22 Cara Merawat Rambut Agar Lurus dan Lembut Alami

Rambut yang ada di kepala setiap orang memiliki ciri khas keunikannya masing-masing. Modelnya pun berbeda – beda, sesuai susunan genetika setiap orang. Ada yang bergelombang, keriting, dan lurus. Model yang paling populer adalah rambut lurus, seperti sering ditayangkan di televisi melalui iklan sampo, dimana setiap modelnya memiliki rambut lurus indah. Tentu saja hal itu turut mempengaruhi imej di masyarakat mengenai bagaimana seharusnya rambut seorang wanita yang dianggap cantik. Maka tidak heran jika banyak wanita yang berlomba meluruskan rambutnya agar penampilannya semakin menarik.

Memang, jika memiliki rambut yang ikal atau bergelombang, proses penataannya akan lebih sulit dan memakan banyak waktu. Belum lagi jika kusut, sangat sulit menguraikannya. Rambut lurus digemari karena dianggap lebih mudah diatur dan ditata dalam segala model. Juga tidak memerlukan banyak waktu untuk merawat dan menyisirnya karena tidak gampang kusut. Tetapi untuk mempertahankan rambut lurus agar tetap terawat dan terlihat indah perlu dilakukan perawatan yang rutin.

Perawatan Rambut Alami

Segala sesuatu yang menggunakan bahan alami sekarang sedang menjadi trend dan lebih banyak dipilih orang karena minim resiko dan biaya yang tidak mahal. Apabila Anda ingin memiliki rambut lurus dengan perawatan yang aman, maka bahan – bahan alami bisa menjadi pilihan. Beberapa cara merawat rambut agar lurus yang menggunakan bahan alami adalah:

1. Telur dan Susu

Menggunakan telur, bisakah? Ya, tidak hanya untuk dimakan, manfaat telur untuk rambut juga ada banyak. Salah satunya yaitu untuk meluruskan rambut. Ambil satu buah telur ayam kampung, pisahkan bagian putih telurnya, kemudian campurkan dengan 2 cangkir susu putih tawar. Pakai di seluruh bagian rambut, jangan lupakan kulit kepala. Tutup dengan shower cap selama 15 menit, lalu keramas. Bagian kuning telurnya juga bisa digunakan sebagai masker wajah. Manfaat masker kuning telur untuk wajah antara lain mengatasi jerawat, mengurangi minyak dan menghaluskan kulit.

2. Minyak Zaitun

Tidak hanya manfaat minyak zaitun untuk rambut anak, ada juga manfaat minyak ini untuk rambut orang dewasa. Panaskan minyak zaitun secukupnya dalam beberapa menit, tidak perlu sampai mendidih. Tambahkan secangkir daun rosemary kering yang sudah diremas – remas sampai halus. Setelah agak dingin, oleskan ke seluruh kulit kepala dan rambut sambil dipijat, biarkan sekitar 30 menit. Lalu keramas rambut Anda. Untuk perawatan wajah, ada juga cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun.

3. Minyak Kedelai

Minyak kedelai dapat menjadi cara meluruskan rambut secara alami. Campur minyak kedelai dan minyak jarak dalam jumlah yang secukupnya, yaitu 1 sendok makan minyak kedelai dan 2 sendok makan minyak jarak. Oleskan ke seluruh bagian rambut sambil dipijat sebentar. Biarkan selama setengah jam lalu keramas.

4. Yoghurt dan Telur

Selain sebagai cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami, yoghurt juga mempunyai manfaat untuk rambut. Bahannya yaitu satu butir telur ayam kampung dan 5 sendok makan yoghurt. Campur putih telur dengan yoghurt tersebut, lalu pakai di seluruh rambut dan kulit kepala selama 30 menit. Bilas dengan keramas hingga bersih.

