14 Cara Merawat Rambut Agar Lembut dan Mudah Diatur

Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda. Seperti apakah keadaan rambut anda? Rambut adalah bagian tubuh yang penting untuk menunjang penampilan dan menambah rasa percaya diri kita. Baik wanita maupun pria pasti menginginkan rambut yang lembut dan mudah diatur. Memiliki rambut lembut bukanlah hal yang mustahil jika kita mengetahui cara perawatan rambut yang baik. Cara merawat rambut agar lembut tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal atau dengan cara yang sulit dilakukan berikut ini adalah beberapa cara mudah yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan rambut lembut yang menyenangkan.

1. Jangan Keramas Setiap Hari

Apakah anda termasuk tipe orang yang sangat rajin keramas hingga setiap hari melakukannya? Memang banyak manfaat cuci rambut setiap hari yang bisa kita dapatkan. Namun tahukah anda jika keramas setiap hari dapat menyebabkan rambut menjadi kering? Mengapa demikian? Ketika kita terlalu sering mencucinya, rambut akan kehilangan kelembaban alaminya. Sebenarnya rambut mengeluarkan minyak alami agar tidak menjadi kering. Nah, jika kita keramas setiap hari, fungsi tersebut akan hilang. Rambut yang kering dapat menyebabkan permukaannya menjadi kasar dan tidak lembut lagi. Tidak hanya itu saja, rambut kering juga dapat menyebabkan masalah rambut lainnya yang lebih serius seperti rambut rontok yang sulit diatasi.

2. Minumlah Vitamin Secara Teratur

Apakah anda telah mengonsumsi vitamin secara teratur? Saat ini masih banyak orang yang tidak begitu mementingkan konsumsi vitamin karena merasa telah cukup. Padahal vitamin dapat menjadikan tubuh anda lebih sehat dan terjaga kondisinya. Beberapa jenis vitamin dapat membantu anda mendapatkan rambut yang lembut menawan. Vitamin yang dapat melembutkan rambut adalah vitamin E, asam lemak omega 3, dan protein. Nah, sudahkah anda mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup?

3. Lakukan Keramas 3 Kali dalam Seminggu

Daripada anda melakukan keramas setiap hari, akan lebih baik jika anda mengatur waktu keramas anda secara terjadwal. Misalnya cucilah rambut anda pada hari Minggu, Rabu, dan Jumat. Gunakanlah sampo yang memiliki formula yang melembutkan dan pastikan bahwa sampo tersebut memang sesuai untuk jenis rambut anda. Kini sudah tersedia di pasaran berbagai varian sampo yang bisa anda pilih. Akan lebih baik jika anda memilih produk yang memiliki kandungan alami. Inilah salah satu cara melembutkan rambut yang paling sederhana.

4. Jangan Keramas Menggunakan Air Panas

Sama halnya dengan keramas setiap hari, melakukannya dengan menggunakan air hangat yang terlalu panas dapat menyebabkan rambut kehilangan minyak pelembab alaminya. Air suam-suam kuku bisa anda gunakan untuk mencuci rambut anda. Namun tidak dengan air yang terlalu hangat. Penggunaan air biasa juga tidak masalah untuk mencuci rambut anda secara rutin.

5. Gunakanlah Conditioner

Mungkin selama ini masih banyak orang yang menganggap bahwa conditioner hanyalah sebagai bahan tambahan saja dan tidak terlalu penting. Sebagian dari kita sering menganggap bahwa keramas hanya dengan menggunakan sampo saja suda cukup. Namun anda harus tahu bahwa conditioner merupakan bagian yang penting jika anda ingin memiliki rambut yang lembut. Conditioner memiliki bahan yang dapat melembutkan rambut. Selain itu conditioner dapat lebih menjaga keadaan rambut tetap normal dalam waktu yang lebih lama juga dipakai sebagai cara mengatasi rambut kering.

6. Gunakan Handuk Berbahan Lembut

Bagaimana cara anda mengeringkan rambut selama ini? Saat mengeringkan rambut setelah keramas, sebaiknya anda memilih jenis handuk yang berbahan lembut. Handuk yang kasar dapat merusak rambut anda. Bukannya mendapatkan rambut yang lembut, kerusakan yang lebih parah justru akan menghantui anda. Pemilihan bahan handuk yang akan digunakan memang menjadi sangat penting. Keringkanlah rambut secara alami tanpa menggunakan hair dryer. Jika ingin cepat kering, anda bisa menggunakan kipas angin atau angin alami. Peraslah rambut anda sesaat setelah keramas terlebih dahulu. Namun ingat, jangan terlalu keras.

7. Berikan Nutrisi untuk Rambut Anda

Rambut tidak hanya membutuhkan keramas secara rutin agar tetap sehat. Terkadang penataan rambut yang terlalu sering menggunakan bahan kimia dapat menjadi penyebab kerusakan pada rambut. Selain itu, kegiatan mencatok rambut dapat menyebabkan keadaan rambut anda semakin parah. Hal ini karena panas yang dikeluarkan dari alat tersebut dapat merusak permukaan rambut anda. Untuk itulah anda perlu menggunakan vitamin rambut.

8. Gunakan Mayonnaise

Mayonnaise ternyata tidak saja hanya bisa digunakan sebagai pelenngkap makanan yang menggugah selera. Tahukah anda bahwa mayonnaise dapat digunakan sebagai bahan untuk melembutkan rambut? Yups, mayonnaise yang tinggi lemak dapat menjadi pengganti masker rambut. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyediakan secangkir mayonnaise kemudian usapkan pada rambut kering seperti anda menggunakan masker. Setelah itu biarkan 10 menit sebelum membilasnya. Lakukan keramas seperti biasa setelah menggunakan mayonnaise untuk melembutkan rambut anda.

