10 Cara Menghilangkan Selulit di Paha dengan Cepat

Selulit, seperti juga semua ketidak sempurnaan pada tubuh lainnya adalah musuh besar kaum wanita. Konon lebih dari 85% – 90% wanita mengalami selulit, walaupun mereka memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang berbeda satu sama lain. Selulit bisa muncul di tangan, perut ataupun tangan, tetapi paling umum bisa dilihat di area paha. Selulit adalah timbunan lemak di bawah lapisan kulit. Jika dilihat dari permukaan, kulit yang berselulit hanya akan terlihat seperti tidak rata atau bertekstur. Selulit baru akan tampak jelas jika Anda mencubit dan menekan bagian yang tebal dari daging di paha atau bagian tubuh lainnya, dan akan tampak seperti guratan – guratan yang berada di bawah kulit . Terkadang ada yang menyebut selulit tampak mirip dengan kulit jeruk.

Kebanyakan orang sering salah membedakan selulit dengan stretch mark. Jika selulit berada di bawah permukaan kulit, maka stretch mark akan langsung terlihat dengan jelas berupa guratan – guratan di atas permukaan kulit. Semua orang memiliki resiko yang sama untuk terkena selulit, namun pada orang yang mengalami kelebihan berat badan akan cenderung mendapatkan resiko paling besar untuk mengalami selulit. Sebabnya karena lemak yang tertimbun di bawah lapisan kulit akan lebih banyak. Selain itu, ibu yang baru melahirkan juga memiliki resiko yang besar untuk terkena selulit, begitu juga dengan orang yang kurang bergerak dan faktor keturunan.

Penyebab selulit

Munculnya selulit di kulit tentu ada penyebabnya, berikut ini sebagian hal tersebut:

  • Kelebihan berat badan yang juga akan membuat wanita kesulitan mencari cara mengatasi betis besar dan cara mengencangkan paha agar tampak lebih ramping.
  • Konsumsi makanan tertentu, misalnya yang berlemak dan berkalori tinggi
  • Melakukan program diet yang salah karena ingin cara cepat mengecilkan paha dan  bukannya melakukan cara mengecilkan paha secara alami tanpa diet ketat.
  • Metabolisme tubuh yang kurang baik
  • Kurang melakukan aktivitas fisik yang memberikan banyak manfaat, misalnya manfaat olah raga untuk kecantikan yang dapat menjadi cara mengencangkan bokong, cara menaikkan bokong yang turun dan cara mengencangkan perut.
  • Mengalami dehidrasi karena kurang minum air putih.
  • Ketebalan dan warna kulit seseorang. Pada wanita yang berkulit lebih gelap, selulit lebih jarang ditemukan dibandingkan dengan yang berkulit terang. Wanita juga memiliki kulit yang lebih tipis, kurang elastis serta memiliki kandungan lemak yang lebih banyak daripada kulit pria.
  • Merokok, karena melemahkan kulit yang sebabnya karena pembuluh kapilar tersumbat sehingga hubungan antar kelenjar dalam kulit menjadi terpengaruh.
  • Hormonal, yang menyebabkan penimbunan cairan di dalam jaringan serta proses pembakaran lemak yang menurun.
  • Bentuk tubuh, karena pada wanita jaringan pada perut bawah dan panggul sangat longgar sehingga lemak lebih mudah masuk ke jaringan tersebut. Hal ini juga yang membuat wanita sering kesulitan mencari cara menghilangkan lemak di perut secara alami dan bagaimana cara mengecilkan perut yang cepat.
  • Stress yang akan menghambat proses detoksifikasi yang akan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  • Pertambahan usia, yang akan melemahkan jaringan kulit dan memudahkan terbentuknya selulit. usia juga menjadi penyebab bokong turun pada wanita dan pria.

Perawatan Selulit di Paha Secara Modern

Jika selulit mulai muncul, sebaiknya Anda mencari cara untuk melenyapkannya dengan segera karena selulit akan memburuk sejalan dengan bertambahnya usia. Telah banyak cara modern yang efektif untuk memperlambat kemunculan selulit pada kulit .

