17 Cara Menumbuhkan Rambut Bayi Dengan Cepat Supaya Lebat

Kondisi rambut bayi ketika dilahirkan tidak sama antara satu dengan lainnya. Tidak semua bayi lahir dengan memiliki rambut. Sebagian bayi lahir ke dunia dengan kepala botak yang menggemaskan sementara sebagian lagi telah memiliki sejumput atau banyak rambut di kepalanya, dan hal ini merupakan suatu keadaan yang sangat normal. Jumlah rambut di kepala bayi ketika ia lahir biasanya berhubungan erat dengan gen yang diturunkan oleh orang tuanya, dan sudah mulai tumbuh saat bayi sedang di dalam kandungan sang ibu.

Para orang tua umumnya akan khawatir bila melihat rambut bayinya yang tipis dan tidak tumbuh lebat. Rambut memang memiliki fungsi yang sangat besar untuk melindungi kulit kepala kita dari cuaca dingin, sinar matahari dan juga debu serta kotoran. Fungsi rambut kepala terutama sangat penting untuk bayi yang kulitnya masih sangat sensitif. Dalam beberapa bulan pertama setelah kelahirannya, bisa saja bayi akan mengalami rambut rontok yang disebabkan oleh tingkat hormon di tubuhnya yang meningkat pesat seiring pertumbuhan fisiknya. Usia bayi ketika mengalami kerontokan rambut akan bervariasi, namun rata – rata biasanya terjadi saat usianya enam bulan.

Karakteristik Rambut Bayi

Pertumbuhan rambut bayi sangat bervariasi karena berhubungan dengan kondisi genetika seseorang. Siklus pertumbuhan rambut bayi akan berubah sejalan dengan pertambahan usianya. Ada kemungkinan ketika ia mencapai usia satu atau dua tahun maka tekstur rambut bayi akan menjadi lebih tebal dan warnanya akan lebih pekat. Selain itu, tidak hanya faktor keturunan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut bayi, namun juga ada faktor gizi, lingkungan dan kadar hormon yang ada pada tubuh bayi.

Di dalam masyarakat kita dikenal banyak perawatan tradisional yaitu yang terbuat dari bahan alami untuk segala jenis keperluan, termasuk untuk memperbaiki pertumbuhan rambut bahkan pada bayi sekalipun. Beberapa bahan alami yang dapat membantu pesatnya pertumbuhan rambut bayi adalah:

1. Henna
Henna atau pacar adalah produk alami yang dapat digunakan untuk mendorong pertumbuhan rambut bayi. Henna adalah produk alami dan karena itu tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Cara membuat henna alami dapat Anda lakukan dengan menanam sendiri tanaman henna di halaman Anda. Sedangkan cara membuat henna bubuk yaitu dengan menumbuk daun henna secukupnya lalu dikeringkan hingga bisa menjadi bubuk. Cara menggunakan henna untuk rambut bayi yaitu:

  • Anda bisa mencampurkan bubuk henna dengan air hangat secukupnya atau menghancurkan daun henna sampai menjadi pasta, lalu diaplikasikan ke kepala bayi.
  • Biarkan selam satu jam
  • Cuci bersih dengan air biasa
  • Lakukan perawatan ini pada rambut bayi setidaknya sekali seminggu, dan Anda akan melihat hasilnya segera. Tidak hanya menebalkan rambut, perawatan dengan henna juga dapat membuat rambut anak akan tampak berkilau.

Jika tidak ingin repot dengan pembuatan henna sendiri, Anda juga bisa mencari bubuk henna siap pakai di supermarket, toko obat atau toko yang menjual berbagai alat kecantikan serta kosmetik.

2. Yogurt

Yogurt adalah bahan alami yang sangat baik untuk menumbuhkan rambut dan sering digunakan dalam campuran masker wajah serta rambut. Gunakan yogurt tanpa rasa atau yogurt tawar ketika akan melakukan perawatan rambut. Cara menggunakan yogurt untuk cara menumbuhkan rambut bayi yaitu:

  • Ambil secangkir yogurt kental dan aduk merata
  • Oleskan ke rambut bayi atau anak.
  • Biarkan selama setengah jam dan cuci menggunakan air dingin.
  • Anda bisa menggunakannya pada bayi setiap dua hari sekali.

