20 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak

Manfaat teh hijau untuk wajah merupakan manfaat yang bisa didapat selain untuk menurunkan berat badan. Teh hijau berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang prosesnya hanya dikukus, sehingga kandungan katekin yang terdapat dalam teh hijau tidak hilang. Itulah sebabnya teh hijau memiliki zat antioksidan yang sangat tinggi. Teh hijau sudah sangat terkenal di dunia sebagai makanan, minuman atau suplemen makanan.

Beberapa penelitian sudah banyak menemukan bahwa manfaat teh hijau sangat banyak untuk kesehatan yaitu mencegah penyakit jantung dan kanker. Teh hijau memiliki kadar kafein yang cukup rendah jadi aman untuk dikonsumsi secara teratur. Kandungan flavonoid dalam teh hijau yang sangat tinggi memiliki sifat antioksidatif dan anti karsinogenik. Selain untuk kesehatan dan menurunkan berat badan, manfaat teh untuk wajah, terutama teh hijau, adalah sebagaimana berikut. (Baca juga: Manfaat teh hijau untuk rambut)

Manfaat Teh Hijau untuk Wajah

Banyak kosmestik yang mulai menggunakan teh hijau sebagai bahan dasar pembuatan produk-produknya. Ingin tahu apa saja manfaat teh hijau untuk kecantikan wajah? Yuk, kita simak beberapa manfaat teh hijau untuk wajah berikut ini:

1. Mengatasi Kulit Berminyak

Penyebab kulit berminyak adalah tingginya kadar minyak di permukaan wajah dan seringkali menjadi penyebab timbulnya jerawat. Bagaimana cara mencegah kulit wajah berminyak? Simpanlah teh hijau yang sudah dicelupkan ke dalam air dalam lemari es. Keesokan harinya, gunakanlah teh hijau ini dengan cara mengusapkannya secara rata pada daerah wajah. Lakukanlah ini setiap hari.

2. Mengatasi Jerawat

Manfaat teh hijau untuk mengatasi kulit yang berjerawat sangat mudah, campurkan daun teh yang sudah dicelupkan air panas atau air hangat dengan putih telur, aduh rata dan gunakan sebagai masker. Jika digunakan setiap hari manfaat teh hijau akan terbukti mengeringkan jerawat dan menghilangkan bekasnya. (Baca juga: Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat)

3. Menghilangkan Mata Panda

Salah satu cara menghilangkan kantung mata atau mata panda adalah dengan menggunakan teh hijau. Caranya adalah celup teh hijau ke dalam air mendidih, tiriskan, kemudian simpan ke dalam lemari es. Setelah membeku kompreskan pada bagian kelopak mata. Anda akan mendapatkan penampilan mata yang lebih segar. Lakukan setiap hari karena menghilangkan mata panda membutuhkan waktu. (Baca juga: Cara menghilangkan kantung mata dalam 3 hariCara menghilangkan kerutan di mata)

4. Merawat Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Bagi yang sering memiliki aktifitas lebih di alam terbuka biasanya memiliki spot berwarna merah pada area wajah. Manfaat teh hijau untuk kulit kemerahan ini ternyata sangat mudah dan praktis. Bagaimana caranya? Seduh dua sendok makan daun teh hijau, lalu diamkan sampai dingin. Saring daun teh dengan menggunakan kain yang lembut, gunakan kain tersebut untuk mengompres bagian wajah yang terkena sinar matahari. Lakukan setiap hari. (Baca juga: Penyebab kulit wajah mengelupas)

5. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Selain untuk merawat kulit yang terbakar, manfaat teh hijau lainnya adalah sebagai salah satu cara mencegah kulit terbakar. Caranya adalah dengan melakukan pengompresan 30 menit atau 1 jam sebelum melakukan aktifitas outdoor pada kulit yang terpapar sinar matahari.

