18 Cara Melembutkan Rambut Pria yang Kaku dan Kasar

Hai para pria, apakah Anda pernah merasa bahwa rambut Anda kini terlalu kasar? Pernahkah Anda berharap bahwa rambut Anda bisa lebih lembut dan mudah diatur? Jangan khawatir, kami punya beberapa cara yang dapat Anda praktikkan di rumah untuk melembutkan rambut Anda.

Baca juga: Cara mengatasi rambut agar tidak rontok – Manfaat conditioner rambut

Pria kini juga cenderung untuk menata rambut mereka dengan gaya tertentu yang membutuhkan banyak styling products. Produk-produk ini tentunya memiliki bahan kimia yang berbahaya bagi rambut, belum lagi paparan blower atau hair dryer. Atau mungkin bagi Anda yang sering meluruskan rambut, hal ini juga tidak baik bagi rambut Anda. Anda mungkin bisa merawat rambut dengan sampo dan conditioner yang mahal, namun keduanya hanyalah solusi temporer, sedangkan perawatan alami rumahan dapat merupakan solusi yang lebih permanen dengan efek samping yang minim bagi rambut Anda.

Berikut cara melembutkan rambut pria yang dapat Anda terapkan di rumah untuk mendapatkan rambut yang lebih lembut:

1. Menyisir rambut dengan jari

Mulai kini, cobalah untuk menyisir rambut Anda hanya dengan jari, terutama bila Anda memiliki rambut keriting. Menyisir dengan jari akan membuat rambut Anda lebih mudah diluruskan atau disisir ketimbang dengan sisir. Ditambah, menyisir dengan jari tidak akan membuat rambut rapuh dan mudah patah.

Baca juga: Tips menebalkan rambut – Manfaat hair mask untuk rambut – Cara alami mengatasi rambut rontok

2. Pilih produk perawatan yang tepat

Anda pastinya dapat menentukan produk mana yang paling cocok dan baik untuk rambut Anda. Memang butuh waktu untuk mengetes produk mana yang paling cocok untuk jenis rambut yang Anda miliki agar lebih sehat dan tidak membuat rambut Anda kering. Pilihlah sampo, pelembap (conditioner), bahkan gel rambut yang paling cocok dengan rambut Anda. Anda bisa mendapatkan rambut yang lembut dengan menggunakan produk perawatan rambut yang tepat.

3. Minum vitamin/suplemen

Bila Anda mengalami kerontokan dan ingin memiliki rambut yang lebih tebal/bervolume, ada baiknya bila Anda mengonsumsi suplemen berupa vitamin. Ia tidak hanya akan membuat tubuh Anda sehat, namun dapat membuat rambut Anda tumbuh lebih sehat pula. Penting bagi pria untuk menjaga agar rambutnya nampak lebat karena kebotakan akan lebih nampak pada para pria ketimbang para wanita.

Baca juga: Vitamin untuk rambut kering – Manfaat santan untuk rambut

4. Air dingin

Perawatan ini khusus bagi Anda para pria yang menginginkan cara paling mudah untuk mendapatkan rambut lembut. Caranya adalah cukup dengan membersihkan rambut Anda dengan air dingin. Air hangat atau panas biasanya akan membuat rambut Anda kering dan justru menghilangkan kelembapan alami yang ada pada rambut.

5. Minyak alami untuk rambut

Minyak rambut juga berpengaruh signifikan agar rambut Anda nampak lembut dengan cara yang alami. Minyak rambut juga dapat menguatkan dan memerkaya rambut dengan nutrisi. Beberapa jenis minyak alami yang dapat Anda gunakan adalah:

  • Minyak kelapa: menggunakan minyak kelapa adalah perawatan terbaik yang dapat Anda lakukan di rumah. Setelah seharian terpapar cuaca dan polusi, memijat kepala dan rambut dengan minyak kelapa akan membuat rambut Anda memiliki tekstur yang baik, menjaga kelembapan, serta menyehatkan rambut.
  • Minyak grape seed: bila Anda tinggal di daerah yang cuacanya dingin atau kerap berada di ruangan ber-AC, rambut Anda lama-kelamaan akan kering dan kusam. Gunakan minyak grape seed pada kulit kepala seperti bila Anda menggunakan minyak rambut biasa, ia akan membantu melembapkan serta membuat rambut Anda nampak lembut. Kulit kepala akan ternutrisi dan tidak kering dan kusam lagi.

Di antara keduanya, minyak kelapa adalah yang paling lazim dan dikenal sebagai bahan terbaik untuk mengatasi rambut kusam dan rusak.

Baca juga: Manfaat putih telur untuk rambut – Perawatan rambut berwarna

6. Masker mayonaise

Anda bisa membuat sendiri masker untuk rambut dengan menggunakan bahan-bahan seperti mayonaise, air lemon, telur, dan cuka. Campur semuanya hingga merata, dan gunakan sebagai masker di kepala agar merasuk hingga ke akar rambut. Rambut Anda akan nampak lebih menarik dan lebih lembut setelahnya.

7. Telur dan madu

Telur dan madu merupakan kombinasi yang baik bagi rambut pria. Keduanya membuat rambut terasa lembut dan berkilau sekaligus memberi asupan asam lemak, protein, dan lecithin bagi rambut. Telur bahkan dapat memerbaiki rambut yang rusak. Bila Anda merasa rambut Anda kusam, campurkan telur dan madu lantas gunakan campurannya pada rambut Anda agar helainya lebih tebal dan kuat.