3. Telur

Manfaat telur untuk rambut dan manfaat putih telur untuk perawatan rambut telah sering digunakan. Telur adalah sumber protein dan dapat membantu menebalkan rambut. Cara menggunakannya yaitu:

  • Pecahkan satu butir telur dan kocok hingga merata.
  • Oleskan pada kulit kepala adn rambut anak.
  • Biarkan selama sejam lalu cuci rambut anak dengan sampo.

Aroma telur bisa jadi sangat menyengat dan anak Anda tidak akan senang selama perawatan dengan menggunakan telur. Untuk mengurangi aromanya, Anda bisa menggunakan sedikit minyak esensial yang dicampurkan ke dalam telur tersebut.

4. Minyak Kelapa dan Lemon

Manfaat minyak kelapa untuk rambut juga telah banyak digunakan sebagai bahan untuk membantu perawatan rambut. Manfaat VCO untuk rambut bayi juga dapat digunakan untuk membantu pertumbuhannya dengan memberi nutrisi pada rambut. Cara menggunakannya yaitu:

  • Siapkan tiga atau empat sendok makan minyak kelapa murni.
  • Tambahkan satu sendok makan air perasan lemon dan aduk merata.
  • Oleskan pada rambut anak ketika malam hari.
  • Biarkan semalaman, cuci rambut anak keesokan harinya dengan air hangat. Air hangat akan membantu menghilangkan minyak dari kulit kepala.

5. Fenugreek

Fenugreek adalah bahan yang sangat baik untuk menjaga rambut bayi dan anak bebas dari masalah, karena kandungan anti bakterinya. Fenugreek mampu menyembuhkan masalah ketombe sehingga dapat menjadi cara menghilangkan ketombe dengan mudah dan cara menghilangkan ketombe di kulit kepala serta masalah infeksi di kulit kepala lainnya. Anda dapat menggunakan fenugreek untuk menumbuhkan rambut bayi dengan cara berikut:

  • Rendam fenugreek secukupnya dalam air dan biarkan semalaman.
  • Keeesokan harinya, giling fenugreek yang telah direndam tersebut sampai halus.
  • Oleskan pasta yang terbentuk setelah digiling ke rambut bayi Anda.
  • Biarkan agak mengering lalu bersihkan.

6. Almond

Manfaat almond untuk rambut berasal dari minyak yang dihasilkan dari biji almond manis dan juga dari biji almond itu sendiri. Minyak almond bahkan dapat digunakan sebagai cara menebalkan alis mata. Jika minyak almond cukup dioleskan pada kulit kepala dan rambut bayi, maka cara menggunakan biji almond berbeda, yaitu seperti ini:

  • Peras satu buah lemon di dalam satu mangkuk yang berisi air.
  • Rendam biji almond didalamnya untuk beberapa lama.
  • Giling dan hancurkan almond yang telah direndam sampai menjadi pasta.
  • Aplikasikan pada rambut bayi Anda.
  • Hasilnya pada volume rambut si bayi akan terlihat beberapa hari kemudian.

7. Terapi Minyak Esensial

Perawatan dengan minyak esensial adalah salah satu yang dapat membantu pertumbuhan rambut bayi menjadi lebat dan sehat. Jadikan kebiasaan untuk merawat kulit kepala dengan minyak esensial sejak anak masih kecil. Memijat kulit kepala dengan lembut dan dalam gerakan melingkar akan memperlancar sirkulasi darah di kulit. Ramuan yang terbuat dari minyak esensial akan sangat berguna untuk pertumbuhan rambut bayi, dan inilah cara membuatnya:

  • Siapkan satu cangkir minyak kelapa murni, satu sendok teh biji fenugreek, satu sendok teh biji jintan hitam, dua sendok teh bubuk amla kering, setengah cangkir minyak sesame, tiga sampai empat bunga hibiscus dan lima atau enam daun kari.
  • Campur semuanya dan masak diatas kompor dengan api kecil hingga minyak berkurang menjadi sepertiga bagian.
  • Pindahkan dari kompor dan dinginkan.
  • Setelah dingin, saring minyaknya dan tempatkan dalam sebuah botol kaca.
  • Gunakan ramuan ini untuk memijat kulit kepala bayi tiga kali dalam seminggu.

