9 Penyebab Kulit Kaki Hitam dan Solusinya

Setiap orang tentu mengingini kulit putih, bersih serta mulus. Kalian tentu tidak mengingini hanya bagian wajah saja yang putih. Tentu kalian menginginkan seluruh kulit di tubuh putih dan cerah. Tapi seringkali kulit bagian kaki kurang mendapatkan perhatian. Terutama kulit pada punggung kaki yang jarang mendapatkan perawatan khusus. Padahal kulit kaki yang hitam akan membuat penampilan kalian menjadi kurang menarik. (Baca Juga : Penyebab Kulit Hitam , Pelembab Untuk Kulit Kering Dan Kusam)

Apalagi jika kulit kaki kalian mengalami yang namanya belang, tentu akan akan sangat mengganggu penampilan. Penyebab belang pada kaki banyak sekali faktornya, sehingga lebih baik mengetahui faktor yang sering membuat kaki belang. Sehingga kalian bisa segera mengatasi masalah tersebut. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan kaki menjadi belang. (Baca Juga : Cara Menghilangkan Belang di Wajah , Cara Memutihkan Tangan)

1. Terkena Paparan Sinar Matahari

Sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh sinar matahari ke kulit bisa menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. Dibandingkan kulit lainnya yang tertutup serta tidak terkena paparan sinar matahari. Buat kalian yang gemar menggunakan rok atau celana pendek serta menggunakan sandal ketika beraktivitas di luar ruangan. Karena kelamaan akan membuat bagian kulit yang tidak tertutupi akan menjadi lebih gelap.(Baca Juga : Tips Agar Kulit Menjadi Putih Secara Alami.)

2. Infeksi Kulit

Saat kaalian menderit penyakit kulit tertentu ini juga bisa menyebabkan kulit menjadi belang. Seperti saat kalian terkena panu, ini akan membuat kulit menjadi lebih putih dari aslinya sehingga menjadi belang. Sama halnya saat kalian terkena penyakit cacar, biasanya ini akan meninggalkan bekas yang bisa membuat kulit menjadi belang juga serta penyakit kulit lainnya. ( Baca Juga: Cara Memilih Bedak untuk Kulit Sawo Matang , Merk Foundation untuk Kulit Gelap)

3. Akibat Gigitan Serangga

Jika kalian mempunyai kulit yang sensitif, saat kalian mendapatkan gigitan nyamuk ataupun serangga lainnya. Bisa menimbulkan munculnya bekas bintik-bintik hitam di kulit kaki kalian. Hal ini juga bisa disebabkan  bekas kalian menggaruknya karena rasa gatal yang muncul akibat gigitan nyamuk. Apalagi jika kalian tergigit saat tertidur, kemungkinan kalian tidak sengaja menggaruknya sangatlah besar. (Baca Juga: Merk Pelembab Wajah untuk Kulit Kering)

4. Bekas Luka

Salah satu yang membuat warna kulit menjadi lebih gelap pada bagian kaki bisa diakibatkan bekas luka. Bagian kaki memang bagian tubuh yang lumayan rentan mendapatkan luka daripada bagian tubuh lainnya. Seperti luka goresan, lecet, luka karena terjatuh, kulit yang terbakar, terkena infeksi dan lain sebagainya. Biasanya kulit menjadi belang pada kaki diakibatkan luka. Walaupun tidak bersifat permanen dan bisa kalian sembuhkan. Tapi untuk mengembalikan bekas luka pada warna semula membutuhkan perawatan yang lumayan lama.  (Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam , Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah)

Cara Menghilangkannya

Mengingat tekstur pada kulit kaki yang berbeda dari kulit wajah. Ini juga membuat perawatan pada kulit kaki berbeda daripada perawatan pada kulit wajah. Perawatan pada kulit kaki supaya menjadi putih serta tidak belang.Bisa kalian lakukan dengan beragam cara, mulai dari melakukan perawatan salon, memakai produk kecantikan, serta melakukan perawatan menggunakan bahan alami. Berikut beberapa cara mengatasi kulit hitam pada kaki dengan menggunakan bahan alami. (Baca Juga : Bahan Pemutih Wajah Yang Berbahaya.)

