25 Cara Melebatkan Rambut secara Alami dan Aman

Ada banyak metode perawatan rambut bagi wanita dan pria yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Rambut tebal nan indah adalah keinginan setiap orang, terutama para wanita, namun sayangnya tak semua orang memiliki rambut demikian. Bahkan banyak juga kasus di mana rambut rontok berlebih sehingga mengalami kebotakan dini.

Penyambung rambut memang adalah salah satu solusi untuk membuat rambut kelihatan tambah banyak, tapi sebenarnya solusi satu ini biasanya hanya membantu secara sementara. Lagipula penyambung rambut tujuan utamanya adalah untuk membuat rambut kelihatan lebih panjang. Untuk rambut lebih tebal secara alami, ada berbagai cara melebatkan rambut ampuh yang bisa dicoba baik oleh pria maupun wanita seperti berikut.

(Baca juga: manfaat conditioner rambut)

1. Menggunakan Teh Hijau

Manfaat teh hijau untuk rambut sudah banyak diketahui, apalagi untuk rambut yang rusak dan rontok. Berantioksidan tinggi, fungsi dari sifat satu ini pada teh hijau adalah untuk menangkal segala radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Hanya saja, khusus pada rambut, fungsi antioksidan adalah agar sirkulasi darah dapat lebih lancar sehingga rambut tumbuh lebih subur.

  • Caranya: Sederhana saja, Anda bisa lebih dulu menyeduh teh hijau seperti biasanya, kemudian seduhannya inilah yang dimanfaatkan. Oleskan ke seluruh area rambut hingga benar-benar merat. Tutup rambut dengan handuk hangat agar kandungan baiknya meresap, dan sesudah 15 menit baru Anda boleh membilasnya.

2. Memakai Kantong/Daun Teh

Selain teh hijau, teh biasa pun dapat Anda andalkan dalam menumbuhkan rambut agar tumbuh lebih banyak dan lebat. Bahkan daun teh atau kantong teh bisa digunakan untuk membersihkan pori-pori kulit kepala yang tersumbat yang menyembabkan pertumbuhan rambut terhambat.

  • Caranya: Sediakan beberapa lembar daun teh atau kantong teh yang kemudian dapat Anda seduh. Kantong teh kemudian dapat Anda biarkan semalaman barulah esok paginya teh yang sudah dibiarkan dapat Anda terapkan langsung ke kulit kepala sampai merata sambil memijatnya. Tutup kepala dengan handuk, tunggulah kira-kira 1 jam sebelum dibilas hingga bersih. Seminggu 3 kali adalah waktu perawatan yang lebih dianjurkan.

(Baca juga: jenis perawatan rambut di salon)

3. Menggunakan Putih Telur

Putih telur biasanya diketahui sebagai salah satu cara untuk membuat kulit lebih halus, putih dan bebas komedo. Tapi sebenarnya selain termasuk dalam tips membuat kulit putih secara alami, putih telur pun bermanfaat dalam melebatkan rambut.

  • Caranya: Rambut harus Anda basahi lebih dulu secara menyeluruh barulah putih telur yang sudah Anda siapkan bisa dioles secara merata. Tunggu sekitar 1 jam supaya nutrisi protein dan lainnya terserap sempurna hingga ke akar-akarnya. Bila sudah kering sesudah 1 jam, gunakan sampo untuk mengeramasinya supaya rambut tidak bau amis. Gunakan rutin maka rambut akan semakin lebat dan tak gampang rontok.

4. Memakai Lidah Buaya

Sudah tak usah dipungkiri lagi bahwa lidah buaya bagus untuk rambut selain efektif dalam melembabkan dan mencegah keriput pada kulit wajah. Bahan alami ini juga dapat menghitamkan rambut, jadi tak heran kalau banyak produk perawatan rambut yang memakai bahan ini.

  • Caranya: Seperti biasa, ambil saja ekstraknya dengan mengupas kulit daun lidah buaya terlebih dulu. Bagian dalam kemudian dapat diperas supaya Anda bisa memperoleh lendir atau gelnya. Lendir atau gel inilah yang Anda pergunakan dengan mengoleskannya ke seluruh rambut sampai merata sambil dipijat-pijat lembut. Sesudah 15 menit, bilas atau keramasi rambut Anda.

5. Memanfaatkan Minyak Kelapa

Kalau manfaat minyak kelapa untuk perawatan alis tebal saja dapat Anda buktikan dan peroleh, maka manfaat minyak kelapa untuk rambut tebal pun bukan hal mustahil. Kabar baiknya, khasiat dari minyak kelapa juga sangat baik dalam membuat kulit kepala lebih lembab. Rambut yang kering juga bakal ditingkatkan kelembabannya.

