Cara Menumbuhkan Kumis Dengan Odol dan Perawatannya

Kumis pada wajah pria menimbulkan reaksi berbeda pada setiap orang yang melihatnya, terutama wanita. Ada yang menyukai pria berkumis, namun ada juga yang tidak. Banyak juga wanita yang merasa risih melihat pria berkumis, atau menganggap seseorang tampak tua dan kuno jika menumbuhkan kumis. Beberapa orang bahkan menganggap pria berkumis itu menyeramkan. Tapi ada juga beberapa pandangan yang menganggap pria berkumis adalah pria yang macho, bahwa kumis menunjukkan tanda kematangan seorang pria. Konon, seorang pria akan lebih tampak menjadi ‘lelaki’ atau lebih jantan jika memiliki kumis.

Saat ini kumis justru sedang menjadi tren kembali. Sederet selebriti pria dalam dan luar negeri sekarang tampil dengan berkumis. Karena itulah banyak pria yang tertarik untuk memilih berkumis, termasuk anak remaja pun banyak yang sudah memelihara kumis di wajahnya untuk mengikuti tren. Sayangnya, tidak semua pria bisa menumbuhkan kumis di wajahnya dengan mudah. Kadar hormon dalam tubuh seseorang memang berbeda – beda, dan tidak semua pria mempunyai kadar hormon yang dibutuhkan untuk menumbuhkan kumis dengan cepat.

Perawatan Wajah Agar Kumis Mudah Tumbuh

Sebelum lari kepada pembahasan mengenai caranya menumbuhkan kumis, terlebih dulu ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar rambut di wajah menjadi lebih mudah tumbuh, yaitu cara merawat wajah dengan benar. Perawatan wajah yang tepat juga akan menjadi cara menumbuhkan brewok dengan cepat dan cara menumbuhkan jambang. Caranya adalah seperti langkah berikut ini:

  • Jaga wajah supaya tetap bersih

Minyak di wajah, kotoran, dan sel kulit mati akan menjadi penghalang bagi folikel rambut untuk keluar dan tumbuh. Bersihkan wajah secara teratur dan rutin menggunakan pembersih yang cocok untuk pria. Bersihkan wajah dua kali sehari dan gunakan pembersih yang mengandung scrub seminggu sekali untuk mendapatkan manfaat eksfoliasi wajah.

  • Jangan mencukur wajah untuk sementara

Berlawanan dengan yang dipercayai orang, sering mencukur rambut di wajah tidak akan membuatnya tumbuh semakin cepat dan tebal atau menjadi cara menyuburkan rambut. Rambut memang akan tumbuh cepat setelah dicukur, akan tetapi setelah itu waktu tumbuhnya akan menjadi lebih lama atau melambat. Sebaiknya mulai proses menumbuhkan kumis pada waktu Anda tidak harus berpenampilan rapi dan mengharuskan wajah yang bersih dari rambut.

  • Lakukan pijat wajah

Pertumbuhan kumis bisa dirangsang dengan melakukan pijat wajah. Hal ini akan merangsang folikel rambut untuk tumbuh lebih tebal dan cepat. Pijat sedikit bagian atas bibir dengan gerakan melingkar selama sepuluh atau lima belas menit. Lakukan pijat wajah ini dua kali sehari. Pijatan pada wajah juga akan menjadi cara membuat hidung mancung dan cara membuat muka tirus secara alami.

  • Usahakan untuk santai dan sabar

Menunggu kumis tumbuh memang membutuhkan kesabaran. Stress tidak akan membantu Anda menumbuhkan kumis, justru sebaliknya. Lakukan semua proses dengan tenang dan konsentrasi penuh, tetapi tidak perlu sampai stres dan tegang menunggu hasilnya apakah kumis tumbuh dengan baik atau tidak.

  • Tidur yang cukup

Untuk memerangi ketegangan dan stres, sebaiknya sediakan waktu tidur yang cukup. Cukup tidur juga akan meningkatkan ketahanan dan metabolisme tubuh sehingga proses pertumbuhan rambut juga akan lancar dan tidak terganggu. Waktu tidur adalah waktunya tubuh kita meregenerasi sel – sel yang rusak sehingga penting untuk selalu tidur cukup.

  • Olahraga dengan teratur

Adanya manfaat olahraga untuk kecantikan wanita juga bisa dimanfaatkan oleh pria untuk menjaga kebugaran tubuhnya, sebab tubuh yang bugar akan mempermudah proses pertumbuhan rambut dan meningkatkan kinerja sistem tubuh.

