20 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Mudah dan Cepat

Rambut yang indah adalah impian bagi setiap orang, namun sayangnya berbagai macam masalah rambut kerap menghampiri. Salah satunya adalah masalah rambut ketombe. Rambut ketombe merupakan masalah rambut yang tidak boleh disepelekan. Hal itu dikarenakan rambut berketombe memiliki dampak yang merugikan bagi orang yang memiliki rambut berketombe tersebut. Rambut yang berketombe selain menjadi penyebab kulit kepala gatal, rambut mengalami berbagai macam masalah seperti kerontokan, rambut kusut dan menyebabkan rambut tidak sehat.

Apa Itu Ketombe ?

Ketombe sendiri adalah keadaan kulit kepala yang mengering dan juga sel kulit kepala yang mati. Ketika ketombe sudah menjadi akut maka ketombe itu harus segera dihilangkan dari kulit kepala. Hal itu dikarenakan jika terus dibiarkan bukan tidak mungkin jika rambut akan mengalami kebotakan sebab ketombe menjadi penyebab rambut rontok.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ketombe. Ada berbagai macam bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Berikut ini adalah cara untuk menghilangkan ketombe yang bisa anda lakukan di rumah :

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis sejak daridulu dipercaya bisa digunakan untuk kecantikan rambut. Banyak sampo rambut yang menggunakan ekstrak jeruk nipis. Jeruk nipis kaya dengan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis tersebut. Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan jeruk nipis yang bisa anda lakukan :

  • Belah jeruk nipis menjadi dua bagian atau menjadi bagian yang lebih kecil.
  • Usapkan jeruk nipis itu ke kulit kepala dan pijat-pijat lembut kulit kepala tersebut.
  • Bisa juga anda memeras jeruk nipis tersebut dan gunakan sarinya untuk membasahi kulit kepala. Setelah itu pijat kulit kepala secara lembut dan perlahan.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Setelah menggunakan jeruk nipis itu dan didiamkan langkah selanjutnya adalah menyampo menggunakan sampo biasa kemudian dibilas menggunakan air yang bersih dan mengalir.

(baca juga kegunaan jeruk nipis pada : cara menghaluskan telapak tangan, tips agar kulit menjadi putih, cara mengatasi rambut kering)

2. Lidah Buaya

Selain manfaat lidah buaya untuk kulit, namun juga mampu mengatasi rambut rontok juga bisa menggunakan lidah buaya. Lidah buaya selama ini memang dipercaya dalam mengatasi berbagai macam masalah rambut. Lidah buaya memiliki kandungan aloe vera yang berguna untuk kesehatan rambut. Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan lidah buaya yang bisa anda lakukan :

  • Ambillah lidah buaya yang segar dengan ukuran sedang.
  • Belah lidah buaya menjadi dua bagian sehingga bagian gel lidah buaya yang berwarna putih kelihatan.
  • Balurkan gel berwarna putih itu ke kulit kepala dan kemudian itu pijat-pijat secara lembut.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Setelah didiamkan selama 15 menit bilas menggunakan air biasa dan kemudian sampo menggunakan sampo biasa. Bisa juga anda menambahkan kondisioner saat menyampoo.

3. Cuka Putih

Menghilangkan ketombe juga bisa menggunakan cuka putih. Cuka putih merupakan cuka yang bisa ditambahkan di berbagai macam makanan seperti asinan atau acar dan masih banyak lagi lainnya. Dalam cuko empek-empek juga menggunakan cuka putih. Anda mungkin sedikit heran mengapa cuka putih yang seharusnya ada di dalam makanan justru bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Lalu bagaimana caranya cuka putih bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe? Cuka putih memang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala sebab cuka bisa digunakan dalam membersihkan kulit kepala yang kering dan menghilangkan sel kulit kepala yang mati. Hal itu dikarenakan di dalam cuka ada kandungan fungisida yang bisa digunakan untuk membasmi jamur penyebab dari ketombe. Berikut ini adalah cara yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan ketombe menggunakan cuka putih :

  • Campurkan sebanyak setengah cangkir cuka putih bersamaan dengan setengah cangkir air hangat.
  • Usapkan ke kulit kepala dan didiamkan selama 8 jam lamanya. Mendiamkannya akan lebih baik jika dilakukan saat malam hari.
  • Ketika bangun dari tidur, ada baiknya segera membilasnya menggunakan air bersih dan menyamponya menggunakan sampo biasa.