  • Caranya: Sediakan minyak kelapa secukupnya yang kemudian bisa langsung Anda oles ke kulit kepala sambil dipijat-pijat ringan. Setelah merata, pastikan Anda menunggunya selama setengah jam dengan menutup rambut dengan handuk. Sesudahnya Anda dapat membersihkannya dengan cara membilas. Lakukan metode perawatan ini secara rutin, yakni setiap hari demi hasil yang terbaik.

(Baca juga: manfaat alkohol untuk rambut)

6. Menggunakan Buah Nanas

Nanas adalah buah yang mungkin tak banyak terdengar akan kemampuannya dalam merawat kulit maupun rambut, tapi nyatanya buah ini sanggup menumbuhkan rambut sehingga lebih lebat hasilnya. Kandungan tinggi akan vitamin B kompleksnya begitu bermanfaat bagi rambut yang sedikit atau bahkan bagi yang mengalami kebotakan.

  • Caranya: Sediakan buah nanas 1-2 buah yang masih segar, lalu ambil jus dari buah tersebut dengan cara memblender. Jus nanas yang sudah jadi dapat Anda tempatkan pada wadah terbuka dan diamkan semalaman. Keesokannya bisa digunakan sebagai masker rambut dan tinggalkan setengah jam sambil menutupnya dengan handuk. Perawatan ini sebaiknya dilakukan seminggu 3 kali.

7. Memakai Daun Rambutan

Bila manfaat rambutan untuk kecantikan sudah santer terdengar, kali ini yang Anda butuhkan untuk keindahan rambut Anda adalah daunnya saja. Daun rambutan diketahui mampu menjadi solusi terbaik dalam masalah rambut yang tipis. Jadi intinya, daun ini mampu membuat rambut tumbuh lebat secara alami.

  • Caranya: Ambil beberapa lembar daun rambutan secukupnya saja, lalu dimasukkan ke sebuah wadah yang sudah diisi air. Remas-remaslah daun-daun tersebut hingga minyak keluar dari dalam daun tersebut. Air remasan daun rambutan itulah yang dapat Anda pakai dengan cara mengoleskannya ke seluruh rambut. Sesudah 15 menit barulah Anda boleh membilasnya; melakukannya sehari 2 kali bakal terlihat hasilnya.

(Baca juga: cara mengatasi rambut rontok dan kering)

8. Menggunakan Santan dan Daun Pandan

Untuk rambut tumbuh secara lebat tanpa bahan kimia, cobalah untuk menggunakan daun pandan serta santan. Selain rambut bisa tumbuh subur, rambut juga bakal bersih dan bebas dari ketombe serta tampak bercahaya. Demi rambut sehat tanpa kerusakan, bahan ini layak dicoba.

  • Caranya: Siapkan daun pandan 1 ikat saja beserta 1 wadah santan. Daun pandan harus Anda tumbuk lebih dulu hingga airnya keluar dan daunnya halus, barulah hasil tumbukan dicampurkan bersama santan. Air campuran ini adalah yang Anda pakai sebagai masker rambut yang setelahnya ditutup memakai handuk. Setengah jam berlalu, langsung cuci rambut Anda; seminggu 2 kali adalah perawatan terbaiknya.

9. Memanfaatkan Minyak Zaitun

Selain dari minyak kelapa, ada lagi jenis minyak yang oke untuk kelebatan dan kesehatan rambut, yakni minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk rambut anak sendiri sudah cukup banyak diketahui orang. Melalui perawatan yang rutin sedari dini, rambut bakal menjadi lebih berkilau dan tebal.

  • Caranya: Simpel saja, Anda bisa menerapkan minyak zaitun sebagai minyak rambut. Oles ke seluruh rambut dan juga kulit kepala Anda dengan bahan ini setiap harinya, dan tidak lama hasilnya pasti akan kelihatan. Rambut bakal lebih tebal dan pastinya tak gampang rontok karena menguatkan akarnya sekalian.

(Baca juga: cara meluruskan rambut secara alami)

10. Menggunakan Kemiri

Nenek moyang kita sudah banyak yang memanfaatkan kemiri sebagai penumbuh dan pelebat rambut alami. Jadi untuk rambut lebih tebal, kemiri saja sudah cukup dan Anda dapat meramunya secara mudah.

