Vitamin Untuk Kulit Kering dan Gatal yang Paling Bagus

Pada saat ini banyak masalah kulit yang dapat timbul akibat begitu buruknya polusi dan udara ibukota yang di penuhi oleh kendaran-kendaran. Bagi sebagian orang yang beraktivitas dalam lingkungan seperti ini tentunya akan memnyebabkan kulit yang dimiliki memunculkan beberapa masalah yang dapat mengurangi performa penampilan. Beberapa masalah kulit seperti kuli yang kerimg, gatal, bersisik, muncul flek hitam di bawah permukaan kulit, timbulnya jerawat dan komedo dan masih bnayak lagi masalah yang dapat mengganggu kesehatan kulit.

Kondisi kulit yang rusak tak hanya di pengaruhi oleh faktor debu dan polusi di sekitar lingkungan saat beraktivitas saja namun banyak faktor lainnya yang dapat menyebabkan masalah pada kulit, seperti :

  • Iritasi, faktor ini mungkin hanya di hadapi oleh beberapa orang saja dan tidak terjadi secara umum. Iritasi pada kulit dapat timbul karena hal-hal lainnya seperti pemakaian lotion yang tidka cocok pada jenis kulit yang dimiliki, dapat timbul akibat gigitan serangga, atau karena suatu alergi yang di alami.
  • Bertambahnya usia, faktor yang satu ini pastinya dapat dialami oleh siapa saja. Seiring bertambahnya usia, tubuh seseorang akan semakin mengurangi produksi kolagen yang berfungsin agar kulit yang dimilikinya tetap sehat dan kencang.
  • Menggosok kulit, hal ini biasanya di lakukan sebagai salah satu cara dalam proses mengsrubbing sel kulit mari agar mudah terangkat. Menggosok kulit terlalu kencang dapat menyebabkan iritasi dan kondisi kulit yang menjadi kering.
  • Pemakaian sabun yang salah, masalah kulit dapat timbul yang di sebabkan oleh faktor salah pemilihan sabun ini tentunya tidak dapat di alami oleh semua orang. Pada kondisi kulit yang sensitif penggunaan sabun yang berbahan tidak terlalu lembut dapat menyebabkan iritasi. Dan juga kandungan dalam sabun tertentu juga dapat menyebabkan iritasi pda kulit senditif.
  • Penggunaan handuk setelah mandi, selama proses mandi dapat memberikan efek lembab tehadap kulit. Jika pemakaian handuk langsung setelah mandi akan menyebabkan kelembapan dari mandi dapat hilang akibat tubuh yang di lap dengan handuk hingga kering.
  • Kondisi kesehatan tertentu, faktor lainnya yang dapat menimbulkan masalah pada kesehatan kulit adalah masalah kesehatan yang sedang dia alami. Pada beberapa jenis penyakit tertentu dapat menimbulkan kondisi kulit menjadi kering dan rusak.
  • Suhu, suhu udara yang terlalu tinggi maupun yang terlalu rendah dapat menyebabkan kulit menjadi kering. pada suhu udara yang panas jika kulit di sertai dengan keringat yang menempel dapat menyebabkan kulit menjadi gatal dan iritasi.

Masalah pada kulit yang dapat mengganggu aktivitas dan juga penampilna ialah masalah kulit yang kering dan gatal. Gatal yang terjadi pada kulit akan membuat seseorang merasa tidak nyaman selama beraktivitas. Hal ini dapat dicegah dengan beberapa cara penanganan, salah satunya adalah mengkonsumsi dan memanfaatkan bebrapa jenis vitamin yang dapat menutisi tubuh dan bermanfaat dalam membuat kulit sehat dan tidak kering.

Jenis buah untuk awet muda alami mengandung beberapa jenis vitamin untuk kulit kering dan gatal berupa vitamin A, vitamin C, vitamin E,  vitamin K dan juga jenis vitamin B. Jenis vitamin B memang jarang di dengar pemanfaatannya dalam mengatasi masalah kulit seperti kulit yang kering penyebab kulit wajah mengelupas dan gatal dan sebagai cara mengatasi muka tua. Vitamin B merupakan jenis vitami yang sangat dianjurkan untuk di konsumsi sebagai cara mengatasi masalah kulit kering dan gatal.

Indikasi tubuh seseorang kekurangan asupan vitamin B adalah timbulnya masalah kulit kering dan gatal. Vitamin untuk kulit kering dan gatal ini kaya akan antioksidan terutama yang berasal dari jenis vitamin B6 yang di percaya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan dapat mencegah kulit menjadi keriput.

