11 Cara Menghilangkan Uban Dengan Kulit Kentang Paling Mudah

Memiliki penampilan yang indah adalah tujuan setiap orang di dunia ini, baik laki-laki maupun perempuan pasti menginginkannya. Apalagi ketika akan bertemu dengan orang lain, otomatis penampilan menjadi hal utama yang kita perhatikan. Tapi sayangnya beberapa orang merasa tidak percaya diri, dan hal ini disebabkan oleh uban yang menghiasi kepala mereka. Uban bagi sebagian orang yang memang sudah berusia diatas 35 tahun adalah hal yang biasa, namun untuk usia remaja hingga 30 tahun adalah masalah. Oleh sebab itulah kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghilangkan uban dengan kulit kentang. Cara ini dinilai sangat alami bukan?? Selain itu sangat aman dan tidak membahayakan rambut dan kulit kepala. Nah kali ini yuk kita simak bagaimana sih menghilangkan uban dengan menggunakan kulit kentang.

Langkah-Langkah Membuat Bahan Alami Dari Kulit Kentang

  1. Memilih 5-6 Buah Kentang Segar

Pertama pilihlah kentang yang segar sekitar 5-6 buah, dan pastikan tidak ada bagian kentang yang membusuk. Jika kamu menggunakan kentang dengan ukuran kecil, kamu bisa gunakan 5-7 kentang. Dan jika kamu menggunakan kentang dengan ukuran besar, maka kamu bisa menggunakan 5-6 buah kentang. Pastikan kentang tersebut masih keras atau tidak lembek, karena jika kentang yang kamu gunakan sudah busuk hasil akhir rambut mu tidak akan maksimal.

Baca Juga : Manfaat Jeruk Lemon Untuk WajahManfaat Lemon Untuk Kulit

  1. Mencuci Kentang

Langkah kedua adalah mencuci kentang hingga bersih. Jika kamu sudah mendapatkan kentang yang akan direbus dan sudah memastikan jika kentang segar, maka kamu sudah bisa mencucinya dengan air. Gunakan air bersih untuk mencuci kentang, disini kamu bisa menggunakan air mengalir agar kentang jauh lebih terjaga kebersihannya. Kamu bisa menggunakan air hangat untuk menghilangkan lumpur yang masih menempel pada kulit kentang yang. Dengan menggunakan air hangat, maka lumpur atau tanah akan cepat menghilang.

Baca Juga : Manfaat Hair-Mask Untuk Rambut – Penyebab Rambut Bercabang dan Rusak

  1. Mengupas Kentang

Langkah yang ketiga ialah memastikan jika kentang sudah bersih dari tanah atau lumpur, dan bersiaplah untuk mengupasnya. Kupaslah kentang yang sudah dicuci dengan ketebalan sekitar 0,5 cm, dan pastikan jika kamu sudah mengupasnya dengan rapi dan rata. Letakkan kulit yang sudah dikupas pada wadah atau panci agar lebih mudah direbus.

  1. Merebus Kentang

Langkah keempat ialah merebus kentang yang sudah dikupas. Pastikan jika semua kentang sudah terkupas dan siap untuk direbus. Siapkan panci yang mampu memuat seluruh kulit kentang mu, dan siapkan 700 ml air putih. Rebuslah kulit kentang tersebut hingga mendidih, dan biarkan kentang terebus hingga 30 menit lamanya. Jika sudah 30 menit angkat panci dari kompor dan diamkan hingga menghangat.

Baca Juga : Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit  – Bahaya penggunaan Kosmetik Yang Berlebihan

  1. Menyaring Kentang

Langkah kelima adalah menyaring air rebusan kentang, karena tentu kulit kentang masih tercampur dengan airnya. Kamu harus menyaring air kentang agar terpisah dengan kulitnya, dan bisa digunakan pada rambut yang beruban. Kamu bisa menyaring dengan cara sedikit demi sedikit, dan memasukkan air rebusan pada wadah yang bersih atau botol spray agar lebih simpel.

Langkah Sebelum Menggunakan Air Rebusan Kentang

Jika kamu sudah membuat air rebusan kulit kentang, maka kali ini saatnya kamu melakukan langkah berikut ini sebelum menggunakan air rebusan kentang untuk rambut beruban.

