11 Cara Menyembuhkan Kulit yang Terkena Air Panas Paling Alami

Terluka merupakan hal yang sangat dihindari oleh semua orang. Apalagi luka pada kulit yang bisa menimbulkan bekas dan membuat penampilan menjadi tidak semulus yang seharusnya. Tetunya hal ini akan membuat banyak perempuan menjerit bagaimana cara untuk menutupi luka tersebut dan menjadi sangat tidak percaya diri. Saat tangan kamu terkena siraman air panas, maka yang kamu harus lakukan pertama kali adalah menenangkan diri. Hal ini sangat sepele tetapi banyak dilupakan. Padahal mnenangkan diri akan membuat kita bisa berpiir jernih dan bisa mengobati luka tersebut. Oleh karena itu, kami merangkum 9 cara untuk menyembuhkan kulit yang terkena air panas.

  1. Siram dengan air dingin/es

Salah satu cara untuk membuat tangan kamu terasa tidak panas setelah terkena air panas adalah dengan menyiramkan air dingin/air es pada tangan yang terluka. Hal ini akan membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks karena suhu yang rendah dari air es akan menetralkan suhu panas pada tangan kamu.

  1. Mengkompres

Selain dengan cara menyiramnya secara langsung dengan air dingin ataupun air es, kamu juga bisa mengkompres tangan kamu dengan menngunakan handuk yang lembut.

  1. Oleskan salep/krim

Salep/krim ini merupakan cara yang bisa kamu aplikasikan untuk membuat tangan kamu terasa dingin dan memperbaiki jaringan kulit yang terkena air panas tadi. Oleh karena itu, kamu perlu mencari dan menggunakan krim penghilang bekas luka yang cocok pada kulit kamu.

  1. Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang mudah dan murah untuk didapatkan. Madu sendiri memiliki kandungan antibiotic yang dapat membantu menyembuhkan kulit dari luka yang ditimbulkan air panas

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu aplikasikan untuk menyembuhkan luka kulit kamu. Hal ini dikarenakan minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E yang sangat dibutuhkan kulit untuk regenerasi. Sehingga, kamu bisa terhindar dari infeksi kulit. Kamu cukup mengoleskan minyak kelapa secukupnya agar kulit kamu menjadi lebih terasa dingin.

  1. Lidah Buaya

Lendir lidah buaya yang memiliki sifat dingin dan segar akan membantu kondisi tangan kamu yang terkena air panas. Lendir ini akan membantu mirileksasikan agar tangan kamu tidak mengalami pembengkakan dan peradangan yang mungkin terjadi. Caranya pun cukup mudah hanya dengan mengoleskan lender lidah buaya pada bagian tangan yang terluka, dan rasa nyeri maupun perih yang kamu alami pun bisa berkurang.

  1. Mentimun

Kandungan air yang banyak dan mendominasi pada mentimun menjadikannya patut untuk dicoba sebagai salah atu obat untuk mengobati luka pada kulit kamu. Kamu hanya perlu mengiris timun secara tipis dan memanjang (hal ini berfungsi untuk mempermudah dalam pengaplikasiannya), dan kamu hanya perlu menempelkan irisan buah menitmun ini pada kulit kamu ya.

  1. Buah Mengkudu

Buah yang satu ini memiliki kandungan senyawa scopoletin, yang bisa membantu menghilangkan bekas luka dan juga anti radang. Nah, cara aplikasinya adalah dengan memotong kecil-kecil buah mengkudu lalu dihaluskan dengan blender. Dan buah mengkudu yang sudah halus ini bisa kamu tempelkan pada kain/handuk yang sudah dibasahi oleh air dingi. Dan nantinya kamu hanya cukup mengkompresnya pada bagian kulit kamu yang terluka.

Beberapa cara diatas bisa kamu coba tetapi tetap harus menyesuaikan dngan keadaan kamu ya. Karena beberapa tips di atas adalah pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan dengan berbagai bahan sederhana dengan cara yang mudah. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan pada areal luka kamu agar tidak terjadi infeksi yang tidak diinginkan. Akan lebih baik juga kalau kamu sebisa mungkin menghindari penyebab luka seperti air panas dengan selalu berhati-hati dan tidak tergesa-gesa ataupun panic dalam berbagai kondisi. Dan apabila kamu mengalami rasa sakit yang semakin berlanjut, maka bergegaslah untuk periksa ke dokter dan mendapatkan perawatan yang optimal.