7 Khasiat Lulur Temugiring Untuk Kecantikan

Temugiring atau curcuma heyneana merupakan salah satu tanaman rimpang jenis herbal  yang memiliki kedekatan dengan tanaman rimpang lain seperti kunyit, temulawak, temu ireng, dan lengkuas. Tanaman ini merupakan tanaman semak semusim dan batang semunya terdiri dari pelepah daun berpermukaan licin warna hijau. Temugiring tumbuh liar pada tanah lembab dan sedikit mendapat cahaya di dataran rendah hingga 900 meter di atas permukaan laut. Daging temulawak cenderung lebih keras daripada yang lainnya, dengan warna kekuningan yang pucat dan berserat, dan kulit rimpang yang berbuku tebal. Temugiring lebih banyak dimanfaatkan sebagai herbal pengobatan tradisional karena memiliki aroma yang lebih kuat dan rasa yang lebih getir sehingga kurang cocok dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Temugiring juga kerap dimanfaatkan untuk bahan pembuatan lulur dalam perawatan kecantikan para wanita.

Manfaat Lulur Temugiring

Khasiat lulur temugiring bisa didapatkan dari kandungan flavonoid, minyak atsiri, kurkumin, monoterpen, dan piperazin sitrat. Manfaat yang bisa didapatkan dari lulur temugiring yaitu:

1. Sebagai aromaterapi

Tidak hanya sebagai pelengkap saja, minyak atsiri alami yang terkandung dalam temugiring bisa memberikan aroma khas yang menenangkan dan membuat rileks sehingga tubuh dan pikiran pun ikut bersantai. Bahan – bahan tambahan yang digunakan pada lulur temugiring seperti air mawar, cendana dan lainnya juga berfungsi sebagai aromaterapi yang menenangkan. Tidak hanya itu, kulit Anda pun akan tercium lebih harum setelah luluran sehingga tidak membutuhkan pewangi tambahan lagi dan bisa mencegah bau badan.

2. Mengatasi otot kaku

Proses luluran akan disertai dengan gerakan memijat seluruh tubuh sehingga dapat memberikan efek relaksasi yang menguraikan kekakuan otot dan menenangkan tubuh yang stres. Pemijatan setelah menjalani rutinitas padat akan sangat berpengaruh kepada otot – otot tubuh, membantu menghilangkan pegal dan melancarkan peredaran darah sehingga tubuh kembali segar. Manfaat lulur Bali dan manfaat lulur green tea juga akan membantu mengatasi otot tubuh yang kaku. 

3. Menghilangkan kulit kusam

Kulit yang tampak kusam bisa disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit sehingga tampak kusam dan tidak bercahaya. Lulur temugiring mengandung butiran – butiran halus yang dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran membandel yang tidak hilang dengan proses mandi seperti biasa. Melulur kulit secara rutin akan membuat regenerasi kulit berlangsung optimal dan menyebabkan sel kulit baru muncul sehingga kulit akan tampak lebih cerah.

4. Memperlancar peredaran darah

Jika Anda menggosok tubuh dengan lulur, khasiat lulur temugiring bisa didapatkan dengan gosokan tangan lembut dan melingkar pada tubuh yang bertindak sebagai stimulan yang akan memperbaiki peredaran darah di pembuluh darah Anda. Peredaran darah yang lancar akan memudahkan kulit mempertahankan kelembapannya sehingga tidak mudah mengalami keriput dan garis – garis halus yang menunjukkan penuaan dini.

5. Mengkilapkan kulit

Manfaat lulur rempah tradisional lainnya bisa Anda dapatkan juga dari manfaat lulur temulawak dan manfaat lulur pengantin.  Khasiat lulur temugiring juga dapat memberikan kulit Anda penampilan yang glowing, segar dan tampak muda dalam waktu singkat. Kulit yang bersih dan cerah serta memiliki peredaran darah yang lancar akan tampak lebih muda serta berkilau sehat dan alami. Gerakan melulur juga dapat memperbaiki tekstur kulit Anda karena dapat meluruhkan lapisan kulit terluar yang bisa saja terdapat bekas luka atau tekstur kulit yang tidak merata.

6. Menjaga kelembutan kulit

Khasiat lulur temugiring yang dapat mengangkat sel kulit mati dengan efektif yang tidak dapat dihilangkan dengan cara mandi biasa akan membuat kulit Anda tetap halus dan lembut. Lapisan kulit baru yang dihasilkan dari meluruhnya sel kulit mati akan mempertahankan kehalusan kulit Anda sehingga selalu tampak menawan.

7. Mengatasi jerawat

Jerawat tidak hanya muncul di wajah, namun juga bisa muncul di kulit punggung kita. khasiat lulur temugiring akan membantu membersihkan kulit termasuk pada kulit punggung agar kotoran tidak menumpuk dan tidak mendatangkan resiko jerawat yang akan sangat mengganggu penampilan dan kenyamanan.

Cara Membuat Lulur Temugiring

Untuk mendapatkan khasiat lulur temugiring, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan – bahan yang tersedia di dapur seperti berikut:

  • Siapkan 100 gram tepung beras, tiga ruas jari rimpang temu giring, dua jari rimpang kunyit, dua lembar daun pandanwangi, tiga kuntum bunga kenanga, satu genggam daun kemuning, kulit jeruk nipis dari satu buah jeruk.
  • Cuci semua bahan sampai bersih kecuali tepung beras.
  • Tumbuk semua bahan hingga halus dan tambahkan tepung beras.
  • Tambahkan air mawar secukupnya.
  • Gosokkan lulur ke seluruh tubuh sampai merata
  • Biarkan sampai agak mengering
  • Gosok lulur yang sudah agak mengering dengan gerakan melingkar hingga rontok sepenuhnya.
  • Bilas dengan air hangat, bisa dilakukan sebelum mandi.
  • Anda bisa melakukan lulur ini setiap dua atau tiga hari sekali.

Bagi Anda yang memiliki kegiatan padat di kesehariannya mungkin akan sulit mendapatkan khasiat lulur temugiring secara teratur. Sekarang ini sudah banyak produsen yang memasarkan lulur bubuk berbahan dasar temugiring yang akan menjadi cara lebih praktis bagi Anda untuk melulur diri dalam waktu lebih singkat. Perhatikan merk lulur yang akan Anda beli, apakah sudah mendapat label halal MUI atau izin edar BPOM dan juga menggunakan bahan – bahan yang aman untuk menghindari efek samping yang berbahaya bagi kulit Anda. Anda juga bisa mencoba cara membuat lulur bengkoang dan cara membuat lulur kunyit untuk memutihkan kulit dirumah.