1. Krim Anti Selulit

Bagi Anda yang lebih menyukai cara – cara praktis atau yang tidak memiliki banyak waktu, krim anti selulit akan menjadi solusi yang cocok. Pada saat sekarang ini telah banyak produsen yang membuat berbagai macam krim selulit dengan berbagai komposisi yang diklaim bisa memecah lemak dan membuat kulit menjadi lembut kembali. Namun berhati – hatilah untuk memilih karena ada bahan kosmetik berbahaya yang mungkin saja terkandung di dalam krim tersebut, jika dibuat oleh produsen yang tidak terdaftar pada badan BPOM. Contohnya, kandungan Aminophylline yang sebenarnya merupakan salah satu obat untuk penyakit asma. Manfaatnya untuk selulit bisa jadi dilihat dari kemampuannya mempersempit pembuluh darah dan mengeluarkan kelebihan air dari kulit, namun efeknya bisa berbahaya bagi orang dengan masalah sirkulasi tubuh. Selain itu, bahan ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

2. Sedot Lemak atau Liposuction

Ini adalah prosedur yang dilakukan melalui tindakan operasi untuk memindahkan atau menyingkirkan lemak dari kulit. Akan tetapi, sebenarnya tindakan ini hanya menghilangkan lemak yang ada jauh di dalam kulit dan tidak menghilangkan selulit, bahkan bisa memperburuk selulit yang telah ada dengan menciptakan lebih banyak tekanan pada kulit. Sedot lemak bisa juga menjadi solusi bagi mengatasi penyebab betis besar, yaitu kelebihan lemak di betis.

3. Mesotherapy

Terapi ini awalnya dikembangkan di Eropa untuk menghilangkan sakit karena peradangan atau inflamasi pada kulit. Metodenya melibatkan menyuntikkan zat – zat seperti vitamin, mineral, asam amino, dan enzim ke dalam jaringan bawah kulit. Mesotherapy bisa memecah lemak dan membawa sedikit perubahan pada penampilan kulit yang berselulit. Akan tetapi, resiko atau efek sampingnya tetap ada, seperti pembengkakan, infeksi, dan kontur kulit yang tidak biasa.

4. Laser Treatment

Terapi dengan menggunakan energi laser untuk merawat selulit dapat melelehkan lemak di bawah kulit, memecah serat yang mengumpul di baawah kulit serta menstimulasi produksi kolagen. Penting sekali agar tubuh kita memproduksi kolagen sendiri, karena akan ada bahaya suntik kolagen yang bisa dialami apabila Anda melakukannya dengan salah.

5. Wrap

Banyak salon menawarkan berbagai macam tipe body wrap untuk menghilangkan selulit. Caranya adalah dengan membungkus seluruh tubuh atau sebagian menggunakan pembungkus khusus yang disediakan oleh salon atau klinik kecantikan. Walaupun efeknya hampir tidak pernah dilaporkan secara ilmiah atau di dalam literatur medis namun cara ini bisa dicoba. Perlu diketahui, efek yang didapatkan dari pemakaian wrap ini seperti pengurangan cairan dan memperbaiki penampilan kulit hanyalah sementara. Wrap juga dapat menjadi cara alami mengecilkan betis.

6. Menyikat Tubuh

Menyikat tubuh dalam keadaan kering adalah salah satu cara yang simpel untuk menghilangkan selulit. Menyikat tubuh bisa membantu memperbaiki sirkulasi darah dan menyingkirkan racun yang mulai terbentuk dalam tubuh. Cara menyikat tubuh dalam keadaan kering yaitu:

  • Gunakan sikat tubuh yang lembut helaiannya dan terbuat dari bahan alami, bukan sintetis.
  • Pastikan kulit tubuh dan sikat dalam keadaan kering
  • Sikatlah dengan perlahan dan lembut area paha yang terdapat selulit. Mulai dari sisi kanan ke kiri, serta mengarah ke jantung untuk memperbaiki aliran sirkulasi darah.
  • Lakukan perawatan ini selama sekitar lima menit
  • Setelah selesai, mandilah untuk membersihkan semua kotoran dan sel kulit mati
  • Anda bisa melakukannya sekali  sehari sebelum mandi selama beberapa bulan agar terlihat perubahan pada tekstur kulit Anda.

