20 Cara Menghilangkan Kulit Mati di Wajah Secara Alami dan Tradisional

Dalam setiap waktunya kulit manusia mengalami regenerasi untuk memperbaiki diri. Regenerasi kulit terjadi dengan mengganti sel kulit lama dengan sel kulit yang baru. Sel kulit lama ini disebut juga dengan kulit mati yang akan mengelupas dengan sendirinya. Namun untuk memudahkan pengelupasan kulit mati Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami. Sehingga cara ini tergolong aman dari efek samping bagi kulit. Bahan-bahan alami ini juga mudah didapatkan sehari-hari, berikut ini cara menghilangkan kulit mati di wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami antara lain :

1. Jeruk nipis

Buah yang memiliki rasa asam ini ternyata efektif untuk menghilangkan sel kulit mati pada wajah. Jeruk nipis mengandung vitamin c yang tinggi sehingga dapat juga mencerahkan wajah dari dalam. Cara menggunakan buah jeruk nipis sebagai masker cukup mudah. Belah dua jeruk nipis kemudian peras airnya kedalam wadah. Selanjutnya oleskan air jeruk nipis tersebut pada wajah secara merata. Biarkan selama 30 menit baru kemudian dibilas dengan bersih.

Baca juga :

2. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung gel yang memiliki manfaat untuk kecantikan kulit, salah satunya menghilangkan kulit mati pada wajah. Gel lidah buaya mengandung anti bakteri dan anti iritasi yang baik untuk kulit. Cara mengambil gel dari lida buaya adalah dengan memotong daun lidah buaya. Setelah itu kupas kulitnya dan cuci dengan air besih. Selanjutnya gel lidah buaya tadi oleskan pada wajah secara merata. Tunggu hingga gel mengering pada wajah baru kemudian dibilas dengan bersih.

Baca juga :

3. Minyak zaitun

Sudah sejak lama minyak zaitun dimanfaatkan dibidang kecantikan kulit. Minyak ini berasal dari buah zaitun yang diolah untuk diambil minyaknya. Minyak zaitun untuk wajah berperan untuk menghilangkan sel kulit mati. Oleskan minyak zaitun pada wajah dan lihatlah hasilnya yang maksimal dalam mencerahkan wajah.

Baca juga :

4. Gula

Gula memang berguna sebagai bahan pemanis makanan dan minuman. Namun disisi lain gula juga bermanfaat dibidang kecantikan. Salah satu manfaat gula adalah sebagai scrub untuk menghilangkan sel kulit mati. Adapun cara membuat scrub dari gula dengan menuangkan gula pada suatu wadah. Selanjutnya tambahkan air dan aduk hingga gula menjadi larut. Setelah itu oleskan pada wajah dan tunggu hingga mengering.

Baca juga :

5. Tomat

Buah yang mengandung vitamin e dan likopene ini juga bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati pada wajah. Cara membuat masker tomat dengan menghaluskan satu buah tomat. Lalu oleskan pada wajah Anda dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas wajah Anda hingga bersih.

Baca juga :

6. Pepaya

Buah pepaya merupakan buah asli dari meksiko, buah ini memiliki kandungan berupa vitamin a, vitamin c dan enzim papain. Buah pepaya kaya akan antioksidan dan serat yang baik untuk pencernaan. Cara membuat masker pepaya untuk wajah berperan dalam menghilangkan sel kulit mati. Ambil buah pepaya yang sudah matang dan kupas kulitnya. Ambil daging buah pepaya lalu haluskan. Setelah halus oleskan masker buah pepaya tadi pada wajah secara merata.

Baca juga :

7. Putih telur

Selanjutnya bahan alami yang dapat menghilangkan sel kulit mati pada wajah adalah putih telur. Putih telur mengandung protein dan asam amino yang dapat memperbaiki struktur kulit. Putih telur dapat juga berperan untuk mengencangkan kulit wajah. Cara menggunakan masker dari putih telur adalah dengan mengoleskan putih telur lansung pada wajah secara merata.

Baca juga :

8. Mentimun

Sayuran yang kaya akan air ini baik juga untuk menghilangkan sel kulit mati pada wajah. Mentimun dapat juga membantu mengatasi mata lelah Anda setelah seharian beraktifitas. Cara membuat masker mentimun adalah dengan mengambil satu buah mentimun. Kupas kulitnya dan bersihkan dengan air. Selanjutnya blender buah mentimun tersebut hingga halus. Oleskan pada wajah secara merata dan tunggu hingga 30 menit kemudian.