  • Hindari merokok

Rokok akan melemahkan kinerja sistem tubuh dan karena itu juga menurunkan kekebalan tubuh. Rokok akan menjadi penyebab kerusakan pada rambut. Akan sulit untuk menumbuhkan kumis dengan tubuh yang lemah bukan? Sistem tubuh yang tidak bekerja dengan semestinya akan mempersulit kumis untuk tumbuh dengan cepat dan tebal. Merokok juga akan menjadi penyebab wajah kusam dan penyebab kulit keriput di usia muda.

  • Pilih makanan yang baik

Makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut adalah protein dan lemak. Termasuk juga untuk pertumbuhan kumis, makanan yang banyak mengandung protein dan lemak sangat baik untuk membantu kumis agar cepat tumbuh. Rambut sendiri terbuat dari protein, dan rambut yang sehat akan diapisi dengan minyak dan lemak. Protein dan lemak dapat membantu meningkatkan testosteron, hormon yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut dan bisa mengurangi penyebab rambut rontok pada pria. Kacang – kacangan dan ikan akan menjadi sumber yang baik untuk mendapatkannya.

  • Kurangi makanan manis

Makanan manis atau yang mengandung banyak gula dapat melemahkan kondisi rambut. Memakan terlalu banyak makanan manis jelas akan mempersulit rambut di wajah termasuk kumis untuk tumbuh dengan cepat. Bila ingin cara memanjangkan rambut pria dengan cepat dan menumbuhkan kumis dengan cepat, ganti makanan manis dengan rasa manis dari buah – buahan yang lebih alami.

  • Perbanyak asupan vitamin

Vitamin B dapat menjadi cara mencegah penuaan dini pada kulit. Vitamin B7 atau Biotin, adalah vitamin yang paling baik peranannya dalam pertumbuhan rambut. Selain itu, vitamin B3, B5 dan B9 juga penting. Biotin dapat ditemukan dalam kacang – kacangan dan kuning telur pada makanan kita, bisa juga dengan meminum suplemen yang mengandung biotin. Sedangkan vitamin B3 dan B5 akan memperbaiki sirkulasi darah, dan bisa ditemukan dalam daging sapi, ikan, ayam, kuning telur, alpukat, susu dan banyak lagi. Vitamin B9 akan bermanfaat untuk rambut yang lebih tebal dan bisa didapatkan dari sereal, kecang – kacangan dan sayuran berdaun hijau, juga cobalah merasakan manfaat susu kedelai untuk kulit yang bisa memenuhi asupan vitamin B.

  • Konsumsi juga vitamin A, C dan E

Vitamin A dapat membantu memelihara folikel rambut, bisa didapatkan dari wortel, brokoli, dan sayuran hijau. Untuk masker wajah, manfaat pisang untuk kulit yaitu dapat memberi manfaat vitamin A. Sedangkan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem tubuh bisa didapatkan dari buah jeruk, kentang, tomat, dan sayuran berdaun hijau tua. Untuk mendapatkan asupan vitamin C bagi kulit, bisa dilakukan suntik vitamin C dan kolagen, namun waspadai juga bahaya dan resikonya. Begitu pula vitamin E yang bisa meningkatkan sirkulasi tubuh dan bisa ditemukan dalam kacang – kacangan seperti kedelai dan sayuran.

  • Minum Banyak Air

Air putih adalah salah satu cara untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap berada pada kondisi puncak. Rambut pada tubuh termasuk kumis akan tumbuh lebih cepat dan sehat pada tubuh yang tidak kekurangan cairan. Minum air putih yang cukup juga salah satu tips membuat kulit putih dan tidak kusam.

  • Cobalah perawatan langsung pada kulit

Untuk menumbuhkan kumis, juga bisa dilakukan dengan bantuan obat – obatan penumbuh rambut, obat yang diresepkan oleh dokter kulit, dan melalui beberapa bahan yang ada di rumah. Contohnya seperti lidah buaya, minyak kemiri yang juga bisa mengatasi penyebab rambut rontok pada pria, manfaat  minyak kelapa untuk rambut, bahkan odol.

