30 Cara Merawat Kulit Berminyak Agar Tidak Kusam

Kulit wajah yang berminyak adalah kondisi yang sangat memungkinkan seseorang mengalami masalah jerawat di wajahnya. Biasanya, kondisi wajah berminyak itu terjadi secara alamiah. Kondisi wajah yang mengkilap akibat minyak tidak diinginkan oleh para wanita, karena kecantikan wajah dapat berkurang karenanya, juga membuat wanita sulit berdandan sesuai keinginannya, karena make up akan luntur akibat minyak yang berlebih. Belum lagi masalah jerawat dan komedo yang kerap muncul menodai kemulusan wajah, bahkan bisa membuat wajah menjadi kusam.

Minyak yang ada di kulit wajah berasal dari kelenjar sebaceous yang bekerja secara berlebihan dalam memproduksi minyak atau sebum sehingga kulit berminyak rentan menimbulkan masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Karena itulah memiliki kulit berminyak sering dianggap merepotkan bagi sebagian besar wanita.

Ciri – Ciri Kulit Wajah Berminyak

Sebenarnya bagaimana mengetahui bila minyak di wajah kita itu adalah kondisi alami atau karena sebab lain? Untuk mengetahuinya kita harus mengamati keadaan kulit wajah sehari – hari. Wajah yang pada dasarnya berminyak mempunyai beberapa karakteristik seperti berikut:

  • Kulit memiliki tingkat elastisitas yang tinggi

Minyak pada wajah memang membantu kulit wajah untuk tetap lembut dan elastis serta menghindari keriput. Akan tetapi bila jumlah minyak di wajah ini sudah berlebihan, tentunya sudah tidak alami lagi dan perlu dilakukan perawatan.

  • Wajah tampak berminyak dan mengkilap di daerah dahi, hidung dan dagu.

Kondisi seperti ini bisa tampak pada kulit wajah setiap hari. Sehabis mencuci muka pun tampilan wajah yang kesat dan bersih hanya akan bertahan selama beberapa jam dan kembali berminyak.

  • Pori – pori wajah tampak besar

Bila sedang bercermin, kelihatan pori – pori wajah yang besar dan terbuka. Pori besar ini terlihat di seluruh bagian wajah, tidak hanya di daerah T saja. Terkadang terlihat seperti kulit jeruk.

  • Wajah sering berjerawat dan banyak komedo

Salah satu akibat kulit berminyak adalah kulit wajah menjadi rentan terhadap masalah jerawat dan komedo, karena minyak di wajah dapat membuat kotoran cepat menempel dan menutup pori – pori wajah.

  • Kondisi wajah cenderung kusam

Kalau selalu berminyak, tampilan kulit wajah akan selalu kusam sehingga wajah seringnya tidak terlihat bersih dan bersinar. Cara merawat kulit agar tidak kusam adalah dengan mengatasi masalah minyak tersebut.

Penyebab Kulit Berminyak

Kulit berminyak dapat disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya adalah:

  • Genetis
  • Kosmetik
  • Tidur Larut
  • Hormonal
  • Makanan
  • Stress
  • Cuaca

Perawatan Harian Untuk Wajah Berminyak

Merawat wajah yang berminyak bisa disebut gampang – gampang susah. Gampang karena pada dasarnya kulit berminyak tidak memerlukan terlalu banyak perawatan. Disebut susah karena perawatannya memerlukan ketelatenan dan harus dilakukan secara rutin jika ingin mengendalikan produksi minyak di kulit. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk cara merawat kulit berminyak, yaitu seperti berikut:

Sponsors Link

1. Memakai Krim Wajah Khusus

Tidak hanya menggunakan krim wajah khusus seperti pelembab untuk kulit kering dan kusam, krim pelembab juga bermanfaat bagi wajah berminyak untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit.  Sebelum memilih untuk menggunakan krim wajah yang khusus ditujukan bagi kulit berminyak, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan ahli kecantikan atau dokter kulit yang kompeten.

2. Cuci Wajah Secukupnya

Hindari terlalu sering mencuci wajah dengan harapan minyak akan berkurang, hal itu justru akan memicu produksi minyak yang makin banyak. Cuci wajah dua kali sehari sudah cukup. Mencuci wajah secukupnya juga dapat menjadi cara merawat wajah agar tidak kusam.