  1. Cuci Rambut Dengan Shampo / Keramas

Cucilah rambut mu dengan shampo seperti biasa, dan perhatikan cara keramas yang benar. Cara keramas yang benar ialah dengan memijat kulit kepala, dan jangan menggaruk kulit kepala karena akan membuat kulit kepala mu menjadi terkelupas. Selain itu menggaruk kulit kepala bisa membuat kulit kepala mu terluka, perih dan muncul koreng yang mengakibatkan rasa gatal.

Baca Juga :  Merk Pewarna Rambut yang HalalCara Membuat Masker Pepaya

  1. Gunakan Kondisioner

Jika kamu ingin menggunakan kondisioner, maka gunakanlah kondisioner yang sesuai dengan kebutuhan rambut mu. Kondisioner memiliki banyak jenis, varian atau merek dengan harga yang bermacam-macam juga, oleh sebab itu pilihlah kondisioner yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambut mu.

Baca Juga :  Cara Melebatkan Rambut

  1. Bilas Rambut Hingga Bersih

Bilaslah rambut dengan menggunakan air mengalir, dan pastikan jika air yang kamu gunakan bersih. Bilaslah rambut mu dari ujung atas kepala dengan rata dan banyak air, pastikan jika tidak ada shampo atau kondisioner yang menempel pada rambut dan kulit kepala mu. Periksalah kepala mu dan pastikan jika sudah bersih, dan tidak licin ya ladies.

  1. Keringkan Rambut

Usai keramas pastikan jika kamu sudah menyiapkan handuk khusus, dan handuk tersebut bersih. Keringkan rambut mu dengan handuk, jangan digosok-gosok atau langsung menggunakan hairdryer karena bisa membuat rambut mu rusak. Kamu hanya cukup menepuk-nepuk rambut mu dengan menggunakan handuk dan kipas angina saja. Hindari menggunakan catok pada rambut, karena catok bisa membuat rambut rusak akibat panasnya catok.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan KetombeManfaat Buah Kelapa Bagi Kecantikan

  1. Sisirlah Rambut

Jika usai keramas dan rambut mu bersih, pastikan jika rambut mu sudah kering. Jika rambut mu sudah kering dengan sempurna, sisirlah rambut mu dengan rapi, perlahan dan jangan ditarik karena bisa merusak rambut mu.

  1. Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Bagilah rambut mu menjadi beberapa bagian, kamu bisa membuat rambut mu menjadi 2 kearah kanan dan kiri. Atau kamu juga bisa membagi rambut mu menjadi 2 bagian diatas atau bawah. Dalam langkah ini kamu bisa menggunakan air rebusan kulit kentang pada rambut mu yang beruban.

Cara Menggunakan Air Rebusan Kentang

  1. Cara pertama masukkan air rebusan kentang pada botol spray, dan pastikan botol tersebut sudah bersih.
  2. Pastikan jika rambut mu sudah bersih, dan sudah terbagi menjadi beberapa bagian.
  3. Semprotkan air rebusan kulit kentang pada rambut mu, sedikit demi sekit, pastikan jika seluruh rambut yang beruban terkena air rebusan kulit kentang.
  4. Jika air rebusan kentang sudah menjangkau seluruh bagian rambut yang beruban, pijat dengan perlahan seperti saat menggunakan hair tonic.
  5. Diamkan rambut mu hingga mengering dengan sendirinya dan bila perlu dibilas, maka kamu boleh membilasnya dengan air bersih.

Nah sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menghilangkan uban dengan kulit kentang. Tapi tahukah kamu apa penyebab dari munculnya uban dikepala mu?? jika kamu masih belum tahu apa penyebab munculnya uban pada rambut mu, yuk simak yang penyebab munculnya uban yang berikut ini.

Penyebab Munculnya Uban

Uban adalah masalah rambut yang sering muncul dikalangan masyarakat, berikut penyebab munculnya uban pada rambut mu.

  1. Pola Hidup Yang Salah

Jika rambut mu beruban pada usia mu yang masih muda, bisa jadi karena pola hidup mu yang kurang sehat. Pola hidup yang tidak sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut mu juga. Jika kamu masih bingung bagaimana hidup tidak sehat itu ?? pola hidup yang tidak sehat adalah seringnya mengonsumsi alkohol, rokok dan makanan siap saji. Oleh sebab itu sebaiknya hindari pola hidup yang tidak sehat.

