20 Penyebab Kulit Hitam Pada Pria Paling Sering Terjadi

Kulit merupakan salah satu anugerah yang mesti dijaga dan dirawat dengan baik. Tak hanya kaum wanita saja yang harus melakukan perawatan pada kulit, kaum pria harus punya prinsip yang sama bahwa memiliki kulit yang terawat dapat menunjang penampilan. Kaum pria memang kerap indentik dengan memiliki kulit yang hitam. Dan hal ini wajar karena aktifitas mereka yang lebih banyak berkaitan dengan fisik. Disisi lain wanita cenderung lebih suka pria dengan kulit hitam namun sehat. Nah, disini akan dibahas mengenai kulit hitam yang tidak sehat atau kulit hitam yang terjadi akibat beberapa kebiasaan yang tidak baik. Berikut ini penjelasan mengenai penyebab kulit hitam pada pria antara lain :

1.Stres

stres merupakan kondisi yang berhubungan dengan kejiwaan seseorang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria lebih rentan terhadap stres terutama mereka yang belum menikah. Penyebab timbulnya stres membawa dampak bagi kesehatan fisik dan kulit. Untuk kulit sendiri seseorang yang sering mengalami stres dapat membuat kulitnya menjadi hitam daripada sebelumnya. Untuk itu diperlukan pengelolaan stres yang tepat agar tidak berlarut-larut.

Artikel terkait :

2. Diet

Tidak sedikit juga para pria yang melakukan diet untuk menunjang penampilan dan profesi mereka. Umumnya diet yang dilakukan jika menggunakan metode yang tidak tepat dapat mengakibatkan ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh. Efek negatifnya bagi kulit menimbulkan warna kulit yang menjadi hitam. Solusinya adalah melakukan diet yang sehat dan untuk mengetahui apakah diet yang Anda jalankan benar silahkan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gizi.

Artikel terkait :

3. Sinar Matahari

Banyak yang tahu bahwa sinar matahari pada siang mengandung sinar ultraviolet. Paparan berlebihan pada kulit saat siang hari membuat melanin bekerja untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Salah satunya adalah timbul hiperpigmentasi pada kulit. Hiperpigmentasi adalah bintik-bintik hitam pada kulit. Untuk itu bagi pria yang memiliki aktifitas tinggi di luar ruangan untuk menggunakan pelindung kulit agar tidak langsung disinari matahari. Contohnya menggunakan baju lengan panjang, topi, masker dan sarung tangan.

( Artikel terkait : Cara mencegah kulit terbakar)

4. Istirahat kurang

Penyebab selanjutnya untuk kulit hitam pada pria adalah istirahat yang kurang. Tubuh membutuhkan istirahat setiap harinya selama 8 jam. Hal ini berkaitan dengan kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri. Jika Anda memiliki waktu tidur yang tepat maka dapat menghindarkan kulit Anda dari warna hitam.

(Artikel terkait : Cara mengecilkan pori wajah bekas jerawat)

5. Produk yang tidak tepat

Pria juga rutin membersihkan wajah dan tubuhnya setiap selesai beraktifitas dengan menggunakan produk-produk yang tepat. Produk tersebut digunakan untuk menunjang penampilan juga secara keseluruhan. Namun pemilihan produk yang tidak tepat untuk jenis kulit dapat mengakibatkan kulit menjadi hitam gelap. Baiknya sebelum memiliki produk kenali dengan tepat jenis kulit Anda.

Artikel terkait :

6. Hormonal

Saat beranjak remaja beberapa perubahan terjadi pada pria termasuk perubahan hormonal. Akibat dari perubahan hormonal ini menjadikan kulit menghitam, namun ini biasanya bersifat sementara. Jika kadar hormonal telah stabil maka kulit akan cerah secara perlahan.

7. Kurang minum

Para ahli kesehatan menyatakan bahwa tubuh memerlukan cairan sebanyak delapan gelas sehari. Kekurangan air minum dapat mengakibatkan hilangnya konsentrasi dalam beberapa detik. Selain itu kurang minum dapat mengakibatkan kulit menjadi berwarna hitam. Salah satu indikasi yang dapat menentukan tubuh Anda kekurangan cairan atau tidak bisa dilihat dari urine. Jika urine memiliki warna bening maka tubuh Anda tercukupi cairannya. Usahakan untuk terus mempertahankan kebutuhan cairan tubuh.

Artikel terkait :

8. Faktor genetik

Faktor genetik juga menentukan warna kulit seorang pria. Faktor genetik merupakan riwayat warna kulit yang berasal dari gari keturunan orang tua. Itu sebabnya ada seseorang yang memiliki kulit hitam dari lahir karena gen bawaan yang mengalir didalam tubuhnya.

Artikel terkait :

9. Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang tidak tepat dan tidak sehat untuk dilakukan. Merokok dapat mengakibatkan serangan jantung, impotensi dan gangguan kesehatan lainnya. Merokok memang lebih dominan tertuju pada laki-laki, meski tidak menutup kemungkinan wanita juga melakukan hal yang sama. Untuk aktifitas yang satu ini ternyata juga membawa dampak buruk bagi kulit. Dampak buruknya adalah kulit menjadi hitam karena kebiasaan yang tidak sehat ini.

Artikel terkait :

10. Alkohol

Minum alkohol juga membawa dampak pada penampilan. Terlalu berlebihan dalam mengonsumsi minuman yang memabukkan ini beresiko untuk membuat kulit menjadi hitam. Selain itu penderita alkohol juga membuat mereka menjadi kecanduan dan sulit untuk melepaskan dari dari alkohol. Ada baiknya Anda menjauhi kebiasaan yang lebih banyak merugikan kesehatan Anda tersebut.

Artikel terkait :

11. Lelah

Penyebab yang kesebelas yang menjadikan kulit memiliki warna hitampada pria adalah kelelahan. Kelelahan yang terjadi bisa disebabkan karena aktifitas yang berat. Karena rata-rata diperusahaan besar pekerjaan untuk pria memnag banyak berhubungan dengan fisik yang menyebabkan mereka mudah untuk merasakan kelelahah. Untuk itu diperlukan istirahat yang cukup bagi Anda para pria. Ingat istirahat tetap penting disela kesibukan untuk memulihkan kembali energi tubuh yang telah hilang.

Artikel terkait :

12. Depresi

Depresi yang berlarut-larut karena beberap hal sangatlah tidak baik. Depresi dapat terjadi akibat stres yang tidak bisa dikelola dengan baik. Oleh sebab itu untuk mengatasi depresi Anda perlu melakukan kegiatan yang Anda sukai. Anda juga bisa meminta bantuan teman dan kerabat untuk menemani Anda saat Anda merasa butuh untuk ditemani. Sesekali Anda dapat bercanda dan bergurau untuk menyegarkan kembali pikiran Anda.

13. Usia

Usia juga berperan dalam perubahan kulit pda pria. Karena seiring dengan pertambahan usia kulit ikut mengalami penuaan yang wajah untuk dialami oleh setiap orang. Dampaknya kulit Anda dapat memiliki kulit yang hitam karena usia yang semakin menua.

Artikel terkait :

14. Debu

Penyebab selanjutnya dari kulit yang hitam pada pria adalah debu. Aktifitas diluar ruangan seperti debu ternayta juga memberikan efek pada perubahan warna kulit. Kulit pria yang sering terkena debu bisa berubah menjadi hitam lebih cepat. Solusi yang tepat adalah sebisa mungkin meminimalisasi kulit terkena debu diruangan terbuka.

Artikel terkait :

15. Jarang membersihkan kulit

Jarang membersihkan kulit juga menjadi penyebab kulit hitam pada pria. Ini karena tumpukan sel kulit mati yang menumpuk karena tidak dibersihkan menghalangi sel kulit baru yang indah dan bersih. Itu sebabnya sangat dianjurkan untuk membersihkan kulit sebanyak dua kali dalam sehari.

Artikel terkait :

16. Kekurangan nutrisi buah dan sayuran

Nutrisi penting bagi tubuh dan kulit, nutiris seperti vitamin untuk kulit lebih banyak ditemukan pada buah dan sayuran. Jadi usahakan untuk konsumsi buah dan sayuran setiap harinya. Karena vitamin yang dibutuhkan kulit banyak terdapat dalam buah-buahan.

Artikel terkait :

17. Pengunaan obatan

Bagi beberapa pria pengunaan obat-obatan tertentu dapat mengakibatkan reaksi alergi. Akibat negatif dari reaksi alergi tersebut adalah menjadikan kulit berubah warna. Warna yang bisa terjadi perubahan adalah dari kuning menjadi lebih hitam. Dan untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan menghentikan secara total penggunaan obatan yang Anda konsumsi selama ini.

Artikel terkait :

18. Tidak menggunakan tabir surya

Sinar matahari memang memiliki kadungan ultraviolet didalamnya terutama pada siang hari. Para pria juga perlu perlindungan berupa tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tabir surya yang digunakan haruslah memiliki spf dengan kandungan diatas 30. Namun saat menggunakan tabir surya jangan lupa untuk tetap menggunakan baju lenga panjang, masker, topi dan sarung tangan saat melakukan pekerjaan diluar ruangan.

Artikel terkait :

19. Cuaca

Perubahan cuaca yang tidak menentu juga mempengaruhi warna kulit pria. Umumnya cuaca yang sering sebentar panas dan hujan juga membuat tubuh mudah jatuh sakit. Untuk ini para pria yang lebih banyak menghabiskan waktu diluar ruangan untuk bekerja membutuhkan vitamin agar meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Itu sebabnya diawal juga dijelaskan bahwa konsumsi buah dan sayuran memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh dan kesehatan kulit Anda.

Artikel terkait :

20. Polusi

Penyebab yang terakhir yang menyebabkan kulit pria menjadi hitam adalah polusi udara. Polusi udara mengandung radikal bebas yan teroksidasi. Akibatnya penuaan dini segera mengintai jika tidak segera dilakukan langkah antisipasi. Penuaan dini erat kaitannya dengan keriput pada kulit dan perubahan warna kulit dari warna kulit sebbelumnya.

( Artikel terkait: Penyebab kulit kering)

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kulit hitam pada pria. Dengan mengetahui penyebabnya maka diharapkan Anda dapat mengatasi penyebab kulit hitam dengan tepat dan dapat mencegahnya sedari awal.