5 Manfaat Yoga Untuk Wanita Gemuk Agar Sehat

Latihan yoga mendukung perkembangan fisik, mental dan spiritual yang memungkinkan seseorang menemukan versi terbaik dari dirinya sendiri. Yoga juga dapat menjadi alat yang efektif untuk membantu Anda kehilangan berat badan, khususnya dalam bentuk yoga yang lebih aktif. Para praktisi yoga mungkin juga akan menemukan bahwa pengetahuan baru yang didapatkan melalui latihan yoga yang lemah lembut dan relaksasi akan membantu kehilangan berat badan juga. Misalnya, yoga dapat menjadi cara mengecilkan paha dalam seminggu atau cara mengecilkan perut. Latihan yoga biasa dapat mempengaruhi berat badan tetapi tidak dengan cara tradisional seperti aktivitas fisik terhadap turunnya berat badan.

Secara umum, berat badan berkurang ketika asupan kalori seseorang dari makanan atau minuman yang dikonsumsi kurang dari pengeluaran kalorinya, dan kebanyakan orang perlu mengubah asupan serta pengeluaran kalorinya untuk mengurangi berat badan. Yoga banyak dipraktekkan oleh wanita dan seperti yang sudah diketahui, para wanita sama sekali tidak menyukai ketika mereka merasa tubuhnya gemuk. Banyak yoga yang mempraktekkan pembakaran kalori lebih sedikit dari latihan tradisional seperti joging dan berjalan cepat, namun yoga bisa meningkatkan banyak hal dari kepribadian dan pikiran seseorang yang turut menjadi manfaat yoga untuk wanita gemuk. Banyak ahli menyepakati bahwa yoga dapat bekerja dalam berbagai cara untuk membawa berat badan yang sehat.

1.Pemenuhan Perhatian

Aspek mental dan spiritual dari yoga akan memberi manfaat yoga untuk wanita gemuk karena berfokus pada pengembangan pemenuhan perhatian seseorang. Hal ini akan meningkatkan kesadaran akan berbagai hal pada berbagai tingkat. Misalnya, membuat Anda lebih sadar akan bagaimana jenis makanan berbeda mempengaruhi tubuh, pikiran dan jiwa. Suatu penelitian pada 2016 menyimpulkan bahwa orang – orang yang mengembangkan pemenuhan perhatian melalui latihan yoga mungkin akan dapat menolak makanan yang tidak sehat dan perilaku makan untuk menyamankan diri. Mereka juga akan lebih sinkron dengan tubuhnya sehingga mengetahui kapan merasa kenyang.

2. Perbaikan Pola Tidur

Pola tidur yang membaik juga dapat mempengaruhi manfaat yoga untuk wanita gemuk. Berlatih yoga dapat memperbaiki kualitas tidur Anda, dan menemukan bahwa Anda lebih mudah tidur nyenyak ketika berlatih yoga secara konsisten, idealnya Anda harus tidur antara 6 – 9 jam dalam semalam. Tidur yang berkualitas sering dihubungkan dengan pengurangan berat badan. Yoga Nidra adalah suatu bentuk relaksasi yang dibimbing untuk membantu seseorang tidur lebih nyenyak dan meningkatkan pemenuhan perhatian. Yoga wajah juga dapat menjadi cara membuat wajah awet muda dan kencang.

3. Pembakaran Kalori

Walaupun secara tradisional, yoga tidak dipertimbangkan sebagai latihan aerobik tetapi ada beberapa jenis yoga yang lebih bersifat fisik daripada yang lainnya. yoga yang aktif dan intens membantu Anda untuk membakar lebih banyak kalori dan memberi manfaat yoga untuk wanita gemuk, mencegah pertambahan berat badan. Berlatih yoga juga membantu mengembangkan kekencangan otot dan memperbaiki metabolisme. Yoga ashtanga, vinyasa, dan power yoga adalah contoh – contoh dari yoga yang bertipe fisik dengan membuat Anda bergerak hampir konstan, dan dengan demikian membantu pembakaran kalori. Power dan vinyasa yoga adalah gerakan cepat yang menyediakan kombinasi sempurna dari latihan kardio dan kekuatan tubuh, yang sangat potensial untuk pembakaran lemak dan meningkatkan massa otot. Kedua tipe yoga ini dapat membakar antara 400 – 600 kalori perhari, sama dengan jumlah kalori yang dibakar dengan latihan sejam di gym.

4. Menurunkan Kortisol

Restorative yoga atau yin yoga bukan yoga bertipe fisik secara khusus, tetapi masih dapat membantu dalam menghilangkan berat badan serta menjadi jenis olahraga untuk awet muda dan tubuh bugar. Jenis yoga ini bisa memberikan manfaat berupa penurunan berat badan ketika sudah melakukan sesi peregangan selama 12 minggu. Satu penelitian menemukan bahwa yoga ini efektif untuk membantu wanita gemuk untuk kehilangan berat badan termasuk lemak perut. Hal ini sangat baik untuk orang – orang yang berat tubuhnya mungkin menyulitkan untuk melakukan yoga yang lebih kuat. Yin yoga membantu menurunkan tingkat hormon kortisol yang terlibat dalam pembentukan lemak perut.

5. Keuntungan Fisik Yoga

Yoga menawarkan ratusan postur atau asanas yang memiliki gerakan tidak terhitung. Semua postur memberikan manfaat untuk keuntungan fisik yang bervariasi, salah satunya adalah manfaat yoga untuk wanita gemuk. Sebagai tambahan, hampir semua pose menargetkan pembuangan racun dalam berbagai tingkatan. Detoksifikasi akan mendorong pemurnian tubuh dan pikiran, yang akan langsung mempengaruhi penurunan berat badan. Manfaat olah raga untuk kecantikan juga dapat Anda rasakan dengan yoga, misalnya untuk cara mengencangkan perut dan cara menaikkan bokong yang turun.

Tips Yoga Untuk Berat Badan

Lakukanlah latihan yoga sesering mungkin untuk mendapatkan manfaat yoga untuk wanita gemuk. Beberapa tips yang perlu dilakukan antara lain:

  • Anda bisa melakukan latihan yang lebih intens dan aktif setidaknya 3 – 5 kali seminggu selama 1 jam.
  • Seimbangkan latihan dengan yang lebih rileks dan lemah lembut seperti hatha atau yin yoga.
  • Jika Anda adalah seorang pemula, mulailah dengan perlahan dan membangun latihan Anda secara bertahap. Hal ini akan memungkinkan Anda membentuk kekuatan dan fleksibilitas tanpa mengalami cedera.
  • Jika tidak ada waktu untuk mengikuti kelas yoga, lakukan latihan sendiri di rumah setidaknya selama 20 menit dan sediakan waktu untuk beristirahat seharian setiap minggu.

Kombinasikan latihan yoga Anda dengan aktivitas seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang untuk mendapatkan keuntungan pada area kadiovaskular selain mendapatkan manfaat yoga untuk wanita gemuk. Hindari untuk menimbang berat badan langsung setelah melakukan yoga karena Anda mungkin hanya kehilangan berat air tubuh saja setelah berlatih. Timbanglah berat badan pada waktu yang sama setiap hari.