12 Manfaat Mengompres Wajah dengan Air Hangat Sebelum Tidur

Manfaat mengompres wajah dengan air hangat mungkin sangat jarang orang ketahui. Kebanyakan orang biasanya hanya akan mengetahui perawatan muka yang menggunakan uap air panas, facial, dan beberapa perawatan kecantikan lainnya. Air hangat ternyata bisa membantu kita untuk menyelesaikan beberapa permasalahan pada kulit yang walau sederhana tetapi seringkali kita jumpai. Nah, bagi Anda yang lebih menyukai beragam jenis perawatan wajah yang alami, saya harap artikel ini bisa membantu Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengompres wajah dengan air hangat yang telah saya rangkum hanya untuk Anda.

Baca juga:

1. Mencegah jerawat

Air hangat yang Anda gunakan dengan cara menggunakannya sebagai alat untuk mengompres wajah Anda dapat membantu Anda mencegah jerawat muncul. Kompresan yang Anda lakukan akan membuka pori pori wajah dan membantu kotoran dan beragam racun yang ada di bawah kulit memiliki jalur untuk keluar. Selain itu, lemak dan minyak berlebih yang ada pada wajah juga perlahan dapat berkurang dengan melakukan perawatan ini secara rutin.

Baca juga:

2. Membuat kulit wajah menjadi rileks

Kulit wajah yang sedang mengalami stress dapat dilihat dari perubahan warnanya yang menjadi semakin kusam, mulai muncul bintik – bintik hitam, dan bahkan jerawat. Beberapa faktor yang menyebabkan kulit wajah menjadi stress adalah seperti debu, polusi, paparan sinar UV, dan penggunaan make up yang terlalu lama. Dengan mengompres wajah Anda menggunakan air hangat, kulit dapat menjadi lebih kenyal dan terhindar dari stress.

3. Melancarkan jalannya sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang lancar sangat mendukung kulit wajah yang cantik. Hal ini dikarenakan darah mengangkut oksigen yang sangat diperlukan sel untuk melakukan regenerasi sel. Apabila dalam perjalanannya sirkulasi darah terhambat maka proses regenerasi akan terhambat dan kulit akan menjadi kusam. Penggunaan air hangat sebagai kompresan wajah dapat memecahkan beberapa material penghambat sirkulasi darah seperti lemak, racun, dan beberapa material lainnya.

4. Membunuh kuman

Banyak orang yang melakukan sterilisasi dengan melakukan pemanasan terhadap suatu benda yang ingin disterilkan. Hal ini disebabkan oleh kuman yang sebagian besar akan mati apabila dihadapkan dengan suhu yang tinggi. Tetapi, bukan berarti Anda harus mengompres wajah Anda menggunakan air yang baru saja mendidih. Gunakan saja air hangat biasa untuk membantu membunuh beberapa kuman yang ada pada bagian wajah Anda. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari beberapa kuman yang tidak menguntungkan, yang bisa membuat kulit menjadi berjerawat dan mengalami beberapa masalah kulit lainnya.

5. Sarana detoks wajah

Mengompres wajah menggunakan air hangat juga bisa menjadi salah satu cara detokifikasi yang alami. Anda hanya perlu mengompres wajah Anda menggunakan air hangat sampai semua pori – pori, biasanya tanda pori – pori yang terbuka karena melakukan perawatan air hangat adalah bagian wajah Anda akan berkeringat. Uap – uap air atau keringat yang keluar dari kulit wajah Anda inilah yang mengandung beberapa senyawa kimia yang seharusnya dikeluarkan oleh tubuh. Oleh karena itu, bilas wajah Anda dengan bersih setelah melakukan perawatan ini agar keringat – keringat yang ada ikut terbilas dan hilang dari wajah Anda.

Baca juga: Macam Macam Perawatan Wajah di Salon – Manfaat Totok Aura Wajah

6. Melegakan hidung tersumbat

Hidung yang tersumbat bisa diakibatkan oleh beragam hal contoh umumnya adalah seperti flu dan alergi terhadap debu. Tentu saja, akan sangat tidak nyaman untuk menjalani aktifitas dengan hidung yang tersumbat. Bagi beberapa orang mungkin akan lebih baik untuk meminum obat, tetapi ada juga sebagian orang yang tidak suka untuk meminum obat. Bagi Anda yang lebih menyegani cara alami, Anda bisa mengompres daerah hidung Anda menggunakan air hangat, secara perlahan tapi pasti hidung Anda tidak akan tersumbat lagi dan rasanya akan sangat nyaman.

Baca juga:

7. Mengangkat sel kulit mati

Siklus sel kulit pada manusia memang terjadi secara alami sehingga pada dasarnya kita tidak perlu melakukan beragam perawatan untuk mengangkat sel kulit mati. Tetapi, walau terjadi secara alami, pengeupasan sel kulit mati sering terjadi secara tidak sempurna oleh karena itu kita bisa mengompres bagian wajah kita menggunakan air hangat. Rasa hangat yang dirasakan oleh kulit wajah akan merangsang pengelupasan kulit mati pada bagian wajah secara lebih baik. Akan lebih baik lagi apbila Anda juga membasuh wajah Anda menggunakan air hangat.

Baca juga:

8. Meredakan stress

Manfaat mengompres wajah dengan air hangat selanjutnya adalah bisa membantu Anda untuk meredakan stress. Stress bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti faktor pekerjaan, sekolah, dan lain sebagainya. Penyakit lain yang lebih berbahaya dapat muncul hanya karena Anda mengalami stress, karena itu akan lebih baik apabila Anda bisa melakukan beberapa hal untuk meredakan stress Anda. Penggunaan air panas untuk mengompres wajah Anda akan terasa sangat nyaman dan menghindarkan Anda dari stress yang menimpa Anda sejenak.

9. Mengencangkan kulit wajah

Air hangat yang digunakan untuk mengompres wajah juga bisa membuat kulit wajah Anda menjadi semakin kencang. Hal ini dikarenakan, ketika Anda mengompres wajah Anda menggunakan air hangat maka lemak pada bagan wajah Anda akan tergerus sedikit demi sedikit dan membuat pipi Anda menjadi semakin tirus. Selain itu, jika Anda memiliki kerutan pada bagian wajah cara ini juga bisa membantu Anda untuk menghilangkan kerutan pada wajah.

Baca juga:

10.Mengontrol produksi minyak berlebih

Apakah Anda termauk salah satu orang yang memiliki jenis kulit yang berminyak? Jika iya, maka penggunaan air hangat untuk mengompres wajah Anda yang berminyak akan sangat bermanfaat. Air hangat akan merangsang kelenjar minyak untuk tidak memproduksi minyak terlalu banyak. Karena itu, lakukanlah perawatan ini secara rutin, dan apabila dirasa sudah cukup maka kurangi frekuensi perawatan ini karena bisa membuat kulit Anda malah menjadi kering.

Baca juga:

11. Meredakan peradangan jerawat

Jerawat yang meradang mengindikasikan jumlah kuman yang makin bertambah dan menambah parah peradangan jerawat. Dengan mengompres wajah dengan air hangat maka kita bisa membunuh kuman penyebab peradangan sedikit demi sedikit. Lakukan pengompresan didaerah yang mengalami peradangan.

12. Menjaga elastisitas kulit

Perawatan kompres wajah yang dilakukan terus menerus dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan, ketika melakukan kompres wajah dengan air hangat, stress kulit dapat berkurang dan fungsi kulit dapat berjalan dengan normal tanpa beban. Stress pada kulit dapat membuat kulit menjadi tegang dan menurunkan tingkatan keelastisitasannya. Oleh karena itu, kompres wajah dapat membantu untuk menjaga dan mengembalikan elastisitas kulit.

Baca juga:

Sekian dulu artikel untuk kali ini, semoga artikel mengenai manfaat mengompres wajah dengan air hangat dapat membantu Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat air hangat. Terimakasih telah menjadi pembaca setia klinik kecantikan. Secara berkelanjutan kedepannya kami akan menyajikan beragam artikel menarik seputar kecantikan yang dapat membantu Anda untuk menyelesaikan beragam permasalahan kecantikan disamping menambah pengetahuan tentang dunia kecantikan.