15 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Kemiri dan Manfaatnya

Sebagai orang Asia, mayoritas dari kita memiliki rambut gelap seperti hitam atau cokelat gelap. Untuk menjaga agar rambut gelap tetap sehat, Anda perlu merawatnya. Kebanyakan memang lebih memilih perawatan rambut di salon karena keterbatasan waktu dan pengetahuan. Namun bila Anda tahu, sebenarnya perawatan rambut tidak perlu mengeluarkan biaya mahal dan cara yang sulit. Ada rahasia untuk menjaga agar rambut gelap Anda tetap tumbuh subur dan sehat. Cara tradisional adalah jawabannya.

Tahukah Anda bahwa selain digunakan untuk memasak, kemiri ternyata juga bermanfaat untuk menumbuhkan rambut secara alami? Kemiri mengandung kandungan alami yang baik bagi pertumbuhan rambut dan dapat membantu menumbuhkan rambut dengan berbagai macam cara. Anda bisa melakukan perawatan rambut tradisional dengan kemiri ini dari rumah dan membuatnya sendiri.

Baca juga: Penyebab Rambut Rontok pada Pria – Cara alami menebalkan rambut – Penyebab Rambut Bercabang dan Rusak

Kemiri juga biasa dikenal sebagai candlenutcandleberry, walnut India, atau pohon kacang kukui. Pohonnya biasa tumbuh di daerah tropis dan tingginya dapat mencapai 15-25 meter dengan banyak cabang yang melebar dan menggelantung. Daunnya memiliki panjang antara 10-20 sentimeter, berwarna hijau pucat, berbentuk oval dan bercuping tiga, jarang yang bercuping lima. Kacangnya, yaitu kemiri yang biasa kita temui di dapur, berbentuk bulat dan berdiameter antara 4-6 sentimeter. Biji kemiri di dalamnya memiliki lapisan yang keras dan mengandung kadar minyak yang tinggi, yang akan kita bahas dan gunakan dalam artikel perawatan rambut dengan kemiri ini.

Kemiri mengandung nutrisi seperti saponin, flavonoid, polifenol, dan beberapa macam protein serta karbohidrat. Mineral yang terkandung di dalamnya ada fosfor, potasium, kalsium, dan magnesium. Vitamin A, B1, asam folat, serta phytosterol yang juga terkandung dalam kemiri bermanfaat bagi kesehatan, yaitu untuk mencegah level kolesterol meningkat.

Manfaat Kemiri untuk Rambut

1. Menghitamkan rambut

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, kemiri (atau lebih tepatnya minyak kemiri) dapat membuat rambut gelap Anda terjaga dan lebih berkilau. Tidak hanya untuk Anda yang memiliki rambut hitam, kemiri juga dapat menajamkan warna asli rambut Anda dan membuatnya nampak lebih indah.

2. Mengurangi kerontokan

Apakah Anda mengalami kerontokan rambut yang parah? Anda bisa mengatasinya dengan minyak kemiri! Kandungan protein dan mineral pada minyak kemiri dapat mencegah rambut rontok dengan menguatkan akar rambut Anda.

Baca juga: Cara mencegah rambut rontok parah – Cara mengatasi rambut rontok – Cara memanjangkan rambut pria dengan cepat

3. Menyuburkan rambut

Rambut yang mengalami kerontokan parah dapat membuat area di kepala Anda nampak menipis atau bahkan mengalami kebotakan. Penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat membuat rambut Anda tubuh dengan lebih cepat dan sehat sekaligus lebih kuat.

4. Membuat rambut lebih tebal

Nutrisi yang terdapat dalam kemiri membuat akar rambut mendapatkan makanan yang sehat. Sehingga batang rambut Anda akan tumbuh lebih sehat, lembut, dan tebal. Dengan membuat rambut Anda semakin lembut, berarti rambut Anda pun akan semakin tidak mudah kusut.

Baca juga: Cara melembutkan rambutCara menumbuhkan kumis dengan pasta gigi

5. Mengatasi uban

Bila rambut Anda mulai memutih, Anda bisa menggunakan kemiri untuk menghitamkan sekaligus menutrisi rambut Anda. Rambut dapat tumbuh lebih sehat, lembut, dan lebih tebal setiap helainya. Mineral dan protein yang terkandung di dalam minyak kemiri dapat mmerbaiki rambut Anda dan membuat warnanya kembali normal, tidak peduli apa warna asal rambut Anda.

Baca juga: Cara Menghilangkan Uban Dengan Kemiri – Cara menumbuhkan jambang

6. Membersihkan ketombe

Salah satu masalah yang sering melanda rambut adalah ketombe. Masalah yang satu ini dapat mengurangi kepercayaan diri Anda, tentunya. Bahkan sebagian orang bisa saja merasa tidak suka dekat-dekat dengan Anda karenanya. Kini Anda tidak perlu khawatir karena minyak kemiri dapat mengatasi masalah rambut yang satu ini. Kuncinya adalah Anda hanya perlu sabar, dan lakukan perawatan dengan minyak kemiri secara teratur.

Tuangkan minyak kemiri ke telapak tangan, gosokkan hingga merata dan gunakan untuk memijat kepla Anda secara perlahan hingga seluruh bagian kulit kepala terolesi dengan minyak. Biarkan minyak tersebut di kepala Anda selama beberapa saat lantas bersihkan rambut Anda. Minyak kemiri dapat membersihkan kulit kepala Anda dari kotoran-kotoran yang dapat menyebabkan ketombe.

