17 Cara Alami Menghilangkan Ketombe Yang Membandel Dengan Cepat

Ketombe dapat menyerang siapa saja dan ini dapat menjadi masalah besar ketika ketombe sudah mulai tampak di baju sehingga menurunkan kualitas penampilan. Saat ketombe sudah pada kondisi akut, rasa gatal pun akan terasa begitu terasa. Dari ketombe, ada masalah rambut lainnya yang dapat muncul, seperti kekeringan rambut, kerontokan dan juga kerapuhan.

Ada sejumlah penyebab ketombe muncul di kulit kepala dan rambut Anda, antara lain adalah:

  • Cuaca dan iklim yang panas.
  • Penggunaan sisir yang sembarangan atau memakai sisir orang lain yang berketombe.
  • Penggunaan produk perawatan rambut yang sebenarnya tidaklah sesuai.
  • Diikatnya rambut sesudah keramas.
  • Stres atau banyak pikiran.
  • Sisa sampo pada kulit kepala yang tak bersih ketika dibilas.
  • Jenis kulit kepala yang gampang terkena alergi saking sensitifnya.

Apapun penyebabnya, Anda masih tetap bisa mencari cara alami menghilangkan ketombe yang super mengganggu.

(Baca juga: penyebab rambut rontok parah)

1. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Minyak esensial satu ini merupakan jenis minyak dengan kandungan sifat fungisida yang akan meredakan kulit gatal serta ketombe.

  • Caranya: Sediakan minyak pohon teh sebanyak 1 sendok makan pada sebuah wadah atau botol semprot dan tambahkan dengan air hangat secangkir. Ramuan ini kemudian dapat dikocok sampai tercampur merata. Setelah rambut dikeramasi, bisa Anda semprotkan ramuan ini pada rambut, lalu tunggulah selama beberapa menit.

2. Memakai Garam

Tak banyak yang tahu bahwa garam pun adalah bahan penghilang ketombe. Kandungan kristal abrasif di dalamnyalah yang bisa Anda gunakan untuk menjadi pengangkat ketombe secara alami.

  • Caranya: Anda bisa dengan mudah membasahi rambut lebih dulu. Gunakan garam untuk dibasuhkan ke kulit kepala sambil memberikan pijatan lembut. Setelah itu jangan dibilas dulu, bilaslah rambut dan kulit kepala setelah 5-10 menit berlalu. Pakai air dingin untuk membasuh rambut setelahnya.

(Baca juga: manfaat garam untuk rambut berketombe)

3. Menggunakan Baking Soda

Mungkin Anda tahu bahwa baking soda kerap digunakan sebagai cara mengencangkan kulit wajah, tapi sebenarnya baking soda juga bisa digunakan sebagai penghilang ketombe ampuh.

  • Caranya: Sediakan sesendok makan baking soda untuk dicampur bersama secangkir air. Cobalah untuk balurkan ke rambut secara menyeluruh. Tunggu beberapa menit sebelum akhirnya Anda membilas dengan air atau sekalian mengeramasinya. Melakukan perawatan seperti ini setiap hari secara teratur akan membantu menghilangkan ketombe secara lebih efektif.

4. Memakai Cuka Putih

Baik itu cuka putih atau cuka sari apel, keduanya bisa Anda manfaatkan dan pilih salah satu saja untuk merawat rambut serta kulit kepala.

  • Caranya: Sebagai fungisida yang akan menghilangkan berbagai jenis jamur pemicu ketombe, Anda bisa menyediakan ½ cangkir cuka putih atau cuka sari apel yang bisa Anda campur dengan ½ cangkir air hangat. Larutan kemudian bisa Anda balurkan ke kulit kepala, dan tunggulah sekitar 8 jam, jadi akan lebih baik kalau digunakan sebelum tidur malam. Rambut bisa Anda bilas keesokan harinya setelah bangun tidur.

(Baca juga: cara membuat rambut lembut)

ads

5. Menggunakan Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya tidak hanya baik untuk menyuburkan rambut saja. Selain itu, Anda bisa menggunakannya untuk menghindarkan rambut serta kulit kepala dari ketombe.

  • Caranya: Ambil gel aloe vera secukupnya, tergantung pada panjang pendek rambut Anda. Oleskan ke kulit kepala sambil memijat berikut juga ke seluruh rambut. Setelah kiranya meresap sampai ke dalam kulit kepala, yakni setelah 15 menit, bilaslah rambut. Lakukan setiap hari secara teratur untuk hasil optimal.

6. Memakai Jeruk Nipis

Sebagian dari Anda pasti sudah tahu betul akan cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis di mana ini sangat efektif dan ampuh. Bahkan jeruk nipis dapat digunakan untuk segala jenis rambut.

  • Caranya: Sediakan beberapa buah jeruk nipis, belahlah menjadi 2 atau lebih, peraskan airnya ke kulit kepala dan rambut sambil memijat dan meratakannya. Setelah kepala dan rambut basah oleh air perasan jeruk nipis ini, Anda dapat membiarkannya ½ jam sebelum kemudian Anda membilas memakai air biasa atau sekalian mengeramasinya menggunakan sampo ringan.

