6 Bahaya Hair Extension Yang Wajib Dipertimbangkan

Hair extension merupakan metode penyambungan rambut yang biasa dilkukan oleh kalangan kaum hawa. Bisanya hair extension digunakan sebagai salah satu alternatif agar memiliki rambut panjang, model rambut yang “kekinian”, serta penampilan yang makin menarik. Namun, para wanita yang sering melakukan hair extension sayangnya jarang mengetahui rambu-rambu dalam pemakaian hair extension sehingga berbagai resiko negatif akan timbul ketika pemakaian hair extension tersebut.

Mengapa Memilih dan Menyukai Hair Extension?

Alternatif Bagi Seseorang yang Memiliki Rambut Tipis

  • Masalah volume rambut sering menjadi problematika yang dihadapi wanita. Wanita sering mendambakan rambut tebal sehingga menampakkan kecantikan fisik yang sempurna.
  • Rambut tipis sering disebabkan stres sehingga rambut robtok, atau mungkin pengaruh gen.
  • Hair extension sering dijadikan alternatif bagi mereka yang memiliki rambut tipis. Penggunaan hair extension memberikan visualitas volume rambut yang terlihat tebal sehingga membuat para kaum wanita tampil lebih percaya diri.

Rambut Terlalu Pendek

  • Ada kalanya seseorang tidak menyukai keadaan rambutnya yang terlalu pendek. Sebagian orang, terutama wanita memotong rambut terlalu pendek, dan seketika saja mereka merasa menyesal pada tampilan baru berupa rambut pendek tersebut.
  • Penyambungan rambut (hair extension) menjadi salah satu solusi agar rambut nampak lebih panjang.

Suka Berganti Gaya Rambut

  • Alasan lain mengapa wanita menyukai hair extension salah satunya adalah hobi berganti gaya rambut dan suka melakukan eksperimen pada rambutnya.
  • Mungkin seseorang tersebut pada dasarnya sudah memiliki rambut panjang. Namun hobinya mengganti model rambut membuat rambutnya dipotong pendek.
  • Lain hari ia merasa bosan dengan rambutnya yang tidak kunjung panjang. Lalu ia memilih solusi dengan hair extension agar rambutnya kembali panjang seperti sedia kala.

Memperbaiki Masalah Medis

  • Sebagian orang yang pernah mengalami masalah medis seperti konsumsi obat-obatan sehingga berefek pada lerontokan rambut akan merasa tidak percaya diri.
  • Volume rambut akan berkurang, sehingga mereka memilih solusi hair extension untuk memperbaiki permasalahan medis tersebut.

Keinginan Memperbaiki Penampilan

  • Kasus ini sering terjadi pada mereka yang tidak percaya diri atau tidak merasa puas dengan apa yang mereka miliki seperti pada rambut yang mereka miliki.
  • Kebanyakan wanita atau bahkan laki-laki memiliki mindset bahwa wanita cantik adalah wanita berambut panjang.
  • Hal tersebut menjadi latar belakang dilakukannya hair extension, yaitu memperbaiki penampilan. bahkan, beberapa orang yang sudah berumur melakukan hair extension dengan alasan agar penampilan lebih baik dan nampak lebih muda.

Hair extension menawarkan hasil berupa penampilan yang lebih baik sehingga rasa percaya diri bagi pengguna hair extension juga akan meningkat. Sayangnya, para pemakai hair extension ini seringkali tidak memperhatikan dampak negatif apa yang dapat hadir ketika memakai hair extension. Berbagai bahaya yang dapat muncul ketika menggunakan hair extension perlu diketahui agar penggunaannya juga tidak sekedar untuk memperbaiki penampilan. Berikut ini bahaya yang dapat muncul dalam penggunaan hair extension :

1. Terkadang Rambut yang Digunakan Tidak Berkualitas

Saat menggunakan hair extension terkadang seseorang lebih mengutamakan gengsi dan terkadang memilih harga yang relatif murah. Harga yang relatif murah tersebut bisa saja merupakan tanda bahwa rambut yang digunakan untuk hair extension tidak berkualitas, seperti rambut kusam dan kasar.

Tanda-tanda tersebut menunjukkan bahwa rambut untuk hair extension tidak berkualitas dan bisa saja mengandung berbagai kuman atau bakteri. Ketika rambut yang tidak berkualitas tersebut digunakan sebagai hair extension, kuman-kuman yang ada akan menjalar ke rambut Anda dan mengakibatkan kerusakan pada rambut asli Anda.

2. Penyebab Kerusakan pada Rambut

Selain kerusakan rambut yang disebabkan oleh rambut tidak berkualitas pada hair extension, kerusakan juga bisa terjadi meski rambut yang digunakan untuk hair extension sudah berkualitas. Berat rambut dari hair extension akan menyebabkan beban tambahan pada rambut asli, sehingga kemungkinan besar rambut asli akan mengalami kerontokan karena beban yang ditanggung akibat hair extension.

