Ladies! Simak 12 Tips Alternatif Cara Merawat Kulit Rambut Berminyak agar tetap Berkilau Sehat

Source: google images

Rambut merupakan mahkota wanita yang harus dijaga kesehatan dan kecantikannya. Bagi wanita, rambut merupakan salah satu aset dan sumber potensi daya tarik yang memiliki nilai jual.

Sama halnya seperti sang pemilik, rambut wanita memiliki karakter yang berbeda-beda dan memerlukan perawatan yang khas di tiap jenisnya. Salah satu jenis rambut yang tricky dan banyak dijumpai adalah jenis kulit rambut berminyak.

Kulit berminyak merupakan suatu kondisi dimana kelenjar sebasea yang terdapat di dalam kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Hal ini menimbulkan efek berminyak pada rambut dan nampak mengganggu.

Jika dibiarkan terlalu larut, hal ini akan menimbulkan efek dermatitis pada kulit kepala yang merupakan sumber penyakit dan menimbulkan bau tidak sedap. Lalu apa saja hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini? Simak 12 tips alternatif berikut:

1. Keramas dengan Tepat

Keramas merupakan hal utama yang wajib untuk dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Sayangnya, tidak semua ladies sudah tau bagaimana keramas yang tepat sesuai dengan jenis rambutnya masing-masing.

Untuk jenis rambut berminyak, keramas sepertinya terasa cara yang tepat untuk menghilangkan minyak berlebih. Namun ternyata, cara keramas yang tidak tepat justru akan menggantikan minyak natural pada rambut dengan minyak artifisial yang tidak sehat dan menyebabkan sebum tumbuh overproduktif dan rawan berubah menjadi ketombe.

Oleh karena itu, cukup untuk mencuci rambut sekali saja setiap harinya ya bagi kalian yang memiliki jenis rambut berminyak, ladies!

2. Gunakan Shampoo dengan Kandungan Selenium Sulfide

Kandungan shampoo yang tepat merupakan kunci utama untuk mengurangi produksi minyak berlebih untuk rambutmu ya ladies. Untuk jenis rambut berminyak, shampoo dengan kandungan selenium sulfide merupakan jenis shampoo yang terbukti efektif mengatasi masalah rambut berminyak.

Aplikasikan shampoo pada ujung rambut, hindari menuangkan berlebihan pada kulit kepala ya ladies karena justru akan merusak kondisi rambut. Pilihlah shampoo yang memang khusus untuk jenis rambut berminyak agar lebih aman. Gunakan secukupnya dan bilas dengan bersih dan air yang mengalir tanpa meninggalkan sisa busa sabun pada rambut yaaa!

3. Penggunaan Conditioner

Conditioner merupakan formula yang dapat digunakan untuk menjaga kelembaban alami dari rambut. Untuk jenis rambut berminyak, penggunaan conditioner pada rambut harus lebih waspada ya ladies.

Jika ingin menggunakan conditioner, aplikasikan pada ujung pangkal rambut saja ya ladies untuk mencegah produksi minyak berlebih. Pastikan juga untuk menghindari penggunaan conditioner pada akar rambut.

4. Melakukan Scrub Rambut dan Kulit Kepala

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut adalah dengan melakukan scrub rambut. Scrub rambut dapat dilakukan untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala kalian ya ladies.

Penggunaan scrub rambut pada kulit kepala bertujuan untuk melakukan eksfoliasi sel-sel kulit mati pada kepala dan menumbuhkan rambut yang kuat dan sehat. Scrub rambut dapat dilakukan rutin 1-2 kali dalam seminggu ya ladies!

5. Penggunaan Dry Shampoo

Dry shampoo adalah solusi penyelamat di kala kamu harus travelling di area yang sulit terjangkau dengan air ya ladies. Namun, jangan menggunakan dry shampoo secara berlebihan ya.

Karena hal ini justru akan membuat kulit kepala menjadi kering dan memicu produksi minyak sesuai dengan karakter rambutmu. Maka gunakan secukupnya saja dan pada waktu yang diperlukan.

6. Teknik Pengeringan Rambut

Mengeringkan rambut adalah langkah yang harus dilakukan dalam merawat rambut. Dalam proses pengeringan rambut, lakukan dengan lembut dan hati-hati ya ladies, hal ini akan mencegah tumbuhnya rambut-rambut kasar.

Pengeringan rambut dapat dilakukan dengan handuk bersih dan dilanjutkan dengan hair dryer. Pastikan suhu hair dryer tidak terlalu panas dan menyebabkan rambut menjadi pecah-pecah.  

7. Teknik Menyisir Rambut

Kerapihan rambut harus dijaga dengan melakukan penyisiran rambut. Kurangi intensitas menyisir rambut dalam waktu lama karena justru dapat menyebabkan produksi minyak berlebih. Kalian juga bisa mulai hijrah berpindah menggunakan bahan sisir yang bersifat vegan atau plant-based ya agar lebih aman.

8. Bersihkan Sisir Rambut secara Berkala

Menjaga kebersihan peralatan juga merupakan hal penting ya ladies. Salah satunya adalah sisir. Sisir merupakan alat kecantikan rambut yang paling sering digunakan.

Oleh karena itu, perhatikan kebersihan sisir rambut kalian ya ladies! Jangan sampai biarkan sisir dipenuhi oleh debu dan kotoran yang menempel dan tetap digunakan karena akan memicu produksi minyak berlebih dan menyebabkan ketombe.

9. Manfaatkan Bahan-bahan Natural untuk Kesehatan Rambut

Selain bahan-bahan kimia yang banyak beredar di pasaran, kamu juga bisa banget menggunakan bahan-bahan natural yang ada di lingkunganmu ladies. Beberapa bahan natural yang bagus kesehatan rambutmu antara lain: lidah buaya, teh hijau, cuka sari apel, madu, dan minyak kelapa.

10. Jangan sering Menyentuh Rambut!

Membelai rambut mungkin terasa nyaman ya ladies. Namun pastikan, tangan yang digunakan untuk menyentuh rambut sudah dicuci bersih yaa. Terlalu sering menyentuh rambut dapat menyebabkan produksi minyak berlebih. Oleh karena itu bersihkan tangan dahulu sebelum menyentuh rambut.

11. Penggunaan Hair Mask

Untuk menjaga kelembaban rambut, kalian juga bisa merawatnya dengan menggunakan hair mask ya ladies. Penggunaan hair mask cukup diaplikasikan pada ujung dan pangkal rambut seperti cara menggunakan conditioner. Hindari penggunaan pada kulit kepala karena akan menyebabkan produksi minyak berlebih yang tidak diinginkan.

12. Hindari Meluruskan Rambut!

Rambut berminyak sebaiknya tidak diluruskan dan diblow berlebihan ya ladies. Dua perlakuan tersebut justru akan memicu produksi minyak berlebih. Untuk jenis rambut berminyak, style yang paling cocok digunakan adalah curly atau wavy ya ladies. Agar lebih sehat dan bervolume.

Additional tips untuk hijab ladies:

  • Pastikan rambut sudah kering dengan sempurna sebelum menggunakan hijab
  • Gunakan hair perfume untuk menghindari bau apek dan pengap pada rambut ya hijabi ladies