13 Cara Merawat Kulit Hitam Agar Eksotis

Source: Google Images

Memiliki kulit hitam bagi sebagian orang yang masih terpengaruh oleh standar iklan kecantikan, dianggap sebagai suatu masalah. Padahal, warna kulit hitam terjadi karena banyak faktor loh ladies. Beberapa faktor diantaranya yaitu, genetis, lingkungan hidup, iklim, serta pola hidup.

Selain itu, hidup di wilayah tropis merupakan salah satu faktor yang membuat kulit wanita Indonesia pada umumnya berwarna eksotis. Sehingga, warna kulit hitam atau gelap merupakan hal natural yang keindahannya juga memiliki daya pikat.

Standar kecantikan yang terlalu berfokus pada produk pemutih kulit, tidak selamanya baik dan sehat untuk kulit eksotismu ya ladies. Tidak perlu khawatir, kamu tetap dapat tampil mempesona dan menarik dengan kulit gelapmu dengan perawatan yang tepat. Untuk dapat menunjukkan pesona warna kulit eksotismu, tips-tips perawatan berikut dapat kamu lakukan.

1. Sunscreen

Sunscreen akan sangat berguna bagi kalian yang hendak menjaga kesehatan kulit dari paparan radikal bebas sinar matahari. Sinar UV dapat menyebabkan kerusakan dan menimbulkan hiperpigmentasi pada kulit gelap ya ladies. Penggunaan sunscreen juga dapat membuat warna kulit tetap rata dan mencegah terjadinya efek kulit terbakar.

Pastikan kandungan SPF yang tepat pada produk sunscreen yang kamu gunakan ya ladies, kamu bisa menggunakan sunscreen dengan SPF 15 atau SPF 30. Oleh karena itu, jangan lupa selalu bawa sunscreen pada tasmu tiap hendak berpergian!

2. Produk Non-komedogenik

Jika kamu memiliki kulit gelap, cobalah beralih pada produk-produk kecantikan yang bersifat non komedogenik ya ladies. Hindari bahan-bahan komedogenik, seperti beeswax, lanolil, isopropil palmitat, isostearil isostearat, PEG, dan bedak. Bahan-bahan ini akan semakin menyumbat pori-pori kulit dan menumbuhkan jerawat.

3. Konsumsi Air Putih

Untuk menjaga kelembaban alami kulitmu dari dalam, jangan lupa untuk rajin konsumsi air putih ya ladies. Usahakan untuk dapat minum air putih sebanyak 8 gelas per hari atau mencapai total 2 liter. Selain dapat melancarkan pencernaanmu, air putih juga mencegah agar kulitmu tidak dehidrasi dan pecah-pecah. Metabolisme tubuhmu juga lebih terjaga, sehingga kecantikanmu terawat dari dalam.

4. Moisturizer dan Lotion

Untuk memberikan nutrisi pada kulit, gunakan moisturizer dan lotion secara rutin ya. Terlebih, bagi kamu yang aktif bekerja pada ruangan ber AC, lotion akan sangat membantu untuk mencegah kulitmu menjadi bersisik. Lotion dan moisturizer juga dapat meningkatkan kelembaban dan kekenyalan kulit, sehingga nampak lebih berkilau.

Kulit juga akan terasa lebih lembut dan bersinar dengan menggunakan lotion dan moisturizer secara rutin. Aplikasi lotion pada seluruh tubuh, dan moisturizer untuk kulit wajah. Kamu juga bisa memilih lotion shimmery untuk hasil glowing yang maksimal.

5. Hindari menyentuh Jerawat

Apabila kulitmu mengalami peradangan dan timbul jerawat, tahan diri untuk menyentuh jerawatnya ya ladies!  Jika harus membersihkan muka, pastikan tanganmu sudah dicuci dan gunakan sabun yang sesuai dengan tipe kulitmu yaaa.

6. Scrub badan

Secara berkala, lakukan scrub pada kulit badanmu ya ladies. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Setelahnya, kulitmu akan nampak lebih segar dan terasa kenyal alami kembali. Scrub badan juga dapat mengatasi pengelupasan kulit sehingga kulitmu akan tetap nampak awet muda. Kamu juga bisa menyesuaikan aromanya sesuai dengan aroma kesukaanmu masing-masing yaaa!

