15 Cara Menghilangkan Kulit Wajah Terkelupas dengan Cepat

Kulit wajah memang lebih rentan mengalami terkelupas karena kekurangan minyak dan air pada lapisan atasnya. Akibat ini kulit wajah menjadi terasa kering dan lebih sensitif dari pada biasanya. Pada kondisi ini kulit wajah yang terkelupas tentu tidak membuat tampilan Anda sempurna lagi. Pasalnya setiap kulit wajah yang terkelupas saat menggunakan bedak akan tidak rata pada permukaan kulit. Untuk itu bagi Anda yang memiliki aktifitas banyak diluar dan bertemu dengan orang-orang baru maupun sudah lama membuat rasa percaya diri sedikit berkurang. Namun jangan khawatir karena terdapat bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker untuk mengatasi kulit wajah terkelupas dengan cepat. Berikut ini bahan alami yang dapat Anda buat sendiri dirumah untuk menghilangkan kulit wajah terkelupas secara alami yaitu :

1.Madu

Manfaat madu untuk wajah telah lama dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit salah satunya adalah kelembapan. Kulit wajah memerlukan pelembap yang lebih banyak dibandingkan kulit lainnya karena sangat mudah sekali untuk kering. Itu sebabnya mengoleskan masker dari madu dapat membantu menjaga kelembapan kulit wajah dari dalam. Manfaat madu untuk kulit terkelupas dapat dihilangkan dengan cara mengoleskan madu pada seluruh kulit wajah. Setelah itu diamkan sekitar 30 menit, jika sudah kering masker madu tersebut dapat dibilas hingga bersih. Cara merawat wajah dengan madu ini tergolong aman karena madu bersumber dari bahan alami yang tidak memiliki efek samping sama sekali untuk kulit wajah.

2. Pelembap

Terdapat banyak sekali jeni pelembap yang dijual dipasaran untuk kulit wajah seperti pelembap wajah untuk kulit kering dan Pelembap untuk kulit kering dan kusam  . Pelembap untuk wajah berfungsi untuk mengganti lapisan minyak dan air yang ikut luruh saat membersihkan wajah. Jadi gunanya pelembap untuk di olesi pada wajah saat kulit wajah terasa kering. Karena kulit wajah yang kering jika dibiarkan begitu saja akan membuat kulit wajah jadi mudah terkelupas. Dan Anda sudah tahukan efek sampingnya jika kulit wajah terkelupas karena kering. Untuk itu ada baiknya oleskan pelembap setelah selesai membersihkan wajah Anda.

3. Jeruk Nipis

Ketiga cara menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat adalah dengan menggunakan masker jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin c yang tinggi, dimana vitamin c berfungsi untuk melembapkan dan mencerahkan kulit wajah. Manfaat jeruk nipis untuk wajah dapat dirasakan dengan membelah dua jeruk nipis dan ambil airnya. Setelah itu air perasan dari jeruk nipis dioleskan pada wajah secara merata dan tunggu selama 30 menit. Jika sudah kering maka Anda dapat membersihkan wajah Anda hingga bersih. Cara membuat masker jeruk nipis yang mudah dan simpel ini bisa dilakukan sendiri di rumah Anda. 

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun berasal dari buah zaitun yang sudah diproses dan dikemas dalam suatu produk sehingga Anda hanya perlu mengoleskannya langsung pada wajah. Dalam minyak zaitun terkandung vitamin e, antioksidan dan vitamin c yang semua sangat bermanfaat untuk menghilangkan kulit terkelupas dengan cepat. Anda hanya perlu menuangkan minyak zaitun secukupnya pada telapak tangan. Setelah itu oleskan pada kulit wajah yang terkelupas untuk diberi kelembapan dan biarkan hingga minyak zaitun tersebut mengering sendiri. Selain bermanfaat untuk wajah minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat seperti manfaat minyak zaitun untuk alis dan manfaat minyak zaitun untuk bibir.

