18 Cara Menebalkan Rambut Bayi Dengan Cepat

Bayi – bayi mungkin saja lahir dengan kepala yang penuh dengan rambut tebal, namun dalam kurun waktu enam bulan pertama, rambut ini akan rontok. Kerontokan rambut pada bayi yang baru lahir adalah sesuatu yang sangat normal sehubungan dengan penyebab rambut bayi rontok berupa pergantian tingkat hormon pada beberapa bulan pertama usia bayi. Rambut baru akan tumbuh menggantikan rambut yang rontok, dan mungkin saja dengan tekstur dan warna yang berbeda. Ada kemungkinan rambut yang baru tumbuh membuat bayi memiliki rambut yang tebal dan pekat, atau justru rambutnya menjadi tipis dan merah.

Rambut yang tumbuh menjadi tipis dan berwarna merah ini seringkali membuat orang tua panik dan khawatir. Bahkan terkadang ada petak – petak kebotakan di belakang kepala bayi yang disebabkan oleh kebiasaan berbaring telentang selama waktu tertentu. Timbulnya pitak di kepala bayi tentunya membuat orang tua semakin khawatir bahwa rambut anaknya tidak akan tumbuh dengan normal dan akan berada dalam kondisi yang sama terus hingga dewasa, sehingga mereka mencari cara menumbuhkan rambut pitak pada anak. Telebih lagi jika sejak lahir rambut anak hanya tipis saja dan tidak menunjukkan tanda – tanda akan tumbuh menjadi lebih tebal,

Melebatkan Rambut Bayi dengan Perawatan Sehari – hari

Jika Anda ingin si kecil tumbuh dengan rambut yang lebat, hitam dan halus, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat atau mendorong pertumbuhan rambut bayi yaitu:

1. Mengurus Rambut Kusut

Bayi menghabiskan banyak waktu berbaring telentang, sehingga rambutnya cenderung kusut. Rambut yang kusut apabila tidak diatasi akan menjadi simpul – simpul rambut yang akan sulit diuraikan dan harus dipotong untuk menghilangkan kekusutannya. Cara menghilangkan rambut kusut bayi yaitu:

  • Usaikan rambut bayi dengan menyisirnya menggunakan tangan sampai simpul yang kusut terurai
  • Jangan mencuci rambut bayi menggunakan terlalu banyak sampo atau sabun, karena akan membuat tekstur rambut bayi menjadi kasar dan lebih mudah kusut.
  • Gunakan sikat bayi lembut untuk menyisir rambutnya dengan gerakan perlahan dan lembut. Terkadang bayi menjadi gelisah ketika rambutnya disisir. Anda bisa mengalihkan perhatiannya dengan mengajaknya bicara atau bernyanyi agar bayi merasa nyaman. Lakukan penyisiran secara teratur, karena menyisir rambut menaikkan sirkulasi darah di kulit kepala dan memperkuat folikel rambut dan akar rambut.

2. Menggunakan Sampo Bayi

Bayi mungkin saja belum bermain di tempat yang kotor atau berdebu sehingga rambutnya belum terlalu kotor, namun penting untuk menjaga kulit kepalanya tetap bersih walau bagaimanapun untuk merangsang pertumbuhan rambut yang baik. Keramas rambut bayi dengan sampo minimal satu kali dalam seminggu.

  • Pastikan untuk menggunakan sampo bayi yang tidak menimbulkan pedih di mata. Sampo dengan aroma menenangkan seperti lavender dan kamomil memiliki efek yang baik pada bayi.
  • Bayi pada umumnya tidak menyukai perasaan bahwa ada air yang menggelitik telinganya dan turun ke area matanya, jadi walaupun sampo yang digunakan tidak membuat mata pedih, tetap usahakan untuk menghindari air atau busa masuk ke telinga dan mata bayi.
  • Berikan bayi mainan untuk mengalihkan perhatiannya ketika sedang dikeramas. Pijat kulit kepala bayi dengan lembut ketika sedang dikeramas.

3. Membandingkan dan Mencoba Produk Rambut Bayi

Walaupun mungkin Anda sudah memiliki pilihan produk perawatan rambut bayi yang cocok, tidak ada salahnya untuk mencoba produk lain dan membandingkan hasilnya. Tentu saja ini bukan berarti menjadikan bayi Anda sebagai bahan percobaan. Penting untuk memperhatikan kandungan setiap produk yang hendak dicoba sebelum menggunakannya pada bayi Anda. Hal ini berguna untuk mengetahui produk mana yang lebih cocok untuk bayi Anda, misalnya produk vitamin rambut anak.