  • Caranya: Kemiri bisa Anda siapkan secukupnya yang kemudian perlu Anda rebus bersama air secukupnya juga. Sampai akhirnya kemiri yang direbus menghasilkan minyak, barulah boleh Anda angkat. Minyaknyalah yang Anda boleh pakai untuk perawatan rambut supaya rambut bisa lebih tebal dan lebat. Minyak biasanya akan timbul pada permukaan air yang telah mendidih, jadi ambil saja dan langsung terapkan ke kulit kepala serta rambut secara menyeluruh. Perawatan setiap hari pasti memberikan hasil lebih bagi Anda.

11. Memakai Minyak Jarak

Masih ada satu lagi jenis minyak yang tak dapat Anda abaikan, yaitu minyak jarak yang kaya akan asam lemak serta vitamin E. Selain dapat merawat kesehatan kulit kepala, jelas pertumbuhan rambut pun juga menjadi lebih lancar dan cepat.

  • Caranya: Hangatkan dulu minyak jarak sebelum digunakan, lalu setelah hangat, minyak jarak dapat dioles langsung ke kulit kepala. Sambil memberikan pijatan lembut dengan gerakan memutar, pastikan Anda juga menyisir rambut supaya minyak merata ke seluruh rambut juga. Kemudian tutuplah memakai handuk dan basahi menggunakan air hangat; tunggu dulu 1 jam. Terakhir, keramasilah supaya sisa-sisa minyak dapat bersih.

(Baca juga: cara merawat rambut agar tidak mengembang)

12. Memanfaatkan Alpukat

Bila alpukat biasanya diketahui berfungsi sebagai pelembab alami kulit tubuh, kulit kepala pun dapat ternutrisi secara baik oleh buah berwarna hijau ini. Bahkan untuk rambut yang lebih lebat dan tebal, alpukat bisa membantu Anda untuk mewujudkan hal tersebut karena vitamin E-nya yang sangat kaya.

  • Cara 1: Sediakan alpukat secukupnya untuk digiling atau tumbuk hingga halus yang kemudian juga dicampur bersama minyak zaitun 1 sendok makan serta pisang yang juga sudah ditumbuk 1 buah. Campuran ini bisa dioles ke kulit kepala dan juga seluruh rambut, lalu tunggu setengah jam untuk menunggu nutrisinya terserap barulah kemudian boleh dibilas atau dikeramasi.
  • Cara 2: Alternatifnya, cobalah untuk mencampurkan tumbukan alpukat yang halus dengan minyak gandum sebanyak 2 sendok makan. Campuran ini dapat Anda oles ke rambut secara menyeluruh sebagai masker; pastikan Anda memakainya setelah keramas dan tunggulah hasilnya selama 20 menit. Cucilah rambut dan keramasi; lakukan perawatan ini sekali seminggu saja.

13. Menggunakan Madu Murni

Madu sudah jelas adalah bahan yang baik untuk merawat kulit dan juga rambut, tapi mungkin tak banyak yang tahu bahwa madu murni juga bermanfaat dalam cara melebatkan rambut. Selain dapat menghilangkan bekas jerawat mengganggu, fungsi madu adalah menyuburkan rambut. Jadi tak ada salahnya mencoba karena kandungan nutrisinya juga banyak.

  • Caranya: Demi hasil optimal, gunakan madu yang asli dan murni untuk perawatan rambut supaya lebih lebat. Caranya simpel, yakni dengan mengoles madu ke kulit kepala sambil memijat-mijat lembut area tersebut. Tak hanya menumbuhkan rambut, kerontokan juga bisa diminimalisiir; bahkan tingkat kelembaban kulit kepala juga bisa meningkat.

(Baca juga: cara alami menebalkan rambut)

14. Memakai Biji Pepaya

Belum banyak yang tahu bahwa biji pepaya pun berguna untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat, banyak dan lebat. Kalau biasanya sebelum menikmati buahnya Anda bakal membuang bijinya, pastikan kali ini Anda juga merasakan manfaatnya bagi rambut Anda. Kalau ada manfaat pepaya untuk rambut, bijinya juga dapat sangat efektif ketika digunakan.

  • Caranya: Sediakan biji buah pepaya secukupnya saja, lalu sebelum digunakan Anda perlu menyangrai atau menggorengnya lebih dulu. Setelah kering, Anda lanjutkan dengan menghaluskannya, baru berilah air secukupnya dan peras. Air perasan inilah yang bisa Anda balurkan ke seluruh rambut sambil memijat lembut kulit kepala. Sesudah beberapa waktu dan rambut terasa kaku dan kering, barulah Anda membilasnya.