9. Jangan Mewarnai Rambut Sembarangan

Apakah anda termasuk tipe orang yang suka berganti-ganti warna rambut? Memiliki rambut yang berwarna memang terkadang menyenangkan dan dapat menjadi suatu kepuasan tersendiri dalam hidup. Namun anda harus tahu bahwa salah satu bahaya cat rambut adalah dapat merusak rambut kita. Rambut dapat kehilangan kelembutannya karena bahan kimia dari cat rambut tersebut. Oleh karena itulah sebaiknya anda mengurangi kebiasaan mengganti warna rambut agar rambut anda tetap dalam keadaan normal dan selalu lembut.

10. Makanan Makanan Bergizi

Seluruh bagian pada tubuh kita memerlukan nutrisi untuk terus berada dalam kondisi sehat. Hal ini juga termasuk rambut. Apakah selama ini anda sudah menerapkan pola makan yang sehat? Jika belum, sebaiknya segera mulailah konsumsi makanan sehat mulai sekarang. Apa sih yang dimaksud dengan makanan sehat? Makanan sehat adalah makanan yang banyak mengandung gizi yang bermanfaat besar bagi tubuh. Contoh paling banyak dari makanan sehat adalah sayuran dan buah-buahan. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari tanpa takut mendapatkan efek samping yang tidak diinginkan. Berbagai sayur dan buah bisa dikombinasikan untuk mendapatkan menu makanan yang beragam. Anda bisa mengolahnya atau mengonsumsinya secara langsung.

11. Gunakan Masker Rambut

Berbagai jenis perawatan rambut di salon memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tapi anda tidak perlu selalu melakukannya jika memang waktu dan dana tidak memungkinkan. Memberikan masker pada rambut adalah salah satu perawatan yang bisa anda lakukan sendiri. Manfaat hair mask untuk rambut salah satunya adalah untuk membuatnya menjadi lembut. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk membuat sendiri masker rambut di rumah. Alam memang telah menyediakan semua yang kita butuhkan. Baik untuk makanan, kesehatan, kecantikan, dan lain sebagainya. Terdapat banyak bahan alami yang bisa anda manfaatkan. Dengan penggunaan bahan alami anda bisa mendapatkan hal-hal berikut:

Berbagai bahan tersebut bisa anda kombinasikan untuk membuat masker yan bisa digunakan saat anda memiliki waktu luang. Selain melembutkan, masker rambut juga akan membuat rambut anda tetap dalam kondisi sehat.

12. Gunakan Sisir Berbahan Kayu

Apakah jenis sisir yang saat ini anda gunakan? Kebanyakan orang menggunakan sisir yang berbahan plastik. Sisir plastik memang tidak membahayakan dan wajar digunakan. Namun jika anda ingin mendapatkan rambut yang lembut, gunakanlah sisir yang berbahan kayu. Mengapa demikian? Sisir dari kayu akan dapat mendistribusikan minyak alami rambut yang ada di dekat akar rambut anda ke seluruh bagian rambut sehingga membuatnya menjadi lebih lembut.

13. Olahraga dengan Teratur

Olahraga merupakan salah satu kunci dari mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Selain itu berbagai manfaat olahraga untuk kecantikan dapat anda dapatkan jika anda melakukannya secara rutin. Olahraga dapat membantu anda mendapatkan kulit yang bersih serta rambut yang sehat. Hal ini karena dengan melakukan olahraga peredaran darah di dalam tubuh anda akan berjalan lebih lancar. Termasuk juga peredaran darah di bagian kepala. Dengan olahraga teratur, anda bisa mendukung perawatan rambut yang sedang anda lakukan untuk mendapatkan rambut lembut dapat berjalan dengan lebih optimal. Dapatkan hasilnya setelah melakukan beberapa minggu latihan rutin.

Olahraga tidak harus selalu yang mahal atau ribet. Terdapat banyak jenis olahraga yang bisa anda pilih dan sesuai dengan minat anda. Hanya saja, kegiatan tersebut jangan sampai membebani diri anda sendiri. Lakukanlah dengan senang hati dan akan akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

14. Hindari Rokok, Minuman Beralkohol, dan Obat-obatan

Memang benar bahwa rokok, minuman beralkohol, dan juga obat-obatan merupakan bahan perusak tubuh dan kesehatan. Faktanya, kini masih banyak orang yang seolah menutup mata dengan hal tersebut. Terutama kebiasaan merokok yang seolah merupakan hal biasa bagi sebagian orang. Jika anda memang bukan seorang perokok, maka bersyukurlah. Karena setidaknya anda akan terbebas dari kerusakan rambut yang lebih parah. Namun anda tetap harus waspada untuk selalu menghindari asap rokok yang bisa terdapat di mana saja. Seorang perokok pasif pun bisa terpapar asap rokok dan menyebabkan rambut menjadi rusak jika hal tersebut terjadi terlalu sering. Jika anda memiliki teman atau saudara yang merokok, sebisa mungkin menghindarlah jika ia sedang merokok.

Itulah berbagai cara merawat rambut agar lembut yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Cara bukan saja mengenai perawatan yang dilakukan tetap juga bagaimana kita menjadi kondisi rambut agar tidak menjadi lebih buruk dan tetap sehat. Karena salah satu kunci mendapatkan rambut yang lembut adalah terjaganya kesehatan rambut kita.