4. Fenugreek

Pernahkah anda mendengar fenugreek ?, fenugreek memang terlihat asing dan belum banyak yang mengetahuinya. Tanaman fenugreek merupakan tanaman yang banyak dijadikan bumbu dalam masakan India. Tidak hanya itu aja fenugreek ini juga dipercaya bisa digunakan untuk melancarkan ASI. Banyak produk pelancar ASI yang menggunakan fenugreek sebagai bahan dasarnya.  Ternyata tidak hanya sebagai bumbu saja fungsi dari fenugreek tersebut namun bisa juga digunakan sebagai penghilang ketombe. Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan fenugreek yang bisa anda coba :

  • Merendam sebanyak dua 2 sendok makan biji fenugreek dan dibiarkan selama semalaman.
  • Pada pagi hari haluskan biji fenugreek itu hingga lembut.
  • Biji fenugreek yang telabh halus dioleskan ke bagian kulit kepala dan didiamkan selama 45 menit.
  • Bilas menggunakan air bersih yang mengalir kemudian sampo menggunakan sampo biasa.

Fanugreek ini juga kerap digunakan pada cara menebalkan alis secara alami.

5. Membilas Rambut Sampai Bersih

Hal yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe adalah membilas rambut sampai bersih sehabis keramas dan menggunakan kondisioner. Banyak yang terkena ketombe gara-gara dia tidak bersih membilas rambut setelah melakukan keramas. Busa dari sampo dan kondisioner yang tidak bersih dan melekat di kulit kepala bisa menyebabkan timbulnya ketombe. Oleh sebab itu pastikan busa dari sampo yang anda pakai sudah tidak melekat di kulit kepala lagi.

6. Baking Soda

Untuk menghilangkan ketombe anda bisa menggunakan baking soda. Memang baking soda selama ini bermanfaat dalam hal kecantikan. Selain untuk memutihkan gigi, baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Hal itu dikarenakan baking soda bisa digunakan sebagai pembunuh jamur penyebab ketombe. Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan baking soda yang bisa anda lakukan di rumah :

  • Siapkan satu sendok teh baking soda dan dicampurkan dengan secangkir air.
  • Setelah tercampur secara sempurna, oleskan ke kulit kepala anda dan pijat secara perlahan-lahan.
  • Diamkan selama 20 menit.
  • Setelah didiamkan selama 20 menit segeralah bilas menggunakan air bersih. Setelah dibilas menggunakan air bersih ada baiknya anda segera menyampo rambut anda dengan menggunakan sampo.
  • Lakukanlah setiap hari secara teratur agar ketombe segera menghilang dari rambut anda.

(Baca juga kegunaan baking soda pada : cara menghilangkan bekas luka, cara menghilangkan komedo, cara menghilangkan tahi lalat)

7. Garam

Cara menghilangkan ketombe lainnya adalah degan menggunakan garam. Hal itu dikarenakan di dalam garam terdapat kristal abrasive yang bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe menggunakan garam yang bisa anda coba di rumah :

  • Sebelum menggunakan garam untuk menghilangkan ketombe ada baiknya anda membasahi rambut anda sebelumnya.
  • Usapkan garam ke kulit kepala. Garam yang digunakan adalah garam yang halus dan bukan garam kasar.
  • Pijatlah kulit kepala secara lembut dan didiamkan selama 5 menitan lamanya.
  • Setelah didiamkan selama 5 menit, bilas menggunakan air yang bersih dan mengalir.

8. Tea Tree Oil

Ada yang belum tahu apa itu tea tree oil ?, memang tea tree oil banyak yang belum mengetahui wujudnya seperti apa. Tea tree oil merupakan minyak esensial yang bermanfaat dalam menghilangkan ketombe. Minyak ini merupakan hasil destilasi dari tanaman khas Australia yang bernama Melaleuca Alternifolia. Minyak ini merupakan minyak yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur penyebab ketombe di kulit kepala. Jamur itu bisa menyebabkan kepala terasa gatal. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan sebanyak satu sendok makan tea tree oil dan masukkan ke dalam wadah yang memiliki semprotan.
  • Campurkan menggunakan air hangat sebanyak 1 cangkir saja.
  • Kocok wadah semprotan tersebut agar minyak dan juga air bisa tercampur secara merata.
  • Setelah melakukan keramas, rutinlah untuk menyemprot rambut menggunakan ramuan ini.
  • Setelah disemprotkan diamkan selama beberapa menit, tidak perlu dibilas dan penggunaannya hanya sehabis keramas saja. Jangan digunakan pada rambut yang tidak berkeramas.

