19 Cara Menghilangkan Kulit Bersisik Secara Alami

Kulit yang amat kering dan bersisik dapat menjadi masalah yang menyebalkan dan kadang mengurangi kepercayaan diri seseorang. Terutama bila Anda sering berada di dalam ruangan yang menggunakan pendingin atau AC, atau bisa saja karena Anda tinggal di daerah yang dingin. Kadang, tidak peduli seberapa banyak lotion yang Anda gunakan, hal tersebut tidak terlalu membantu mengatasi kondisi kulit Anda yang membutuhkan banyak pelembap (moisturizer).

Baca juga: Cara mengatasi kulit kering dan bersisik –  penyebab kulit kering

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kulit mengering sekaligus mengatasinya bila Anda terlanjur mengalami kulit bersisik. Kami punya 19 cara yang dapat Anda pratikkan sehingga kulit Anda akan nampak dan terasa cantik kembali seperti sedia kala. Berikut cara-caranya:

1. Gunakan cleanser yang lembut
Anda bisa mencoba berbagai macam cleanser atau pembersih wajah yang fancy atau mahal, tapi tidak ada jenis cleanser yang dapat membuat kulit Anda lembut ketimbang yang berjenis mild. Banyak pembersih wajah yang dibuat dengan bahan kimia yang justru membuat kulit Anda kering, biasanya yang mengandung pewangi atau aroma tambahan. Jadi ketimbang menggunakan cleanser yang mahal atau beraroma bunga, gunakan saja yang komponennya ringan dan bebas fragrance. Pembersih tipe ini dapat membersihkan wajah Anda tanpa membuatnya kelewat kering atau bersisik.

Baca juga: Cara mencegah kulit bersisik – vitamin untuk kulit kering

2. Gunakan body wash tanpa aroma
Kami tahu, Anda pasti lebih menyukai body wash atau sabun yang beraroma menyegarkan, tapi tahukah Anda bahwa hal ini dapat membuat kulit Anda kering dan bersisik? Sama halnya dengan cleanser wajah dan bubble bath, produk perawatan tubuh yang dikembangkan dengan pewangi dapat meningkatkan intensitas kulit yang kering dan bersisik. Ketimbang menggunakannya, cobalah body wash yang tidak beraroma (unscented) dan memiliki gandum di dalamnya. Kandungan ini akan meredakan kondisi kulit Anda yang iritasi akibat udara dingin, atau apapun yang membuatnya kering dan bersisik. Namun tetap memberikan aroma alami yang enak.

3. Gunakan air hangat
Kami tahu, mandi menggunakan air panas (apalagi bila sedang musim penghujan dan hawa sekitar sedang dingin) sungguh menggoda dan akan membuat Anda rileks. Tapi tahukah Anda bahwa air panas ternyata justru menambah kering kulit Anda? Sehingga Anda mungkin tidak akan rileks setelah mandi air panas, malah hal tersebut dapat merusak kulit Anda yang memang sudah kering. Lebih baik gunakan air hangat suam kuku (lukewarm water) dan sabun tanpa pewangi, karena kombinasi kedua hal ini justru akan membuat kulit kering Anda semakin parah hingga bersisik dan mengelupas.

Baca juga: Perawatan kulit kering – penyebab kulit kering dan kusam

4. Gunakan moisturizer
Moisturizer atau pelembap adalah hal yang esensial bagi kulit. Jangan hanya menggunakan pelembap saat udara dingin dan kulit Anda mengering, sebaiknya moisturizer selalu digunakan setiap hari secara rutin agar kulit Anda tetap terjaga kesehatan dan keremajaannya. Setelah mandi, oleskan pelembap pada wajah Anda, tambahkan dengan lotion untuk menjaga pelembap tersebut agar tetap di kulit. Hal ini akan sangat membantu melawan kulit yang kering dan bersisik.

5. Eksfoliasi secara teratur
Beberapa orang mungkin tidak cocok membersihkan kulit wajah dengan menggunakan scrub karena bahan atau teksturnya yang keras. Bila Anda memiliki kulit yang sensitif, gunakan saja kain lembut pada wajah Anda bila ingin mengeksfoliasi atau mengelupas sel-sel kulit mati pada kulit wajah Anda. Namun untuk kulit badan, scrub akan lebih cocok karena biasanya kulit badan lebih tebal ketimbang kulit wajah. Scrub tidak hanya dapat menghilangkan sel kulit mati, tapi juga dapat menghilangkan rasa gatal akibat kulit kering dan iritasi. Setelah mengeksfoliasi tubuh, jangan lupa untuk mengoleskan lotion atau pelembap pada kulit Anda.

Baca juga: Cara merawat kulit kering – penyebab kulit cepat keriput

6. Petroleum jelly
Ini adalah cara yang paling cepat dan mudah untuk cara menghilangkan kulit bersisik dan menjaganya agar tidak kering, yaitu dengan mengoleskan petroleum jelly pada kulit Anda. Sebaiknya jangan mengoleskannya pada seluruh tubuh Anda karena akan menjadi amat lengket, gunakan saja pada area kulit yang bermasalah dan teramat kering hingga bersisik. Misalnya pada kutikel yang pecah-pecah, atau pada siku Anda yang kerap amat kering dan menghitam. Petroleum jelly adalah benda yang aman untuk digunakan pada kulit bagian mana saja, sekaligus dapat memberi pelembap yang amat dibutuhkan tubuh.

7. Susu
Hal paling hebat tentang susu adalah kandungan antiinflamasinya. Kondisi kulit yang amat kering dan bersisik juga bisa meradang, sehingga susu dapat Anda jadikan pelembap. Anda juga harus tahu mengapa beberapa produk kecantikan mengandung susu, yaitu karena susu menambah kemampuan kulit untuk menjaga kelembapan alaminya.