7. Menyuburkan rambut di area lain

Setiap orang memiliki rambut lebih di tubuhnya selain di kepala, seperti alis, kumis, dan jenggot untuk para pria. Minyak kemiri juga memiliki manfaat kesehatan untuk rambut di area ini. Ia dapat menyuburkan dan menumbuhkan rambut serta menyelesaikan masalah lain yang berhubungan dengan rambut di area tersebut. Namun Anda perlu menambahkan bahan lain untuk merawat rambut di area ini, yaitu sedikit gel lidah buaya. Campurkan minyak kemiri dengan gel tersebut dan oleskan pada di area yang diinginkan.

Baca juga: Cara Menumbuhkan Kumis Dengan Kemiri – Manfaat Kemiri untuk Alis – Cara Menebalkan Alis Dengan Kemiri

Cara Membuat Sendiri Minyak Kemiri

1. Mengekstrak minyak dari kemiri menggunakan press method atau metode tekanan ini merupakan cara yang biasa dipakai oleh orang Hawaii sejak zaman purba hingga kini. Orang Hawaii menyebutnya minyak kukui. Mereka menggunakan minyak kemiri yang telah diekstrak ini untuk banyak hal, selain untuk menyuburkan rambut, kandungan antioksidannya digunakan untuk meredakan kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, jerawat, luka bakar akibat sinar matahari, sinari radiasi, bekas luka, kulit kering dan pecah-pecah.

Langkah awal membuat minyak kemiri:

  • Pilihlah kemiri yang matang, keras, dan bersih dari segala jenis kotoran. Kemiri yang biasanya diesktrak untuk didapatkan minyaknya adalah yang matang dan berwarna lebih gelap dari kemiri yang masih muda. Warna gelap ini menandai proses penuaan alami kemiri tersebut dan minyak yang didapatkan dari dalamnya tidak berwarna dan konsistensinya cair.
  • Siapkan loyang pemanggang yang telah diberi alas kertas dan panggang kemiri yang telah matang tadi di dalam oven dengan suhu 350 derajat Celsius selama dua jam.
  • Setelah itu keluarkan dari oven dan biarkan kemiri dingin sebelum memecahnya. Keluarkan bagian dalam biji kemiri dari kulitnya dan lumatkan. Giling isi kemiri tersebut hingga berbentuk pasta, Anda bisa menggunaan mortar dan alat penumbuk atau ulekan.

Ada tiga metode yang dapat Anda lakukan untuk mengekstrak minyak kemiri:

  • Gunakan alat semacam oil press yang dapat dioperasikan sendiri dengan tangan untuk mengekstrak minyak dari pasta kemiri tadi.
  • Gunakan kain katun tipis (bila Anda tahu cheesecloth, kain yang biasa digunakan untuk membungkus saat membuat keju, bisa juga menggunakan ini) dan isi kain tersebut dengan pasta kemiri tadi. Peluntir dan kencangkan kain tersebut seperti saat memeras pakaian yang sedang dicuci guna mengekstrak minyak dari pasta kemiri yang terbungkus di dalamnya.
  • Atau bisa juga menempatkan pasta kemiri tadi dalam sebuah toples dan letakkan toples tersebut di dalam lemari es. Minyak kemiri akan terpisah dengan sendirinya dan naik ke permukaan toples selama ditaruh di dalam lemari es. Tuang minyak kemiri yang telah terpisah ini ke dalam toples lain dan masukkan kembali ke dalam lemari es agar dapat digunakan dan tahan lama. Buang pasta kemiri yang sudah tidak menghasilkan minyak tadi.

2.Mengeringkan biji kemiri dengan menjemurnya di bawah sinar matahari juga bisa dijadikan alternatif bila Anda tidak memiliki oven. Setelah kemiri kering, lanjutkan membakarnya hingga kemiri gosong, setelah itu baru blender kemiri hingga minyaknya terpisah. Proses ini akan menghasilkan minyak kemiri yang berwarna hitam. Jangan khawatir karena ia tidak akan menyebabkan alergi meski pada kulit kepala yang sensitif.

3. Anda bisa juga menggunakan cara lain yaitu dengan memblender biji kemiri dalam kondisi utuh. Tambahkan air yang cukup dan peras hasil blenderan tadi hingga menghasilkan jus kemiri yang tidak berwarna alias transparan. Letakkan hasilnya pada tempat tertutup selama 24 jam, lantas goreng jus kemiri tadi hingga minyaknya keluar. Pisahkan minyaknya dan Anda dapat menggunakannya.

Baca juga: Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Botak –  Cara merawat rambut agar tidak bercabangCara mengatasi rambut kering

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Minyak Kemiri

Selain membuat sendiri minyak kemiri, Anda juga bisa mendapatkannya dalam bentuk kemasan botol kecil di pasaran. Namun pastikan bahwa produk yang Anda beli merupakan hasil olahan minyak kemiri asli dan bukan tiruan atau palsu, apalagi yang telah dicampur dengan bahan kimia yang berbahaya bagi kulit.

Penggunaan minyak kemiri ini sendiri cukup mudah, terutama bagi Anda yang ingin menumbuhkan rambut. Cukup gunakan minyak kemiri secukupnya pada kulit kepala dan rambut Anda, pijat kulit kepala secara lembut dan biarkan minyak bertahan di kepala Anda paling tidak selama satu jam, namun akan lebih baik lagi bila semalaman sehingga lakukan perawatan tadi sebelum Anda pergi tidur. Lantas bersihkan rambut Anda sesudahnya seperti biasa. Anda bisa melakukan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu hingga Anda memeroleh hasil yang diharapkan.

Artikel terkait: