10 Cara Merawat Kulit agar Tidak Kusam Dan Kering

Kulit yang kusam bisa menjadi salah satu faktor menurunnya kepercayaan diri. Kulit merupakan bagian tubuh yang sangat penting untuk dirawat. Perawatan pada kulit tubuh dan wajah dapat dilakukan dengan penggunaan bahan alami agar lebih aman. Cara menjaga penampilan diri wanita dengan perawatan pada kulit tidaklah harus menggunakan krim-krim pemutih. Anda justru juga harus berhati-hati ketika menggunakan krim pemutih. Jangan sampai anda malah tertipu krim pemutih palsu. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai cara merawat kulit agar tidak kusam. Kira-kira apa saja ya caranya? Yuk kita simak sama-sama!

1. Olahraga teratur

Setiap orang sebenarnya membutuhkan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Tubuh yang sehat dan bugar akan membuat anda mampu melakukan aktivitas sehari-hari tanpa adanya gangguan. Olahraga ternyata juga mampu memberikan manfaat yang besar bagi kebersihan kulit kita. Salah satu manfaat olahraga untuk kecantikan kulit adalah mencegah kulit menjadi kusam. Mengapa demikian? Saat kita berolahraga, keringat akan keluar dari pori-pori kulit. Bersamaan dengan itu, kotoran yang menyumbat pori-pori akan dikeluarkan juga sehingga kulit menjadi terjaga kecerahannya.

2. Konsumsi buah dan sayur

Aneka jenis buah dan sayur bisa menjadi sumber vitamin, mineral, dan antioksidan bagi kulit anda sehingga selalu terjaga kesehatannya. Nutrisi dari dalam adalah hal yang juga penting selain perawatan dari luar. Dengan konsumsi sayur dan buah, anda akan bisa merasakan berbagai manfaat luar biasa. Selain untuk mencegah kulit kusam, buah dan sayur juga memiliki manfaat lain yang perlu anda ketahui. Selain mengonsumsinya, anda juga bisa menggunakan buah dan sayur sebagai bahan alami perawatan kulit. Anda bisa membaca bahasan lengkap mengenai manfaat sayur dan buah pada link-link berikut:

Beberapa bahan alami lain mungkin tidak dapat diambil manfaatnya dengan cara dikonsumsi tapi pada saat digunakan sebagai produk perawatan kulit. Beberapa contoh bahan alami tersebut dapat ditemukan pada link berikut:

3. Cukupi kebutuhan tubuh akan air mineral

Banyak orang masih lebih memilih konsumsi minuman yang mengandung rasa daripada harus minum air mineral. Padahal air mineral bisa memberikan manfaat yang baik dalam menjaga kulit tetap sehat dan bebas dari kusam. Air putih dapat berperan sebagai detoksifikasi yang mampu mengeluarkan racun-racun dan radikal bebas dalam tubuh. Jika anda ingin menjaga kesehatan kulit dengan cara mudah, jangan lupa untuk konsumsi air mineral sebanyak 2 liter per hari atau sekira 8 gelas. Kekurangan air dapat membuat anda dehidrasi serta berdampak pada keadaan kulit anda.

Sponsors Link

4. Rajin mandi dengan bersih

Mandi terkadang menjadi kegiatan yang sepele. Padahal saat anda membasahi tubuh dengan air, saat itulah anda membersihkan kotoran-kotoran dan sel kulit mati yang melekat pada kulit anda. Sabun berfungsi untuk mengikat kotoran sehingga dapat larut dengan air. Anda bisa memilih untuk menggunakan sabun yang mengandung pencerah agar kulit anda selalu terjaga kecantikannya. Pilihan lainnya, gunakanlah lulur mandi sebagai pengganti sabun. Usahakan untuk memastikan bahwa kulit benar-benar bersih. Bahkan dari sisa sabun. Jangan mandi terlalu lama karena dapat menyebabkan kulit kering. Namun juga jangan terburu-buru karena ada kemungkinan mandi anda tidak terlalu bersih. Jadi seberapa lelah pun anda, sebaiknya anda tetap menyempatkan untuk mandi agar kulit tidak menjadi kusam.

5. Hindari terpapar sinar matahari langsung terlalu lama

Tahukah anda bahwa sinar matahari UVA dan UVB dapat memberikan efek negatif bagi kulit? Radiasi sinar matahari dapat menyebabkan kulit terbakar dan kusam. Sinar matahari memang menyehatkan ketika di pagi hari sampai pada batas jam 10. Namun pada tengah hari sinar matahari justru bisa menjadi bencana untuk kulit anda. Jika anda berkegiatan di luar ruangan, pastikan untuk menutup kulit anda dengan pakaian yang melindungi. Efek buruk sinar matahari juga dapat menjadi salah satu pemicu kanker kulit. Jadi sebaiknya anda benar-benar berhati-hati dan selalu memperhatikan keselamatan kulit anda.

6. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung tabir surya

Saat ini telah banyak tersedia aneka produk perawatan kulit dan wajah yang mengandung tabir surya. Anda bisa memilih jenis pelembab, body lotion, dan sunblock untuk membantu anda melindungi kulit anda sehari-hari. Jika anda adalah pengguna make up untuk sehari-hari, jangan lupa juga untuk terlebih dulu menggunakan skin care sebelum dan setelah menggunakan make up karena make up saja tidak cukup untuk mencegah kulit anda menjadi kusam.

7. Gunakan madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang dapat menjaga kelembaban dan kesehatan kulit tubuh dan wajah. Anda bisa membalurkan madu ke permukaan kulit anda untuk mendapatkan manfaat alaminya. Khasiat madu untuk kulit dipercaya mampu memunculkan kesan yang cerah bercahaya sehingga anda akan terbebas dari kekusaman.

Sponsors Link

8. Hindari stres

Stres adalah sumber dari berbagai permasalahan kesehatan lainnya termasuk kesehatan kulit anda. Ketika anda stres, otomatis anda akan jarang memperhatikan perawatan kulit sehingga kesehatan kulit menjadi terabaikan. Usahakan untuk selalu hidup teratur dengan mengorganisasi waktu anda sehingga anda bisa terhindar dari stres. Anda juga perlu untuk menetapkan kapan harus berlibur dan memberikan waktu untuk diri sendiri. Hal ini bukan hanya untuk mendapatkan kesenangan tetapi juga menjaga keadaan diri anda agar selalu terhindar dari stres yang berat.

9. Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol merupakan dua hal yang harus anda hindari jika anda ingin mencegah keadaan kulit menjadi kusam. Kandungan zat racun di dalam kedua bahan tersebut dapat menyebabkan bercak-bercak kehitaman di kulit sehingga kulit menjadi kusam dan tidak sehat. Alkohol dan rokok juga dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini bagi para pengonsumsinya. Jika anda adalah perokok atau suka minum minuman beralkohol, sebaiknya segera hentikan kebiasan buruk tersebut demi kesehatan kulit anda.

10. Kurangi konsumsi makanan berminyak dan berlemak

Makanan berminyak dan berlemak tidak hanya dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit jantung dan kolesterol tinggi. Jenis makanan ini apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi kulit. Makanan seperti junkfood juga sebaiknya anda hindari karena dapat menimbulkan masalah kulit yang lebih parah, termasuk juga terjadinya kulit kusam yang menyebalkan.

Itulah cara merawat kulit agar tidak kusam. Lakukanlah cara-cara tersebut di atas untuk mendapatkan kulit yang senantiasa cerah bercahaya tanpa adanya kekusaman.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 16th, June 2016 / 11:10 Oleh :
Kategori : Kulit