(Baca juga: cara menghilangkan ketombe di kulit kepala)

7. Menggunakan Fenugreek

Banyak mungkin yang belum terlalu familiar dengan fenugreek di mana tanaman ini sebenarnya kerap dijadikan bumbu kare atau kari. Untuk membasmi ketombe, bahan ini juga sangat bagus dan alami.

  • Caranya: Ambil saja biji fenugreek sebanyak 2 sendok makan yang direndam di dalam air selama semalaman lebih dulu. Esok paginya barulah Anda haluskan dan oles langsung ke seluruh kulit kepala maupun rambut. Tunggu kira-kira 45 menit dan Anda bisa kemudian membilasnya menggunakan air biasa atau mengeramasinya.

8. Memanfaatkan Bawang Merah

Selain dapat menjadi bumbu masak yang menyedapkan, bawang merah pun mampu membantu menghilangkan ketombe membandel. Ada banyak cara untuk mengolahnya menjadi ramuan efektif dalam merawat rambut serta kulit kepala.

  • Cara 1: Sediakan bawang merah secukupnya, 3-4 siung atau lebih tergantung panjang pendek rambut. Haluskanlah setelah dikupas dan dicuci bersih dan ramuan yang sudah dihaluskan ini dapat Anda gunakan untuk dioles ke kulit kepala sekaligus rambut Anda. Tunggulah beberapa menit sebelum membilasnya dengan air, lalu mengeramasi rambut hingga bersih.
  • Cara 2: Siapkan beberapa siung bawang merah secukupnya untuk kemudian ditumbuk sampai lembut. Bawang merah ini bisa Anda campurkan bersama minyak zaitun dan minyak kelapa secukupnya yang kemudian larutan dapat dioles ke rambut secara merata. Tepat beberapa menit sebelum keramas, Anda dapat melakukan perawatan ini dengan mengusapkannya juga ke kulit kepala.
  • Cara 3: Sediakan beberapa siung bawang merah yang bisa dihaluskan setelah dikupas dan dibersihkan. Campurkan dengan madu secukupnya supaya lebih berkhasiat. Ramuan dapat dioles merata ke kulit kepala dan rambut seperti biasa. Berikan pijatan juga ketika proses mengoles. Lakukan rutin dan hasilnya pasti memuaskan di mana ketombe tak nampak lagi.
  • Cara 4: Siapkan bawang merah secukupnya yang dihaluskan, lalu Anda bisa campurkan bersama santan kelapa dan minyak zaitun sesuai dengan yang dibutuhkan. Ramuan sudah jadi, bisa langsung Anda oles dan ratakan ke kulit kepala maupun rambut hingga menyeluruh. Bilas atau keramasi rambut Anda setelah menunggu sekitar 1 jam agar kandungannya meresap.

(Baca juga: manfaat cuci rambut setiap hari)

9. Menggunakan Kangkung

Kangkung yang merupakan jenis sayuran ini juga bisa dijadikan ramuan alami menghilangkan ketombe. Ini karena adanya senyawa mineral esens yang bisa mengangkat segala sel kulit mata pada kulit kepala.

  • Caranya: Sediakanlah kangkung segar 1 ikat saja yang kemudian bisa dicuci lalu direbus lebih dulu bersama 2 gelas air. Didihkan, lalu Anda bisa menyaringnya, air rebusan inilah yang digunakan. Pakailah air tersebut untuk dibilaskan ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut. Tunggulah ½ jam agar khasiatnya dapat meresap sebelum Anda kembali membilasnya menggunakan air biasa atau mengeramasinya.

10. Memakai Daun Pandan

Daun pandan juga bisa Anda gunakan sebagai penghilang ketombe ampuh walaupun biasanya bahan ini digunakan sebagai pengharum masakan. Ada kandungan mineral alami di dalam daun pandan yang bisa diandalkan.

  • Caranya: Sebagai cara menghilangkan ketombe dengan mudah, siapkanlah daun pandan segar sebanyak 5-8 lembar, cuci, lalu remas-remas sampai hancur. Mulailah menyeduhnya dengan air panas secukupnya, barulah setelah lebih dingin Anda dapat memakainya untuk dioleskan ke area kulit kepala. Berikan pijatan agar khasiatnya lebih maksimal, lalu setelah beberapa menit boleh Anda bilas sampai bersih.

11. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah terbukti ampuh dalam merawat kecantikan kulit serta rambut selain dari manfaatnya yang begitu besar bagi kesehatan tubuh. Minyak yang diyakini dapat mengurangi risiko pnyakit serius seperti stroke, diabetes dan penyakit jantung ini bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes minyak zaitun dan setelah Anda keramasi rambut, kulit kepala dapat Anda oles dengan minyak ini selagi rambut masih basah. Pijat-pijatlah sambil mengoles dan pijatan akan lebih baik dilakukan selama 5 menit. Tunggulah ½ jam sebelum akhirnya rambut serta kulit kepala dibilas menggunakan air dingin.