Tumbuhkan Kumis Dengan Odol

Bagaimana caranya jika pria yang sulit menumbuhkan kumis juga ingin tampil trendy sesuai jaman? Tidak perlu repot mencari segala perawatan mahal dan mutakhir untuk menumbuhkan kumis yang diinginkan. Ternyata ada cara mudah dan murah untuk memancing tumbuhnya kumis di wajah pria. Cara menumbuhkan kumis dengan odol bisa menjadi jawabannya, berikut ini cara memakainya :

1. Gunakan cermin untuk melihat wajah dengan lebih jelas.

2. Tuangkan odol secukupnya ke jari Anda. Merk apa saja bisa digunakan.

3. Oleskan odol ke bagian wajah di atas bibir.

4. Biarkan odol selama lima belas menit atau sampai mengering.

5. Bersihkan dengan handuk lembut dan air.

6. Lakukan cara ini setiap hari, lalu lihatlah hasilnya apakah sesuai dengan yang diharapkan.

Tips Merawat Kumis

Jika kelak kumis Anda sudah tumbuh lebat sesuai hasil yang diharapkan, maka kumis tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kumis juga akan bisa mengalami berbagai masalah jika tidak dirawat. Cara merawat kumis agar dapat tetap terbebas dari masalah yaitu seperti berikut:

  • Bersihkan kumis dengan rajin

Kotoran dan debu juga bisa menempel pada kumis, belum lagi bekas – bekas makanan yang menempel. Karena itu kumis juga harus selalu dalam keadaan bersih, sama dengan rambut di kepala. Bersihkan kumis setiap kali mandi dengan sabun wajah atau setiap kali membersihkan muka. Kumis yang kotor bisa menjadi penyebab alergi kulit wajah. Jangan lupa juga untuk membersihkan kumis setelah makan untuk menghilangkan bekas makanan yang menempel.

  • Potong kumis secara berkala

Sama seperti rambut di kepala, kumis pun bisa tumbuh panjang dan akan menjadi tidak beraturan jika tidak dirapikan. Usahakan untuk memotong kumis setiap dua atau tiga hari sekali untuk menjaga bentuknya tetap rapi dan tidak mencuat kemana – mana serta mengganggu penampilan. Bila Anda ingin juga mempunyai rambut yang lurus agar serasi dengan kumis di wajah, ada cara meluruskan rambut pria dengan hair dryer, alat catok dan beberapa perawatan alami seperti manfaat santan untuk rambut, manfaat seledri untuk rambut dan manfaat susu untuk rambut.

  • Lembabkan kumis

Kulit di bawah kumis juga harus dirawat agar tidak kering, karena area itu juga masih termasuk bagian dari kulit wajah. Sesekali berilah pelembab untuk kumis, bila perlu lembabkan wajah sekalian dengan beberapa merk pelembab wajah untuk kulit kering yang bagus dan cocok dengan kulit Anda. Walaupun Anda pria, tidak ada salahnya menggunakan pelembab untuk mengatasi masalah kulit yang kering.

  • Jangan menggunakan sampo 

Rambut pada wajah berbeda komposisinya dengan rambut kepala, karena itu jangan membersihkannya dengan menggunakan sampo. Siapa yang tahu akibat apa yang dapat merugikan Anda bila membersihkan kumis dengan sampo atau bahkan kondisioner. Bersihkan dengan sabun atau pembersih wajah saja sudah cukup baik.

  • Cobalah wax untuk kumis

Jika ingin gaya yang unik dan berbeda dengan orang lain, cobalah menggunakan wax untuk membentuk kumis. Bila sulit melakukannya sendiri, bisa mencari salon yang menyediakan layanan untuk pria, termasuk membentuk kumis dengan gaya yang unik. Tentukan dulu bentuk yang diinginkan untuk mempercepat prosesnya. Jangan lupa perhatikan apakah bahan wax ini bisa menimbulkan alergi atau tidak supaya aman bagi kulit wajah Anda, dan cari tenaga perawatan yang sudah ahli serta kompeten.

Biasanya, selain untuk mengikuti tren terbaru, kaum pria juga ingin menumbuhkan kumis karena ingin menjadi pusat perhatian para wanita. Jika masih mengalami kesulitan untuk menumbuhkan kumis Anda, sebaiknya tidak terlalu ngotot dalam berusaha. Ada beberapa orang yang memang dianugerahi kumis yang sangat mudah tumbuh, namun juga ada beberapa orang yang mengalami kesulitan. Jika demikian adanya, sebaiknya Anda berusaha ikhlas dan menerima, barangkali penampilan berkumis memang bukan untuk gaya Anda. Lagipula, berkumis bukan satu – satunya daya tarik pria yang bisa menarik wanita.