4. Jangan Menggunakan Alat Pemanas

Alat pengering dengan suhu panas sebetulnya tidak baik bagi kulit kepala orang dewasa sekalipun, terlebih lagi untuk bayi. Jika Anda ingin mencoba menggunakan pengering rambut untuk bayi, sebaiknya batalkan saja. Lagipula, tidak ada keharusan untuk menggunakan pengering rambut dengan suhu panas untuk bayi, karena rambut mereka bisa kering secara alami. Bahkan penggunaan pengering rambut bersuhu panas justru dapat mengakibatkan gagalnya cara menebalkan rambut bayi dan merusak kulit kepala bayi. Bagi orang dewasa, penggunaan suhu panas yang terlalu sering dapat menjadi penyebab rambut kering dan penyebab rambut menipis di usia muda.

5. Memotong Rambut

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung langsung mengenai hubungan antara memotong rambut dan cara menebalkan rambut bayi yang dapat menjadi cara menyuburkan rambut, namun banyak orang telah mengatakan bahwa kedua hal tersebut berhubungan. Mungkin penyebabnya karena menata rambut dapat memberikan kesan rambut lebih tebal dan subur. Apapun idenya, tidak bisa disangkal bahwa memotong rambut secara berkala akan memberikan perbaikan penampilan pada rambut, termasuk rambut bayi. Anda tidak perlu memotong rambut bayi sendiri, sebab saat ini sudah banyak salon yang ditujukan khusus untuk anak – anak.

6. Mengonsumsi Makanan Sehat

Kebiasaan makan sehat akan mengarah kepada rambut yang sehat, tidak penting usia berapapun Anda. Karena itu makanan sehat akan menjadi cara menebalkan rambut bayi. Pastikan bayi mendapat banyak protein sehat seperti salmon, telur dan bayam. Vitamin D juga diperlukan untuk rambut sehat, jadi kacang walnut baby, ubi, almond, wortelm aprikot dan labu perlu dimasukkan dalam daftar menu makanan bayi Anda, atau dalam menu makanan Anda jika bayi masih menyusu.

Melebatkan Rambut Bayi dengan Bahan Alami

Anda dapat memberikan bayi ramuan alami pada kulit kepalanya untuk cara menebalkan rambut bayi secara alami. Bahan – bahan alami yang mudah ditemukan untuk digunakan sebagai cara alami menebalkan rambut adalah:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang baik untuk rambut dan kulit, dan sangat baik untuk digunakan sebagai cara melebatkan rambut bayi dan cara menumbuhkan rambut bayiCara menyuburkan rambut dengan lidah buaya dan cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya adalah dengan mengupas lidah buaya setelah dicuci bersih dan ambil gel di dalamnya. Campur dengan air bersih hingga menjadi jus yang kental dan cuci rambut bayi dengan campuran ini ketika hampir selesai mandi. Ada pula cara menumbuhkan rambut dengan kemiri.

2. Gelatin

Sedikit orang yang mengetahui jika gelatin merupakan bahan yang sangat baik untuk cara menebalkan rambut bayi. Gelatin mengandung dua asam amino esensial bernama proline dan glycine yang berguna untuk pertumbuhan rambut pada bayi, cara menghaluskan rambut, dan cara menunbuhkan rambut  dengan cepat dalam 3 hari, selain berguna untuk banyak hal lainnya seperti memperkuat sistem imunitas. Campurkan bubuk gelatin dengan air dingin dan air panas dalam jumlah yang sama, serta satu sendok teh cuka apel dan madu. Cairan ini kemudian digunakan untuk memijat kulit kepala bayi dan dibiarkan mengering selama beberapa menit. Setelah itu keramas kepala bayi seperti biasa. Anda juga dapat mencoba cara menumbuhkan rambut dengan kemiri bakar.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit kepala pada orang dewasa dan anak – anak. Tidak hanya baunya yang menyenangkan, namun minyak kelapa juga bekerja dengan baik pada kulit kepala sebagai obat penumbuh rambut alami dan bekerja baik pada kulit tubuh. Manfaat VCO untuk rambut bayi ini bahkan dapat digunakan untuk mengatasi iritasi dan cradle cap pada kepala bayi. Cukup dengan memijatkan minyak kelapa pada kulit kepala bayi, dalam hitungan hari masalah kesehatan pada kulit kepala bayi akan menghilang.