5. Pisang dan Pepaya

Manfaat pisang untuk rambut tidak hanya untuk mengatasi rontok, kering dan kusam saja. Pisang juga bisa merawat rambut agar lurus. Rambut lurus juga bisa diperoleh dari manfaat pepaya untuk rambut. Campurkan buah pisang dan pepaya secukupnya, lumatkan hingga halus. Tambahkan air hangat bila terlalu kental dan beberapa tetes madu. Kemudian pakailah di rambut dan kulit kepala, biarkan selama 15 menit, lalu keramas.

6. Seledri

Manfaat seledri untuk rambut salah satunya adalah juga untuk membuat rambut tampak lurus secara alami. Seledri dibuat menjadi jus lalu disimpan semalaman. Esok malamnya, pakailah di rambut, tutup rambut dan biarkan sampai pagi. Sisir rambut pada pagi hari, dan lanjutkan tutup lagi dengan penutup rambut sampai setengah hari, lalu keramas sampai bersih. Selain manfaatnya untuk rambut, ada juga manfaat seledri untuk alis dan manfaat seledri untuk wajah.

7. Lidah Buaya

Telah diketahui sejak lama bahwa manfaat lidah buaya untuk kecantikan sangat baik efeknya. Manfaat aloe vera atau lidah buaya antara lain manfaat lidah buaya untuk kulit dan manfaat aloe vera untuk rambut. Untuk perawatan rambut agar lurus, gel lidah buaya dapat dipanaskan dan dipakai sebagai kondisioner rambut setelah dingin.

8. Tepung Beras dan Telur

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan tepung beras untuk meluruskan rambut tidak bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Jika rambut sudah tampak lurus dan mencapai hasil yang diinginkan, hentikan penggunaannya. Terlalu lama memakainya bisa menyebabkan kerusakan rambut. Campurkan satu buah putih telur ayam kampung dengan 5 sendok makan tepung beras. Aduk sampai menjadi pasta, biarkan sekitar 1 jam lalu keramas sampai bersih.

9. Madu dan Susu

Manfaat susu untuk rambut juga bisa membantunya tampak lurus. Campur satu gelas susu tawar dan 2 sampai 3 sendok makan madu. Biarkan selama kurang lebih dua jam agar terserap sempurna, lalu bersihkan dengan cara keramas. Selain untuk rambut, ada juga manfaat susu untuk kulit.

10. Jeruk Nipis dan Santan

Jika ingin rambut tampak lurus, bisa juga mencoba perawatan menggunakan manfaat jeruk nipis untuk rambut. Bahannya adalah campuran jeruk nipis dan santan, dalam jumlah yang secukupnya saja. Taruh sebentar dalam lemari es agar mengental, lalu pakai di seluruh bagian kepala dan rambut. Tunggu sampai kering, lalu bersihkan dengan cara dikeramas sampai bersih. Bisa dilakukan 2 kali seminggu sampai mendapat hasil yang diinginkan.

11. Minyak Jarak

Minyak jarak adalah salah satu cara melembutkan rambut secara alami. Minyak ini juga bisa dijadikan bahan untuk cara merawat rambut agar lurus. Panaskan minyak ini dalam jumlah seperlunya saja, lalu oleskan ke kulit kepala dan rambut saat masih hangat. Bungkus kepala dengan handuk hangat, tunggu setengah jam lalu bersihkan dengan cara di keramas.

12. Minyak Almond

Rambut yang lurus juga bisa didapatkan dengan menggunakan manfaat almond untuk rambut. Minyak almond bisa menjadi bahan untuk merawat rambut agar lurus. Gunakan beberapa tetes minyak almond, campurkan ke dalam kondisioner yang biasa Anda gunakan setelah keramas.

13. Air Kelapa dan Jeruk Lemon

Tidak hanya manfaat jeruk lemon untuk wajah saja, akan tetapi ada juga manfaat lemon untuk rambut. Camopur segelas air kelapa dan dua sendok makan air jeruk lemon, diamkan beberapa saat dan masukkan ke lemari es dulu. oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala hingga ke akar, bungkus dengan shower cap. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

14. Teh

Minuman yang biasa diminum dengan gula ini juga mempunyai manfaat yang baik untuk perawatan rambut. Manfaat teh hijau untuk rambut dan manfaat teh untuk rambut dapat menjadikan rambut tampak lurus. Caranya sangat sederhana, cukup merebus teh secukupnya, lalu dipakai di kulit kepala dan rambut selama 15-20 menit. Lalu bilas sampai bersih.

