20 Efek Cuci Muka Tanpa Sabun yang Wajib Diketahui

Mungkin Anda akan bertanya – tanya, mengapa ada artikel yang membahas mengenai efek cuci muka tanpa sabun. Tanpa Anda sadari, ternyata dengan tidak menggunakan sabun pada proses pencucian muka dapat memberikan efek yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah Anda. Anda juga bisa memasukkan tips ini sebagai cara perawatan wajah sehari hari untuk mendapatkan kulit yang sehat. Dan berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

1. Mencegah jerawat

Efek baik yang pertama tama yang bisa Anda dapatkan adalah mencegah datangnya jerawat ke wajah Anda. Apabila Anda merasa tidak nyaman apabila tidak menggunakan sabun cuci muka maka Anda bisa menggunakan air hangat pada awal pencucian muka dan menutupnya dengan menggunakan air dingin. Ada beragam manfaat air hangat untuk perawatan wajah yang mungkin tidak Anda ketahui tetapi sangat saya anjurkan pemakaiannya.

2. Meningkatkan kekebalan kulit wajah

Kebanyakan jenis sabun apapun yang memiliki busa pasti akan memiliki kandungan detergen didalamnya. Hal ini malah akan membuat kulit wajah Anda menjadi kering. Kulit yang telah dicuci dengan sabun pencuci wajah akan mengalami pengikisan lapisan kulit terluar dan hal ini membuat kulit Anda menjadi rentan terhadap beragam permasalahan kulit. Dengan membiarkan kulit mengatasi permasalahannya sendiri maka kulit Anda aecara bertahap akan meingkatkan kemampuan kekebalannya.

3. Anti aging alami

Ketika kulit telah meningkatkan kemampuan kekebalannya, maka kulit Akan jarang mengalami permasalahan kulit. Efek cuci muka tanpa sabun selanjutnya adalah menjadi anti aging alami. Mengapa bisa dibilang sebagai anti aging alami? Hal ini karena jarangnya permasalahan kulit akan membuat Anda terlihat lebih muda. Bandingkan saja dengan kulit wajah yang mengalami beragam permasalahan kulit seperti kerutan, kantong mata, dan lain sebagainya. Orang – orang tersebut akan terlihat lebih tua dari umurnya.

4. Mencegah kulit kusam

Penyebab wajah kusam dan berminyak sangatlah beragam, dan salah satu penyebabnya bisa jadi adalah kesalahan produk pencuci muka yang Anda pilih dan gunakan. Cara menghilangkan wajah kusam yang alami dan paling mudah bisa Anda coba lakukan yaitu dengan mencuci wajah tanpa menggunakan sabun muka. Tanpa adanya sabun cuci muka maka lapisan kulit Anda tidak akan menjadi semakin tipis dan terkikis lalu menjadi rentan kusam karena kurangnya kelembaban pada kulit.

5. Mencegah kerutan

Cara mengatasi kerutan di wajah juga sangatlah beragam. Mulai dari macam macam perawatan wajah di salon, perawatan dokter dengan menggunakan beragam krim wajah, dan lain sebagainya. Tetapi apabila kita memiliki cara mencegah kerutan di wajah mengapa tidak kita coba saja? Mencegah akan sangat lebih baik dibandingkan mengatasi bukan? Nah, dengan melakukan kebiasaan mencuci muka tanpa sabun maka kita akan mengembalikan kondisi kulit pada kondisi normal dimana ia bisa mengatasi permasalahan kulit dan mencegahnya untuk datang.

6. Mencegah kulit menjadi kering

Bahaya kulit kering sangat perlu Anda perhatikan agar Anda lebih memperhatikan kesehatan kulit Anda. Memang ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti menggunakan masker untuk kulit kering mengelupas dan vitamin untuk kulit kering dan keriput. Tetapi, apabila Anda bisa mendapatkan efek cuci muka tanpa sabun yang baik berupa pencegahan kulit kering mengapa tidak dicoba saja? Kebanyakan sabun pencuci muka hanya akan menambah kulit Anda menjadi semakin kering, maka sebaiknya coba dulu selama beberapa saat untuk tidak menggunakan sabun pencuci muka dan cuci muka Anda hanya dengan menggunakan air.

7. Melembabkan kulit secara lebih baik

Pelembab oil free dan non comedogenic memang sangat disarankan bagi Anda yang seringkali memiliki permasalahan dengan jerawat. Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya kulit memiliki mekanisme alami tersendiri yang bisa membantu melembabkan wajah Anda? Kelenjar minyak pada bagian bawah kulit bertanggung jawab untuk menjaga kelembaban kulit, kemampuan kelenjar ini akan berkurang apabila Anda secara terus menerus menggunakan sabun pencuci muka yang dapat membuat kulit menjadi terasa kesat.