9. Aspirin

Aspirin merupakan obat yang biasa digunakan untuk mengobati sakit kepala. Ternyata dibalik khasiatnya selama ini aspirin merupakan obat penghilang ketombe yang ampuh. Caranya pun sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan sebanyak dua tablet aspirin yang berwarna putih.
  • Haluskan obat aspirin tersebut kemudian campurkanlah aspirin tersebut ke dalam sampo yang anda gunakan.
  • Gunakanlan sampo yang dicampurkan dengan aspirin itu untuk keramas seperti biasanya.
  • Setelah keramas menggunakan sampo dengan campuran aspirin itu sebaiknya didiamkan selama 5 menit terlebih dahulu baru dibilas menggunakan air yang bersih.

10. Daun Neem

Daun neem adalah daun yang dipercaya bisa digunakan dalam hal kesehatan dan kecantikan. Daun ini memang jarang dijumpai, anda akan menjumpai daun ini di negara India sebab asal daun tersbeut berada di sana. Namun di Indonesia, daun ini juga banyak dikembangbiakkan. Daun neem juga bermanfaat untuk kecantikan misalnya saja adalah melembabkan kulit, menghaluskan kulit dan yang lainnya adalah untuk menghilangkan ketombe. Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe menggunakan daun neem yang bisa anda lakukan :

  • Seduh daun neem sebanyak 2 genggam dengan menggunakan air yang panas.
  • Diamkan rendaman daun neem tersebut selama semalaman.
  • Gunakanlah rendaman daun neem yang direndam selama semalaman tersebut untuk menyampo rambut. Gunakanlah sebanyak dua hari sekali. Kandungan dalam daun neem tersbeut bersifat toxic dan bisa digunakan sebagai penghilang ketombe.

11. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Minyak kelapa berasal dari santan kelapa yang didiamkan kemudian keluar minyaknya tersebutlah yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Minyak kelapa bisa digunakan untuk menghilangka ketombe sebab di dalam minyak kelapa ada kandungan vitamin E dan asam lemaknya. Cara menghilangkan ketombe menggunakan minyak kelapa adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan minyak kelapa instan atau anda bisa membuatnya sendiri di rumah.
  • Usapkan minyak kelapa tersebut ke atas kulit kepala anda.
  • Setelah itu pijat kulit kepala secara lembut.
  • Setelah dipijat, balut rambut anda menggunakan handuk hangat seperti saat anda melakukan masker rambut.
  • Diamkan rambut anda selama 30 menit dan biarkan minyak menyebar ke seluruh permukaan kulit kepala dan meresap ke kulit kepala.
  • Yang terakhir bilas rambut anda menggunakan air bersih yang mengalir. Melakukannya akan efektif jika dilakukan saat malam hari sebab saat malam hari kulit kepala juga akan beristirahat sehingga hasil akan lebih maksimal dibandingkan di saat siang hari atau pagi hari.

(Baca juga manfaat kelapa untuk : cara menghitamkan rambut, cara mengatasi rambut kering, cara merawat kuku)

12. Minyak Wijen

Minyak esensial yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe lainnya adalah minyak wijen. Minyak wijen merupakan minyak yang didapatkan dari hasil esktrasi dari biji wijen. Minyak ini biasa digunakan dalam pembuatan kue dan juga bisa digunakan dalam kesehatan dan juga kecantikan. Cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan minyak wijen adalah sebagai berikut ini :

  • Hangatkan minyak wijen di atas wajan anti lengket, jangan sampai minyak wijen berasa panas cukup dihangatkan saja.
  • Setelah berasa hangat, oleskan minyak wijen tersebut ke bagian kulit kepala sambil di pijat-pijat secara halus.
  • Diamkan selama beberapa jam, setelah itu bilas menggunakan air yang bersih dan lakukanlah sampo seperti biasanya.

13. Konsumsi Makanan Bergizi

Menghilangkan ketombe tidak hanya bisa dilakukan dari luar saja namun ada cara menghilangkan ketombe dari dalam. Cara menghilangkan ketombe dari dalam adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Jika anda bertanya adakah hubungannya makanan bergizi dengan ketombe, tentu saja makanan bergizi dengan ketombe ada kaitannya. Makanan yang bergizi bisa digunakan untuk menutrisi kulit kepala dan juga bisa digunakan untuk menutrisi pangkal rambut. Sehingga rambut akan menjadi kuat dan terhindar dari kerontokan.

