15 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Pria Yang Kendur Secara Alami

Banyak pria yang sering kurang memperhatikan kondisi kulit wajahnya hingga tanpa disadari berubah menjadi kendur. Padahal pada dasarnya, baik kulit wajah pria maupun wanita sama-sama membutuhkan perawatan. Kulit di bagian wajah bisa menjadi tidak kencang lagi bukan hanya disebabkan oleh faktor usia. Pada usia muda pun, anda bisa mengalami kulit kendur. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor yang berbeda. Faktor penyebab kulit keriput di usia muda itu antara lain penurunan berat badan yang drastis, gen, ataupun radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Namun sekarang anda tidak perlu khawatir karena di sini kita akan membahas mengenai berbagai cara mengencangkan kulit wajah pria apapun yang menjadi penyebabnya. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, kita simak!

1. Konsumsi Air Mineral Cukup

Jika anda menginginkan kesehatan dan keadaan tubuh terjaga dengan baik, jangan remehkan jumlah air mineral yang anda konsumsi. Minum air mineral 8 gelas per hari merupakan  salah satu kunci untuk memiliki tubuh yang selalu bugar. Namun anda juga wajib tahu bahwa air yang cukup di dalam tubuh akan membantu anda menjaga kekenyalan kulit. Oleh karena itulah, jika anda ingin memiliki kulit yang kencang, pastikan untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda akan air mineral.

Sebaliknya, jangan terlalu banyak minum minuman bersoda atau bahkan minuman beralkohol. Kandungan alkohol selain tidak baik untuk kesehatan tubuh juga akan berpengaruh pada keadaan kulit. Jika anda ingin memiliki kulit yang kencang, langkah awal sebelum memulai perawatan lainnya adalah dengan perbanyak minum air putih. Ini merupakan salah satu cara alami untuk mengencangkan kulit wajah anda.

2. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah sering menjadi salah satu senjata ampuh sebagai cara menjaga penampilan diri wanita. Namun anda sebagai kaum pria tidak boleh kalah. Anda juga bisa menggunakan aneka jenis masker wajah untuk mengencangkan kulit anda. Jika anda merasa malu atau canggung untuk pergi ke salon, anda tidak perlu memaksakan diri karena sebenarnya anda bisa memakai masker sendiri di rumah. Beragam jenis resep masker alami bisa anda dapatkan dari berbagai sumber. Dengan masker, anda bisa mendapatkan manfaat jeruk lemon untuk wajah atau juga manfaat timun untuk wajah. Namun jika anda merasa hal tersebut kurang praktis, anda bisa membeli masker yang siap pakai. Mau kan kulit wajah kencang seperti para artis?

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Kita tidak bisa memungkiri bahwa apa yang kita makan menentukan keadaan tubuh kita, termasuk keadaan kulit wajah. Jika anda menginginkan kulit wajah yang kencang, perbanyaklah makan sayur dan buah segar. Kedua jenis makanan tersebut memiliki beragam kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Sayur dan buah yang langsung dimakan tanpa melalui proses pengolahan justru lebih baik karena kandungan gizinya tidak hilang selama proses memasak. Namun pastikan bahwa sayuran dan buah yang akan anda konsumsi telah dicuci dengan bersih agar tidak ada gangguan lain yang muncul setelah konsumsi seperti sakit perut atau diare.

Anda juga harus menghindari berbagai jenis makanan yang tidak baik untuk tubuh. Jenis makanan tersebut antara lain goreng-gorengan dan junk-food. Akan lebih baik lagi jika anda melakukan konsultasi dengan ahli gizi pada saat anda melakukan perawatan kulit wajah untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang. Sebagai pria, tentu anda juga menginginkan penampilan yang sempurna bukan?

4. Lakukan Senam Muka

Senam muka merupakan serangkaian gerakan yang berfokus pada otot-otot wajah. Senam ini sudah sejak lama dianggap sebagai salah satu cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami. Hal ini karena bersamaan dengan terlatihnya otot, kulit kita akan lebih terjaga elastisitasnya sehingga tidak mudah kendur dan memperlihatkan kesan tua pada wajah. Lakukanlah gerakan senam muka pada saat pagi hari setelah bangun tidur. Jika anda melakukan kebiasaan tersebut setiap hari secara rutin, maka anda bisa mendapatkan wajah yang awet kencangnya.

5. Gunakan Bubuk Kayu Manis

Manfaat bubuk kayu manis untuk wajah memang telah diakui di dunia kecantikan. Namun hal ini tidak hanya berlaku untuk wanita. Pria pun bisa memanfaatkan bubuk kayu manis untuk mendapatkan kulit wajah yang senantiasa kencang. Caranya cukup mudah. Anda hanya tinggal mencampurkan 1 sendok makan bubuk kayu manis dengan gula dan garam lalu mengusap-usapkannya pada seluruh bagian wajah anda. Setelah itu tunggu hingga kurang lebih 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Jangan lupa untuk memastikan bahwa wajah anda telah benar-benar bersih dari sisa bahan-bahan tadi.

6. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Olahraga kini telah menjadi kebutuhan bagi mereka yang ingin memiliki tubuh yang bugar. Namun olahraga juga berpengaruh terhadap kekencangan kulit kita. Kulit wajah yang terkesan kendur pun masih dapat diatasi dengan berolahraga secara teratur. Manfaat olahraga untuk kecantikan memang telah terbukti. Bahkan banyak wanita yang kini menjadikan olahraga sebagai salah satu sarana perawatan kulit wajah. Nah, anda pun sebagai pria juga tidak ada salahnya untuk mencoba.