8. Mencerahkan kulit wajah

Krim peeling wajah yang bagus memang seringkali menjadi pilihan untuk membantu mencerahkan kulit wajah. Peeling digunakan untuk mengangkat sel kulir mati yang rusak dan membuangnya lalu sel itu akan tergantikan dengan sel baru yang sehat. Permasalahannya adalah terkadang kita melakukan peeling terlalu sering serhingga kulit wajah menjadi terlalu tipis, kemerahan, dan bahkan timbul rasa perih pada wajah. Tips mencerahkan wajah yang saya anjurkan adalah dengan mencuci wajah hanya dengan air.

9. Mempercepat penyembuhan jerawat

Manfaat air hangat untuk wajah berjerawat sudah tidak bisa disangkal lagi karena manfaatnya yang nyata. Dengan kemampuan air hangat ini, maksimalkan proses penyembuhan jerawat Anda dengan mencuci muka hanya dengan air saja. Perlakuan ini akan membuat kulit Anda menjadi lebih kuat untuk menumpas beberapa faktor penyebab jerawat. Hal ini juga bisa didukung dengan mengaplikasikan cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat. Dan ini adalah salah satu efek cuci muka tanpa sabun yang baik untuk kesehatan kulit Anda.

10. Menormalkan tekstur kulit

Kulit wajah kita lebih tipis dibandingkan kulit tubuh kita oleh karena itu perawatannya pun harus sesuai. Kebanyakan dari kita hanya akan termakan iklan tv dan menggunakan sabun cuci muka yang sembarangan tanpa mencocokkannya dengan pH kulit. Kesalahan ini bisa merusak kulit wajah kita tentunya. Kabar baiknya, dengan hanya menggunakan air untuk mencuci wajah kita, wajah kita akan kembali ke fungsi normalnya menjadi kulit yang lebih kuat terharap beragam permasalahan kulit. Manfaat yang didapatkan dari hal ini adalah, tekstur kulit kita akan menjadi normal, tidak kering dan tidak berminyak.

11. Memudarkan noda hitam bekas jerawat

Cara menghilangkan noda hitam di wajah tentu akan dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan bersih, salah satunya adalah dengan mencari obat penghilang flek hitam di wajah di apotik. Padahal Anda tidak perlu repot – repot untuk melakukan beragam perawatan. Karena, apabila kulit sudah kembali pada fungsi normalnya tanpa adanya gangguan dari bahan – bahan kimia maka proses regenerasi sel kulit akan berjalan maksimal dan noda atau flek hitam bekas jerawat akan memudar seiring berjalannya waktu.

12. Mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah

Cara menghilangkan muka berminyak secara alami dan cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami adalah dua hal yang sering dicari oleh penderita wajah berjerawat. Dan kedua hal tersebut bisa Anda dapatkan sebagai efek cuci muka tanpa sabun. Walaupun pada awal perawatan wajah yaitu mencuci muka dengan air saja akan membuat wajah terasa sangat berminyak, tetap lanjutkan perawatan ini. Lama kelamaan maka kulit akan mencapai level dimana ia kembali normal dan dapat mengatur kadar minyak yang dikeluarkan oleh kelenjar minyak.

13. Terhindar dari penyakit kulit jangka panjang

Efek selanjutnya dapat membantu Anda terhindar dari penyakit kulit jangka panjang. Anda tentu sadar bahwa dengan menggunakan beragam produk kecantikan, Anda secara langsung mengijinkan zat – zat kimia untuk masuk ke kulit. Tak jarang juga kita sering mengganti produk kecantikan tersebut. Produk – produk ni tanpa kita sadari akan meninggalkan zat kimia yang menumpuk pada kulit wajah kita. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa penyakit kulit dalam jangka panjang seperti bintik merah, jerawat, dan bisul.

14. Menjaga elastisitas kulit tanpa rasa kaku

Penggunaan sabun cuci muka seringkali akan membuat kulit terasa kesat dan bahkan kaku. Untuk tersenyum saja rasanya tidak nyaman karena wajah yang kaku. Karena air tidak mengandung beragam zat kimia, maka air tidak akan membuat wajah menjadi kaku.

Beberapa efek baik lainnya untuk kulit Anda adalah sebagai berikut:

  1. Menghindari terjadinya breakout
  2. Tidak ada efek purging
  3. Terhindar dari pengelupasan kulit parah
  4. Mencegah timbulnya komedo
  5. Membantu memenuhi kebutuhan oksigen pada kulit
  6. Membantu memberantas komedo

Terima kasih telah membaca artikel mengenai efek cuci muka tanpa sabun ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jangan lupa untuk tetap mengikuti website kami dan menjadi pembaca setia kami. Kami akan selalu berusaha untuk menyugguhkan berbagai artikel seperti cara merawat kulit tubuh dan beragam artikel kecantikan lainnya yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan kecantikan Anda.