9 Cara Merawat Rambut dengan Santan dan Jeruk Nipis Paling Mudah

Perawatan rambut dengan menggunakan bahan alami seperti jeruk nipis dan santan dipercaya mampu meluruskan rambut dan berkhasiat membuat rambut jadi lebih sehat dan mengkilap. Jeruk nipis mengadung kalsium dan vitamin C yang bisa merelaksasi rambut Anda yang keriting secara alami. Selain itu, perawatan alami menggunakan santan dan jeruk nipis juga berkhasiat sebagai pelembab rambut yang kering.

Jeruk nipis bisa mengatasi ketombe dan mengatasi kulit kepala yang berminyak. Salah satu penyebab rambut ketombe berlebihan adalah kulit kepala yang kotor. Kombinasi antara jeruk nipis dan santan ini bisa membantu kesehatan rambut dan mengendalikan rambut Anda yang keriting. Jika Anda punya rambut keriting, ikutilah cara melembutkan rambut keriting.

Sebuah penelitian menyatakan, santan kelapa mengandung vitamin B1, B3, B5, B6, vitamin C dan E, juga zat besi, selenium, kalsium, magnesium dan fosfor. Jika dikombinasikan dengan jeruk nipis maka menjadi senjata ampuh untuk memanjangkan rambut karena jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C, antibakteri, antioksidan alami yang berguna melancarkan sirkulasi udara pada rambut dan kulit kepala. Hal ini bisa mendorong dan mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Cara Merawat Rambut dengan Santan Kelapa dan Jeruk Nipis

Santan merupakan cairan putih yang warnanya seperti susu yang dihasilkan dari hasil parutan kelapa. Santan tidak hanya bermanfaat dalam membuat masakan yang enak, namun juga untuk merawat rambut secara alami. Jeruk nipis atau yang dikenal dengan nama limau memilik bentuk bulat, warnanya hijau atau kuning, diameternya sekitar 3-6 cm, rasanya asam dan sedikit pahit, rasanya mirip seperti lemon. Lemon dapat dimanfaatkan melalui cara mencerahkan wajah dengan lemon.

Manfaat santan kelapa untuk rambut setidaknya ada tiga jenis:
  • Membuat rambut menjadi lembab
  • Mengendalikan pertumbuhan uban
  • Mengatasi ketombe

Manfaat jeruk nipis untuk rambut setidaknya ada dua jenis:

  • Membuat rambut jadi lebih berkilau dan lembut.
  • Mengatasi ketombe.

Berikut ini merupakan cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk perawatan alami menggunakan santan kelapa dan air perasan jeruk nipis. Cara melakukannya:

1. Siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan.

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain 2 sendok makan air perasan jeruk nipis, sampo yang biasa Anda gunakan, dan satu gelas santan kelapa. Alat-alat yang dibutuhkan antara lain sendok, gelas, shower cap, wadah (bisa berupa mangkuk), dan kulkas.

2. Letakkan kedua bahan dalam satu wadah (mangkuk).

Masukkan satu gelas santan kelapa dan 2 sendok makan air jeruk nipis ke dalam wadah (mangkuk). Pastikan semua wadah yang Anda gunakan benar-benar higenis, bersih, dan tidak kotor. Usahakan memasukkannya dengan perlahan agar santan kelapa dan air jeruk nipisnya tidak tumpah dan mengotori rumah.

3. Campurkan menggunakan sendok.

Campurkan bahan-bahan yang sudah ada di dalam mangkuk, seperti air jeruk nipis dan santan kelapa sampai benar-benar tercampur rata. Gunakan sendok yang bersih juga untuk mengaduknya.

4. Supaya santan mengental, masukkan ke dalam kulkas.

Masukkan campuran itu ke dalam kulkas, agar teksturnya mengental seperti krim atau pasta. Diamkan dalam kulkas sampai beberapa menit atau bahkan beberapa jam.

5. Jika sudah benar-benar mengental, oleskan pada rambut.

Jika tekstur dari campuran tersebut sudah benar-benar kental, segera oleskan pada rambut dengan rata mulai dari akar sampai ujung rambut. Lakukan juga pijatan lembut pada kepala Anda selama 5-10 menit. Kemudian, sisir rambut Anda.

6. Gunakan cap shower.

Anda bisa menggunakan penutup kepala untuk menutupi kulit kepala dan rambut Anda, misalnya dengan menggunakan cap shower.

7. Diamkan selama kira-kira 20 menit.

Diamkan selama 20 menit sampai benar-benar mengering. Setelah mengering, Anda bisa menatanya sesuai keinginan karena kandungan kapurnya sudah berkurang sehingga lebih mudah untuk ditata. 

8. Bilas sampai bersih.

Bilas rambut dan kulit kepala Anda menggunakan sampo dan air yang benar-benar bersih. Setelah itu, keringkan rambut Anda menggunakan handuk yang bersih dengan lembut. Setelah itu, biarkan kering dengan sendirinya tanpa menggunakan hair dryer, karena penggunaan hair dryer secara berlebihan bisa merusak rambut.

9. Lakukan cara ini secara rutin.

Lakukan cara ini teratur, yaitu sebanyak dua kali dalam satu hari untuk memperoleh hasil yang maksimal dan sesuai dengan keinginan dan harapan Anda.

Anda bisa melakukannya secara teratur untuk hasil yang maksimal. Campuran jeruk nipis dan santan kelapa ini merupakan campuran yang menyegarkan untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Selaian itu, dengan dua campuran ini, rambut Anda bisa menjadi lurus tanpa rebonding dan tanpa efek samping yang merusak dan membahayakan rambut Anda. Cara alami ini cukup mudah, Anda tinggal memanfaatkan bahan alami yang tersedia di dapur Anda. Selamat mencoba.

Selain berguna untuk merawat rambut, Anda juga bisa mengikuti cara menghilangkan kutu rambut dengan jeruk nipis dan cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis.