14 Manfaat Alkohol untuk Kulit dan Wajah

Sesudah seharian penuh beraktivitas, maka seringkali tampilan kulit terlihat sangat lelah dan kusam keesokan harinya. Mengkonsumsi alkohol terlalu berlebihan memang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh dan juga memberikan efek buruk untuk kulit. Akan tetapi, dibalik efek negatif yang dimiliki, ternyata banyak manfaat alkohol untuk kulit sebagai detoksifikasi alami yang aman digunakan.

  1. Sebagai Antiseptik

Apabila dioleskan untuk permukaan kulit, alkohol isopropil merupakan jenis alkohol yang baik digunakan sebagai antiseptik. Alkohol bisa digunakan untuk membersihkan bakteri pada kulit sebelum menyuntik, tato, memasang tindikan dan juga disinfeksi permukaan kulit lainnya. Selain itu, alkohol juga baik digunakan untuk membersihkan luka terbuka sehingga bakteri serta darah bisa berhenti lebih cepat dan menghindari terjadinya peradangan.

  1. Mengatasi Kulit Kering

Alkohol juga baik digunakan untuk cara merawat kulit kering dan juga meredakan rasa nyeri persendian yang terjadi sesudah latihan olahraga atau aktivitas lainnya.

  1. Menenangkan Kulit

Alkohol juga memiliki sifat rubefacient untuk kulit sehingga bisa mendinginkan serta menenangkan kulit yang kelelahan. Alkohol bisa dituangkan pada kain yang sudah dibasahi dengan air serta alkohol dan digunakan untuk mengompres kulit yang kering serta area persendian yang sakit.

  1. Mengatasi Jerawat

Penyebab wajah berminyak dan berjerawat bisa terjadi karena berbagai hal seperti polusi, pola makan yang buruk, faktor keturunan dan sebagainya. Alkohol juga baik untuk mengatasi minyak berlebih yang terperangkap dalam dermis. Alkohol yang memiliki sifat mengeringkan ini bisa mengurangi munculnya jerawat di area wajah anda.

  1. Mencegah Radang

Salah satu jenis alkohol yakni rum memiliki sifat anti bakteri yang baik digunakan sebagai lotion alami untuk mengatasi kulit kering, jerawat dan juga berbagai peradangan kulit seperti peradangan yang terjadi karena aktivitas mencukur kulit atau jenggot.

  1. Membersihkan Makeup

Untuk pengganti pembersih makeup, alkohol juga bisa digunakan untuk membersihkan kulit sampai lapisan terdalam sehingga sisa makeup yang masih tersisa pada wajah bisa diangkat dengan baik dan kulit bisa bernafas sekaligus meningkatkan kesehatan kulit wajah.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Salah satu cara menghilangkan kulit mati di wajah juga bisa dilakukan dengan menggunakan alkohol. Beberapa jenis alkohol seperti anggur sangat baik dipakai untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus memperbaiki sirkulasi darah, membuat kulit bersinar dan meremajakan kulit.

  1. Membersihkan Tangan

Alkohol merupakan bahan yang sudah sering digunakan dalam produk pembersih tangan. Menggunakan alkohol sebagai desinfeksi tangan sangat praktis sehingga tidak membutuhkan air dan sabun yakni hanya dengan menggosokan alkohol ke tangan selama 30 detik atau sampai alkohol menguap dengan sendirinya.

  1. Mengobati Luka

Salah satu kegunaan alkohol untuk kulit adalah mengobati luka. Alkohol yang mengandung antiseptik sangat baik untuk membunuh kuman sekaligus memadatkan protein kuman sehingga kuman lebih cepat mati. Tuangkan sedikit alkohol oada area kulit sekitar luka untuk membunuh kuman yang masuk ke dalam luka lalu tutup dengan perban.

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Untuk masalah kulit, alkohol seperti anggur sekarang ini sudah digunakan sebagai perawatan wajah yang populer. Untuk menghilangkan tampilan kulit kusam, kandungan alkohol dalam anggur sangat baik untuk mencerahkan kulit sekaligus memberikan kesegaran pada wajah khususnya saat digunakan secara teratur dan juga dipakai sebagai cara melembabkan wajah yang kering dan kusam.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Alkohol juga memiliki kandungan untuk membakar lemak yang baik menjadi tips mencegah penuaan dini yang bagus. Alkohol yang ada pada anggur yang dicampur dengan minyak esensial sangat baik digunakan untuk mencegah masalah penuaan dini pada wajah.

  1. Meningkatkan Produksi Kolagen

Suntik vitamin C dan kolagen memang baik digunakan untuk perawatan kulit, akan tetapi ada efek bahaya suntik kolagen yang kemungkinan juga terjadi. Kadar kolagen yang ada dalam alkohol juga sangat baik dipakai untuk menghilangkan masalah kulit kusam karena sifat dan senyawa seperti tanin, flavonoid dan juga resveratol yang akan mengembalikan kadar kolagen pada wajah.

  1. Meregenerasi kulit

Saat kulit mati wajah terangkat, maka secara otomatis produksi kulit baru yang sehat akan diproduksi sehingga alkohol sangat baik digunakan sebagai perawatan wajah anda.

  1. Mencegah Kerusakan Sinar UV

Kegunaan alkohol selanjutnya adalah mencegah kerusakan yang ditimbulkan karena sinar UV berbahaya. Menggunakan alkohol ini bisa mencegah paparan sinar UV sehingga kulit terhindar dari kanker kulit. Selain itu, alkohol juga menjadi cara menghilangkan muka merah akibat sinar matahari terampuh.

Meskipun alkohol akan menimbulkan masalah jika dikonsumsi terlalu banyak, namun ternyata ada manfaat alkohol untuk kulit dan juga manfaat alkohol untuk wajah yang bisa dipakai untuk mengatasi beberapa masalah umum pada kulit dan wajah anda.