6. Menghaluskan dan Melembutkan Kulit Wajah

Memiliki kulit wajah yang lembut dan halus merupakan dambaan setiap wanita. Jika kita menggunakan facial scrub dari teh hijau dan digunakan setiap hari, maka manfaat teh hijau ini akan membuat kulitmu lebih halus dan lembut. Bagaimana cara membuatnya? Campurkan 1 sendok cornmeal atau oatmeal dengan daun teh yang sudah diseduh dengan air panas. Simpan dalam lemari es. Gunakan sebagai facial scrub lalu bilas dengan air hangat. Hati-hati, cara ini tidak berlaku untuk yang memiliki ciri-ciri kulit sensitif. (Baca juga: Mikrodermabrasi)

7. Mengatasi Kulit Kering

Bagi wanita yang memiliki masalah kulit kering, bisa mencoba manfaat teh hijau untuk mengatasinya. Cara mengatasi kulit kering di wajah adalah dengan cara mencampurkan 3 sendok oatmeal, perasan lemon dan beberapa sendok air teh hijau. Setelah itu usapkan ramuan ini pada bagian seluruh wajah sebagai masker, sambil dipijat dengan gerakan memutar. Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

8. Mengencangkan Wajah

Teh hijau memiliki kandungan vitamin E yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit wajah, penuaan dini dan mencegah keriput. Cara mengencangkan kulit wajah dengan teh hijau adalah dengan cara menyeduh teh ini dengan air panas di malam hari, diamkan hingga semalaman. Gunakan air teh hijau ini untuk mencuci wajah di pagi hari. Lakukan secara teratur.

9. Menghilangkan Iritasi pada Wajah

Iritasi pada kulit wajah sering dialami oleh wanita yang memiliki kulit sensitif. Iritasi kulit tersebut biasanya disebabkan oleh gigitan nyamuk, tidak cocok menggunakan kosmestik atau hal lainnya. Bagaimana cara merawat wajah sensitif? Gunakan ampas teh hijau dan gunakan sebagai masker pada bagian wajah yang terkena iritasi. Diamkan selama 15 menit.

10. Mencegah Penuaan Dini 

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam teh hijau ini sangat membantu mencegah penuaan dini akibat sering kena paparan sinar matahari, sehingga wajah memunculkan flek-flek hitam dan bitnik-bintik pada bagian tertentu. Bagaimana cara mencegah penuaan dini? Campurkan 3 sendok makan yoghurt polos, 1 sendok teh hijau yang sudah direndam air panas dan sedikit bubuk kunyit. Diamkan selama 20 menit, Gunakan masker ini seminggu dua kali.

11. Membersihkan Wajah

Jika Anda sudah terbiasa mengkonsumsi teh hijau, maka secara tidak langsung Anda sudah melakukan perawatan wajah dari dalam. Untuk perawatan luarnya Anda bisa menggunakan ampasnya sebagai pembersih wajah alami, tuangkan ampas daun teh hijau ke dalam mangkok. Berikan beberapa tetes madu lalu gunakan sebagai masker, diamkan sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

12. Membuka Sumbatan Pori-Pori

Memiliki wajah yang bersih dan segar adalah keinginan setiap wanita, berikut adalah cara alami untuk membersihkan sumbatan-sumbatan yang terdapat dalam pri-pori wajah; Buatlah seteko teh hijau, diamkan hingga mengental. Tuangkan air teh hijau ke dalam wadah steril yang tertutup. Masukkan bola-bola kapas ke dalam rendaman air teh hijau tadi. Simpan ke dalam lemari es atau letakkan di tempat yang dingin. Gunakan 2 kali sehari untuk membersihkan wajah. Gunakan hingga habis.