Baca juga: Bahan penghitam rambut alami – Cara mengatasi rambut patah

8. Susu

Susu adalah nutrisi lain yang amat berguna bagi rambut Anda. Menggunakan susu untuk merawat rambut dapat menutrisi akar rambut sehingga nampak sehat. Setelah menggunakan susu pada rambut Anda, Anda pasti bisa merasakan perubahan teksturnya. Rambut Anda pasti terasa lebih lembut, tebal, dan lurus. Susu juga berfungsi sebagai perawatan yang baik bagi rambut yang memutih secara prematur, alias bagi Anda yang masih cenderung muda namun sudah mulai tumbuh uban di kepalanya. Krim susu juga dapat digunakan sebagai pengganti susu biasa untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif.

9. Alpukat

Alpukat ternyata juga memiliki komponen alami yang efektif, lho, baru rambut. Ia mengandung banyak sekali nutrisi yang penting untuk membantu menutrisi dan melembapkan rambut. Alpukat dapat membuat rambut Anda lembut dan berkilau. Ini adalah cara yang paling baik bagi para pria untuk menangani rambut yang rusak dan kering. Anda hanya perlu mencampurkan alpukat dengan minyak zaitun ekstra virgin, lantas gunakan pada akar rambut agar Anda mendapatkan rambut yang lembap dan lembut.

10. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu metode perawatan rambut yang tradisional, sekaligus paling baik! Lidah buaya memang lebih dikenal sebagai pelembap yang baik bagi kulit, namun gel alaminya ternyata juga ampuh untuk membuat rambut nampak lembut. Anda juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan gatal-gatal di kulit kepala dan mengatasi ketombe. Menggunakan gel lidah buaya secara teratur dapat membuat rambut Anda lebih kuat dan menjaga kelembutan tekstur rambut Anda, sekaligus menjaga kelembapannya agar tidak terlalu kering.

Baca juga: Cara membuat masker lidah buaya – Cara merawat rambut dengan lidah buaya

11. Pisang dan yogurt

Pisang dan yogurt? Bukan, kami bukan sedang menyiapkan sarapan untuk Anda. Campuran kedua bahan ini dapat membuat rambut Anda nampak lembut, lho. Anda bisa merasakan perubahan tekstur rambut Anda yang awalnya sulit diatur hingga sebaliknya dalam jangka waktu yang singkat. Hal ini karena pisang memiliki komponen penghalus yang biasanya ada pada perawatan rambut di salon-salon.

12. Diet sehat

Ada beberapa makanan yang kaya akan nutrisi agar rambut Anda dapat menjadi lebih lembut dari dalam. Di antaranya adalah alpukat, flax seed, dan almond. Mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan vitamin dapat mencegah rambut rapuh dan mudah rontok. Makanya, kini mulailah untuk banyak-banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Bila tidak terlalu gemar memakannya begitu saja, Anda bisa mengolahnya menjadi jus. Hindari mengonsumsi gorengan dan minuman beralkohol. Keduanya dapat menimbulkan panas dalam tubuh sehingga menyebabkan rambut Anda menjadi kering.

Baca juga: Cara meluruskan rambut ikal – Cara menghaluskan rambut

Entah apakah Anda menginginkan rambut berkilau dan lembut, baik rambut lurus maupun keriting membutuhkan perawatan yang baik demi mendapatkan jenis rambut yang Anda dambakan. Ada banyak sekali pria yang tidak terlalu peduli tentang bagaimana merawat rambut dengan benar meski mereka sebenarnya ingin rambut mereka nampak lebih indah. Berikut kami paparkan beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan bila ingin memiliki rambut lembut:

  • Terlalu sering menyisir rambut

Beberapa pria memiliki kebiasaan ini, yaitu kerap menyisir, menyentuh, atau merapikan rambutnya. Hal ini justru tidak baik bagi rambut Anda dan dapat membuat teksturnya kering dan juga mudah rontok. Kurangi frekuensi menyentuh/menyisir/merapikan rambut agar kutikelnya tidak sering terganggu sehingga dapat merusak rambut.

  • Mencuci rambut setiap hari

Hal ini tidak hanya penting bagi Anda para pria tapi juga para wanita. Keramas setiap hari demi mendapat rambut lembut merupakan tindakan salah kaprah. Terlalu sering memberi sampo pada rambut hanya akan membuat kondisi rambut semakin parah karena setiap kali Anda menggunakan sampo, minyak alami yang ada pada rambut Anda akan hilang dan membuat rambut kering dan susah diatur.

  • Mewarnai rambut

Mewarnai atau mengecat rambut dapat membuat rambut menjadi kasar dan sulit diatur. Bila Anda ingin melakukannya untuk menutupi uban, Anda bisa memilih cat rambut yang berbahan herbal atau dari tumbuh-tumbuhan sehingga rambut Anda tidak akan banyak terpapar zat kimia. Anda juga bisa mencoba resep pewarna rambut alami di rumah, hal ini akan mencegah rambut Anda menjadi kering dan memiliki tekstur yang lebih sehat.

  • Menggunakan bahan kimia

Ada banyak bahan-bahan alami yang juga memiliki efektivitas sama dengan bahan-bahan kimia di luaran sana. Produk perawatan rambut yang kaya akan bahan kimia, bila digunakan pada rambut, akan membuat kondisi rambut semakin parah. Tidak terkecuali sampo, conditioner, maupun gel, bacalah deskripsi sampo terlebih dahulu sebelum membelinya. Beberapa jenis bahan kimia memang aman digunakan pada rambut, namun bila kandungan kimianya merupakan bahan utama dalam sampo, lebih baik jangan dipilih.

Artikel terkait: