17 Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal Dan Penyebabnya

Rambut dan kulit kepala bagaikan satu paket lengkap, dan keduanya juga sangat penting untuk dirawat dengan baik. Sebagai manusia lebih tepatnya kaum hawa, kita wajib merawat dan menjaga keindahan serta kesehatan rambut dan kulit kepala. Merawat kulit kepala mungkin agak sedikit lebih sulit, karena kita harus merawat rambut juga. Dan oleh sebab itu sebaiknya kita tetap harus bisa menjaga dan merawat rambut serta kulit kepala agar tetap sehat. Ladies !! Kali ini kita akan membahas, bagaimana cara menghilangkan gatal pada kulit kepala. Yuk simak artikel lengkapnya yang berikut ini !!

Baca Juga : Manfaat Ginseng Untuk Rambut – Cara Menghilangkan Kulit Bersisik

1. Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu obat penghilang ketombe atau gatal pada kulit kepala. Jika kamu mengalami gatal pada kulit kepala, dan gatal tersebut menimbulkan rasa tidak nyaman bisa menggunakan cuka apel. Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali lho ladies, kamu hanya membutuhkan setengah cangkir cuka apel. Selanjutnya gunakan cottonbud untuk mengoleskan cuka apel pada kulit kepala yang terasa gatal. Setelah itu diamkan kulit kepala dengan cuka apel tersebut hingga 15 menit lamanya, dan bilas dengan air bersih.

2. Cuka Dapur

Tidak hanya cuka apel yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala. Cuka dapur merupakan salah satu jenis cuka yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi gatal pada kulit kepala. Cara menggunakan cuka dapur juga sangat mudah sekali lho ladies, pertama kamu hanya perlu menyiapkan cuka seperlunya. Kemudian kamu bisa mengoleskan cuka dapur pada bagian kulit kepala yang terasa gatal, dan diamkan hingga beberapa menit setelah itu bilas hingga bersih.

Baca Juga : Manfaat Conditioner rambut – Penyebab Rambut Gimbal

3. Air Jeruk Nipis

Mengatasi kulit kepala yang gatal juga bisa dilakukan dengan menggunakan air perasan jeruk nipis. Cara mengatasi kulit kepala gatal ini bisa dibilang ampuh lho ladies, selain itu jeruk nipis juga sangat mudah ditemukan dilingkungan sekitar kita. Ekstrak jeruk nipis mampu meredahkan gatal pada kulit kepala mu, selain itu jeruk nipis sangat alami sehingga tidak berbahaya untuk kesehatan kulit kepala kita.

Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali lho ladies, pertama siapakan 2 butir jeruk nipis yang segar. Kemudian cuci bersih jeruk nipis dan peras dalam wadah yang bersih. Selanjutnya kamu bisa mengoleskan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala dan mendiamkannya hingga 15 menit. Dan tahap terakhir adalah membilas kepala dengan air bersih ya ladies.

Baca Juga : Merk Sunblock Untuk Kulit BerminyakManfaat Buah Mengkudu Untuk Rambut

4. Air Jeruk Lemon

Tahukah kamu ladies, jika air jeruk lemon bermanfaat untuk meredahkan kulit kepala yang gatal ?? Kamu bisa menggunakan air perasan jeruk lemon untuk meminimalisir rasa gatal pada kulit kepala mu, selain itu bahan ini juga sangat alami sehingga tidak berbahaya untuk kesehatan rambut mu ya ladies.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, peratama pilihlah 2 buah jeruk lemon yang segar. Kemudian cuci bersih dan peras jeruk lemon pada wadah yang bersih, dan setelah itu kamu bisa membagi rambut mu menjadi beberapa bagian. Oleskan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala, diamkan hingga 30 menit ya ladies. Setelah itu kamu bisa membilas rambut mu menggunakan air bersih yang mengalir.

Baca Juga : Cara Memutihkan Wajah Dengan Tomat

5. Air Jeruk Purut

Menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala bisa dilakukan dengan menggunakan air perasan jeruk purut. Bisanya jeruk ini digunakan untuk membuat pengharum ruangan. Air perasan jeruk purut ini juga mampu meredahkan rasa gatal pada kulit kepala secara berlebihan. Mendapatkan jeruk ini juga bisa bilang susah-suah gampang ya ladies, tapi kamu bisa membelinya dipasar tradisional.

Menggunakanya juga sangat mudah lho ladies, pertama siapkan air perasan jeruk purut dalam wadah yang bersih. Kemudian peraslah jeruk tersebut dalam wadah yang bersih dan oleskan pada kulit kepala mu. Diamkan air perasan tersebut pada rambut hingga beberapa menit, selanjutnya bilas dengan air bersih yang mengalir.

6. Teh Basi

Mengatasi kulit kepala yang gatal bisa dilakukan dengan menggunakan teh basi yang didiamkan selama semalaman. Teh basi ini sebaiknya dari teh seduh yang harus disaring dahulu sebelum diminum. Cara memanfaatkannya juga sangat mudah sekali, kamu hanya perlu menyeduh teh dengan air panas. Kemudian diamkan teh semalaman, arau paling tidak diamkan hingga 1 kali 24 jam ya ladies. Selanjutnya kamu bisa mengoleskan teh basi pada kulit kepala, dan mendiamkan hingga 30 menit. Setelah 30 menit kamu bisa mencuci rambut mu dengan air bersih yang mengalir.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kepala yang gatal. Lidah buaya bisa memberikan efek dingin dan hangat pada kulit kepala yang terasa gatal, sehingga bahan alami ini bisa digunakan sebagai peredah rasa gatal pada kulit kepala. Penggunaannya juga sangat mudah sekali, dan bahkan kita tidak memerlukan banyak waktu untuk mengolah dan menggunakannya.

Pertama pastikan jika lidah buaya yang akan kamu gunakan masih segar. Selanjutnya cuci bersih lidah buaya dengan air mengalir, dan belah melintang lidah buaya serta keruklah daging atau gel lidah buaya menggunakan sendok. Kemudian letakkan gel tersebut dalam wadah yang bersih, dan berikan sedikit air perasan lemon lalu aduk. Oleskan perlahan pada kulit kepala, terutama pada bagian yang terasa gatal-gatal ya ladies. Terakhir diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih yang mengalir.

Baca Juga :  Vitamin Untuk Rambut KeringManfaat Santan Untuk Rambut

8. Minyak Zaitun Dan Jeruk Nipis

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang banyak sekali manfaatnya, termasuk juga untuk kulit kepala yang gatal-gatal.  Minyak zaitun ini bisa kamu dinginkan dalam kulkas dahulu sebelum digunakan, ini dilakukan agar kamu mendapatkan sensai dingin ya ladies. Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali, pertama siapkan minyak zaitun tersebut dalam wadah yang bersih, kemudian berikan perasan jeruk nipis pada minyak zaitun dan campur hingga merata.

Selanjutnya kamu bisa mengoleskan minyak zaitun tersebut pada kulit kepala yang terasa gatal. Diamkan minyak zaitun pada kulit kepala, dan setelah 30 menit kamu bisa membilas bersih minyak zaitun pada kepala tersebut dengan air yang mengalir.

9. Minyak Kelapa Dan Cuka Apel

Jika kamu tidak memiliki minyak zaitun untuk meredahkan gatal pada kulit kepala, maka kamu bisa menggunakan minyak kelapa ya ladies. Minyak kelapa sangat bagus untuk meredahkan inflamasi pada kulit, dan kamu juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan gatal pada kulit kepala. Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali ya ladies, dan kamu juga bisa mencampurkannya dengan menggunakan cuka apel.

Pertama siapkan minyak kelapa secukupnya, kemudian tambahkan cuka apel sebanyak 2-3 sendok the dan campur hingga keduanya rata. Setelah itu sisirlah rambut menjadi beberapa bagian, dan oleskan minyak kelapa yang sudah dicampurkan dengan minyak zaitun pada kulit kepala yang gatal. Diamkan hingga 30 menit lamanya, dan selanjutnya bilas dengan air bersih yang mengalir.

Baca Juga : :Bahan Penghitam Rambut Alami – Masker Kantung Mata 

10. Menggunakan Shampo Anti Ketombe

Cara mengurangi gatal pada kulit kepala, adalah dengan menggunakan shampo anti ketombe. Karena pada umumnya kulit kepala yang gatal, kebanyakan disebabkan oleh adanya ketombe pada kulit kepala. Kamu bisa menggunakan shampo anti ketombe, dan cara ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi kulit kepala yang gatal.

11. Creambath

Creambath bukan hanya bisa membuat pusing dikepala hilang, dan kita lebih santai saja. Creambath juga bisa menghilangkan gatal pada kulit kepala mu lho ladies, dan cara ini juga merupakan salah satu cara favorit. Kamu bisa melakukan perawatan creambath paling tidak satu minggu sekali untuk mengatasi gatal pada kulit kepala. Kamu juga bisa mendapatkan bonus rambut sehat, lembut dan wangi dari perawatan creambath ini.