4. Minyak Argan

Popularitas minyak ini telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Minyak ini sangat menguntungkan untuk rambut sehingga digunakan dalam banyak produk perawatan rambut, termasuk di salon. Minyak ini bahkan dapat digunakan untuk cara menebalkan rambut bayi juga, dengan melembabkan kulit kepala bayi dan mendorong pertumbuhan rambut yang kuat, tebal dan berkilau dan ada manfaat argan oil untuk rambut kering  serta argan oil digunakan menjadi bahan dalam produk vitamin rambut kering .

5. Madu dan Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk rambut anak sangat baik untuk merangsang proses pertumbuhan rambut dan mengurangi iritasi pada kulit kepala bayi yang kering. Cara menggunakan manfaat madu untuk rambut bayi dan cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun adalah:

  • Siapkan beberapa sendok teh madu dan tambahkan minyak zaitun
  • Campur sampai larut lalu oleskan pada kepala bayi sambil dipijat lembut.
  • Biarkan selama kurang lebih 10 menit dan bilas kepala bayi dengan air hangat.
  • Sebaiknya dilakukan sebelum bayi mandi
  • Tidak perlu dibilas dengan sampo apapun.

6. Pisang dan Minyak Zaitun

Manfaat pisang untuk rambut dapat digunakan untuk cara menebalkan rambut bayi yang ampuh. Cara membuat ramuan dari pisang dan minyak zaitun untuk rambut bayi yaitu:

  • Siapkan satu buah pisang matang dan hancurkan
  • Campur dengan satu sendok makan minyak zaitun
  • Aduk hingga kedua bahan membentuk pasta.
  • Anda bisa menambahkan yogurt tawar organik pada campuran tersebut
  • Oleskan pada kulit kepala bayi sambil dipijat lembut sebelum memandikan bayi.
  • Biarkan selama 10 menit dan bilas sampai bersih dengan air saja.

7. Alpukat dan Madu

Manfaat masker alpukat untuk rambut dan manfaat buah alpukat untuk rambut dapat digunakan untuk rambut bayi pula. Cara menggunakan alpukat dan madu untuk menebalkan rambut bayi adalah:

  • Siapkan daging buah alpukat yang matang dan hancurkan sampai lembut tanpa air.
  • Tambahkan satu sendok madu murni dan campur keduanya sampai menjadi pasta
  • Oleskan langsung pada rambut dan kulit kepala
  • Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan sampo sampai bersih.

8. Kemiri

Kemiri telah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang sangat baik untuk menumbuhkan rambut. Sekarang Anda bahkan tidak perlu membuat minyak kemiri sendiri dengan bersusah payah, sebab ada minyak kemiri yang sudah dijual dalam kemasan di berbagai toko obat dan kosmetik. Cara memakai minyak kemiri untuk menunbuhkan rambut sangat mudah, Anda tinggal mengoleskan minyak kemiri di kepala bayi sebelum mandi.

Tips Lainnya Untuk Melebatkan Rambut Bayi

Selain tips – tips diatas, masih ada beberapa tips lainnya yang bisa Anda lakukan untuk cara menebalkan rambut bayi :

  1. Ikat rambut bayi dengan longgar. Orang tua yang memiliki bayi perempuan seringkali senang menata rambut bayinya, namun terkadang melupakan bahwa ikatan yang kencang akan merusak akar rambut bayi karena menegangkan rambut hingga maksimal.
  2. Jangan membuat perubahan diet secara drastis pada makanan bayi. Pemberian makanan yang bergizi memang bisa memperbaiki kualitas rambut bayi yang tumbuh, namun pergantian menu makanan bayi perlu dilakukan secara bertahap agar tubuh bayi dapat menyesuaikan dengan asupan makanannya.
  3. Produk turunan susu seperti yogurt akan membantu dalam pertumbuhan rambut sehat karena mengandung banyak kalsium.
  4. Jaga agar anak tetap terhidrasi dengan mencukupi kebutuhan cairannya setiap hari, dengan susu atau air putih.

Rambut tumbuh dalam kondisi dan kecepatan yang berbeda – beda pada setiap anak, karena itu tidak perlu panik dan tergesa – gesa untuk menumbuhkan rambut bayi. Mungkin saja saat ini rambut anak Anda terlihat tipis sekali dan mengkhawatirkan, Anda takut rambutnya tidak akan tumbuh hingga ia mencapai usia dewasa kelak menjadi orang yang botak. Namun dengan perawatan yang sepantasnya, yakinlah bahwa rambut anak akan tumbuh dengan seharusnya dan ia kelak akan memiliki rambut yang subur. Namun apabila Anda telah mengusahakan segala cara menebalkan rambut bayi dan pertumbuhan rambut anak tetap tidak menunjukkan tanda – tanda membaik, mungkin Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu apakah ada yang salah dalam pertumbuhan rambut anak.