5 Fungsi Alis Mata Manusia dan Perawatannya

Sudah tak asing lagi dengan kata bulu alis mata, bahkan kita sudah bisa membayangkan dimana bulu alis mata itu. Nah, saat ini alangkah baiknya kita mengenal lebih dalam mengenai bulu alis mata, fungsi bulu alis mata, alasan mengapa kita tidak boleh mencabutnya dan cara perawatan bulu alis mata.

Pengertian Alis Mata

Alis mata adalah bulu bulu yang tumbuh di atas mata, semua mamalia pasti hampir memiliki alis mata, karena pada dasarnya alis mata ini sangatlah berfungsi untuk menjaga mata kita. Tanpa adanya alis mata, bisa jadi keringat atau kotoran dan air yang muncul di dahi atau dari atas bisa langsung masuk ke mata kita dan itu akan menyebabkan mata menjadi pedih. Bila hal itu terjadi lama pastilah mata akan rusak. Untuk itulah penting sekali kita menjaga alis mata kita.

Alis mata sangat banyak fungsinya, baik dari fungsi yang sangat sederhana sampai yang memang diperlukan, berikut ini diantaranya :

1. Fungsi kecantikan

Alis mata juga berfungsi untuk kecantikan pada wajah, ini adalah beberapa sebab orang mengerok alis mata, karena keinginan untuk menyulam alis mata menjadi seperti yang diinginkan, padahal lebih bagus adalah alis mata alami itu sendiri. Alis juga merupakan salah satu ciri khas dari wajah seseorang, tidak jarang orang mengenali wajah dengan alisnya.

2. Fungsi kesehatan

  • Mencegah masuknya keringat : dengan alis mata, maka keringat yang muncul dari dahi akan tercegah untuk masuk ke mata, seperti telah di jelaskan di atas karena berbahaya jika keringat langsung masuk kemata. Karena itu akan mengganggu proses kerja mata.
  • Menahan kotoran : kotoran tak jarang muncul dari atas contohnya kotoran dari bagian rambut itu sendiri, banyak merontokan kotoran seperti debu dan ketombe. Alis mata ini berfungsi untuk menahannya agar tidak masuk ke mata. Bulu-bulu yang tumbuh di alis mata akan menyaring dan menahan jatuhnya kotoran ke mata, bilapun kotoran akan masuk ke mata, tak akan sebanyak ketika belum disaring.

3. Fungsi komunikasi

Pada dasarnya alis adalah bagian yang berpengaruh pada wajah, tak hanya berpengaruh untuk kecantikan dan kesehatan, tetapi juga berpengharuh pada komunikasi. Terkadang orang-orang mengekspresikan alisnya untuk suatu komunikasi. Misalnya saja orang yang sedang bingung pasti mengerutkan alisnya untuk menyatakan kebingungan itu sendiri.

4. Fungsi emosi

Fungsi alis dapat menyatakan berbagai rasa emosi. Dari alis kita dapat melihat emosi seseorang, apakah dia sedang senang, sedih atau bahagia, murrung, galau dan sebagainya.

5. Fungsi menciptakan kesan

Pada awal bertemu dengan orang kita akan membuat kesan pada orang tersebut. Terutama dengan melihat alis. Sebagai contoh berikut ini :

  • Alis yang tebal : cenderung menunjukan orang itu tegas, semangat dan aktif
  • Alis mata tipis : sensitif, galau dan biasanya tidak memiliki kesehatan yang begitu baik
  • Alis mata seperti kalanya pedang : keras kepala, senang berdebat
  • Garis lurus : orang yang lebih suka membicarakan sesuatu tanpa bosa basi, lebih cenderung mementingkan diri sendiri.
  • Alis mata seperti bulan sabit : alis mata yang seperti ini biasanya memiliki sifat yang loyal, rendah hati dan tidak sombong.

Alasan Tidak Boleh Mengorok Alis

tidak ada alasan untuk mengerok alis lagi, di awal sudah dijelaskan di awal bahwa alis adalah salah satu kompenen untuk merawat mata. Maka itulah juga salah satu alasan kenapa tidak boleh mengerok habis alis, ketika mengerok habis alis smpai hambis maka bisa berakibat pada :

  • Debu masuk dengan bebas ke mata
  • Tidak ada tempat untuk menghambat keringat padahal kita tau bahwa dalam keringat terdapat garam yang tidak baik untuk mata.
  • Jalan keringat langsung ke mata (biasanya mengalir sesuai dengan bentuk alis)

Cara Merawat Alis Agar Tetap Sehat

Ada banyak cara untuk merawat alis mata, banyak pilihan untuk kita menjaganya. Jangan malah merusak dengan mengerok habis tapi rawatlah alis mata agar tetap indah dan tetap berfungsi dengan maksimal, berbagai cara diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Jaga kelembaban bulu alis
  • Selalu cuci muka setiap setelah bepergian
  • Jangan menggunakan make up alis terlalu berlebihan dan terlalu sering, karena bahan kimia yang ada di make up belum tentu baik untuk alis
  • Selalu perhatikan kebersihan alis mata
  • Bila alis rontok maka periksalah ke dokter kesehatan wajah

Itulah berbagai tips untuk merawat dan menjaga alis anda, agar tetap dapat berfungsi semaksimal mungkin. Jangan mudah terpengaruh untuk mengerok alis hanya karena melihat alis seorang yang di kerok tampak lebih indah. Pada dasarnya keindahan akan muncul ketika semua yang ada di wajah terjadi karena alami dan terlihat natural.

Baca juga tentang perawatan kecantikan lainnya, seperti :