12. Steam Rambut

Tahukah kamu ladies, jika steam rambut ternayata ampuh untuk menghilangkan gatal pada kulit kepala mu. Kamu bisa datang kesalon untuk melakukan steam rambut, jangan terlalu lama dan cukup hanya 15 menitan saja ya ladies. Jika kamu ingin lebih hemat, kamu bisa melakukan steam alami dengan menggunakan handuk dan air hangat. Celupkan handuk dalam air hangat ya ladies, selanjutnya letakkan handuk pada bagian kepala seperti saat usai keramas. Hasilnya akan jauh lebih maksimal jika kamu melakukannya usai keramas.

13. Menggunakan Hair Tonic

Selain menggunakan steam sendiri dirumah, kamu juga bisa menggunakan hair tonic untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala. Cara ini lumayan ampuh dan bisa dilakukan disalon maupun dirumah. Kamu bisa memilih varian bahan dasar dan aroma dari hair tonic ya ladies, dan toner tersebut akan lebih maksimal hasilnya jika digunakan saat usai keramas, maskeran atau juga setelah melakukan creambath serta steam rambut.

Baca Juga :  Cara Mencegah Rambut Bercabang dan Kering

14. Menggunakan Masker Rambut

Masker rambut bisa menjadi salah satu jalan keluar untuk menghilangkan gatal pada kulit kepala. Gatal pada kulit kepala bisa saja terjadi karena kulit kepala kering, berketombe atau tidak cocok shampo. Kamu bisa coba menghilangkan gatal-gatal tersebut dengan menggunakan masker rambut ya ladies. Masker rambut yang kamu gunakan juga tidak harus mahal, karena kini disupermarket juga ada masker rambut dengan harga yang terjangkau.

15. Hindari Makan Gorengan Berlebihan

Salah satu penyebab gatalnya kulit kepala juga bisa disebabkan makanan, misalnya saja gorengan ya ladies. Makan gorengan boleh-boleh saja, asalkan kita bisa tahu batasannya. Gorengan mengandung lemak, atau minyak yang kurang baik untuk kesehatan tubuh kita termasuk kulit kepala. Oleh sebab itu pastikan jika kamu tidak terlalu banyak makan gorengan, agar nantinya tidak berdampak buruk untuk kesehatan mu.

Baca Juga : Penyebab Rambut Bayi Rontok  Krim Penghilang BuluKrim Penghilang Strech Mark

16. Hindari Makan Kacang-Kacangan

Menghindari makan kacang-kacangan merupakan usaha untuk membuat kulit kepala redah dari rasa gatal. Kamu bisa mengubah camilan mu dengan buah, hal ini dilakukan agar kulit kepala mu tidak bertambah gatal. Karena pada umumnya kacang-kacangan bisa menyebabkan gatal, atau memicuh munculnya minyak pada kulit kepala yang menyebabkan gatal.

17. Bersihkan Sisir Secara Rutin

Sisir adalah salah satu alat yang wajib dimiliki setiap wanita didunia ini, karena sisir membantu dalam proses merapikan rambut mu. Setiap hari pasti kita menggunakan sisir ya ladies, tentu ada banyak sekali kotoran yang menempel pada sisir. Dan oleh sebab itu sebaiknya kita rajin dalam membersihkan sisir, paling tidak cucilah sisir satu minggu sekali. Cara mengatasi kulit kepala gatal ini bisa kamu lakukan agar terhindar dari kotoran yang bisa menyebabkan gatal pada rambut.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak ZaitunMerk Bedak Untuk Kulit Kering Dan Kusam

Penyebab Kulit Kepala Gatal

Memiliki kulit kepala yang gatal akan sangat menggangu sekali ya ladies, oleh sebab itu sebagai wanita kita harus bisa merawat rambut dengan baik. Ladies !! Demi menghindari gatal pada kulit kepala, ketahuilah beberapa penyebab yang dapat membuat gatal kulit kepala seperti yang berikut ini.

  • Keramas Kurang Bersih
  • Jarang Keramas
  • Tidak Menyisir Rambut Setelah Keramas
  • Menggunakan Kerudung Saat Rambut Masih Basah
  • Kerudung Tidak Bersih
  • Tidak Cocok Shampo
  • Gonta-Ganti Shampo
  • Jamur
  • Kurap
  • Muncul Uban
  • Alergi Makanan
  • Stress
  • Keringat Berlebih

Nah ladies !! Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menghilangkan gatal pada kulit kepala, selain itu ketahui juga apa saja penyebab gatalnya kulit kepala ya ladies. Lakukan perawatan rambut sesering mungkin, agar rambut dan kulit kepala tetap sehat, indah dan terawatt setiap saat.