3. Alergi pada Kulit Kepala

Bagi sebagian orang yang memiliki kulit kepala sensitif, hair extension bisa menyebabkan kulit kepala alergi seperti timbulnya penyebab kulit kepala gatal-gatal. Hal tersebut juga dapat terjadi karena kuman atau bakteri yang terdapat pada rambut hair extension menjangkiti dan mengganggu kulit kepala.

4. Merusak Rambut dan Kulit Kepala

Meski rambut yang digunakan untuk hair extension sudah berkualitas dan pemasangannya pun sudah benar, bukan berarti rambut dan kulit kepala anda sudah bebas dari resiko kerusakan. Pemasangan hair extension mau tidak mau membutuhkan perawatan khusus dan intensif. Jika Anda tidak merawat rambut hair extension dengan baik dan benar, maka kerusakan pada rambut dan kulit kepala Anda dapat muncul kapan saja.

5. Terkadang Pemasangan Hair Extension Tidak Dilakukan dengan Benar

Seseorang yang memasang hair extension secara asal-asalan (murah dan asal terpasang) sering tidak mempedulikan resiko yang mungkin muncul. Terkadang pemasangan hair extension dilakukan tidak dilakukan oleh seseorang yang ahli sehingga pemasangannya tidak sesuai prosedur. Hal tersebut akan berakibat pada permasalahan tambahan seperti timbul sakit kepala dan kerontokan rambut saat pemasangan.

Selain itu, pemasangan hair extension dengan cara yang tidak benar juga dapat merusak penampilan, karena pemasangan tidak rapi dan justru memperlihatkan pola sambungan pada rambut sehingga penampilan rambut justru terlihat berantakan.

6. Merusak Penampilan

Benarkah hair extension selalu bisa memperbaiki penampilan? Hal ini biasa muncul pada seseorang yang tidak pernah merasa cukup dengan penampilan yang dimiliki dan seseorang dengan tingkat kepercayaan diri yang rendah. Pemakaian hair extension terkadang justru berpotensi merusak penampilan Anda yang sudah luar biasa. Penampilan seseorang tidak hanya terlihat dari penampilan fisik saja, rasa percaya diri yang tinggi juga inner beauty  justru merupakan faktor terbesar yang membuat Anda disukai banyak orang.

Cara Benar dan Aman ketika Melakukan Hair Extension

Memakai hair extension bukan merupakan satu-satunya alternatif untuk memperbaiki dan menunjang keindahan rambut juga penampilan Anda. Namun, jika Anda memang ingin melakukan pemasangan hair extension, maka hal berikut ini harus anda perhatikan :

  • Pilih Tempat yang Terpercaya untuk Pemasangan

Pilihlah tempat yang memang kredibel untuk pemasangan hair extension. Jangan pernah terbujuk dengan iming-iming harga murah. Tempat yang terpercaya biasanya memberikan hasil yang baik juga menggunakan rambut yang berkualitas sehingga mengurangi resiko kerusakan rambut dan juga kulit kepala.

  • Jangan Melakukan Teknik Kimiawi Lain

Pemasangan hair extension seringkali diimbangi dengan melakukan melakukan metode kimiawi lain agar rambut terlihat makin indah, seperti pengecatan rambut. Pegecatan pada rambut dapat merusak rambut karena kandungan keratin rambut akan rusak dan batang rambut menjadi tidak sehat sehingga timbul kerontokan. Selain itu, jika Anda menggunakan hair extension maka usahakan jangan pernah menggunakan hair driyer atau mencatok rambut. Hal tersebut dapat menambah resiko yang mungkin timbul pada kerusakan rambut Anda.

  • Batasi penggunaan Hair Extension

Jika Anda ingin menggunakan hair extension, maka gunakanlah selama kurang lebih 5-6 jam per harinya. Menggunakan terus-menerus justru akan merusak rambut. Selain itu, jangan gunakan hair extension lebih dari 6 bulan berturut-turut. Penggunaan hair extension terlalu lama akan memberikan beban pada rambut asli Anda sehingga timbul kerusakan dan kerontokan.

  • Melakukan Pengecekan Rutin

Jika pemasangan hair extension sudah dilakukan, maka rutinlah melakukan pengecekan ke tempat di mana Anda memasang hair extension. Lakukan pengecekan setiap 1 atau 2 bulan sekali untuk mengetahui kondisi rambut Anda, apakah masih baik atau tidak.

  • Gunakanlah Hair Conditioner

Saat menggunakan hair extension, rambut harus selalu dalam keadaan lembut sehingga mudah melakukan penyisiran. Penggunaan hair conditioner akan menjaga rambut dalam keadaan lembut, sehingga penyisiran mudah dilakukan dan kerontokan dapat dihindari. Selain itu, hair extension juga akan bertahan lebih lama dan tidak terlihat kusut.

  • Pastikan Rambut Selalu Bersih dan Terawat

Merawat kebersihan rambut akan membuat rambut beserta hair extension yang terpasang senantiasa terlihat indah. Jika mungkin, gunakan hair extension dengan jenis hair clip sehingga penggunaannya tidak terus-menerus dan kondisi kesehatan rambut Anda tetap terjaga.

Baca juga tentang perawatan kecantikan lainnya, seperti :