5. Susu

Cara yang kelima untuk mengatasi kulit wajah terkelupas dengan cepat adalah dengan menggunakan masker susu. Susu yang digunakan sebagai masker ini adalah susu yang masih alami dan belum mengalami tahap proses sama sekali. Cara membuat masker susu ini bisa ditambahkan juga dengan perasan air jeruk nipis. Setelah itu oleskan pada wajah selama 30 menit biarkan mengering sendiri. Jika sudan mengering Anda dapat membersihkan masker susu ini dari wajah. Mudah sekali bukan untuk menggunakan masker dari susu ini.

6. Mentimun

Manfaat mentimun untuk wajah dapat juga dijadikan sebagai masker alami untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas dengan cepat. Ini karena masker mentimun memiliki kandungan air yang tinggi. Jika Anda tertarik untuk membuat masker timun ini maka Anda dapat melakukannya dengan cara :

  • Bersihkan terlebih dahulu mentimun dengan air yang mengalir.
  • Setelah itu kupas kulitnya dan haluskan mentimun dengan menggunakan blender.
  • Jika sudah oleskan pada wajah secara merata masker tersebut dan diamkan selama 30 menit.
  • Lanjut setelah 30 menit baru bersihkan masker tersebut dari wajah Anda.

Penggunaan masker mentimun ini dapat dilakukan sebanyak satu kali setiap malam hari.

7. Lidah buaya

Lidah buaya dapat dijadikan sebagai masker yang juga berguna untuk mengatasi kulit wajah terkelupas dengan cepat. Dimana lidah buaya ini dapat diambil gel yang yang berguna untuk memberi kelembapan alami pada wajah. Seperti yang kita ketahui manfaat lidah buaya ini berasal dari kandungan gel didalamnya. Adapun untuk membuat gel dari lidah buaya ini dapat dilakukan cara – cara seperti berikut ini :

  • Potong batang lidah buaya yang berukuran besar dan bersihkan.
  • Setelah itu kupas kulitnya dan ambil bagian gel dari lidah buaya tersebut.
  • Gel itu lanjutkan dengan dioleskan pada wajah secara merata.
  • Jika sudah merata tunggu hingga 30 menit baru kemudian bilas wajah Anda hingga bersih.

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan sudah lama dipercaya dapat mengatasi berbagai permasalah kulit wajah secara alami tanpa efek samping.

8. Pisang

Selanjutnya cara menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat adalah dengan menggunakan masker pisang. Manfaat pisang untuk kulit terkelupas dapat dilakukan dengan cara mengolah pisang menjadi masker. Adapun berikut ini langkah membuat masker dari pisang yaitu :

  • Sediakan satu buah pisang yang cukup besar dan kupas kulitnya.
  • Lalu letakkan pisang ke atas piring dan haluskan secara manual dengan menggunakan sendok garpu.
  • Setelah itu baru oleskan pada kulit wajah yang terkelupas.
  • Diamkan masker pisang tersebut selama 30 menit pada wajah.
  • Kemudian baru bilas dari wajah hingga bersih.

Masker pisang kaya akan kandungan kalium, vitamin c dan vitamin a yang dapat membantu menutrisi kulit wajah dari luar.

9. Pepaya

Manfaat pepaya untuk kulit wajah yang mengalami pengelupasan dapat dilakukan dengan menjadikan buah pepaya sebagai masker. Adapun cara membuat masker pepaya tersebut dapat dilakukan dengan cara menghaluskan daging buah pepaya terlebih dahulu. Setelah halus oleskan masker buah pepaya tersebut pada kulit wajah Anda secara merata. Kemudian baru ditunggu hingga 30 menit hingga mengering. Setelah mengering baru bilas wajah Anda dengan menggunakan air yang bersih.

10. Tomat

Manfaat bahan alami yang dapat menghilangkan kulit terkelupas dengan cepat yang kesepuluh adalah dengan menggunakan buah tomat. Manfaat tomat untuk kulit  sudah lama digunakan karena tomat memiliki kandungan vitamin c dan likopene yang bagus untuk kulit. Untuk menggunakan buah ini sebagai masker Anda harus melumatkan terlebih dahulu daging tomat tersebut. Jika sudah halus baru tempelkan pada wajah secara merata. Dan lanjutkan dengan diamkan selama lebih kurang 30 menit. Jika sudah 30 menit baru bersihkan masker tomat tersebut dari wajah Anda.

