4 Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Botak

Kemiri (Aleurites Mollucana) rempah yang sering digunakan untuk memasak ini dikenal juga di mancanegara sebagai candleberry, candlenut atau juga indian walnut, adalah tumbuhan yang bijinya sering digunakan sebagai sumber minyak dan rempah – rempah. Tumbuh di daerah tropis, pohonnya menjadi tumbuhan resmi pada negara bagian Hawaii karena dianggap sebagai simbol penerangan, perlindungan dan perdamaian.

Rempah yang terdapat di dapur ini mempunyai khasiat tidak hanya untuk memasak tapi juga untuk perawatan kesehatan, kecantikan kulit dan rambut berkat kandungannya seperti protein dan mineral. Mineral utamanya mengandung kalium, kalsium, magnesium dan fosfor. Sedangkan proteinnya yaitu asam amino esensial yang berperan dalam pertumbuhan karena terdapat di semua jaringan tubuh membentuk antibodi dan protein. Asam amino nonesensial memberikan rasa lezat pada masakan.  Inti biji kemiri mengandung lebih dari 50% minyak. Karena itu umumnya  tujuan penanaman kemiri adalah untuk mendapatkan minyaknya.

(Tips perawatan rambut lainnya, baca juga: cara merawat rambut rebonding agar awet, cara merawat rambut smoothing agar tahan lama, cara meluruskan rambut secara alami)

Kemiri Untuk Merawat Kebotakan

Umumnya setiap hari ada helai rambut kita yang rontok namun masih dalam batas wajar. Yang perlu diwaspadai adalah jika rambut yang rontok melebihi 100 helai per hari atau tidak ada rambut baru yang tumbuh menggantikan yang rontok, sehingga lama kelamaan kulit kepala menjadi botak. Penyebabnya bermacam-macam seperti stress, gejala penyakit, kekurangan nutrisi, kondisi hormon, terlalu banyak menggunakan bahan kimia yang merusak nutrisi di kulit kepala yang lama kelamaan membuat rambut rontok hingga menjadi botak.

(Baca juga: bahaya rebonding rambut, bahaya smoothing rambut, bahaya cat rambut, bahaya hair extension)

Umumnya jika kasus kerontokan rambut atau kebotakan tidak terlalu berat, bisa diatasi dengan perawatan sederhana seperti menggunakan minyak kemiri pada rambut. Minyak kemiri berkhasiat bagi masalah kebotakan karena dapat memperkuat akar rambut, melindungi rambut dari radikal bebas seperti polusi, asap rokok dll, merangsang pertumbuhan rambut baru. Sekarang ini banyak produk perawatan minyak kemiri yang dijual bebas. Tetapi jika ingin Anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri.

(Manfaat herbal lainnya: manfaat ginseng untuk rambut, manfaat mengkudu untuk rambut, manfaat urang aring untuk rambut)

Sponsors Link

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Botak

Sebelum diolah menjadi minyak, kemiri harus dikupas lebih dahulu supaya bisa diambil bijinya. Bentuk kemiri yang kita ketahui sekarang sudah berupa biji yang telah dikupas dari cangkangnya. Berikut ini cara memecah cangkang kemiri secara tradisional:

  1. Biji yang masih bercangkang keras dijemur terlebih dulu selama beberapa hari sampai cukup kering.
  2. Kemudian direbus sebentar saja, hanya beberapa menit hingga mendidih, jangan terlalu lama untuk mempertahankan warna aslinya. Perebusan yang terlalu lama akan membuat kemiri berubah warna menjadi kuning kemerahan, tidak bagus untuk diolah.
  3. Dinginkan dengan merendamnya dalam air, fungsinya direndam juga agar saat pemecahan cangkang bijinya tetap utuh tidak terbelah karena menempel pada cangkang.
  4. Pecahkan cangkang menggunakan batu, lalu dikupas. Anda juga bisa memakai alat pemecah kemiri tradisional. Untuk pembuatan minyak kemiri yang telah menjadi industri, memecah cangkang kemiri telah menggunakan mesin.

Ada beberapa cara atau metode yang bisa diterapkan untuk mengolah kemiri menjadi minyak seperti berikut ini, sebelumnya siapkan terlebih dulu : saringan atau kain bersih yang tipis untuk menyaring,kemiri yang akan dibuat minyaknya (sesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan), air putih, baskom atau mangkuk, wajan, tumbukan atau blender dan air putih serta botol untuk menampung minyaknya.

