18 Cara Merawat Rambut Berwarna Secara Alami Agar Tetap Sehat

Ada kalanya wanita merasa bosan pada penataan rambut yang sama terus menerus dan ingin memberi sentuhan baru pada penampilan. Biasanya, rasa jenuh pada penampilan rambut akan membuat seorang wanita ingin mengubah gaya penataannya. Cara yang paling cepat untuk membuat rambut terlihat bergaya adalah dengan memberi warna atau mengecatnya. Mengecat rambut mudah dilakukan sendiri di rumah, tidak perlu lagi Anda pergi ke salon. Produk pewarna rambut pun sekarang banyak ditemukan di pasaran, sehingga Anda bebas memilih warna dan merk yang sesuai dengan yang diinginkan.

Rambut yang diwarnai membutuhkan perawatan khusus agar warnanya tetap meresap dan tampak dengan baik. Jika tidak, warna rambut akan cepat memudar dan kita akan harus mengecat rambut lebih sering lagi. Untuk memastikan agar warna rambut tetap tampak menakjubkan dan tidak pudar, serta agar penampilan kita tetap tampak maksimal dengan warna rambut tersebut, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk merawatnya.

Perawatan Sebelum Mewarnai Rambut

Perawatan tidak hanya ditujukan kepada kondisi rambut sesudah dicat, akan tetapi harus diperhatikan juga keadaan rambut Anda sebelum dicat agar hasilnya bisa maksimal.

1. Perhatikan Kondisi Rambut

Kunci dari kesuksesan mewarnai rambut adalah untuk memastikan bahwa kita memiliki rambut yang sehat. Cat rambut akan bekerja lebih baik pada rambut yang sehat, sehingga warna yang Anda pilih akan bertahan lebih lama dan lebih tampak jelas. Sebaliknya, bila kondisi rambut Anda kurang baik, penggunaan cat rambut justru akan membuat rambut semakin rusak kondisinya. Perhatikan juga cara menyemir rambut yang benar agar hasilnya bagus.

2. Jangan keramas sebelum mewarnai rambut

Jika memungkinkan, hindari mencuci rambut pada malam sebelum atau hari yang sama dengan hari ketika akan mewarnai rambut. Gunanya agar minyak alami dari rambut tidak hilang dengan proses keramas, jadi hasil pewarnaan rambut akan tampak lebih jelas dan bagus.

3. Pilih warna rambut yang tepat

Memilih warna rambut yang tepat akan membuat perbedaan yang sangat besar pada penampilan kita. Gunakan warna rambut asli Anda sebagai acuan umtuk memilih warna cat rambut. Usahakan memilih warna yang tidak lebih dari dua tingkat lebih gelap atau terang dari warna rambut asli agar bisa mendapatkan warna rambut yang bisa menonjolkan warna kulit Anda. Selain pewarna dalam kemasan, ada juga bahan pewarna rambut alami seperti teh hitam, kopi, kunyit, dan beberapa lagi.

4. Minta bantuan penata rambut profesional

Jika ingin melakukan pewarnaan rambut yang lebih rumit seperti menggunakan dua warna sekaligus, sebaiknya meminta bantuan penata rambut yang sudah profesional dengan mendatangi salon yang bagus. Hindari mencoba mewarnai rambut yang memerlukan teknik dan pengetahuan tentang pewarnaan seorang diri untuk mencegah terjadinya hasil yang tidak diinginkan.

5. Tes Alergi

Warna rambut yang tercantum di dalam kemasan produk cat rambut belum tentu akan terlihat sama setelah diaplikasikan ke rambut Anda, oleh karena itu ikutilah semua petunjuk pemakaian dengan tepat dan seksama. Juga lakukan tes alergi untuk melihat apakah Anda memiliki resiko alergi terhadap bahan kimia yang terkandung di dalam produk cat rambut tersebut. Selain alergi karena bahan kimia, perlu diketahui juga beberapa penyebab alergi kulit wajah yang bisa terjadi.

Perawatan Setelah Mewarnai Rambut

Jika rambut telah selesai diwarnai, juga ada beberapa hal yang bisa dilakukan terkait perawatannya agar warna yang diaplikasikan bisa bertahan lama:

1. Jangan langsung mencuci rambut

Sangat penting untuk tidak langsung mencuci rambut setelah diwarnai. Hal tersebut berguna untuk membiarkan warnanya meresap terlebih dulu pada rambut. Tunggulah selama kurang lebih dua atau tiga hari setelahnya untuk keramas. Yang juga perlu diperhatikan adalah, kurangi frekuensi mencuci rambut agar warnanya tidak menjadi cepat pudar.

