6 Jenis Susu Untuk Memutihkan Badan yang Bagus

Konsep dari mandi susu mungkin akan aneh untuk sebagian orang yang belum pernah mendengarnya, namun pada kenyataannya manfaat mandi susu sudah dinikmati oleh orang – orang terutama wanita selama berabad – abad. Sejarah mencatat bahwa orang Romawi kuno menggunakan susu untuk berendam secara teratur. Di Amerika, mencuci wajah dengan buttermilk sangat populer dilakukan di sekitar pergantian abad. Bahkan menurut legenda, Cleopatra mendapatkan kecantikan kulitnya dengan berendam dalam susu dan madu, juga ada cara memutihkan wajah secara alami dengan susu.

Saat ini mandi susu sedang kembali menjadi trend yang diminati, dengan banyak selebriti yang berbagi bagaimana mereka melakukan perawatan kecantikan dengan menggunakan manfaat susu untuk kulit. Walaupun belum ada penelitian yang baku mengenai efek dari mandi susu, namun beberapa bukti telah menunjukkan bahwa manfaat susu untuk kecantikan memang ada, salah satunya adalah manfaat susu untuk rambut. Susu dapat membuat kulit terasa lebih lembut dan halus karena lemak di susu akan melapisi kulit, karenanya Anda akan melihat bahwa kulit terasa halus seperti sutra dan tidak berminyak setelah menggunakan susu untuk memutihkan badan.

Memutihkan Kulit Dengan Susu yang Tepat

Susu mengandung asam laktat yang umumnya digunakan pada produk perawatan kulit dan kosmetik. Asam laktat akan membantu untuk memecahkan ikatan antar sel yang mengikat sel kulit mati bersama – sama. Sel – sel ini akan terlepas lebih efektif sehingga membuat ruang bagi permukaan kulit untuk sel yang lebih lembut dan kulit lebih cerah. Jenis susu untuk memutihkan badan antara lain:

1. Susu Kental Manis

Susu kental manis atau susu kaleng merupakan jenis susu untuk memutihkan kulit yang bagus karena masih dapat memberikan manfaat susu untuk kulit dan juga harganya mudah dijangkau. Susu kaleng juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda, melembabkan kulit wajah yang kering, dan juga terutama sebagai cara memutihkan wajah. Anda bisa mencampurkan susu ini ke dalam air mandi dan digunakan untuk berendam. Ada cara memutihkan badan dengan susu beruang yang juga bisa Anda coba.

2. Susu Bubuk

Susu bubuk juga merupakan jenis susu untuk memutihkan kulit yang dapat digunakan dengan efektif. Pemakaian susu bubuk untuk memutihkan kulit biasanya dikombinasikan dengan bahan alami lainnya untuk meningkatkan efek susu bagi kulit. Susu bubuk juga bisa memberi efek melembutkan kulit wajah dan tubuh, mengatasi kulit yang kering, dan menghilangkan flek hitam di wajah yang membuat wajah terlihat tidak mulus serta mengurangi rasa percaya diri akan penampilan.

3. Susu Kambing

Susu jenis ini mengandung butiran lemak yang lebih sedikit daripada susu sapi, juga mengandung zat antiseptik yang dapat menekan perkembangan bakteri dalam tubuh. Itulah sebabnya susu kambing dapat menjadi salah satu jenis susu untuk memutihkan kulit. Sebelum menggunakan susu kambing untuk kulit, sebaiknya Anda memanaskan susu ini lebih dulu hingga sekitar 65 derajat celcius, namun hindari agar jangan sampai mendidih. Diamkan semalaman hingga bagian lemaknya terpisah di bagian atas. Gunakan hanya bagian lemaknya saja untuk masker wajah atau memutihkan kulit tubuh. Jika Anda bisa mendapatkan susu kambing murni untuk memutihkan kulit, hal itu sangat disarankan. Namun jika tidak ada, Anda dapat menggunakan susu kambing lainnya yang tersedia di pasaran. Susu kambing juga dapat menjadi cara mengecilkan pori – pori kulit, melembabkan, dan mengatasi kulit yang kering. Anda juga dapat mencoba manfaat handbody susu kambing sebagai cara menggunakan manfaat susu kambing untuk kecantikan.

4. Susu Kedelai

Kedelai merupakan jenis susu untuk memutihkan badan yang ampuh. Manfaat susu kedelai untuk kulit juga tidak kalah dengan susu sapi. Anda bisa memijat kulit ketika menggunakan susu kedelai ini sambil mandi. Susu kedelai dapat menghilangkan kantung hitam di bawah mata, mengurangi dan menghilangkan bekas jerawat serta flek hitam pada wajah, noda hitam karena sinar matahari. Kulit akan menjadi lebih segar, sehat dan pori – pori tampak lebih kecil. Anda juga bisa mengkombinasikan susu kedelai dengan bahan – bahan alami lain seperti buah – buahan, madu, putih telur, garam, yoghurt dan lainnya.

5. Buttermilk

Buttermilk adalah susu yang dihasilkan dari pembuatan mentega dan krim yang difermentasi. Buttermilk adalah produk sampingan dari proses pembuatan tersebut, dan rasanya sedikit asam, sedikit manis dan kaya akan krim serta kental seperti yoghurt. Kandungan asam laktat khususnya terdapat pada buttermilk lebih banyak daripada jenis susu lainnya. Buttermilk dapat digunakan dalam cara membuat lulur susu yang mudah.

6. Susu Full Cream

Susu jenis ini terasa lebih creamy dan rasanya lebih enak daripada susu rendah lemak. Kandungan lemak pada susu full cream adalah sebesar 3.5% serta mengandung 5 gram lemak jenuh di tiap gelasnya, yang sudah mencukupi sekitar 20% dari kebutuhan lemak harian seseorang. Susu full cream atau whole milk cocok sebagai jenis susu untuk memutihkan badan karena kandungan lemaknya akan membuat kulit terasa halus dan lembut, namun tidak berminyak.

Susu sapi merupakan jenis susu utama yang seringnya digunakan karena lebih mudah didapat, tidak mahal dan hampir semua orang mengenalnya. Jenis susu untuk memutihkan kulit ini tidak akan memberikan efek yang sama seperti pada produk lotion atau krim pelembab yang mengandung asam laktat, yang mana dibuat agar formulanya dapat memberikan hasil spesifik pada kulit dengan kandungan asam laktat lebih besar daripada susu aslinya. Akan tetapi mandi susu bisa memberi kulit Anda tidak terasa terlalu kering selama beberapa waktu. Seandainya Anda ingin mencoba manfaat mandi susu untuk kulit tubuh, lakukan tes alergi lebih dulu paling tidak sehari sebelumnya. Jika muncul reaksi alergi berupa gatal dan kulit merah atau ruam, maka perawatan menggunakan susu tidak cocok untuk kulit Anda.