13. Membantu Pengelupasan (Eksfoliasi)

Perpaduan oatmeal dan ampas teh hijau bisa digunakan untuk pengelupasan wajah, campurkan oatmeal dan daun teh hijau ke dalam mangkok beri sedikit air lalu simpan ke dalam lemari es. Gunakan sebagai masker untuk melakukan eksfoliasi sebelum memakai masker. (Baca juga: Prosedur chemical peeling)

14. Memutihkan Wajah Secara Alami

Anda juga dapat menggunakan teh hijau sebagai cara memutihkan badan secara alami, termasuk wajah. Bagaimana caranya? Campurkan daun teh h.ijau yang sudah ditiriskan dengan madu, lalu usapkan secara rata pada wajah. Diamkan 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

15. Mempertahankan Make-Up 

Jika Anda akan menghadiri sebuah pesta atau acara penting namun tidak sempat untuk merawat wajah, manfaat teh hijau berikut ini bisa membantu penampilan wajah tampak cantik dan segar. Selain itu penampilan make up tidak mudah luntur. Caranya ambil sekantong teh hijau aliri dengan air panas sampai mengeluarkan uap. Usapkan pada wajah setelah tidak mengeluarkan uap.

16. Sebagai Toner 

Campuran air teh hijau dan air mawar bisa digunakan untuk toner di malam hari. Bagaimana caranya? Panaskan air mawar hingga mendidih, lalu tuangkan ke dalam mangkok yang berisi kantong teh hijau, biarkan selama 5 menut. Lalu buang kantong teh hijau. Biarkan campuran air mawar dan air teh hijau tersebut sampai dingin. Masukkan ke dalam botol semprot. Simpan dalam lemari es. Gunakan semprotan air mawar dan teh hijau ini pada saat akan tidur.

17. Menghilangkan Noda Hitam

Manfaat teh hijau dengan tepung maizena bisa membantu menghilangkan noda hitam. Campurkan 3 sendok tepung maizena dan air teh hijau. Pakai di wajah sekitar 20-25 menit, bilas dengan air dingin.

18. Regenerasi Kulit

Perpaduan tepung susu b ubuk dan air teh hijau bisa digunakan untuk masker wajah, masker ini sangat bermanfaat untuk membantu proses regenerasi pada kulit wajah. Campurkan 5 sendok air teh hijau dengan susu bubuk secukupnya. Aplikasikan pasta ini pada seluruh wajah dan diamkan sekitar 25-30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

19. Menghilangkan Komedo

Cara menghilangkan komedo membandel bisa dengan mengunakan ampas teh hijau yang sudah didiamkan semalaman. Gosokkan ampas teh hijau pada area hidung yang terdapat komedo. Lakukan secara rutin dan setiap hari. Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah setelah melakukan aktifitas untuk mencegah jerawat tidak muncul kembali

20. Menghilangkan Belang 

Manfaat teh basi untuk wajah adalah untuk menyamarkan kulit belang pada wajah yang sangat mengganggu penampilan. Menggunakan ampas teh hijau basi untuk masker wajah ternyata bisa membantu menyamarkan kulit belang pada wajah.

Selain menggunakan teh hijau untuk masker pada wajah, Anda juga harus minum teh hijau secara teratur. Kandungan katekin dan polifonal pada teh hijau paling tinggi dibanding teh biasa. Tetapi ingat Anda tidak boleh mengkonsumsi teh hijau dalam kondisi perut kosong, karena bisa memicu penyakit asam lambung. Teh hijau juga tidak boleh diminum bersamaan dengan obat. Dalam kondisi sakit Anda tidak boleh mengkonsumsi teh hijau.

Waktu terbaik untuk minum teh hijau adalah setelah sarapan pagi, sebelum makan siang dan malam, sepanjang hari sedikit demi sedikit dan satu jam atau lebih sebelum tidur malam. Silahkan pilih satu alternatif di atas, teh hijau sangat baik jika diminum tidak boleh terlalu berlebihan. Minum teh hijau secara teratur akan membantu sistem pencernaan dan memudahkan tubuh untuk melakukan detoksifikasi racun dalam tubuh.

Anda akan mendapatkan manfaat teh hijau secara maksimal, karena wajah yang bersih dan sehat tergantung dari sistem pencernaan yang sehat. Jika Anda memiliki gangguan kesehatan sebaiknya konsultasi dengan dokter tentang boleh atau tidak aturan konsumsi teh hijau. Demikian penjelasan tentang manfaat teh hijau untuk wajah dan kecantikan. Semoga informasi tentang teh hijau ini sangat bermanfaat.