2. Gunakan sampo atau produk khusus

Banyak produk yang ditujukan untuk perawatan rambut yang diwarnai. Anda tinggal memilih salah satunya saja, untuk sampo rambut yang diwarnai ada yang berjenis Clarifying Shampoo. Sampo ini berguna untuk dipakai mencuci rambut yang diwarnai dan sekaligus merawatnya agar warnanya bisa lebih bertahan lama, serta menjadi cara membuat rambut lembut walaupun diwarnai.

3. Serum rambut

Menggunakan serum rambut juga berguna untuk merawat rambut yang diwarnai agar kondisinya tetap sehat. Salah satu resiko dari rambut yang diwarnai adalah rambut yang menjadi kering, karena itu serum rambut sangat bermanfaat. Serum dapat menjadi cara merawat rambut kering dan cara mengurangi rambut rontok dengan memberi vitamin pada rambut agar tidak kehilangan nutrisinya karena terkena bahan kimia dari cat rambut.

4. Keramas dengan air dingin

Selalu keramas dengan air dingin untuk memastikan warna rambut masih mengunci dengan baik pada helaian rambut kita. Air panas akan membuat rambut kehilangan minyak dan kelembaban alami sehingga menjadi kering dan memudarkan warna cat rambut lebih cepat. Keramas dengan air panas setiap saat juga dapat menjadi penyebab rambut rontok parah, karena akar rambut kehilangan kelembabannya.

5. Lindungi rambut

Melindungi rambut yang diwarnai bisa dilakukan dengan rutin memakai kondisioner yang khusus dibuat untuk rambut yang dicat. Pakai kondisioner ini setiap setelah keramas dan sebelum berenang. Gunakan tutup kepala jika akan berenang juga untuk menghindari rambut terkena zat klorin dari air kolam renang, karena klorin bisa membuat rambut kering serta memudarkan warna rambut. Manfaat conditioner rambut adalah salah satu cara menyuburkan rambut.

6. Pakai pelindung kepala

Sinar matahari bisa berefek buruk pada rambut yang diwarnai sebagaimana pada rambut yang tidak diwarnai. Warnanya bisa memudar dengan cepat, manjadi penyebab rambut kering dan menjadi kusam. Gunakan scarf atau topi jika akan beraktivitas di tempat yang terkena sinar matahari, atau pakai tabir surya untuk rambut yang bisa melindungi efek buruk dari sinar matahari.

7. Dry Shampoo

Sering keramas memang akan cepat memudarkan warna rambut, namun jika Anda merasa rambut sudah agak kotor padahal bukan waktunya keramas maka Anda bisa menggunakan dry shampoo untuk mencuci rambut. Sampo ini tidak digunakan dengan air jadi aman untuk rambut yang diberi pewarna.

Perawatan Dengan Masker Rambut

Merawat rambut yang diwarnai atau dicat bisa menggunakan masker rambut dari beberapa bahan yang mudah ditemui sehari – hari. Manfaat hair mask untuk rambut selain mengatasi berbagai masalah seperti rontok, kering, ketombe, berminyak, juga bisa membantu mempertahankan warna cat rambut.

1. Cuka

Menggunakan cuka bermanfaat untuk menghilangkan lapisan kotoran di rambut. Manfaat cuka untuk rambut dapat membantu membersihkan lapisan kotoran tersebut sehingga warna rambut akan lebih terlihat. Cara memakai cuka untuk merawat rambut yang diwarnai yaitu:

  • Campur satu cup cuka dengan dua cup air dengan merata.
  • Masukkan ke dalam botol spray.
  • Semprotkan ke rambut secukupnya setelah rambut diberi sampo.
  • Sisir rambut sedikit dan biarkan sebentar, lalu lanjutkan membilas rambut sampai bersih dan beri kondisioner.

Selain cuka putih, ada pula manfaat cuka apel untuk rambut yang mengalami masalah kekeringan, kusam, dan berketombe.