8. Lidah Buaya

Cara merawat rambut dengan lidah buaya telah menjadi rahasia perawatan rambut yang umum diketahui. Khasiatnya antara lain dapat menjadi cara menghitamkan rambut dengan lidah buaya dan cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya. Untuk rambut bayi, lidah buaya juga dapat digunakan bagi pertumbuhannya. Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya pada kepala bayi sebelum ia dimandikan. Beri jeda beberapa saat antara sesudah mengoleskan dengan waktu mandi agar khasiat lidah buaya dapat meresap.

9. Minyak Kemiri

Kemiri adalah salah satu cara perawatan tradisional yang telah lama dikenal.  Cara menebalkan alis dengan kemiri dan cara menumbuhkan kumis dengan kemiri telah banyak dicoba oleh orang – orang sebagai salah satu cara untuk mendapatkan alis dan kumis yang lebat. Pada prinsipnya Anda dapat menggunakan kemiri untuk menumbuhkan rambut bayi yang cara pembuatannya sama dengan cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak. Jika ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa mencari minyak kemiri yang banyak dijual bebas di pasaran.

10. Alpukat

Manfaat masker alpukat untuk rambut bayi didapatkan dari kandungan vitamin E didalamnya. Untuk membantu pertumbuhan rambut bayi, cara membuat masker alpukat dapat dicampurkan dengan madu seperti berikut:

  • Pilihlah buah alpukat yang matang dan berkualitas bagus.
  • Kupas daging buahnya dan hancurkan sampai lembut tanpa ditambahkan air.
  • Tambahkan satu sendok makan madu murni dan aduk hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pada kulit kepala dan rambut bayi.
  • Biarkan pada kepala bayi sekitar sepuluh menit lalu bilas dengan air biasa
  • Setelah itu keramas kepala bayi dengan sampo.

11. Pisang

Mineral yang ada di dalam buah pisang seperti kalium dan potasium dapat membantu perbaikan pertumbuhan rambut, karena itu manfaat pisang untuk rambut  banyak diandalkan sebagai bahan perawatan alami. Tambahkan minyak zaitun untuk memperkuat folikel rambut dan agar rambut tumbuh lebih baik. Cara menggunakan pisang untuk menumbuhkan rambut bayi yaitu:

  • Pilih satu buah pisang yang matang dan hancurkan
  • Campurkan minyak zaitun secukupnya ke pisang yang dihancurkan tersebut sampai merata.
  • Tambahkan yogurt sebanyak satu sendok teh pada campuran pisang dan minyak zaitun jika ada
  • Oleskan langsung pada kulit kepala dan rambut bayi sambil dipijat lembut
  • Biarkan selama sepuluh menit lalu bilas sambil memandikan bayi Anda.

12. Madu 

Madu mempunyai manfaat yang beragam dan sangat ampuh bagi pertumbuhan rambut. Manfaat madu untuk rambut telah digunakan dalam berbagai cara untuk merawat kondisi rambut sejak zaman dulu, tentu saja menggunakan madu murni. Manfaat madu untuk rambut bayi sangat baik karena dapat membantu pertumbuhannya agar pesat dan tebal. Cara menggunakan madu untuk menumbuhkan rambut bayi yaitu:

  • Siapkan beberapa sendok makan madu murni dan minyak zaitun yang berjenis extra virgin.
  • Aduk hingga merata dan gunakan pada kepala bayi sambil dipijat lembut.
  • Biarkan meresap selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat, tidak perlu keramas dengan sampo bayi.