3. Hindari Makanan Berminyak

Menyukai makanan yang mengandung minyak akan mempengaruhi juga pada kondisi minyak di wajah kita. Konsumsi secukupnya saja bila menginginkan makanan yang digoreng agar tidak membuat wajah makin berminyak.

4. Konsumsi Makanan Bervitamin dan Bergizi

Kulit membutuhkan nutrisi yang baik agar tetap terpelihara kondisinya. Untuk menjaga keseimbangan produksi minyak di kulit wajah, sebaiknya biasakan memakan makanan bergizi seimbang untuk menjaga asupan nutrisi bagi kulit.

5. Rajin Membersihkan Wajah

Pemilik kulit berminyak harus rajin membersihkan wajahnya agar terhindar dari masalah jerawat dan komedo, terutama setelah menggunakan riasan atau setelah beraktivitas seharian, karena minyak pada kulit berpotensi memancing kotoran yang menumpuk di kulit wajah.

6. Memakai Tabir Surya

Suhu panas memancing kulit memproduksi minyak berlebih untuk melindunsi kelembabannya. Menggunakan tabir surya yang cocok jika akan beraktivitas ke luar ruangan dan di tengah terik matahari sangat penting.

7. Banyak Minum Air Putih

Air putih sudah diketahui memiliki banyak manfaat baik untuk kulit wajah. Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh sangat baik untuk menyeimbangkan jika kita senang memakan makanan berminyak.  Minum banyak air putih juga dapat menjadi cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami.

8. Pilih Pembersih Yang Cocok

Pembersih yang cocok untuk kulit berminyak sangat penting, karena itu tidak bisa asal memilih saja. Bila perlu konsultasikan kepada ahli kulit dan kecantikan mengenai pembersih yang cocok untuk kulit berminyak agar terhindar dari bahaya make up palsu.

9. Minimalkan Pemakaian Make Up

Memiliki kulit berminyak tidak bisa memakai make up yang tebal. Untuk sehari – hari gunakan saja riasan yang ringan. Hindari penggunaan foundation karena dapat menyumbat pori – pori kulit dan sulit dibersihkan. Bila memang perlu, bisa menggunakan BB Cream sebagai pengganti foundation. Carilah yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak.

10. Gunakan Bedak Tabur

Paling baik adalah menggunakan bedak tabur untuk kulit berminyak karena teksturnya yang ringan. Bedak padat dapat menutupi pori – pori wajah dan beresiko menimbulkan jerawat. Sebagai informasi, ketahui juga cara memilih bedak untuk kulit sawo matang.

11. Hindari Menggosok Wajah

Kebiasaan menggosok wajah tidak baik untuk kulit berminyak karena dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Baelum lagi dapat menimbulkan iritasi dan kulit yang memerah.

12. Gunakan Produk Perawatan Yang Cocok

Produk perawatan yang cocok sangat penting agar tidak menimbulkan masalah kulit berminyak yang makin kompleks jika salah menggunakannya. Gunanya untuk menjaga agar kulit berminyak tetap terlihat segar dan tidak kusam. Perhatikan pula kandungan kosmetiknya, karena terdapat bahan kosmetik yang berbahaya yang tidak boleh digunakan dalam pembuatan kosmetika.

13. Gunakan Kertas Minyak

Kertas minyak untuk wajah sekarang banyak terdapat di pasaran dan bisa didapatkan di toko – toko yang menjual perlengkapan kosmetik. Gunakan kertas minyak ini untuk menyerap minyak saat sedang melakukan kegiatan sehari – hari agar penampilan wajah tetap terjaga dan riasan yang dipakai tidak mudah luntur.

ads

14. Keringkan Muka Dengan Benar

Cara mengeringkan wajah dengan benar yaitu dengan menepuknya memakai handuk hingga kering, dan bukan digosok. Menggosoknya akan membuat wajah terasa perih dan memancing minyak.