Vitamin B ini sendiri sebenarnya merupakan jenis vitamin yang terdiri dari beberapa jenis vitamin B yang biasanya disebut dengan istilah vitamin B kompleks. Beberapa jenis dari vitamin B ini tak hanya dapat bermanfaat dalam menutris dan menjaga kesehatan kulit namun juga dapat menjaga agar tubuh dan organ tetap dalam keadaan prima dan sehat. Berikut 4 jenis vitamin B sebagai vitamin untuk kulit kering dan gatal beserta manfaatnya untuk kesehatan tubuh :

  1. Vitamin B1

Jenis vitamin B yang pertama adalah jenis vitamin B1 atau yang biasa di sebut dengan tiamin. Vitamin B1 ini tak hanya dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit namun juga dapat berfungsi dalam menjaga fungsi otak dan daya ingat. Vitamin B1 ini juga diketahui bermanfaat dalam membantu produksi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. jika tubuh seseorang kekurangan vitamin B1 maka akan dapat menimbulkan penyakit seperti penyakit beri-beri, munculnya gejala penyakit sistem saraf seperti penurunan berat badan dan dapat menimbulkan gangguan emosi.

Sumber vitamin B1 ini dapat di peroleh dengan cara mengkonsumi beberapa jenis makanan seperti biji-bijian yang masih mengandung kulit ari, kecambah, gandum, sayur-sayuran, kacang-kacangan, selada air, asparagus, bayam, kubis brussel, kembang kol, pecan dan kacang brazil.

  1. Vitamin B2

Jenis vitamin B2 ini bermanfaat untuk kesehatan rambut, mata dan dapat membantu proses produksi energi. Namun jenis vitamin ini merupakan salah satu jenis vitamin yang dapat dengan mudah rusak jika terkena sinar matahari, oleh karena itu vitamin ini harus dijauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung. Pada seseorang yang megalami kekurangan vitamin untuk kulit kering dan gatal ini dapat menimbulkan beberapa jenis penyakit seperti aroboflavinosis, timbulnya gejala seperti bibir pecah-pecah, peradangan lidah dann sakit tenggorokan.

Sumber vitamin B2 dapat berasal dari beberapa jenis makanan, seperti hati sapi, daging sapi, ayam, salmon liar, telur, jamur, almond, bayam, asparagus dan brokoli. Jenis vitamin B2 ini biasanya disebut dengan nama riboflavin.

  1. Vitamin B3

Jenis vitamin B kompleks selanjutnya adalah vitamin B3 atau biasa yang di sebut dengan niasin yang termasuk ke dalam jenis asam nikotinat dan nikotinamida yang merupakan vitamin untuk kulit kering dan keriput. Jenis vitamin untuk kulit kering dan gatal ini biasa dapat dengan mudah ditemui pada beberapa jenis merk lotion. Fungsi dari vitamin B3 ini adalah membantu produksi energi, fungsi otak, untuk kesehatan kulit dan untuk regulasi darah merah. Penyakit yang dapat timbul pada tubuh akibat kekurangan vitmain B3 ini yaitu jika bersamaan dengan kurangnya asupan triptofan dapat menyebabkan pellagra. Gejala-gejalanya seperti dermatitis, insomnia, kebingungan mental serta diare.

Jenis vitamin B3 ini dapat di peroleh pada sejumlah makanan seperti pada daging sapi, ayam, kalkun, salmon liar dan kacang lima.

  1. Vitamin B5

Jenis vitamin B5 ini sangat berperan besar dalam proses produksi energi, bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit serta kesehatan saraf. Tak hanya itu vitamin B5 dapat membantu menghasilkan hormon kortisol, yaitu hormon yang dapat membantu mengatasi stress. Untuk memperoleh vitamin ini dapat mengkonsumsi daging ayam, telur, kacang, brokoli, alpukat, ubi jalar dan jamur.

Demikianlah 4 jenis vitamin B sebagai vitamin untuk kulit kering dan gatal yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati masalah kulit ini. Vitamin B sendiri sebenarmya terdiri dari 8 jenis vitamin yang membentuk bergabung berbentuk vitamin B kompleks. 4 jenis vitamin B lainnya yaitu vitamin B6 yang disebut sebagai piridoksin, vitamin B7 yang biasa disebut sebagai vitamin H atau biotin, vitamin B9 yang dikenal dengan vitamin M  dan vitamin B-c dan vitamin B12 yang disebut dengan kobalamin.

Jenis vitamin B di atas sangat bermanfaat bagi tubuh terutama dalam hal peredarah darah dan kesehatan organ tubuh lainnya. Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B dalam perawatan kulit ini haruslah disertai dengan makanan lainnya agar berbagai jenis nutrisi dalam tubuh dapat tercukupi. Serta dapat juga memanfaatkan bahan alami sebagai perawatan kulit kering dengan menggunakan manfaat coklat untuk kulit agar ternutrisi dari luar tubuh.