15. Banyak Makan Buah dan Sayur

Percaya atau tidak, diet sehat dan seimbang alias menjaga pola makan adalah yang juga paling penting dalam melebatkan rambut. Rambut yang subur dan kuat sehingga tak mudah rontok tentunya dapat didukung oleh makanan-makanan yang sehat. Sayuran serta buah mengandung banyak nutrisi penting untuk menumbuhkan rambut.

Nutrisi dari sayur dan buah juga akan membuat kulit kepala senantiasa dalam keadaan sehat sehingga akhirnya rambut pun dapat tumbuh lebih baik dan subur. Maka dari utu, mulai dari sekarang cobalah untuk membuat asupan makanan Anda lebih baik supaya rambut kuat dan tumbuh lebih banyak.

(Baca juga: cara merawat rambut agar cepat panjang)

16. Mengonsumsi Banyak Air Putih

Air putih tak sekadar membuat tubuh senantiasa terhidrasi, tapi juga mampu menjadi penolong supaya rambut tumbuh lebih lebat. Akan sia-sia bila Anda mengonsumsi makanan-makanan sehat dan menjalankan diet seimbang apabila minum air putih dalam sehari saja hanya sedikit. Air putih yang cukup bakal memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Peredaran darah dapat lebih lancar berkat air putih, dan ketika sirkulasi darah berjalan lancar, pertumbuhan rambut juga ikut mendapatkan pengaruh baik. Memperbanyak air putih juga baik untuk menjaga kelembaban serta kesehatan kulit kepala, jadi minumlah paling tidak 8-10 gelas per harinya.

17. Menggunakan Daun Cabe

Satu lagi cara alami yang bisa Anda pakai dalam proses membuat pertumbuhan rambut lebih cepat dan juga lebih lebat, yaitu menggunakan daun cabe. Kesuburan rambut dapat dipengaruhi oleh daun cabe ini. Bahkan selain itu, daun cabe juga mampu membuat rambut lebih bercahaya.

  • Caranya: Siapkan daun cabe beberapa lembar saja secukupnya lalu bersihkan lebih dulu. Setelah itu Anda boleh haluskan dengan cara menumbuknya atau memblender agar lebih cepat. Setelah itu, ramuan bisa Anda ratakan di daerah kulit kepala. Tunggu 15 menit, barulah Anda membasuhnya menggunakan air. Lakukanlah secara rutin agar hasil maksimal bisa diperoleh.

(Baca juga: cara menghitamkan rambut secara alami)

18. Memakai Bawang Merah

Bila kebanyakan orang tahu bahwa bawang merah adalah obat tepat bagi beberapa jenis penyakit, ternyata memakai bawang merah juga dapat mengatasi rambut tipis. Untuk melebatkan rambut secara sederhana dan alami, bawang merah adalah pilihan efektif demi kesuburan rambut Anda.

  • Caranya: Ambil beberapa siung bawang merah secukupnya saja, lalu Anda kupas dan cuci bersih. Blenderlah supaya membentuk tekstur yang halus, lalu campur bersama minyak kelapa. Oles ramuan ini ke kulit kepala sambil dipijat, berikut juga menyeluruh di area rambut. Tinggalkan selama kurang lebih setengah jam sebelum Anda membasuh atau mengeramasinya supaya aroma menyengat bawang merah tak menempel.

19. Memanfaatkan Daun Seledri

Manfaat seledri untuk alis mata tebal sudah terbukti dan banyak orang meyakini hal ini. Karena sangat bagus dalam menebalkan atau melebatkan alis mata, untuk rambut Anda pun seledri bakal menawarkan khasiat terbaik. Kalau biasanya Anda membelinya untuk dimasak, kali ini Anda bisa membelinya untuk perawatan rambut.

  • Caranya: Siapkan beberapa tangkai atau helai daun seledri, secukupnya saja untuk perawatan rambut Anda. Blenderlah sampai menjadi halus teksturnya, barulah ramuan alami ini Anda jadikan masker rambut. Aplikasikan merata ke area kepala dan rambut dan tinggalkan sampai sekitar 20 menit. Supaya rambut bersih kembali, keramasihlah setelah 20 menit berlalu.

(Baca juga: manfaat seledri untuk rambut)

20. Menggunakan Selada

Selain dari seledri, selada yang juga masuk ke dalam jenis sayuran pun sangat bagus untuk dimanfaatkan sebagai penyubur rambut alami. Selada yang biasanya Anda nikmati bersama roti, rupanya ada manfaat baik yang bisa membantu Anda mengatasi masalah rambut tipis atau rontok.