7. Gunakan Air Mawar

Air mawar memiliki kandungan tertentu yang dapat berfungsi sebagai toner wajah. Anda bisa menggunakan air mawar untuk membasuh wajah anda. Setelah itu diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air biasa. Anda bisa melakukannya pada saat akan tidur. Jika dilakukan secara rutin, anda akan bisa mendapatkan kulit wajah yang kencang. Jika anda merasa ribet untuk melakukannya sendiri, anda bisa mengajak pasangan untuk sama-sama membasuh wajah dengan air mawar. Melakukan merawatan berdua akan menjadi solusi bagi anda agar lebih percaya diri.

8. Lakukan Pijat Wajah

Pijat merupakan salah satu cara alami untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi ketegangan. Pijat wajah banyak disediakan oleh salon-salon kecantikan. Salon memang tidak hanya diperuntukkan bagi kaum hawa. Cara mengencangkan kulit wajah pria ini juga banyak yang melakukannya. Nah, salah satu jenis perawatan wajah di salon adalah pijat. Pijat mungkin kurang dapat dilakukan sendiri karena membutuhkan keterampilan khusus. Maka dari itu anda perlu membuang jauh-jauh gengsi anda jika ingin mendapatkan kulit wajah yang kencang dengan cara pijat di salon.

9. Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memang merupakan tanaman yang kaya akan manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah salah satunya adalah untuk mengencangkan kulit. Bagaimana caranya? Mudah saja. Anda hanya perlu menyediakan sepotong daun lidah buaya yang telah dicuci bersih untuk menghilangkan getahnya yang dapat membuat kulit menjadi gatal. Setelah itu belahlah menjadi 2 lalu balurkan pada seluruh permukaan kulit wajah anda. Tunggu hingga lendir lidah buaya tersebut mengering kemudian bilas bersih dengan air. Lakukanlah perawatan ini minimal 3 kali seminggu.

10. Gunakan Baking Soda

Baking soda bisa menjadi salah satu bahan untuk mengencangkan kulit wajah. Anda tinggal membuat pasta baking soda kemudian mengoleskannya pada seluruh bagian kulit wajah. Jangan lupa untuk menghindari area mata. Jika anda kesulitan melakukannya, mintalah bantuan orang terdekat anda.

11. Lakukan Pengelupasan Sel Kulit Mati

Apa yang anda takutkan jika pergi ke salon? Mungkin sebagai pria anda akan merasa gengsi. Atau anda takut jika melakukan perawatan wajah di salon justru tidak akan berhasil? Namun sebenarnya anda tidak perlu demikian. Bagi anda kaum pria, anda bisa datang ke salon yang terpercaya. Bahaya facial di salon hanya akan anda dapatkan jika anda sembarangan memilih tempat. Di salon, anda bisa mendapatkan serangkaian perawatan kulit wajah agar kulit wajah anda menjadi kencang. Salah satu jenis perawatannya adalah eksfoliasi. Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan sel kulit mati. Manfaat eksfoliasi wajah salah satunya adalah untuk menjaga kekencangan kulit wajah. Perawatan ini bisa dilakukan baik pria maupun wanita.

12. Hindari Terpapar Sinar Matahari

Sinar matahari mengandung UVA dan UVB yang tidak baik untuk kesehatan kulit. Bahkan sinar matahari yang terik dapat mengandung radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit. Ketika kulit menjadi rusak, kulit bisa saja kehilangan kekencangannya dan menjadi kendur. Untuk mendapatkan kulit yang kencang, hindarilah terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama. Anda bisa menggunakan topi atau penutup kepala lainnya ketika harus beraktivitas di luar ruangan. Bahkan anda juga bisa menggunakan tabir surya yang khusus untuk kulit wajah pria.

13. Lakukan Yoga

Yoga merupakan salah satu cara lain dalam menjaga kebugaran tubuh. Namun tahukah anda jika yoga juga dapat membantu anda untuk terlepas dari stres? Ya, yoga mengajarkan untuk mengatur pernapasan agar kita menjadi rileks. Ingatlah bahwa salah satu cara mencegah penuaan dini adalah menghindarkan diri dari stres. Nah, yoga ini bisa menjadi media relaksasi untuk anda. Kekencangan kulti wajah anda pun akan terjaga dengan melakukan yoga secara rutin. Berbagai gerakan yoga pun sangat bervariasi mulai dari yang sangat mudah hingga yang sulit. Semua dapat anda pelajari sendiri.

14. Lakukan Fitness

Fitness merupakan salah kegiatan yang “sangat pria” meskipun kini juga banyak wanita yang melakukannya. Fitness ternyata juga dapat membantu anda untuk mengencangkan kulit wajah. Hal ini karena rangkaian latihan yang dilakukan juga melatih otot wajah sehingga kulit anda akan tetap terjaga kekencangannya. Lakukanlah fitness secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan keadaan kulit wajah yang anda idam-idamkan.

15. Hindari Penggunaan Sabun Berbahan Keras

banyak pria tidak terlalu peduli dengan bahan sabun yang digunakan untuk membersihkan wajah. Bahkan ada sebagian yang menggunakan sabun badan sebagai sabun wajah. Mulai sekarang hindarilah hal tersebut karena kulit wajah anda juga perlu mendapatkan perlakukan layaknya kulit wajah pada wanita. Gunakanlah produk sabun dan perawatan wajah yang berbahan lembut dan cocok dengan jenis kulit wajah anda.