16 Cara Merawat Rambut Ikal agar Tidak Mengembang Secara Alami

Setiap orang memiliki bentuk rambut yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Ada seseorang yang memiliki rambut lurus, keriting dan ikal. Perbedaanya terletak dari rambut yang menjuntai kebawah. Beberapa orang dianugerahi rambut ikal. Rambut ikal adalah rambut yang terlihat sedikit keriting namun masih disebut juga lurus. Rambut ikal memang hampir – hampir lurus namun memiliki gelombang. Dalam perawatannya sendiri rambut jenis ini harus dilakukan dengan baik untuk mencegah rambut ikal tidak mengembang. Karena jika rambut jadi mengembang akan sulit diatur dan dapat menganggu penampilan Anda. Nah, berikut ini penjelasan mengenai cara merawat rambut ikal agar tidak mengembang antara lain :

1.Biarkan rambut kering sendiri

Cara pertama merawat rambut ikal agar tidak mengembang adalah dengan membiarkan rambut kering sendiri. Disini biasanya setelah selesai keramas Anda akan mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk. Tujuannya adalah agar rambut cepat mengering sehingga baju Anda tidak basah akibat air yang menitik pada rambut. Namun lain halnya jika rambut Anda termasuk rambut yang ikal. Justru biarkan rambut kering sendiri tanpa perlu dikeringkan dengan menggunakan handuk.

Artikel terkait :

2. Kelembapan rambut terjaga

Rambut ikal yang terjaga kelembapannya juga dapat mencegah rambut menjadi mengembang. Kelembapan bagi rambut berguna untuk mengatasi rambut yang kasar dan bercabang. Jadi cara terbaik untuk menjaga kelembapan rambut yang ikal adalah dengan selalu memberikan kondisioner pada rambut setelah keramas. Kondisioner yang digunakan adalah yang direkomendasikan untuk rambut lembap selalu.

Artikel terkait :

3. Membersihkan rambut secara teratur

Cara yang ketiga untuk mencegah rambut ikal menjadi mengembang adalah dengan membersihkan rambut secara teratur. Membersihkan rambut dianjurkan sebanyak minimal dua kali dalam seminggu. Tujuannya adalah untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempelpada rambut dan kulit kepala. Anda bisa membersihkan rambut dengan menggunakan produk shampo yang cocok dengan rambut Anda.

Artikel terkait :

4. Lindungi rambut

Aktifitas yang banyak diluar ruangan juga dapat membuat rambut cepat mengalami kerusakan. Contohnya rambut yang ikal dapat menjadi mengembang jika tidak dilindungi. Khusus untuk diluar rumah paparan sinar matahari dapat merubah bentuk rambut menjadi mengembang. Itu sebabnya jika melakukan aktifitas diluar rumah baiknya menggunakan topi yang dapat melindungi rambut.

Artikel terkait :

5. Jangan gunakan shampo

Beberapa orang justru sama sekali tidak cocok untuk menggunakan shampo dalam membersihkan rambut mereka. Bahkan diantara mereka lebih memilih tidak menggunaka shampo sama sekali. Karena shampo yang tidak cocok untuk rambut dapat mengakibatkan rambut yang ikal jadi cepat mengembang. Jika sudah begini memang lebih baik tidak menggunakan shampo tersebut.

Artikel terkait :

6. Menyisir rambut dengan sisir jarang

Cara mencegah rambut ikal menjadi mengembang berikutnya adalah dengan menyisir rambut dengan sisir yang jarang. Sisir bertujuan untuk menata ambut agar indah dilihat. Karena biasanya setelah keramas rambut tidak begitu tertata. Jadi tujuannya disisir adalah untuk menata rambut aga terlihat lebih rapi. Sisir memiliki jarak antara yang satu dengan yang lain jarang dan juga tidak jarang. Bedanya untuk rambut yang ikal baiknya menyisir rambut dengan menggunakan sisir yang jarang. Tujuannya adalah agar rambut tidak menjadi mengembang dengan mudah.

Artikel terkait :

7. Oleskan minyak zaitun

Beberapa bahan alami dipercaya memiliki manfaat bagi rambut, salah satunya adalah minyak zaitun. Minyak yang berasal dari buah zaitun ini sudah lama dikenal dalam dunia kecantikan. Minyak zaitun banyak dimanfaatkan untuk menjaga kehalusan kulit dan juga kecantikan rambut. Minyak zaitun juga dapat membantu mengatasi rambut ikal yang mengembang. Caranya juga cukup mudah tinggal tuangkan minyak zaitun pada telapak tangan Anda. Setelah itu usapkan pada rambut secara teratur.

Artikel terkait :

8. Kondisioner merupakan hal wajib

Seperti telah disebutkan sebelumnya kondisioner juga diperlukan untuk cara merawat rambut ikal agar tidak mengembang. Kondisioner merupakan hal wajib yang harus dioleskan pada rambut setelah Anda menggunakan shampo untuk keramas. Baiknya memilih kondisioner yang direkomendasikan khusus untuk rambut ikal sehingga dapat membantu mengatasi rambut mengembang.