2. Mayonnaise

Salah satu produk yang mudah ditemukan di dapur Anda adalah mayones atau mayonnaise. Mengandung protein dari telur dan minyak yang akan membantu menutrisi kulit kepala, ini adalah cara menggunakan mayones untuk merawat rambut yang diwarnai:

  • Setelah keramas, pakai mayones di rambut dan ratakan dengan sisir bergigi jarang.
  • Tutup kepala dengan shower cap, lalu beri suhu panas menggunakan hair dryer.
  • Biarkan di kepala selama 10-45 menit. Bersihkan dan keramas lagi.

Masker rambut menggunakan mayones ini akan membantu mengunci kutikula rambut dan mencegah warna rambut memudar. Selain itu juga bisa memperkuat rambut dan melembabkan.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah formula yang tepat untuk mempertahankan warna rambut agar tampak makin berkilau dan menjadi cara merawat rambut bercabang. Cara memakainya seperti berikut:

  • Hangatkan sedikit minyak zaitun dalam cup selama beberapa saat.
  • Ketika sudah agak mendingin, gunakan di kulit kepala dan seluruh rambut.
  • Jangan lupa untuk memijatnya sedikit secara perlahan agar peredaran darah di kulit kepala menjadi lancar dan mengeluarkan warna rambut.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut anak juga bisa dilakukan untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu minyak zaitun juga bisa dijadikan bahan untuk cara mengatasi kulit mengelupas di tangan.

Merawat Warna Rambut

Beberapa bahan tertentu juga bisa digunakan sebagai bahan yang bermanfaat merawat warna rambut tertentu dan membuatnya lebih menonjol. Ramuannya adalah seperti berikut ini:

1. Teh Chamomile

Teh ini digunakan untuk membantu menonjolkan warna rambut yang pirang. Cara membuatnya yaitu:

  • Rebus 5-10 kantung teh di dalam 3/4 cangkir air.
  • Biarkan dingin atau bisa menambahkan es batu untuk mempercepat pendinginan.
  • Tambahkan satu sendok teh jus lemon, tuang campuran ke botol spray.
  • Tutup rambut dengan handuk atau shower cap dan biarkan selama setengah jam.
  • Bila ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, tutup kepala dengan handuk yang sudah dihangatkan.

Manfaat lemon untuk rambut dan kulit kepala dapat mengatasi akar rambut, menguatkan kulit kepala, dan cara menebalkan rambut secara alami. Karena itu Anda akan mendapatkan manfaat lainnya jika menambahkan lemon ke dalam campuran ini.

2. Kopi

Manfaat kopi untuk rambut dan manfaat ampas kopi untuk rambut yaitu untuk meningkatkan warna pada rambut berwarna coklat kehitaman atau rambut gelap. Caranya seperti ini:

  • Buatlah kopi seperti biasanya dengan diseduh, biarkan mendingin.
  • Masukkan ke dalam botol spray yang bersih lalu semprotkan ke rambut.
  • Ratakan dengan sisir ke seluruh rambut. Biarkan sekitar 15-30 menit.
  • Kemudian cuci dan bilas dengan sampo.

Menggunakan kopi pada kulit kepala dapat berfungsi sebagai scrub yang juga sebagai cara mengatasi rambut berminyak.

3. Wortel dan Bit

Jika Anda mengecat rambut dengan warna yang kemerahan, gunakan wortel untuk mencerahkan dan memperkuat warnanya. Sedangkan untuk rambut yang berwarna merah gelap, bisa menggunakan jus yang dibuat dari bit. Cara membuatnya:

  • Wortel dan bit dibuat menjadi jus secukupnya.
  • Masukkan jus wortel dan bit tersebut ke dalam botol semprot.
  • Pakai ke rambut secara merata, kemudian bungkus rambut dengan waktu sekitar satu jam dengan handuk hangat.

Selain manfaat wortel untuk rambut, ada juga manfaat wortel untuk kulit dan wortel juga dapat menjadi cara memerahkan bibir secara alami.

Rambut yang sudah terkena pewarna akan berbeda dengan rambut yang belum pernah diwarnai. Tidak hanya karena terkena bahan pewarna, tetapi bahan kimia yang terkandung di dalam cat rambut juga akan turut mengubah struktur dan kondisi rambut secra keseluruhan. Karena itulah sangat penting untuk lebih cermat memilih pewarna rambut yang akan digunakan, perhatikan bahan – bahannya untuk menghindari bahaya cat rambut yang berasal dari bahan kimia yang digunakan. Untuk rambut yang diwarnai, usahakan tidak terlalu banyak menggunakan suhu panas, produk penata rambut dan hindari juga mengecat rambut terlalu berlebihan.