11. Yoghurt

Cara menghilangkan kulit terkelupas dengan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan yoghurt. Yoghurt yang kita gunakan adalah yoghurt yang masih alami dan tidak memiliki rasa sama sekali. Yoghurt ini dapat dioleskan langsung pada wajah dan tunggu selama 30 menit. Agar pemakaian masker yoghurt ini tidak membuat Anda sulit baiknya gunakan pada malam hari menjelang akan tidur

12. Anggur

Bahan alami yang kedua belas selanjutnya adalah dengan menggunakan buah anggur. Buah yang memiliki rasa asam manis ini juga dapat dijadikan sebagai masker untuk wajah Anda. Manfaat anggur saat dijadikan sebagai masker dapat menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat secara alami. Adapun cara untuk membuat buah anggur ini sebagai masker antara lain :

  • Bersihkan wajah Anda hingga bersih dan haluskan anggur hingga lembut.
  • Setelah itu baru oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit.
  • Jika sudah 30 menit baru kemudian dibersihkan dari wajah Anda.

Selain bermanfaat untuk wajah manfaat lainnya dari anggur adalah manfaat anggur untuk rambut.

13. Minyak Kelapa

Minyak kelapa berasal dari kelapa yang diproses sehingga menghasilkan minyak yang dapat digunakan untuk menghilangkan kulit terkelupas dengan cepat. Minyak kelapa ini sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan manfaat minyak kelapa untuk rambut serta manfaat minyak kelapa untuk alis. Adapun cara untuk menggunakan minyak kelapa ini untuk kulit wajah yang terkelupas sebagai berikut :

  • Tuangkan minyak kelapa pada telapak tangan secukupnya dan setelah itu oleskan pada wajah secara merata.
  • Lanjutkan dengan biarkan selama 30 menit dan mengering.

Cara ini sangat cepat sekali untuk mengembalikan kelembapan wajah Anda terutama kulit wajah yang mengelupas..

14. Alpukat

Manfaat alpukat untuk kulit wajah yang terkelupas dapat dirasakan dengan cepat karena buah ini kaya akan lemak tak jenuh. Dimana lemak ini baik sekali untuk menjaga kelembapan pada wajah Anda. Kulit yang terkelupas biasanya disebabkan karena kurangnya produksi kelenjar minyak dan kurang minum. Jadi untuk mendapatkan manfaat dari buah ini Anda dapat melakukannya dengan cara membuat masker alpukat. Cara membuat masker alpukat untuk wajah dirumah adalah sebagai berikut :

  • Belah dua buah alpukat yang telah Anda sediakan.
  • Setelah itu keluarkan isinya dengan menggunakan sendok dan haluskan secara manual.
  • Berikut jika sudah halus baru oleskan secara merata pada kulit wajah yang terkelupas.
  • Diamkan selama 30 menit hingga kerin.
  • Jika sudah kering baru bersihkan masker dari wajah Anda.

Penggunaan masker ini dapat dilakukan selama kulit wajah Anda masih terkelupas dan kering.

15. Bengkuang

Terakhir bahan alami yang dapat dimanfaatkan adalah benkuang untuk menghilangkan kulit terkelupas dengan cepat. Buah tropis ini juga berfungsi untuk memutihkan kulit waja secara alami. Adapun cara untuk membuat masker dari bengkuang yang pertama adalah kupas kulitnya. Setelah itu haluskan bengkuang dan tempelkan pada kulit wajah. Diamkan masker ini selama lebih kurang 30 menit. Jika sudah baru bersihkan dari wajah Anda hingga bersih.

Nah, itulah beberapa cara yang aman dan tepat untuk menghilangkan kulit terkelupas dengan cepat yang memanfaatkan bahan-bahan alami yang terdapat disekitar kita.