15. Minyak Zaitun dan Telur

Telur dapat memperkuat rambut dan membuatnya tetap bersinar, sedangkan minyak zaitun bisa melembabkan rambut dengan baik. Kombinasi kedua bahan ini dapat memberi hasil yang meluruskan rambut. Campur merata dua butir telur dan 4 sendok makan minyak zaitun, pakailah di kulit kepala dan seluruh bagian rambut. Kemudian sisir rambut dengan sisir yang jarang. Pakailah shower cap, biarkan selama 30-45 menit lalu keramas.

16. Susu

Tanpa campuran apapun, susu bisa menjadi bahan untuk meluruskan rambut. Sebaiknya gunakan susu tawar atau plain. Masukkan susu ke dalam botol spray yang bersih, lalu semprotkan mulai dari akar rambut hingga ke ujung rambut, pastikan seluruh bagian rambut sudah dikenai semrotan susu tersebut. Biarkan selama sekitar 20 menit, lalu keramas seperti biasa.

Perawatan Rambut Modern

Cara yang umum diketahui untuk meluruskan rambut ada beberapa macam, dan cara modern ini melibatkan bahan kimia, suhu panas, serta perawatan di salon. Cara ini cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan. Berikut ini adalah beberapa macamnya:

1. Rebonding

Ini adalah teknik meluruskan rambut yang hasilnya rambut lurus yang jatuh ke bawah tetapi masih kelihatan kaku, atau disebut lurus patah. Teknik rebonding cocok untuk rambut ikal atau yang keriting karena menggunakan alat catok yang bisa meluruskan rambut yang bertekstur agak kasar. Namun teknik meluruskan rambut dengan rebonding juga memiliki resiko. Bahaya rebonding rambut yaitu bisa membuat rambut kering dan kasar jika tidak dikerjakan dengan benar, karena menggunakan bahan kimia untuk meluruskan rambut. Jika menggunakan teknik ini, perlu dilakukan cara merawat rambut rebonding agar awet.

2. Smoothing

Smoothing adalah cara meluruskan rambut yang mempunyai efek melemaskan dan melembutkan sehingga hasilnya lebih terlihat alami dan tidak sekaku teknik rebonding. Rambut hasil smoothing akan lebih mudah diatur. Untuk Anda yang menggunakan teknik smoothing tetap perlu menerapkan cara merawat rambut smoothing agar tahan lama, supaya rambut lurus Anda tidak cepat pudar. Perlu diketahui, walaupun smoothing memberikan hasil yang lebih alami, tetapi tidak lepas dari adanya bahaya smoothing rambut yang bisa terjadi bila terlalu sering dilakukan.

3. Catok

Meluruskan rambut dengan alat catok bisa dilakukan sendiri di rumah. Manfaat catok rambut yaitu membuat rambut lebih mudah diatur dan tampak lurus, walaupun tidak akan bertahan selama jika menggunakan teknik rebonding dan smoothing. Karena menggunakan suhu panas tinggi untuk meluruskan rambut, kalau terlalu sering menggunakan alat catok dapat menjadi penyebab rambut bercabang.

Dari kedua macam cara merawat rambut agar lurus tersebut, yang minim resiko adalah cara perawatan yang alami. Memang perawatan alami hasilnya akan lebih lama tampak daripada perawatan modern yang dapat memberikan hasil yang lebih instan, namun perawatan modern juga tidak lepas dari resiko kerusakan rambut jika dilakukan terlalu sering, seperti rambut rontok, bercabang, dan kemerahan. Merawat rambut dengan cara modern memang memiliki banyak resiko karena penggunaan bahan kimia dan suhu panas yang tinggi. Namun itu semua terserah kepada keputusan Anda untuk memilih perawatan mana yang lebih cocok bagi Anda.