  • Caranya: Sediakan daun selada secukupnya saja bersama dengan sedikit bawang putih. Kemudian blenderlah keduanya hingga menjadi jus, dan ramuan ini bisa dibalurkan merata pada seluruh area rambut. Tunggulah beberapa menit dan kemudian Anda mengeramasinya. Tanpa efek samping, daun selada ini bakal menjaga kesehatan rambut Anda, menjadikannya lebat serta kuat sehingga tak perlu takut gampang rontok.

21. Memakai Kayu Manis

Bicara soal rempah yang bisa menjadikan rambut tumbuh subur, kayu manis tak boleh ketinggalan. Bahan alami satu ini punya banyak khasiat yang ditawarkan bagi kesehatan tubuh kita, tak terkecuali kesehatan rambut. Demi menumbuhkan rambut dan membuatnya lebih lebat, pakai kayu manis yang penggunaannya pun tak ribet.

  • Caranya: Sediakan kayu manis secukupnya bersama dengan minyak sawit sedikit. Campur kedua bahan hingga rata dan oles secara merata ke rambut Anda. Diamkan paling tidak sekitar 20-30 menit, baru setelahnya Anda boleh membilas atau segera mengeramasinya sampai bersih. Cara ini cukup efektif bila digunakan rutin dan bahkan bakal melebatkan rambut tanpa efek samping.

(Baca juga: manfaat avokad untuk rambut)

22. Memanfaatkan Ginseng

Memang tak banyak dan tak mudah Anda dapat menjumpai ginseng di tanah air, tapi bahan satu ini sudah terkenal baik dan positif untuk kesehatan. Untuk rambut supaya tumbuh lebih lebat pun, ginseng dapat menjadi penolong yang bisa Anda andalkan.

  • Caranya: Bila Anda berhasil mendapatkannya, tumbuklah ginseng sampai cukup halus, dan beri air hangat. Saringlah lebih dulu sebelum air saringannya dapat Anda pakai untuk dioles merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Berikan juga pijatan lembut saat mengaplikasikannya, tunggu beberapa menit. Langkah terakhir, keramasilah supaya rambut bersih dari ramuan ini. Pemakaian teratur akan membuahkan hasil seperti yang diharapkan.

23. Menggunakan Minyak Wijen

Ada satu lagi jenis minyak yang bakal sangat berguna untuk merawat rambut agar tumbuh lebih lebat. Minyak wijen sama berkhasiatnya dengan minyak kelapa, minyak jarak maupun minyak zaitun dalam memberikan dukungan pertumbuhan rambut lebih.

  • Caranya: Langsung saja ambil beberapa tetes minyak wijen secukupnya untuk dibalurkan ke seluruh rambut hingga benar-benar merata. Diamkanlah dulu beberapa menit, sebelum kemudian Anda boleh keramasi. Penggunaan metode perawatan ini secara rutin akan memberikan hasil sempurna di mana rambut bakal tumbuh lebih banyak tanpa jangka waktu panjang.

(Baca juga: cara menghitamkan rambut)

24. Tidak Menyisir Rambut Tepat Selesai Keramas

Kebiasaan menyisir rambut tepat sesudah selesai keramas tampaknya dimiliki oleh banyak orang. Padahal kebiasaan ini justru adalah yang perlu dihindari apabila ingin rambut tidak mudah rapuh dan tetap lebat. Biasanya sehabis keramas justru rambut akan mudah terlepas dari akarnya, maka ketika disisir bakal mengakibatkan rontok banyak.

25. Memijat Kulit Kepala saat Keramas

Setiap kali ketika keramas atau mencuci rambut, pastikan Anda memijat kulit kepala secara lembut dan ringan. Inti dari pemijatan ini adalah supaya kulit kepala menjadi rileks, jauh dari tegang dan stres. Dengan demikian, ini bakal mempermudah segala nutrisi bisa masuk ke dalamnya dan mendukung pertumbuhan rambut lebih baik dari sebelumnya.

(Baca juga: cara merawat rambut rontok dan kering)

Demikianlah berbagai cara melebatkan rambut yang bisa Anda coba tanpa perlu takut akan efek samping berbahaya. Cara-cara tersebut cukup sederhana dan alami untuk dipraktikkan, maka pilih salah satu atau beberapa rekomendasi di atas untuk dicoba segera.