Baca Juga  : Manfaat Ginseng Untuk RambutManfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

  1. Sering Mewarnai Rambut

Jika kamu sering sekali mewarnai rambut mu, bahkan warna sebelumnya belum habis sudah kamu tambah ulang dengan warna baru. Hal ini bisa menyebabkan munculnya uban pada rambut mu, atau bahkan bisa menyebabkan kerusakan yang parah pada rambut mu. Masalah ini sangat gampang terjadi pada rambut mu, karena bahan kimia yang terkandung dalam cat rambut bisa merusak lapisan pada rambut dan kulit kepala.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Alis Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bibir

  1. Gangguan Stress

Salah satu pemicuh tertinggi munculnya uban adalah stress. Stress merupaan suatu gangguan mental yang menyebabkan kesehatan yang buruk. Dengan semakin buruknya kesehatan, maka bisa menyebabkan munculnya rambut putih atau uban pada kepala mu.

  1. Faktor Keturunan/Genetik

Tahukah kamu jika faktor keturunan atau genetic sangat mempengaruhi tumbuhnya uban pada usia dini. Kamu bisa memastikan hal ini dengan cara memperhatikan keluarga mu, atau kamu juga bisa menanyakan riwayat hidup dari keluarga mu. Dan dengan cara itulah kamu bisa memastikan apakah benar jika uban yang muncul pada kepala mu memang faktor keturunan atau genetik.

  1. Cara Diet Yang Salah

Bentuk tubuh yang kurang proposional membuat sebagian orang rela dan segan melakukan diet ketat. Tahukah kamu jika diet dengan cara yang salah, ternyata bisa memperburuk keadaan dan bahkan memicuh munculnya uban dikepala mu. Cara diet yang salah bisa membuat tubuh mu kekurangan nutrisi, dan menyebabkan tubuh mu kekurangan vitamin sehingga memicuh munculnya ketombe pada rambut mu. Oleh sebab itulah jika kamu memang berniat untu diet, maka sebaiknya berdietlah dengan cara yang benar.

  1. Kurang Asam Folat

Tahukah kamu jika kekurangan asam folat ternyata bisa menyebabkan munculnya uban pada rambut mu. Tapi jangan khawatir karena hal ini masih bisa diperbaiki, dan rambut mu bisa kembali hitam. Konsumsilah sayur yang berwarna hijau tua setiap hari, jika kamu mengonsumsinya secara teratur akan membuat rambut mu kembali hitam dan sehat.

  1. Kurang Vitamin C & E

Kurangnya vitamin C dan E ternyata bisa menyebabkan munculnya uban pada rambut mu. Oleh sebab itu rutinlah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E. Kamu bisa mendapatkan vitamin ini dari sayuran dan buah-buahan, dan tentu imbangi juga dengan mengonsumsi air putih 8 gelas sehari.

  1. Kurang Vitamin B12

Kurang vitamin B12 bisa memicuh tumbuhnya uban pada rambut mu lho, dan hal ini akan sangat mengganggu penampilan mu tentunya. Kekurangan vitamin B12 sering kali dijumpai pada orang-orang yang melakukan diet ketat. Oleh sebab itu ketika kamu dalam masa diet, sebaiknya kamu imbangi setiap nutrisi yang dibutuhkan tubuh mu.

Info : Tahukah kamu jika tidak seimbangnya hormon dapat memicuh munculnya uban pada rambut mu. Hormon ternyata sangat berperan penting dalam menentukan kondisi rambut mu, dan hal ini dapat memicuh tumbuhnya uban pada rambut mu.

Nah sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menghilangkan uban menggunakan kulit kentang. Kamu bisa mencoba cara ini lho, dan kamu juga bisa melakukannya dengan suasana yang santai tentunya. Lakukaan perawatan uban dengan memanfaatkan kulit kentang, dan ikuti langkah-langkah diatas. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamim C,E ,B12 dan Asam Folat agar rambut mu tetap sehat.  Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan rambut mu, dan juga hindari penggunaan catok, hairdryer dan alat yang mengandung panas dan berbahaya untuk rambut.