13. Seledri

Manfaat seledri untuk rambut dapat menjadi cara alami menebalkan rambut yang tipis, karena itu pula seledri dapat berguna untuk cara menumbuhkan rambut bayi. Seledri dapat memberi nutrisi pada kulit kepala bayi sehingga tumbuh dengan baik dan lebat. Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut untuk menggunakan seledri bagi pertumbuhan rambut bayi:

  • Siapkan beberapa lembar seledri segar.
  • Haluskan dengan blender tanpa menggunakan air
  • Setelah hancur, oleskan daun seledri pada kepala bayi sambil pijat perlahan
  • Anda bisa memberikan perawatan ini pada rambut bayi sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang lebih baik.

Menjaga Pertumbuhan Rambut Bayi

Ramuan alami dapat berguna untuk membantu rambut bayi tumbuh lebih hitam dan lebat, namun Anda juga perlu mengetahui bagaimana caranya untuk menjaga agar tidak ada faktor yang dapat merusak kondisi rambut bayi. Biasanya perawatan sehari – hari yang kurang tepat akan mempengaruhi kondisi kulit kepala bayi dan menyebabkan pertumbuhan rambutnya terganggu. Hal – hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga pertumbuhan rambut bayi adalah:

1. Kebersihan Kulit Kepala

Pada beberapa bayi yang baru lahir, kulit kepalanya biasanya akan terlihat agak kotor serta kering. Kadang bahkan terlihat lapisan putih seperti ketombe di kulit kepala, yang dipengaruhi oleh kondisi hormon dan sewaktu bayi masih berada di dalam rahim ibunya. Penting untuk selalu menjaga kulit kepala bayi tetap tidak berminyak, tidak terlalu kering dan selalu bersih.

2. Perhatikan Gizi Bayi

Tingkat gizi anak selalu menjadi perhatian yang paling utama karena ini dapat mempengaruhi proses tumbuh kembang anak. Untuk mendapatkan rambut yang indah, terlebih dulu asupan gizi pada anak harus dicukupi. Bagi bayi yang masih mendapatkan ASI eksklusif, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin serta gizi. Sedangkan untuk bayi yang sudah memasuki masa MPASI, maka Anda dapat memberikan makanan yang penuh gizi seperti buah – buahan, dan sayuran

3. Posisi Tidur Bayi

Bayi baru lahir tentu saja belum dapat banyak bergerak. Ia akan banyak berbaring selama beberapa bulan pertama setelah dilahirkan. Terus menerus tidur pada posisi yang sama tentunya membuat resiko rambut bayi pada bagian yang di belakang kepala akan menjadi sulit tumbuh dengan baik. Solusinya dengan memperbaiki posisi tidur bayi yaitu:

  • Bantu lah untuk mengubah posisi bayi tidur ketika ia sudah bisa berguling atau berbaring ke samping.
  • Gunakan sisir atau sikat rambut khusus bayi jika diperlukan.

4. Gunakan Sampo Bayi

Kulit bayi yang masih menunjukkan ciri – ciri kulit sensitif memang memerlukan produk yang dibuat khusus bagi bayi. Pilihlah sampo yang memang khusus dibuat untuk rambut bayi dan jangan menggunakan sampo terlalu banyak pada saat mencuci rambut bayi, karena terkadang penyebab rambut bayi rontok  justru karena kulit kepalanya kering akibat salah memilih sampo. Beberapa kriteria sampo yang aman untuk bayi adalah:

  • Sampo yang tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia.
  • Carilah sampo yang tidak akan menyebabkan mata pedih
  • Pilih sampo yang tidak banyak busanya dan berjenis organik.

Sebesar apapun keinginan Anda untuk melihat rambut si kecil tumbuh sehat, lebat dan legam sebaiknya tidak berakibat pada ketidak nyamanan bayi Anda sendiri. Dengan kata lain, Anda dapat memberikan perawatan dengan bahan – bahan alami tersebut hanya jika bayi tampak nyaman, dan menyesuaikan dengan suasana hati bayi. Jika dipaksakan saat bayi terlihat tidak nyaman, ia akan rewel sepanjang proses perawatan tersebut sehingga bisa jadi akan menyusahkan untuk dibersihkan dan dapat berakibat perawatan ini tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Karena itu, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan kondisi bayi ketika akan melakukan perawatan untuk rambutnya. Bila perlu sambil mengajaknya bermain atau menyusuinya sehingga perhatiannya teralih dan tidak rewel.