12 Perawatan Kulit Setelah Menopause Secara Alami

Setelah menopuase, bukan berarti anda mengabaikan kesehatan dan kecantikan kulit anda. Anda tetap harus menjaga kulit dengan melakukan perawatan kulit  yang tepat. Nah, berikut ini perawatan kulit setelah menopause yang dapat anda simak.

1. Menjaga Kelembaban Kulit

Seiring dengan berjalan usia anda, maka kulit anda akan menjadi lebih kering pasalnya kelenjar minyak tidak aktif lagi. Untuk menjaga agar kulit tetap sehat, maka penting untuk menjaga kelembaban kulit anda agar kulit tetap terhidrasi. Selain itu, menggunakan pelembab juga dapat membantu anda mencegah garis halus karena proses penuaan. Anda sebaiknya rajin mencuci wajah dan menggunakan pelembab yang cocok dengan anda.

2. Menggunakan Tabir Surya

Berapapun usia anda, tapi penting untuk menggunakan tabir surya setiap anda akan keluar rumah.  Ini dilakukan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari.  Paparan sinar UV dapat menyebabkan kanker kulit.  Dalam memilih tabir surya,  pilihlah tabir surya yang memiliki kandungan SPF 30. Selain itu, menggunakan tabir surya juga dapat sebagai cara menghilangkan bintik hitam karena penuaan kulit.

3. Mengkonsumsi Makanan Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Kadar estrogen dan produksi kolagen akan mengalami penurunan saat mengalami menopause.  Sehingga dengan begitu keelastisan kulit akan menghilang.  Oleh karena itu,  penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan karena dapat membantu keelastisan kulit.  Beberapa makanan yang mengandung antioksidan yaitu sayur dan buah berwarna merah seperti anggur,  stroberi,  apel.  Selain itu, kacang-kacangan juga diketahui kaya akan kandungan antioksidan. Sayuran juga sangat penting seperti kol,  brokoli,  sawi hijau,  tomat,  bawang putih dan wortel untuk mencukupi kebutuhan antioksidan.

4. Olahraga

Olahraga merupakan cara terbaik agar kulit tetap sehat. Olahraga akan dapat membantu meningkatkan oksigen dan sirkulasi darah. Kulit anda akan terlihat cerah dan lebih sehat jika sirkulasi optimal. Beberapa olahraga yang bisa anda lakukan di antaranya yaitu jalan kaki,  senam aerobik,  berenang,  yoga serta olahraga ringan yang lainnya.

5. Mencukupi Waktu Tidur

Tahukah anda?  Kurang istirahat atau kurang tidur dapat merubah kadar hormon,  juga metabolisme yang akan memperburuk keadaan kulit saat menopause.  Karena seperti itu penting untuk memenuhi waktu tidur anda.

6. Menghindari Stres

Stres akan menjadikan kulit anda lebih sensitif dan kering.  Mengetahui seperti itu,  menghindari stres merupakan cara yang baik.  Anda bisa mengurangi stres dengan melakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan.

7. Diet yang Baik

Produksi kolagen berkurang akan menjadikan kulit kering. Sehingga dengan begitu penting untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menjaga kelembaban kulit anda sebagai perawatan kulit setelah menopause.  Anda dapat makan makanan yang banyak mengandung vitamin B,  ikan,  sayuran hijau dan buah.

8. Rajin Melakukan Scrubing

Setelah menopause akan terjadi peningkatan sel-sel kulit mati pada lapisan luar kulit.  Untuk mengatasi masalah ini anda dapat melakukan scrubing dengan bahan yang lembut. Namun sebaiknya jangan terlalu kuat karena akan menjadikan kulit semakin sensitif.

9. Teliti Dalam Memilih Make Up

Setelah menopause, ahli kecantikan menyarankan untuk pindah ke make up dengan kandungan mineral yang lebih banyak. Anda juga harus memilih kosmetik yang berkualiras baik. Saat merias wajah sebaiknya jangan terlalu tebal.

10. Lidah Buaya Untuk Mengatasi Kerutan

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan manfaat lidah buaya untuk kulit memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Lidah buaya akan membantu produksi kolagen.  Tidak hanya itu,  lidah buaya juga dapat membantu menangkal radikal bebas, serta mengangkat sel kulit mati. Agar hasilnya maksimal,  anda bisa mengoleskan  dengan rutin setiap malam.

11. Menggunakan Pembersih Ringan

Setelah menopause sebaiknya gunakan pembersih wajah yang ringan. Anda dapat membersihkan kulit dengan larutan dari yogurt dan madu.  Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menenangkan peradangan. Sedangkan vitamin C yang terkandung dalam madu akan membuat kulit lembab.  Seperti yang kita ketahui manfaat madu untuk kulit sangat baik.

12. Perawatan Dengan Kunyit

Manfaat kunyit untuk kulit badan maupun untuk kulit wajah sudah bukan menjadi rahasia lagi. Anda bisa melakukan perawatan kulit dengan menggunakan kunyit.  Caranya yaitu dengan mencampurkan beberapa gram tepung kunyit,  serta tepung serbaguna. Tambahkan air,  lalu aduk merata. Kemudian anda bisa mengaplikasikan pada wajah dengan merata. Diamkan beberapa saat, baru anda bisa membilas wajah. Setelah itu, aplikasikan pelembab.

13. Minyak Tea Tree Untuk Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang kerap kali dialami oleh wanita sebelum ataupun setelah menopause. Anda dapat mengatasinya dengan cara alami menggunakan minyak tea tree ataupun lavender sehingga peradangan akan mereda tanpa menjadikan kulit kering.

14. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Agar kulit tetap kencang dan tetap lembab, maka anda jangan menggunakan produk sembarangan sebab akan mengikis minyak alami kulit anda. Tidak hanya itu, penting juga untuk minum air putih atau memenuhi kebutuhan cairan sebanyak 8 gelas perhari.

Itulah perawatan kulit setelah menopause. Semoga bermanfaat.