7. Konsumsi Diet Sehat

Salah satu cara alami yang harus kamu biasakan rutin untuk merawat kecantikanmu dari dalam adalah melakukan pola diet sehat. Pola ini dapat diterapkan dengan konsumsi buah dan sayuran yang seimbang tiap harinya. Kurangi makan-makanan yang mengandung lemak jenuh dan berlemak ya ladies. Sebaiknya, konsumsi gula berlebih juga harus dibatasi. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan protein sehat dalam menu diet sehatmu ya, seperti ikan, tempe, tahu, dada ayam, dan daging.

8. Make up

Make up adalah senjata wanita untuk mempercantik penampilannya. Untuk kamu yang berkulit gelap, pilih make up dengan skin tone yang setingkat diatas atau dibawah warna kulit asli kamu yaaa! Hal ini untuk menghindari perbedaan warna yang terlalu signifikan dan kulit nampak belang ya ladies. Selain itu, dapat mempertegas efek kecantikan naturalmu.

9. Konsumsi Vitamin

Vitamin C, Vitamin D, dan Vitamin E adalah vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu ya ladies. Vitamin ini akan berperan dalam produksi kolagen dari dalam kulit dan dapat meningkatkan elastisitas kulit. Dengan rutin konsumsi vitamin, daya tahan tubuh termasuk kulitmu juga semakin kuat loh ladies!

10. Milk Cleanser dan Clarifying Toner

Clarifying toner merupakan produk yang memiliki dua manfaat sekaligus bagi kulit, yaitu pembersih dan penyegar. Untuk memberikan efek wajah eksotis nan glowing sehat, kamu bisa rutin menggunakan kedua produk ini ya ladies. Formula dari milk cleanser dan clarifying toner dirancang untuk mengecilkan pori-pori wajah, mengangkat minyak berlebih, dan mencegah timbulnya jerawat.

11. Warna Pakaian

Style pakaian juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penampilanmu di mata orang lain loh ladies! Kamu boleh bereksperimen dengan warna-warna terang dan tampil ceria untuk memberikan kesan penampilan yang fun dan happy.

Untuk acara-acara formal, kamu bisa menggunakan warna-warna skin tone atau warna basic (hitam, putih, coklat). Selain itu, untuk ladies yang memiliki kulit gelap eksotis, hindari untuk menghindari warna-warna yang membawa kesan muram pada penampilanmu.

12. Olahraga Teratur

Kesehatan dan kecantikan juga dapat dirawat dengan cara rutin olahraga ya ladies. Olahraga teratur dapat melancarkan sirkulasi udara dalam tubuh dan memancarkan inner beauty kamu. Upayakan meluangkan waktu setidaknya 15 hingga 30 menit tiap hari untuk berolahraga supaya cantik dan sehat maksimal.

13. Masker Wajah

Penggunaan masker wajah juga bermanfaat untuk mempercantik kulit eksotismu ya ladies. Masker wajah memiliki beragam manfaat, yaitu menutrisi kulit, membersihkan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan masker wajah yang bermacam-macam juga dapat memberikan manfaat yang beragam sesuai dengan kebutuhan kulitmu ya ladies.

14. Serum

Penggunaan serum dapat memberikan nutrisi pada kulitmu. Serum dapat membantumu untuk melawan tanda-tanda penuaan kulit, membersihkan pori-pori kulit, serta menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga kulitmu nampak lebih sehat ya ladies. Aplikasikan serum secukupnya ketika hendak menggunakan make up, atau sebagai teman night cream ketika hendak tidur.

15. Hindari Perawatan Laser

Perawatan laser mungkin nampak menggiurkan, namun untuk ladies yang memiliki kulit gelap, justru sebaiknya menghindari perawatan laser. Perawatan laser justru mengeluarkan panas yang dapat merusak lapisan melanin pada kulitmu. Efek jangka panjangnya, hal ini dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan menjadikan kulitmu semakin kusam dan memiliki efek terbakar. Oleh karena itu, sebaiknya hindari yaa!

Tips-tips diatas dapat terapkan untuk ladies yang memiliki kulit gelap yaaa. Jangan khawatir, kulit gelap bukan berarti halangan ya ladies. Kamu harus tetap percaya diri untuk menunjukkan dirimu dan menjaga kesehatan untuk dapat selalu tampil mempesona yaaaa! Salam Sehat!