kulit yang kering, minyak zaitun bisa melembapkannya. Minyak zaitun telah teruji secara dermatologi bisa mengatasi kulit wajah yang kering, gatal, dan meradang karena kandungan oleochantal di dalamnya. Cara penggunaannya bisa dengan melarutkannya bersama air hangat, kemudian bilas wajah dengan air itu.

Namun, jangan sembarangan menggunakan minyak zaitun pada kulit wajah yang sensitif, terutama yang berjerawat dan memiliki masalah kulit serius. Hal itu bisa menyebabkan peradangan yang lebih parah.

7. Gunakan air mawar

Air mawar (rosewater) merupakan air yang dihasilkan dengan cara merebus atau menyaring uap pada kelopak bunga mawar. Diketahui air mawar telah lama digunakan dan berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah seperti gatal-gatal dan alergi lainnya. Selain itu, air mawar juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Manfaat air mawar yaitu membantu mencerahkan kulit wajah dan membuat bagian mata menjadi lebih cerah. Selain itu, minyak esensial yang terkandung di air mawar baik untuk keseimbangan pH kulit sebagai hydrator alami. Sifat anti inflamasi dari air mawar bisa mengobati kulit iritasi, salah satunya gatal-gatal karena alergi kosmetik. Khasiat inilah yang membuat peradangan pada kulit wajah berkurang dan teratasi.

Selain itu, kandungan minyak esensialnya terbukti mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Mengoleskan air mawar ke wajah bisa mendatangkan banyak manfaat, bukan hanya sekadar untuk menyembuhkan kulit alergi.

Simpulan dan saran

Dari tujuh bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati kulit gatal akibat penggunaan kosmetik, semuanya dipastikan aman untuk kulit. Sebelum melakukan upaya penyembuhan lebih lanjut, kenali dulu kemungkinan penyebab kulit wajah gatal-gatal. Apakah penyebabnya 100% karena kosmetik, atau ada hal lain yang kamu tidak sadari seperti alergi karena makanan atau udara yang kotor.

Jika tujuh bahan di atas tidak mampu menyembuhkan sensasi gatal di wajah yang kamu alami, sebaiknya kamu mengonsultasikannya dengan Dokter Kulit agar mendapatkan penanganan profesional dan aman untuk kamu.