Cara 1

  • Siapkan 250 gr biji kemiri dan air putih secukupnya. Setelah dicuci bersih, hancurkan dengan cara ditumbuk atau diblender, hasilnya jangan sampai terlalu halus.
  • Campur hasil tumbukan atau blender dengan air dan saring atau peras. Jika hasilnya terlalu halus bisa disaring menggunakan kain tipis yang bersih.
  • Masak di wajan sampai mendidih, untuk proses ini memerlukan waktu agak lama jadi dibutuhkan kesabaran untuk menunggunya. Aduk – aduk terus hingga tersisa kerak minyaknya saja yang berwarna coklat pekat.
  • Diamkan sampai kering, kemudian ambil keraknya dan peras menggunakan kain atau penyaring, masukkan ke dalam wadah atau botol.

Cara 2

  • Kemiri disangrai atau digoreng tanpa minyak menggunakan wajan atau dipanggang dalam oven hingga matang.
  • Kemudian dihancurkan dengan tumbukan atau blender, biarkan hingga dingin. Setelah cukup halus lalu dicampur air, peras hingga kering dan keluar minyaknya.

Cara 3

  • Parut atau blender biji kemiri, tambahkan air lalu diperas terus menerus hingga hasil  perasan menjadi bening. Sesudah itu taruh di tempat yang tertutup dan di biarkan selama 24 jam, baru dimasak hingga minyaknya keluar.

Untuk metode ini yang menghasilkan minyak berwarna bening ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakannya, walaupun berbau yang dihasilkan seperti kemiri goreng, tidak semua orang bisa cocok memakainya. Beberapa orang yang mempunyai kulit sensitif kemungkinan akan mengalami reaksi alergi. Memasaknya juga tidak boleh terlalu lama agar tidak basi sehingga tidak bisa digunakan. Minyak yang dihasilkan juga biasanya tidak terlalu banyak.

Cara 4

  • Sesuaikan jumlah kemiri yang akan diolah dengan kebutuhan, kemudian  kemiri dibakar sampai gosong. Ketika sudah gosong, langsung dihancurkan dengan blender atau tumbuk sampai keluar minyaknya. Minyak yang dihasilkan bisa langsung digunakan.

Kelebihan dari cara ini yaitu minyak yang dihasilkan walaupun berwarna hitam tetapi tidak akan menimbulkan alergi jadi cocok bagi yang mempunyai kulit kepala sensitif. Khasiatnya lebih mumpuni untuk menumbuhkan dan menyuburkan kembali akar rambut yang rusak dan juga lebih tahan lama di udara luar.

(Baca juga untuk perawatan rambut yang rusak: cara merawat rambut agar tidak bercabang, cara mengatasi rambut kering, penyebab kerusakan pada rambut)

Sponsors Link

Cara Pemakaian Minyak Kemiri Untuk Rambut

Nah, jika minyak kemiri telah siap, perawatan untuk rambut yang mulai dihinggapi masalah kebotakan bisa dimulai. Beginilah beberapa cara memakainya :

1. Minyak kemiri bisa dipakai sebagai minyak rambut. Caranya oleskan saja di kulit kepala setiap pagi hari.

(Manfaat minyak nabati lainnya yaitu: manfaat minyak zaitun untuk rambut anak, manfaat alpukat untuk rambut rontok, manfaat almond untuk rambut, manfaat anggur untuk rambut)

2. Bisa juga dioleskan untuk serum rambut, dipakai setiap malam sebelum tidur lalu bungkus kepala dengan handuk   atau shower cap. Kemudian dibilas pagi harinya ketika keramas.

(Baca juga: manfaat cuci rambut setiap hari, cara melembutkan rambut, manfaat olahraga untuk kecantikan)

3. Digunakan untuk masker rambut dengan dioleskan beberapa saat sebelum keramas.

(Baca juga: manfaat hair mask untuk rambut, manfaat buah apukat untuk rambut, manfaat telur untuk rambut)

Hasilnya pasti akan langsung terlihat dalam beberapa waktu, selama Anda menggunakannya secara teratur. Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa kemiri dalam bentuk mentah mengandung toksin yang berbahaya bagi kesehatan. Itulah sebabnya di setiap cara pembuatan selalu ditekankan agar memasaknya terlebih dulu untuk menetralkan toksinnya. Penting juga diingat agar tidak memakai minyak kemiri dalam kondisi panas atau menggosok kulit kepala  terlalu keras.

Begitulah, setelah mengetahui seluk beluk pembuatan minyak kemiri secara sederhana, jika ingin mencoba perawatan ini, Anda bisa memilih apakah hendak mencoba membuat sendiri atau menggunakan minyak yang sudah tersedia di pasaran.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 26th, May 2016 / 07:39 Oleh :
Kategori : Rambut