1. Menggunakan Masker Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang bisa membuat kulit kalian menjadi putih serta halus. Manfaat lidah buaya bagi kulit memang sudah terbukti bahkan telah digunakan sejak jaman dulu. Lidah buaya juga sering digunakan sebagai penghias taman serta sebagai ramuan obat tradisional. Bahan ini juga bisa kalian jadikan bahan untuk memutihkan kaki terutama mata kaki secara cepat. Cara pemakaiannya sangatlah mudah.  (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah)

Kalian cukup mengupas kulit serta mengeluarkan gel lidah buaya. Lalu hancurkanlah gel ini sampai menjadi lembut dan oleskanlah pada daerah mata kaki kalian.Diamkan gel lidah buaya selamasekitar satu jam sampai mengering. Kemudian cucilah dengan menggunakan air dingin serta memijatnya secara lembut. Untuk memperoleh hasil maksimal kalian harus melakukannya 2 kali dalam seminggu. (Baca Juga : Cara Memutihkan Tangan , Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan)

2. Rendam dengan Air Baking Soda

Baking soda ternyata salah satu bahan yang ampuh serta mudah kalian dapatkan. Bahan ini  juga biasa kalian temukan di dapur, cara menggunakannya cukuplah mudah. Kalian hanya perlu memasukkan 1 hingga 3 sendok makan baking soda dengan satu ember air hangat suam kuku atau air panas. Kemudian rendamlah mata kaki kalian kedalam ember selama kurang lebih 25 menit, ulangilah beberapa kali.

Baca Juga:

Lalu bersihkan dengan menggunakan air dingin sambil menggosoknya secara lembut. Kalian juga bisa menjadikannya masker, caranya sangat mudah kalian hanya perlu mencampurkannya dengan air mineral. Lalu oleskan pada mata kaki dan tunggu selama kurang lebih 15 menit sampai mengering. Kemudian bilaslah, lakukan rutin 2 kali seminggu. (Baca Juga : Manfaat Air Hangat Untuk Wajah, Manfaat Masker Kunyit Untuk Wajah)

3. Menggunakan Air Jeruk Nipis Atau Lemon

Jeruk nipis atau lemon salah satu buah dengan kandungan kolagen yang super tinggi buat tubuh. Tidak heran jika kandungan ini bisa menjadikan kulit menjadi lebih elastis. Selain itu air jeruk ini juga bisa membantu memutihkan kulit apalagi pada bagian mata kaki. Kalian hanya perlu membelah jeruk nipis atau lemon menjadi 2 – 3 bagian. (Baca Juga : Cara Merawat Kulit Agar Putih , Masker Pepaya Bagi Kulit)

Kemudian peras dan ambillah airnya, oleskan pada mata kaki kalian. Atau kalian juga bisa langsung memakai potongan jeruk nipis atau lemon. Dengan cara menggosokannya  dan berikan sedikit tekanan pada mata kaki ini bertujuan untuk menghilangkan sel kulit mati. Lakukanlah selama kurang lebih 10 hingga 20 menit. Untuk hasil yang maksimal kalian perlu melakukannya selama 2 sampai 3 secara teratur kemudian lihatlah hasilnya. (Baca Juga : Manfaat Jeruk Lemon Untuk Wajah, Cara Menghilangkan Kulit Belang)

4. Menggunakan Masker Tepung Beras dan Susu

Tepung beras serta susu merupakan bahan alami yang biasa digunakan buat memutihkan kulit karena mempunyai kandungan zat pati. Kandungan lemak alami di susu juga mampu membantu mengangkat sel kulit mati serta merawat kulit kalian. Bahkan bisa kalian pakai untuk merawat mata kaki kalian yang menghitam. Caranya adalah dengan mecampurkan 2 hingga 3 sendok makan tepung beras dengan susu segar sampai menjadi pasta atau masker.

Baca Juga :

Lalu oleskanlah pada mata kaki kalian yang menghitam sambil memijatnya secara lembut. Biarkan sekitar 20 menit sampai tepung mengering serta menempel baik dengan kulit. Kemudian gosoklah dengan lembut guna membersihkan sisa-sisa tepung. Cucilah dengan menggunakan air dingin, untuk hasil maksimal lakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

5. Menggunakan Masker Bubuk Coklat

Cokelat ternyata juga bisa membantu membuang sel kulit mati serta membantu menyamakan kulit yang tidak rata terutama pada mata kaki. Kalian hanya perlu melakukan cara sebagai berikut guna memutihkan mata kaki. Kalian hanya perlu mencampurkan beberapa sendok coklat bubuk dengan madu sampai menjadi masker atau pasta. (Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun untuk Alis Mata)

Kemudian oleskanlah pada bagian mata kaki serta tunggu hingga bubuk coklat menjadi kering. Lalu bersihkanlah dengan menggunakan air hangat atau air dingin biar kulit menjadi semakin lembab. Untuk hasil maksimal lakukanlah setiap hari sebelum kalian mandi di pagi dan sore hari. (Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Wajah, Manfaat Madu Untuk Masker Wajah.)