Perawatan Selulit di Paha Secara Alami

Sebagai wanita Indonesia yang memiliki kekayaan alami berlimpah, tentu saja akan tetap ada bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah selulit di paha. Bahan – bahan tersebut adalah seperti berikut:

1. Cabe Rawit

Bahan makanan yang rasanya sangat pedas ini adalah makanan yang berkhasiat tuntuk membakar lemak di dalam tubuh. Juga berkhasiat secara alami untuk menaikkan panas tubuh, menaikkan sirkulasi darah dan memperbaiki metabolisme. Selain itu juga membantu menghilangkan sel kulit yang burukdan menggantinya dengan sel yang sehat. Cara menggunakan cabe rawit untuk menghilangkan selulit adalah dengan meminumnya sebagai jus. Cara membuatnya yaitu:

  • Siapkan satu atau dua sendok teh bubuk cabe asli, satu sendok teh jahe, dan air yang diperas dari satu buah lemon.
  • Tambahkan satu gelas air hangat dan aduk sampai rata.
  • Minumlah satu kali sehari selama satu atau dua bulan.

Karena ini adalah jus untuk detoksifikasi yang berasal dari bahan cabe, sebaiknya Adna berhati – hati sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya, terutama bagi Anda yang memiliki pencernaan yang sensitif atau yang tidak tahan dengan pedas.

2. Ampas Kopi

Manfaat kopi untuk kulit salah satunya bisa didapatkan dari ampas kopi. Manfaat ampas kopi untuk wajah dan manfaat masker kopi sering digunakan untuk perawatan wajah. Cara membuat scrub kopi dan cara membuat lulur kopi dapat digunakan untuk bagian tubuh. Ampas kopi yang masih kasar dapat diambil kegunaannya sebagai bahan untuk mengelupas sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit baru. Cara menggunakan ampas kopi untuk menghilangkan selulit di paha yaitu:

  • Campur satu perempat cup berisi ampas kopi, tiga sendok makan gula, dan tiga sendok makan minyak kelapa yang sudah dilelehkan sampai membentuk pasta. Ambil sedikit campuran dan balurkan ke bagian paha yang terdapat selulit sambil sedikit dipijat dan ditekan kuat. Setelah selesai, bilas dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan dua atau tiga kali seminggu sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Sebagai cara alternatif, Anda bisa mempersiapkan sebuah wrap dengan kopi dan minyak zaitun. Hangatkan satu setengah ampas kopi dan sedikit extra virgin coconut oil di microwave selama 20 detik. Balurkan ramuan yang masih hangat di area paha yang berselulit dan tutupi dengan plastic wrap. Biarkan selama 30 menit, lalu cuci dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu sampai Anda melihat perbaikan.

Selain manfaatnya untuk kulit, ada juga manfaat ampas kopi untuk rambut dan manfaat kopi untuk rambut yang mungkin bisa Anda coba untuk membuat rambut semakin sehat serta berkilau alami.

3. Minyak Jintan

Minyak jintan memiliki khasiat untuk membersihkan racun dari tubuh serta membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh, yang sangat efektif dalam mengurangi selulit juga. Cara menggunakan minyak jintan adalah:

  • Tambahkan sepuluh sampai lima belas tetes minyak jintan ke dalam satu perempat cup minyak zaitun.
  • Pijat dan balurkan minyak campuran ini ke area paha yang berselulit selama sepuluh menit
  • Lakukan perawatan ini dua kali sehari. Setelah satu bulan, Anda akan mendapati kulit menjadi lebih lembut dan halus serta kencang.

4. Rumput Laut

Sebagai bahan eksfoliator alami, rumput laut menstimulasi sirkulasi darah, memperbaiki tekstur kulit dan membuang racun berbahaya dari dalam tubuh. Dengan demikian akan juga mengurangi penampilan selulit dari kulit tubuh. Cara menggunakan rumput laut untuk menghilangkan selulit di paha adalah:

  • Campur tiga sendok makan bubuk rumput laut yang mudah ditemukan di toko kesehatan dengan satu perempat cup garam laut, serta satu perempat cup extra virgin coconut oil, dan beberapa tetes minyak esensial apa saja.
  • Pijat kulit paha yang berselulit menggunakan campuran ini selama sepuuh menit sebelum mandi.
  • Gunakan pelembab setelah mandi.
  • Anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari untuk beberapa minggu.

Gumpalan selulit mengandung racun yang telah terkandung di dalam tubuh Anda selama bertahun – tahun. Untuk menghilangkan racun tersebut, minum air adalah cara yang paling baik untuk menyingkirkan racun tersebut dari tubuh Anda. Usahakanlah untuk membiasakan diri meminum air putih sesuai kebutuhan tubuh dalam sehari. Jika Anda tidak menyukai rasa air putih, Anda dapat menambahkan perasan jeruk lemon atau sedikit madu, juga memakan buah yang mendandung tinggi air seperti semangka dan sayuran hijau serta mentimun.