Perawatan Alami

Selain perawatan harian yang rutin, wajah berminyak dapat dirawat denganak di wajah karaitu bisa mengurangi kadar miny menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan alami. Cara mengatasi muka berminyak secara alami dengan masker wajah tersebut ada banyak, diantaranya yaitu:

1. Ketimun

Makanan yang satu ini tidak hanya enak dijadikan lalapan, tetapi juga bagus untuk cara merawat kulit berminyak. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menghancurkan ketimun sampai halus lalu digunakan sebagai masker wajah selama kurang lebih 15 menit. Manfaat timun untuk wajah yaitu antara lain menyegarkan kulit wajah yang berminyak.

2. Jeruk Lemon

Manfaat jeruk lemon untuk wajah berminyak yaitu bisa mengurangi kadar minyak di wajah, karena dapat mengangkat komedo, mengatasi jerawat dan mengecilkan pori – pori. Untuk menggunakannya, cukup peras jeruk lemon dan oleskan air perasannya ke wajah menggunakan kapas. Biarkan sampai agak kering, lalu bilas. Cara ini mungkin dapat menimbulkan sedikit rasa perih di kulit, karena itu tidak dianjurkan untuk melakukannya terlalu sering dan jangan lakukan bila ada luka di wajah.

3. Madu

Manfaat madu untuk masker wajah sebagai perawatan wajah berminyak sangat baik. Cukup oleskan saja madu ke seluruh wajah. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan handuk yang dibasahi air hangat. Selain untuk wajah, ada juga manfaat madu untuk bibir dan manfaat madu untuk rambut.

4. Air Garam

Untuk merawat wajah berminyak, bisa menggunakan manfaat air garam untuk wajah. Air garam ini digunakan untuk mencuci muka. Bila dilakukan secara teratur, manfaat garam untuk kulit dapat mengurangi produksi minyak di kulit. Uap air garam juga bisa menjadi cara menghilangkan komedo secara alami.

5. Apel

Selain manfaat buah apel untuk kesehatan rambut, ada juga manfaatnya untuk kulit wajah. Yaitu sebagai masker wajah. Cara memakainya dengan menghaluskan buah apel secukupnya, lalu dioleskan ke wajah. Biarkan selama 15-20 menit lalu bilas.

6. Seledri

Selain manfaat daun seledri untuk rambut dan manfaat daun seledri untuk alis mata tebal, ada juga manfaat seledri untuk wajah yaitu digunakan untuk mencuci muka. Caranya rebus daun seledri secukupnya, lalu gunakan untuk mencuci muka setelah dingin. Biarkan sampai mengering. Dapat dilakukan dua hari sekali.

Sponsors Link

Keuntungan Memiliki Kulit Berminyak

  • Memperlambat Proses Penuaan

Kerutan di kulit menjadi masalah bagi hampir sebagian besar wanita. Namun wanita yang mempunyai kulit berminyak juga mempunyai keuntungan jika kulit wajahnya tidak akan cepat mengalami keriput dan tanda – tanda penuaan karena minyak tersebut justru melindungi kelembaban wajah. Pemilik kulit berminyak tidak perlu repot mencari cara mencegah penuaan dini pada kulitnya.

  • Terhindar dari Kulit Kering dan Bersisik

Minyak pada wajah akan membuat kita terhindar dari masalah kulit kering dan tampak bersisik. Wajah akan selalu lembab alami dan tidak mengelupas.

  • Kulit Lembab Alami

Tanpa perlu menggunakan segala macam produk perawatan untuk melembabkan wajah, pemilik kulit berminyak sudah mempunyai kulit wajah yang lembab alami, yang berasal dari produksi minyak di wajahnya. Kelembaban alami ini membuat wajah terlihat lebih segar daripada yang mengalami kulit kering.

Nah, ternyata memiliki kulit berminyak tidak hanya merugikan saja ya. Keuntungannya juga ada, bahkan tidak usah khawatir dengan masalah penuaan kulit atau keriput. Karena itu, yang perlu dilakukan adalah merawat kulit berminyak dengan baik dan melakukannya secara rutin, agar dapat menikmati keuntungannya dan meminimalkan kerugiannya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 09th, August 2016 / 05:00 Oleh :
Kategori : Kulit