5 Cara Menebalkan Rambut Dengan Santan 100% Efektif

Santan kelapa memang pantas mendapat julukan bahan terbaik untuk merawat rambut karena begitu banyak kandungan nutrisi yang ada dalam santan untuk kesehatan rambut. Manfaat santan untuk rambut memang memiliki banyak kegunaan seperti melindungi rambut dari paparan radikal bebas berbahaya dan juga polusi, menebalkan rambut, mempercepat panjang rambut, mengatasi ketombe, memperbaiki kerusakan rambut, melembutkan rambut, meningkatkan protein rambut dan juga mencegah rambut rontok. Penggunaan santan pada rambut bisa dilakukan untuk semua jenis rambut mulai dari berminyak, kering, berketombe dan sebagainya. Berikut ini akan kami berikan beberapa cara menebalkan rambut dengan santan yang sangat mudah dipraktekkan di rumah.

  1. Santan Murni Tanpa Campuran

Untuk mendapatkan rambut yang tebal secara alami yang aman dibandingkan dengan menggunakan shampo untuk menebalkan rambut, anda hanya perlu menggunakan asntan murni tanpa campuran bahan apapun yang sudah sangat ampuh untuk mempertembal tekstur rambut secara aman dan dalam waktu yang terbilang cepat.

  • Parut kelapa yang sudah cukup tua dan tambahkan dengan air panas lalu remas remas sebentar.
  • Haluskan campuran ini memakai blender untuk mengeluarkan santan yang jauh lebih banyak.
  • Peras santan kelapa tersebut lebih kurang 100 ml dan oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala  sambil dipijat secara lembut.
  • Diamkan selama 4 hingga 5 jam supaya santan bisa meresap ke dalam kulit kepala.
  • Bilas bersih dengan air hangat dan sampo yang ringan.
  1. Santan dan Baking Soda

Baking soda merupakan bahan yang baik untuk mengurangi kelebihan klorin yang ada di produk perawatan rambut. Penumpukan klorin di rambut dan kulit kepala akan membuat pori pori tersumbat dan menghambat pertumbuhan rambut sekaligus cara membuat rambut bervolume. Menggabungkan santan dengan baking soda menjadi bahan yang sangat baik untuk menyingkirkan sel kulit mati dan memperbaiki sirkulasi darah sehingga rambut bisa tumbuh dengan tebal karena sifat anti jamur dan anti infeksi.

  • Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 6 sendok makan asntan lalu aduk hingga rata.
  • Pijat secara lembut campuran ini di kulit kepala dan akar rambut.
  • Diamkan kembali selama 20 menit lalu bilas bersih dengan air dan lakukan 2 kali seminggu.
  1. Santan dan Wortel

Selain banyak manfaat wortel untuk kulit, ternyata dalam wortel juga mengandung banyak vitamin seperti C, E, B1, B2, K dan juga B6 serta beberapa jenis mineral seperti mangan, kalium, fosfor dan juga molibdenum. Sedangkan kandungan karetonoid yang ada dalam wortel akan berperan sebagai antioksidan. Semua kandungan ini sangatlah baik untuk memanjangkan rambut dan mempertebal tekstur dari rambut.

  • Parut 1 buah wortel sampai halus atau bisa juga dengan diblender.
  • Tambahkan dengan santan secukupnya kemudian aduk hingga rata.
  • Oleskan pada rambut yang sudah dicuci bersih dan diamkan selama 15 menit.
  • Bilas bersih dengan sampo dan lakukan secara teratur 2 kali seminggu.
  1. Santan dan Ginseng

Manfaat ginseng untuk rambut adalah ramuan Cina yang sudah digunakan sejak lama untuk menumbuhkan dan menebalkan rambut dalam waktu singkat. Rambut akan semakin tebal dengan cara meningkatkan pertumbuhan keratinosit rambut dan juga mengurangi hormon yang mengganggu pertumbuhan serta kelebatan rambut.

  • Campur 1 sendok makan ramuan ginseng merah dengan 1 cangkir santan hingga rata.
  • Oleskan campuran ini pada rambut dan kulit kepala dan pijat selama beberapa menit.
  • Diamkan dan tutup dengan shower cap selama 30 menit lalu bilas sampai bersih dengan sampo ringan dan lakukan sebanyak sekali seminggu.
  1. Santan dan Yogurt

Asam yang terkandung dalam yogurt sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati di kepala penyebab rambut tumbuh dengan tipis. Yogurt juga akan mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala sekaligus menghidrasi sehingga rambut yang tumbuh akan semakin tebal sekaligus bisa dimanfaatkan juga untuk cara menghilangkan uban dengan air santan.

  • Campurkan 1/2 cangkir santan dengan 1/2 cangkir yogurt tergantung dari seberapa panjang rambut anda.
  • Oleskan campuran ini secara merata ke kulit kepala dan setiap helai rambut lalu bungkus dengan shower cap.
  • Diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih dengan sampo ringan dan lakukan sebanya 1 kali dalam seminggu.

Cara menebalkan rambut dengan santan sudah digunakan sejak dulu oleh masyarakat seluruh dunia khususnya Asia yang sudah terbukti ampuh dan sangat aman untuk digunakan semua jenis rambut. Melakukan perawatan rambut dengan santan tidak hanya ampuh untuk menebalkan rambut, namun juga menjaga kesehatan rambut secara menyeluruh.