Tidak hanya itu saja, makanan yang bernutrisi juga menyehatkan kulit kepala sehingga kulit kepala terhindar dari sel kulit mati dan terhindar dari kulit kering. Mulai dari sekarang adalah perhatikan jenis makanan yang masuk ke dalam mulut anda, hal itu dikarenakan makanan yang anda makan bisa mempengaruhi ketombe yang ada di kulit kepala anda. Hindari berbagai macam makanan yang digoreng dan mengandung lemak tinggi. Usahakan untuk memakan makanan yang tinggi serat seperti sayuran, buah, ikan dan makanan yang banyak mengandung protein tinggi.

14. Daun Kangkung

Selama ini daun kangkung hanya digunakan sebagai bahan untuk makanan saja, selain itu orang tidak mengetahui khasiat daun kangkung lainnya. Daun kangkung adalah daun yang kaya dengan antioksidan, sehingga daun kangkung merupakan daun yang bisa digunakan sebagai makanan anti kanker. Namun ada orang yang memiliki pantangan untuk tidak bisa memakan daun kangkung ini, orang yang tidak bisa mengkonsumsi daun kangkung ini adalah orang yang memiliki asam urat dan orang yang memiliki rematik.

Kangkung juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan dan kangkung yang bisa anda coba di rumah :

  • Ambil sebanyak dua sampai dengan tiga genggam daun kangkung.
  • Potong daun kangkung itu menjadi bagian yang lebih kecil.
  • Cuci kangkung yang telah dipotong kecil-kecil tersebut sampai benar-benar bersih.
  • Rendamlah potongan kangkung tersebut selama semalaman, air rendaman kangkung yang direndam selama semalaman itu akan berubah warna menjadi agak kebiru-biruan.
  • Pada pagi harinya pisahkan atau saring daun kangkung sehingga daun kangkung itu terpisah dari air rendamannya.
  • Gunakan air rendaman daun kangkung tersebut untuk keramas. Air rendaman itu bisa digunakan untuk keramas sebanyak dua kali sampai dengan tiga kali.
  • Setelah itu diamkan rambut selama 15 menit lamanya.
  • Setelah didiamkan selama 15 menit lamanya, bilaslah rambut dengan menggunakan air biasa.
  • Setelah dibilas menggunakan air biasa, sampolah rambut menggunakan sampo biasa.
  • Jika ketombe anda sudah akut, anda akan merasakan perih pada bagian kulit kepala anda. Tetap gunakanlah air rendaman itu setiap hari untuk keramas agar ketombe yang anda miliki segera hilang dari kulit kepala anda.

15. Daun Pandan

Daun pandan selama ini hanya dikenal sebagai pewangi makanan dan juga pewarna makanan. Banyak makanan seperti kue yang membutuhkan daun pandan untuk menambah cita rasanya. Tidak hanya digunakan untuk dalam makanan saja, daun pandan kini dipercaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe dengan daun pandan yang bisa anda lakukan di rumah :

  • Ambil sebanyak 7 lembar daun pandan yang segar.
  • Cuci bersih daun pandan tersebut dan haluskan dengan menggunakan blender.
  • Memblendernya anda bisa menambahkan setengah cangkir air yang bersih.
  • Saring sari dari daun pandan tersebut dan pisahkan antara daun pandan tersebut dengan airnya.
  • Air perasan atau saringan dari daun pandan tersebut dioleskan secara merata ke seluruh kulit rambut. Pijat kulit rambut secara merata dan pijat secara halus.
  • Diamkanlah selama 20 menit atau sampai sari daun pandan mengering di kulit kepala. Lakukan pengolesan ulang sari daun pandan tersebut ke kulit kepala anda sampai dengan dua kali.
  • Setelah itu bilaslah menggunakan air yang bersih.
  • Lakukanlah setiap hari agar ketombe yang ada di kulit kepala anda segera menghilang.
  • Selain bisa menghilangkan ketombe, rambut yang diolesi dengan sari daun pandan tersebut juga bisa semakin wangi.

16. Buah Pace

Buah pace biasa disebut dengan buah mengkudu. Selama ini buah pace atau mengkudu atau noni dipercaya dalam hal kesehatan dan juga kecantikan. Dalam hal kesehatan pace bisa digunakan untuk menormalkan kadar gula di dalam darah, menormalkan tekanan darah, mengobati asam urat, kolesterol dan masih banyak lagi lainnya. Buah pace untuk kecantikan bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe.