Artikel terkait :

9. Bahan alami

Selain dari minyak zaitun terdapat juga beberapa bahan alami yang berguna untuk mengatasi rambut ikal yang mengembang. Penggunaan bahan alami memang masih menjadi pusat perhatian karena manfaatnya tidak memiliki efek samping, tidak menyebabkan ketergantungan dan tidak memerlukan biaya yang mahal untuk tampil cantik dan sehat. Bahan alami selain minyak zaitun ini antara lain adalah lidah buaya dan minyak kelapa. Kedua bahan alami ini sangat baik untuk mengatasi rambut ikal yang mengmebang, mengatasi ketombe dan merawat rambut secara alami. Cara penggunannya juga mudah cukup oleskan pada rambut dan diamkan selama 30 menit saja. Setelah itu lanjutkan dengan membilas rambut dan kulit kepala hingga bersih.

Artikel terkait :

10. Jangan creambath terlalu sering

Di saat sekarang ini memang merupakan media yang tepat bagi berbagai macam klinik dan salon untuk terus berinovasi memberikan yang terbaik untuk menunjang penampilan wanita. Termasuk salah satunya adalah merawat rambut. Jika diklinik dan salon kita bisa melakukan semacam treatment yang bernama creambath. Disini berbagai macam prosedur untuk mengatasi berbagai masalah rambut ditangani. Namun dibalik itu semua jika terlalu sering melakukan creambath ternyata tidak juga baik untuk kesehatan rambut. Alasannya adalah karena creambath terlalu sering dapat membuat rambut menjadi rusak dan mengembang.

Artikel terkait :

11. Bilas rambut dengan bersih

Cara mengatasi rambut yang ikal agar tidak mengembang selanjutnya adalah membilas rambut hingga bersih. Bagian ini menjadi terpenting karena tidak sedikit orang yang lupa untuk membilas rambut hingga bersih. Pembilasan pada rambut dapat dilakukan setelah menggunakan shampo saat keramas. Perhatikan kebersihan rambut terlebih dahulu karena bila proses pembilasan tidak dilakukan dengan baik justru berujung pada kesehatan rambut yang kurang prima.

Artikel terkait :

12. Pilih kandungan anti frizz dalam shampo

Beberapa produk shampo memiliki kandungan yang beragam didalamnya. Dan sebagai salah satu konsumen yang cerdas Anda harus membaca dengan detail setiap kandungan yang terdapat didalam shampo tersebut. Hal ini karena beberapa shampo memiliki kandungan bernama anti frizz. Anti frizz ini baik untuk mencegah rambut ikal menjadi mengembang. Jadi untuk Anda yang memiliki masalah dengan rambut mengembang maka shampo yang cocok adalah shampo yang memiliki kandungan anti frizz didalamnya. Jangan lupa perhatikan juga tanggal kadaluarsa dari shampo yang akan dibeli.

Artikel terkait :

13. Hindari sinar matahari langsung

Sengatan matahari secara langsung memang tidak hanya berdampak buruk bagi rambut namun juga kepada kulit. Paparan sinar matahari terlebih pada siang hari mengandung sinar ultraviolet. Sinar ini jika mengenai kulit secara berlebihan dapat mengakibatkan pigmentasi pada kulit dan yang lebih para adalah meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Untuk itu sangat baik bagi Anda menggunakan pelindung untuk rambut dan kulit. Contohnya menggunakan jilbab bagi yang musli, topi juga bisa dan payung untuk keluar rumah saat siang hari.

Artikel terkait :

14. Mencukup nutrisi rambut

Sama seperti kulit, rambut juga memerlukan nutrisi untuk tetap tumbuh subur dan sehat berkilau. Jika nutrisi rambut tercukupi maka masalah seperti ketombe, kulit kepala gatal, rambut bercabang dan rambut rontok dapat diatasi dengan mudah. Permasalah seperti rambut ikal yang berubah menjadi mengembang kadang juga berkaitan dengan nutrisi rambut yang tidak tercukupi. Maka perhatikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Pastikan juga untuk sering mengonsumsi buah karena didalam buah terkandung berbagai macam vitamin yang baik untuk rambut.

Artikel terkait :

15. Pilih potongan rambut yang tepat

Potongan rambut juga memiliki peran untuk menjadikan rambut tidak terlihat mengembang bagi Anda yang memiliki rambut ikal. Potonga rambut dengan paling dalam dipotong pendek sedangkan bagian luar lebih panjang bisa membuat rambut terlihat lebih tipis. Potongan rambut yang sesuai dengan rambut Anda juga bisa direkemondasikan oleh penata rambut disalon tersebut. Pilihlan potongan rambut yang tepa agar rambut ikal yang Anda miliki tidak terlihat terlalu mengembang. Karena rambut yang mengembang kadang menyulitkan untuk ditata dan tereksan tidak bisa diatur dengan baik.

(Baca juga : Manfaat madu untuk rambut)

16. Ikat rambut

Terakhit cara mengatasi rambut ikal agar tidak mengembang adalah dengan mengikat rambut. Ini berlaku jika Anda memiliki rambut ikal yang panjang. Dengan mengikat rambut maka rambut menjadi lebih tertata rapi. Rambut ikal memang memerlukan perawatan dan cara yang sedikit sulit daripada rambut yang cenderung lurus saja.

Artikel terkait :

Itulah beberapa langkah-langkah yang telah diuraikan untuk cara merawat rambut ikal agar tidak mengembang. Perawatan sangat dipenting dilakukan untuk memiliki rambut yang sehat.