(Baca juga: manfaat lemon untuk rambut)

Sponsors Link

12. Memakai Lemon

Dengan zat asam tingginya, justru inilah yang menjadi andalan dalam menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Bahkan selain itu lemon juga dipercaya menjadi solusi dalam menghilangkan kutu rambut.

  • Caranya: Sediakan lemon 1 buah saja yang tentunya masih segar, lalu belah menjadi 2. Ambil air perasan buah lemon dan taruh di sebuah wadah. Perasan lemon inilah yang bisa dioles secara menyeluruh ke kulit kepala maupun rambut sambil memberikan pijatan ringan selama 5 menit. Anda boleh membilasnya dengan air dingin atau mengeramasinya sesudah 30 menit berlalu.

13. Berdiet Sehat

Ketombe dapat mengganggu penampilan Anda ketika asupan nutrisi pada tubuh tak begitu seimbang. Kekurangan nutrisi tak hanya menyebabkan berbagai penyakit berdatangan, tapi juga membuat kulit kepala dan rambut dipenuhi ketombe. Kandungan nutrisi yang perlu dipenuhi oleh tubuh adalah asam folat, kalsium, vitamin B1, vitamin C serta zat besi.

Supaya lebih mudah memperolehnya, Anda dapat melakukan diet sehat dan seimbang. Makanan-makanan penuh nutrisi seperti sayur dan buah adalah penting dikonsumsi setiap hari, berikut juga kacang-kacangan, susu serta daging. Setiap hari cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat supaya tak berketombe lagi dan mencegah kerontokan rambut.

(Baca juga: jenis perawatan rambut di salon)

14. Menggunakan Daun Neem

Daun neem ini dikenal sebagai salah satu jenis daun yang biasanya digunakan sebagai bumbu di India karena memang daun ini pun khas India.

  • Caranya: Sediakan 2 genggam daun neem yang kemudian dapat Anda cuci lebih dulu sebelum bisa diseduh bersama air panas secukupnya. Setelah penyeduhan, Anda perlu bersabar menunggu dan mendiamkannya sampai keesokan harinya selama 24 jam barulah ramuan bisa digunakan untuk dioles merata ke kulit kepala maupun rambut Anda.

15. Memakai Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, minyak kelapa pun sanggup menghilangkan ketombe pada kulit kepala dikarenakan sifat anti jamurnya. Minyak ini juga berperan sebagai pelembab bagi kulit kepala Anda.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes saja dari minyak kelapa secukupnya, campurkanlah dengan jus lemon sedikit atau seperlunya. Campuran ini bisa Anda oles dan pijatkan ke kulit kepala selama beberapa menit. Setelah 20 menit berlalu, Anda dapat mencuci rambut; melakukan perawatan ini seminggu 3 kali akan menghilangkan ketombe lebih optimal.

(Baca juga: manfaat vco untuk rambut bayi)

16. Memperoleh Sinar Matahari

Sinar matahari memang berbahaya bagi kulit dan menghindari sinar matahari tentu adalah cara mengatasi rambut lepek, namun rupanya paparan sinar matahari diperlukan juga. Ini akan membantu bagi yang bermasalah dengan rambut berketombe.

  • Caranya: Berjemurlah di bawah sinar matahari setiap hari selama 10-15 menit dan sebaiknya tak lebih dari itu. Karena sinar UV mampu berdampak buruk juga bagi rambut, kulit dan kesehatan, 15 menit adalah waktu maksimal yang dianjurkan. Hal ini rupanya bisa dijadikan cara untuk mengurangi ketombe karena pada dasarnya cahaya matahari akan membantu membuat produksi minyak lebih banyak sehingga kulit kepala tidak kering.

17. Memanfaatkan Aspirin

Aspirin biasanya digunakan bagi yang menderita sakit kepala, namun kini aspirin pun berguna dalam mengatasi masalah ketombe secara alami berkat asam salisilat di dalamnya.

  • Caranya: Ambil 2 tablet Aspirin yang kemudian bisa Anda remukkan dan hancurkan lebih dulu, lalu campurkan ke dalam sampo yang biasa Anda gunakan untuk keramas. Pakailah sebagai sampo ketika Anda mencuci rambut, namun jangan terburu-buru membilasnya melainkan tunggu sekitar 2 menit. Biarkan kandungan asam salisilatnya meresap ke dalam kulit kepala, barulah Anda membilas sampai bersih.

(Baca juga: cara mengatasi rambut berminyak)

Demikianlah 17 cara alami menghilangkan ketombe yang bisa Anda coba di rumah. Tak perlu lagi Anda takut akan ketombe yang merusak kualitas penampilan Anda dengan perawatan alami tersebut.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 21st, September 2016 / 06:44 Oleh :
Kategori : Rambut