Dalam membuat ramuan buah pace untuk menghilangkan ketombe, anda harus siap menerima bau dari buah pace yang tergolong cukup menyengat ini. Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe dengan buah pace yang perlu anda ketahui :

  • Siapkan satu buah pace dengan ukuran sedang dan dalam kondisi matang. Buah pace atau mengkudu yang matang akan memiliki kulit berwarna putih sedangkan buah mengkudu yang masih muda warnanya adalah hijau.
  • Kupas kulit buah pace sampai bersih kemudian cuci buah pace sampai bersih.
  • Haluskan buah pace dengan cara diparut, ditumbuk atau bisa juga dengan cara diblender.
  • Setelah buah pace halus, oleskan ke seluruh bagian rambut terutama pada bagian kulit kepala anda.
  • Pijat secara lembut kulit kepala yang telah diolesi menggunakan buah pace yang telah dihaluskan tersebut.
  • Diamkan selama 30 menit lamanya.
  • Setelah didiamkan, bilaslah menggunakan air bersih sampai bau dari buah pace menghilang dari rambut anda.
  • Setelah dibilas anda bisa melanjutkannya dengan menyampo rambut anda ditambahkan dengan kondisioner sehabis melakukan keramas.
  • Lakukanlah cara ini setiap hari agar ketombe segera menghilang dari rambut anda.

17. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak esensial yang bermanfaat dalam hal kecantikan dan juga kesehatan. Minyak zaitun ini merupakan minyak esensial hasil dari ekstrasi buah zaitun. Minyak ini bisa anda dapatkan dengan mudah di apotek. Cara penggunaanya pun sangat mudah yaitu sebagai berikut ini :

  • Oleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut terutama di bagian kulit kepala anda.
  • Pijat dengan lembut kulit kepala yang telah anda oleskan minyak zaitun.
  • Setelah diolesi dan dilakukan pemijatan, cara selanjutnya adalah dengan mendiamkan rambut yang telah diolesi dengan minyak zaitun tersebut selama 30 menit.
  • Setelah didiamkan bilaslah menggunakan air bersih.
  • Setelah dibilas cara selanjutnya adalah dengan menyampo rambut menggunakan sampo yang biasa.

(Baca juga manfaat minyak zaitun untuk : cara memanjangkan kuku dan cara alami memerahkan bibir)

18. Santan

Jika anda tidak bisa menemukan minyak kelapa, anda bisa menghilangkan ketombe dengan menggunakan santan. Santan yang bisa anda gunakan adalah santan dari buah kalapanya secara langsung bukan santan instan yang telah ada di dalam kemasan. Santan ini bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe jika dicampurkan dengan menggunakan jeruk nipis. Kandungan pada santan dan juga kandungan yang ada pada jeruk nipis itu dipercaya bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe menggunakan santan yang bisa anda lakukan di rumah :

  • Siapkan santan kental dengan takaran 100 ml.
  • Campurkan ke dalam santan kental itu air perasan jeruk nipis sebanyak 3 sendok makan.
  • Aduk agar campuran jeruk nipis dan santan kental itu bisa merata secara sempurna.
  • Setelah itu balurkan campuran santan dan juga jeruk nipis itu ke kulit kepala sambil kulit kepala dipijat secara lembut.
  • Diamkanlah rambut selama 30 menit.
  • Setelah didiamkan, bilas menggunakan air bersih kemudian lakukan penyampoan menggunakan sampo seperti biasa.
  • Lakukanlah sebanyak dua hari sekali secara rutin.

19. Minyak Almon

Minyak almon juga merupakan minyak esensial yang diperoleh dari esktrasi biji kacang almon. Minyak ini bermanfaat untuk menghilangkan ketombe yang ada di kulit kepala anda. Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan minyak almon :

  • Balurkan minyak almon ke kulit kepala anda.
  • Pijat kulit kepala secara lembut.
  • Gunakanlah handuk yang hangat untuk membungkus rambut.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Bilas menggunakan sampo.

20. Hair Tonic

Anda bisa menghilangkan ketombe dengan menggunakan hair tonic. Saat ini ada berbagai macam produk hair tonic yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya sangat mudah sekali yaitu mengoleskan hair tonic ke bagian rambut yang berketombe, dipijat, kemudian didiamkan selama 20 menit. Setelah didiamkan bilas menggunakan air yang bersih dan melakukan sampo seperti biasa.

Itulah berbagai macam cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan ketombe yang ada di kulit kepala anda. Keberhasilan dari cara tersebut tergantung dengan ketelatenan, tingkat keparahan ketombe dan juga cara melakukannya. Jika cara melakukannya sudah benar dengan mengikuti petunjuk di atas, ketombe bisa anda hilangkan asalkan anda sabar dalam melakukannya. Tidak ada hasil yang instan, semua cara menghilangkan ketombe membutuhkan waktu untuk melihat hasilnya.