Baca juga :

9. Bengkuang

Bengkuang terkenal sebagai salah satu buah tropis. Buah ini juga memiliki kandungan air yang tinggi dan memiliki sifat mencerahkan kulit secara alami. Cara membuat masker bengkuang adalah dengan mengupas kulit bengkuang. Selanjutnya parut buah tersebut dan tambahkan air. Lalu remas parutan bengkuang itu hingga mengeluarkan saripatinya. Selanjutnya pisahkan ampas bengkuang dengan air. Dan diamkan selama 1 jam. Setelah satu jam Anda buang airnya dan Anda akan mlihat sari pati dari bengkuang yang mengendap didasar wadah.

Baca juga :

10. Gandum

Gandung termasuk salah satu sumber karbohidrat bagi tubuh, disisi lain gandumg juga dapat dijadikan sebagai masker alami untuk menghilangkan sel kulit mati. Caranya ambil satu sendok gandum dan letakkan dalam wadah. Beri air secukupnya dan aduk hingga merata. Lalu letakkan masker tadi kewajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit bilas dengan bersih wajah Anda.

Baca juga :

11. Teh hijau

Tahukah Anda bahwa teh hijau merupakan salah satu rahasia cantik alami wanita china. Dan sekarang Anda juga dapat membuat masker dari teh hijau. Teh hijau kaya akan antioksidan yang berperan untuk melawan serangan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit. Cara untuk membuat masker dari teh hijau ini dengan mengambil satu sendok bubuk teh hijau, beri sedikit air dan aduk rata. Selanjutnya oleskan pada wajah dan tunggu hingga masker mengering baru kemudian di bilas hingga bersih.

Baca juga :

12. Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan vitamin e, antioksidan, lemak tak jenuh yang baik dan menutrisi kulit dari dalam. Alpukat dapat dijadikan masker untuk wajah sebagai penghilang sel kulit mati. Cara membuat masker alpukat dengan mengambil isi dagingnya lalu haluskan. Halusan tersebut oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit.

Baca juga :

13. Kunyit

Bahan dapur satu ini juga bermanfaat untuk kulit Anda, caranya dengan menggunakan bubuk kunyit yang sudah halus. Lanjutkan dengan beri sedikit air pada bubuk dan ratakan pada wajah Anda. Kunyit dapat membantu mempercepat proses menghilangkan sel kulit mati pada wajah secara alami. Sehingga kulit menjadi cantik dan bersinar.

Baca juga :

14. Lemon

Buah yang memiliki warna kuning ini juga ampuh untuk menghilangkan sel kulit mati pada wajah. Lemo kaya akan vitamin c yang tinggi. Cara untuk menggunakan lemon sebagai masker dengan memanfaatkan air yang terkandung didalamnya. Anda dapat mengoleskan secara merata pada wajah. Setelah air lemon meresap pada wajah dan mengering baru bilas wajah Anda dengan menggunakan air yang bersih.

Baca juga :

15. Daun jambu biji

Cara menghilangkan sel kulit mati pada wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji dapat dihaluskan untuk digunakan sebagai masker. Setelah halus daun jambu biji dioleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit hingga masker mengering. Setelah itu baru bilas dengan menggunakan air yang bersih.

16. Madu

Madu memiliki vitamin yang lengkap dan antioksidan yang baik bagi kulit. Madu dapat dijadikan sebagai masker alami bagi kulit Anda. Caranya dengan mengoleskan madu pada kulit wajah secara merata. Setelah itu diamkan pada wajah selama 30 menit saja. Dan bilas hingga bersih setelah 30 menit.

Baca juga :

17. Kopi

Menghilangkan sel kulit mati pada wajah juga dapat menggunakan bubuk kopi. Caranya ambil bubuk kopi sekitar satu sendok dan tambahkan air. Aduk larutan hingga rata dan oleskan pada wajah Anda. Diamkan selama 30 menit hingga mengering baru selanjutnya bilas wajah Anda hingga bersih.

Baca juga :

18. Baking soda

Baking soda juga memiliki manfaat untuk menghilangkan sel kulit mati. Cara menggunakan baking soda sebagai masker cukup tambahkan air pada baking soda dan aduk hingga merata. Oleskan pada wajah Anda dan diamkan selama 30 menit saja. Lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Baca juga :

19. Bubuk almond

Bubuk almond yang berasal dari kacang almond juga bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati. Cara untuk membuat masker almond ini cukup tambahkan air secukupnya dan oleskan pada wajah Anda secara merata. Diamkan selama 30 menit dan biarkan mengering baru bilas wajah Anda hingga bersih.

(Baca juga : Manfaat almond untuk rambut)

20. Strawberry

Masker dari buah strawberry juga dapat menghilangkan sel kulit mati pada wajah. Caranya ambil beberapa buah strawberry dan haluskan. Oleskan pada wajah secara merata buah strawberry ini dan diamkan selama 30 menit saja. Bilas hingga bersih wajah Anda.

Itulah beberapa bahan dan masker alami yang dapat menghilangkan sel kulit mati. Anda dapat mencobanya dirumah.