Baca juga: Manfaat susu untuk kulit – Cara mengatasi kulit kering dan gatal

8. Sunscreen
Alasan lain mengapa kulit Anda kering dan bersisik adalah Anda terpapar sinar matahari terlalu lama. Anda bisa menghindari hal ini dengan menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah sunscreen yang ringan dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

9. Minyak zaitun
Minyak zaitun diketahui mengandung banyak antioksidan dan asam lemak. Kedua hal ini adalah sebagian nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit Anda. Minyak zaitun juga dapat membuat kulit Anda lembap dan pada saat yang sama meredakan kondisi kulit yang kering dan bersisik.

Baca juga: pelembab untuk kulit kering dan kusam – pelembab wajah untuk kulit kering

10. Madu
Bila Anda mencari perawatan alami terbaik untuk melembapkan kulit, madu merupakan salah satu di antaranya yang dapat Anda coba. Madu diketahui mengandung antioksidan sekaligus antimikroba sehingga kulit Anda akan terlindungi dari berbagai macam mikroorganisme. Madu juga dapat menjaga kelembapan kulit Anda dan membuatnya lembut sepanjang hari.

11. Minyak kelapa
Bila sebelumnya Anda belum pernah mencoba menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan kulit, maka hal ini sangat disayangkan. Minyak kelapa amatlah baik bagi kulit. Ia juga dapat mengisi kembali jumlah moisturizer yang hilang dari tubuh karena berbagai macam aktivitas yang Anda lakukan. Cukup oleskan minyak kelapa pada seluruh tubuh sebelum Anda tidur atau saat setelah Anda mandi untuk menjaga kelembapan kulit Anda.

Baca juga: cara merawat kulit agar tidak kusam – manfaat suntik kolagen pada wajah

12. Alpukat
Hal yang luar biasa dari alpukat adalah ia memiliki banyak komponen yang dapat membantu meningkatkan kecantikan kulit dari dalam. Ia juga dapat membantu membuat kulit menjadi lebih lembut karena kandungan vitamin A-nya.

13. Lidah buaya
Gunakan lidah buaya untuk membuat kulit terasa dingin dan melembapkan kulit secara natural. Caranya ambil bagian gel di balik kulit daun lidah buaya, lantas letakkan gel tersebut di area kulit yang bersisik selama sekitar 10-15 menit. Setelah itu bersihkan kulit Anda dengan air hangat. Anda dapat melakukan perawatan ini dua kali dalam sehari.

Baca juga: masker untuk kulit kering dan flek hitam – cara mengatasi kulit mengelupas

14. Yogurt
Apakah Anda ingin memastikan kulit Anda benar-benar terhidrasi dengan baik? Anda bisa mendapatkan hal ini dengan menggunakan yogurt. Kandungan antiinflamasi yang dimiliki yogurt dapat menyembuhkan kulit yang terasa mengalami iritiasi. Anda juga sekaligus dapat menyingkirkan bakteri yang mungkin menyebabkan kulit Anda mengering dan bersisik.

15. Oatmeal
Apakah Anda tahu kalau oatmeal dapat digunakan untuk melawan kondisi kulit yang kering? Kandungan proteinnya yang tinggi dapat membantu Anda melakukannya. Sekaligus mengatasi kurangnya kadar air pada kulit Anda, sehingga kulit Anda akan memiliki kelembapan yang baik.

Baca juga: Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif – Cara mengatasi kulit kering pada wajah

16. Gliserin
Secara umum, gliserin memiliki banyak manfaat bagi kulit: ia dapat melawan jerawat, non-toxic, dapat dijadikan sunscreen, juga baik untuk kulit sensitif. Jadi tunggu apa lagi? Gunakan gliserin pada wajah Anda yang kering. Anda dapat membiarkannya berjam-jam atau semalaman dan hasilnya akan langsung terlihat. Bila perlu tambahkan beberapa tetes gliserin pada lotion wajah yang biasa Anda gunakan.

17. Gunakan humidifier
Udara yang dingin dapat mengganggu kondisi kulit Anda, sehingga menggunakan penghangat dalam ruangan dapat dijadikan solusi untuk mengatasi kulit kering dan bersisik akibat hawa yang dingin tadi. Gunakan humidifier atau pelembap ruangan, benda ini dapat mengembalikan kelembapan udara sekaligus melembapkan kulit Anda. Cukup letakkan humidifier dalam kamar Anda dan gunakan pada malam hari saat Anda tidur. Anda akan dapat merasakan perbedaan pada kulit Anda keesokan paginya.

18. Hydrating mask
Bila Anda merasa harus mempunyai alasan untuk memanjakan diri dengan melakukan perawatan kulit, ketika kulit Anda bersisik inilah saat yang tepat. Bersantailah di rumah sambil menggunakan hydrating mask. Tidak perlu memilih masker yang dapat mengecilkan pori-pori kulit karena masker tersebut justru akan membuat kulit Anda tambah kering. Pilihlah masker yang secara spesifik dapat mengisi kulit Anda dan membawa kembali pelembap alaminya yang hilang. Bila masker telah mengering dan Anda kelupas, tambahkan moisturizer pada wajah Anda untuk menjaga agar pelembap alaminya tidak hilang.

19. Konsumsi Omega-3
Merawat kulit dari dalam juga sama pentingnya dengan menjaganya dari dalam. Tidak hanya dengan menggunakan pelembap, namun mengonsumsi makanan sehat juga dapat menjadi cara menghilangkan kulit bersisik. Omega-3 merupakan kunci untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan kulit Anda terlihat cantik. Contohnya, almond mentah dapat dijadikan sebagai kudapan yang menyehatkan, ia dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sekaligus melembapkan kulit Anda dari luar dan dalam.

Artikel terkait: