7 Manfaat Pisang untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Pisang merupakan buah yang relatif mudah ditemukan di Indonesia. Buah yang tumbuh di negara tropis ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit. Pisang mengandung banyak mengandung komponen anti oksidan, phytochemical, dan pelembab yang baik untuk kulit. Buah ini dapat menutrisi kulit, sehingga baik untuk kulit kering maupun kulit yang mengalami penuaan. Untuk anda yang berkulit berminyak, anda pun dapat memanfaatkan buah pisang dengan cara mengoleskannya pada bagian wajah untuk mengurangi jerawat.

Tabel manfaat pisang untuk kulit

Kandungan

Manfaat untuk Kulit

Potasium Menghidrasi dan melembabkan kulit yang kering
Vitamin B Melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit.
Vitamin A Merawat kulit yang kering dan kehilangan kesegarannya. Memudarkan bekas jerawat dan bintik hitam pada wajah. Melembutkan kulit yang mengalami penuaan dini.
Zinc Melawan kuman penyebab jerawat.
Vitamin C Vitamin C dibutuhkan dalam proses pembentukan kolagen yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit. Melawan efek radikal bebas. Mengontrol minyak dalam kulit.
Vitamin E Melindungi kulit dari bahaya pengaruh sinar UV.  Memperlambat proses penuaan kulit. Melawan efek radikal bebas pada kulit.
Lectin Melawan bakteri yang menyebabkan jerawat.
Asam amino Menutrisi kulit. Menjaga elastisitas kulit.

(Baca juga : Manfaat Pisang untuk Rambut).

Pisang memiliki banyak manfaat untuk kulit karena memiliki 75% kandungan air di dalamnya. Hal ini menyebabkan pisang sangat baik untuk perawatan kulit untuk mendapatkan efek kulit yang lebih muda. Pisang membantu menghidrasi kulit, sehingga kulit terlihat lebih muda dan mencegah kulit menjadi kering dan bersisik.

Berikut beberapa manfaat pisang untuk kulit wajah anda :

1. Pisang sebagai Pelembab Kulit Alami

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan efek pelembab alami dari buah pepaya yaitu dengan memblender buah pisang lalu secara langsung mengaplikasikannya pada kulit. Biarkan selama kurang lebih 20-25 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Secara instan kulit anda akan terasa lembut dan segar.

Cara lainnya yaitu dengan menambahkan 1 sdm yogurt dan 1 kapsul vitamin E ke dalam pisang yang telah diblender. Aplikasikan sebagai masker sama seperti biasanya. Bersihkan setelah 30 menit.

(Baca juga : Pelembab untuk Kulit Kering dan Kusam).

2. Mengatasi Kulit yang Sangat Kering

Banyak bahan alami yang digunakan untuk mengatasi kulit kering, misalnya  pisang dan lidah buaya untuk kulit yang kering. Jika menggunakan pisang, cara mudah untuk mendapatkan efek ini yaitu dengan mencampur pisang yang telah diblender dengan madu. Aplikasikan sebagai masker. Lalu bilas dengan air hangat.

Sponsors Link

(Baca juga : Masker untuk Kulit Kering dan Flek Hitam)

3. Pisang untuk Mendapatkan Kulit Bercahaya (Glowing Skin)

Jika anda menginginkan kulit wajah glowing untuk mendapatkan tampilan ala dewy looks, anda pun dapat memanfaatkan pisang. Pisang memiliki kandungan Vitamin C tinggi yang berguna untuk mendapatkan kulit muda yang glowing secara alami.

Untuk mendapatkan tampilan glowing skin, anda dapat membuat masker pisang dengan lemon. Lemon sangat bermanfaat untuk kulit wajah. Cara pembuatannya yaitu dengan mencampur hasil blenderan 1 ruas pisang dengan air jeruk lemon yang berasal dari 1 buah lemon. Campur kedua bahan tersebut, lalu aplikasikan sebagai masker. Biarkan selama 25 menit. Bersihkan dengan air hangat. Masker yang kaya Vitamin C ini juga akan mengatasi kulit kusam dan mengurangi bercak kemerahan dan bintik hitam pada wajah.

(Baca juga : Manfaat lemon untuk rambut dan Masker untuk Kulit Kering dan Flek Hitam).

4. Pisang sebagai Bahan Eksfoliasi Kulit Alami.

Pisang yang ditambahkan dengan beberapa bahan alami dapat berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit mati dan menjadikan kulit terlihat muda. Berikut beberapa resep masker pisang yang dapat digunakan untuk eksfoliasi kulit mati :

  • Campur pisang yang telah diblender dengan 1 sdm gula, campur hingga rata. Aplikasikan pada kulit dan pijat dengan gerakan memutar. Pisang akan melembutkan kulit, sedangkan gula akan mengangkat sel-sel kulit mati.
  • Blender pisang. Campur dengan 2-3 sdm oats, 1sdm madu, dan 1 sdm susu. Oleskan pada wajah. Biarkan selama 5 menit. Gosokan wajah pelan-pelan. Bilas dengan air dingin.

(Baca juga : Manfaat Oatmeal untuk Wajah Sensitif dan Manfaat Susu untuk Rambut)

5. Pisang untuk Mencegah Penuaan Dini

Banyak cara untuk mencegah penuaan dini. Salah satu bahan yang digunakan yaitu pisang. Untuk mendapatkan efek ini, anda dapat mencampur pisang dengan buah avokad. Blender kedua buah tersebut bersama-sama. Kemudian aplikasikan pada wajah selama kurang lebih selama 15 menit. Bersihkan dengan air. Kulit akan terlihat muda, segar, dan lembut.

(Baca juga : Manfaat Avokad untuk Rambut)

Resep lain untuk melawan efek penuaan dini yaitu dengan mencampur hasil blender dari 1/4 buah pisang dengan air mawar. Aplikasikan campuran ini pada wajah dan leher. Bersihkan setelah 30 menit.

6. Pisang untuk mengatasi jerawat

Kulit berjerawat biasanya disebabkan oleh kulit yang berminyak. Banyak cara yang dilakukan orang untuk mengatasi kulit berminyak secara alami.

Sponsors Link

Cara membuat masker ini yaitu dengan memblender satu buah pisang. Campur dengan 1/2 sdt baking soda dan 1/2 sdt bubuk kunyit. Campur ketiga bahan tersebut. Jika anda merasa campuran terlalu kental, anda dapat menambahkan sedikit air. Aplikasikan masker pada wajah yang telah dibersihkan. Aplikasikan masker dengan kuas. Aplikasi masker dengan tangan dapat membuat tangan anda menjadi kekuningan akibat efek kunyit. Pada penggunaan masker ini, mungkin akan terasa sedikit perih pada wajah, namun ini efek yang wajar. Biarkan masker selama 15 menit. Bersihkan dengan air hangat.

(Baca juga : Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah)

7. Pisang untuk mengurangi keriput

Kulit yang keriput di usia muda disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya karena pengaruh matahari dan radikal bebas. Banyak cara untuk mengatasi keriput secara alami. Salah satu bahan yang digunakan yaitu pisang.

Blender pisang, tambahkan 1 sdt yogurt dan 1 sdt jus jeruk. Campur semua bahan. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit jus jeruk. Aplikasikan masker ini pada wajah yang telah bersih secara merata. Pijat pelan-pelan wajah anda. Aplikasikan lagi masker ini pada wajah anda sehingga menjadi lapisan kedua masker. Biarkan selama 15 menit. Bersihkan masker dengan air dingin. Masker ini juga dapat mengecilkan pori – pori selain mengurangi keriput.

Mempertimbangkan manfaat pisang, maka jangan ragu-ragu untuk memanfaatkannya demi kecantikan anda. Berikut catatan tambahan untuk penggunaan masker pisang :

  • Masker ini cukup lengket, jadi usahakan untuk mengikat rambut ke belakang agar tidak lengket dengan masker pisang.
  • Untuk menghindari masker ini mengotori pakaian anda, pastikan anda tidak memakai pakaian yang bagus saat mengaplikasikan masker pisang. Anda juga bisa memakai kain pelindung tambahan untuk melindungi pakaian anda dari noda pisang.
  • Sebaiknya aplikasikan masker ini di kamar mandi dan pastikan lantai bersih setelahnya. Pisang bisa menyebabkan efek licin pada lantai. Hal ini untuk mencegah kecelakaan terpeleset akibat masker pisang yang jatuh di lantai.
  • Untuk pembuatan masker, gunakan pisang yang telah masak. Semakin masak pisang yang dipakai, semakin baik.
  • Untuk menambahkan kesegaran wajah, anda dapat pula mengaplikasikan es batu pada wajah setelah penggunaan masker pisang. Es batu ini selain menyegarkan wajah juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit. (Baca juga : Manfaat Es Batu untuk Alis dan Wajah)

Semua upaya untuk menjaga kecantikan di atas akan lebih baik jika diimbangi pula dengan olah raga. Olah raga dapat membuat wajah terlihat lebih segar. (Baca juga : Manfaat Olah Raga untuk Kecantikan).

Bagaimana? Bermanfaat dan gampang membuatnya bukan? Ayo, segera dicoba di rumah.

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Monday 13th, June 2016 / 08:25 Oleh :
Kategori : Kulit