8 Cara Merawat Rambut Mengembang dan Kasar

Rambut yang menjadi bagian penting dari tubuh agaknya memang membutuhkan perhatianb lebih. Berbagai tipe rambut yang kurang tertata menjadi masalah tersendiri bagi pemiliknya. Masalah rambut yang sering ditemui adalah ketombe, kerontokan, kering, dan berminyak. Permasalahan tersebut akan membuat pemilik menjadi minfder secara emosional dan mental dalam persoalan penampilan. Kali ini yang akan kita bahas adalah permasalahan bagi tipe rambut kering dan cenderung mengembang yang membuat pemiliknya membutuhkan waktu lebih lama untuk tampil rapi. (baca juga: Cara Membuat Masker AlamiCara Agar Bulu Mata Lentik)

Memiliki rambut dengan tipe kering sekaligus mengembang memang gampang-gampang sulit. Pasalnya, rambut yang mengembang terlihat bagus saat sudah tertata rapi, sebaliknya jika anda belum menghabiskan waktu lebih lama untuk menata dan memanjakan rambut tipe ini, bisa jadi penampilan akan berantakan. Rambut dengan tipe mengembang biasanya memiliki tekstur tipis, keriting, atau kering. Nah, bagi anda yang memiliki tipikal rambut semacam ini, ada baiknya menyimak beberapa tips merawat rambut mengembang berikut ini! (Baca Juga: Cara Mencerahkan Kulit Wajah , Manfaat Ginseng untuk Kecantikan)

  1. Rajin Membersihkan Rambut

Membersihkan rambut dengan rutin adalah cara pertama untuk merawat rambut yang mengembang. Beberapa penelitian menunjukan kebrsihan rambut cukup berpengaruh pada jenis-jenis kerusakan rambut, salah satunya adalah ranmbut yang terlihat kering dan sukar ditata. Pastikan anda selalu melakukan keramas secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu. Selain itu, pemilihan jenis shampo yang tepat akan membantu melembabkan rambut kering mengembang yang anda miliki. Anda bisa mencoba shampo dengan ekstrak bahan-bahanj alami seperti alpukat, pepaya, wortel atau minyak kelapa. Bahan-bahan tersebut terbukti dapat melembutkan rambut dengan cepat. Anda juga bisa memilih shampo dengan kadar pH yang rendah dan lebih baik mengandung vitamin E. Setelah itu biarkan rambut kering secara alami (jangan menggunakan hairdryer).

Artikel terkait: Manfaat Hair TonicCara Membuat Masker Belerang

  1. Menggunakan Pelembab atau Conditioner

Pelembab atau conditioner dapat menjadi langkah anda selanjutnya setelah keramas. Menggunakan conditioner pada bilasan terakhir akan membantu mengurangi risiko rambut kering anda menjadi kusam. Conditioner sangat dianjurkan karena bermanfaat untuk melmbutkan rambut yang kering.Bisa juga memilih penggunaan pelembab saat rambut sudah setengah kering usai keramas. Pemakaian pelembab dapat sekaligus menambah vitamin bagi rambut anda. Atau bagi anda yang memiliki tanaman lidah buaya di rumah, alangkah baiknya menggunakan lidah buaya setelah keramas sebagai pengganti conditioner. Lidah buaya dipercaya mampu melembabkan rambut yang kering. (baca juga: Tips Mencerahkan WajahManfaat Madu Untuk Kulit)

  1. Kurangi Pemakaian Hair Dryer

Bagi anda yang hobi ke salon khususnya para wanita. Sebaiknya mengurangi kebiasaan menggunakan hairdryer. Pemakaian hairdryer yang terlalu sering akan membuat kerusakan baru pada rambut mengembang anda, seperti kusam bahkan bercabang. Pasalnya, hairdryer mampu mengeluarkan panas yang sangat berpengaruh pada kulit kepala dan membuat rambut tidak sehat. (Baca Juga: Cara Menghaluskan Rambut , Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok)

  1. Menggunakan Minyak Rambut Alami

Secara alami, rambut sudah mampu menghasilkan sendiri minyak untuk menjaga kelembabannya. Namun, terkadang minyak tersebut akan berangsur berkurang bersamaan dengan intensitas kita keramas. Dengan demikian rambut yang tadinya lembab akan terlihat kering dan mudah mengembang sehingga susah diatur. Cara mengatasinya adalah dengan memakai minyak rambut berbahan alami seperti minyak kemiri, minyak merang, minyak zaitun, serta beberapa jenis minyak alami lainnya yang sudah banyak dijual di pasaran. (baca juga: Cara Membuat Rambut KlimisManfaat Ampas Kopi untuk Wajah)

  1. Memilih Sarung Bantal

Bantal memiliki pengaruh cukup penting dalam merawat rambut yang mengembang. Gantilah sarung bantal anda dengan bahan yang lembut. Gesekan rambut dengan sarung bantal saat tidur menjadi satu diantara faktor penyebab rambut menjadi kasar keesokan harinya. Usahakan menggunakan sarung bantal berbahan lembut seperti silk atau sutra. (Baca Juga: Suntik Vitamin C dan Kolagen , Manfaat Emas untuk Kecantikan Kulit)

  1. Memakai Produk Non Alkohol

Menggunakan produk kesehatan atau kecantikan untuk rambut sebaiknya memilih yang berbahan non alkohol. Kandungan alkohol dalam sebuah kosmertik akan mengakibatkan kerusakan. Bagi rambut, alkohol justru menjadi faktor penyebab rambut kering sehingga mudah sekali mengembang.

Artikel Terkait:

  1. Terapi Hot Oil

Melakukan terapi sendiri di rumah akan sangat mengasikan sekaligus hemat. Ya, anda yang memiliki sedikit waktu luang alangkah tepat jika anda memilih untuk memanjakan rambut anda di rumah dengan beberapa terapi dibandingkan harus pergi ke salon. Terapi Hot Oil adalah cara yang tepat bagi anda yang memiliki tipe rambut kering mengembang agar tampak lembut alami.Hot Oil adalah perawatan rambut dengan memanaskan sedikit minyak yang akan diaplikasikan ke kulit kepala anda. Terapi hot oil menjadi rahasia mengatasi berbagai kerusakan rambut oleh para pakar kecantikan ternama. Minyak yang digunakan adalah minyak yang berasal dari bahan nabati seperti minyak almond, minyak argan, minyak kelapa, minyak alpukat, dan minyak nabati lainnya. Setelah dipanaskan, minyak tersebut dapat dioleskan merata pada rambut anda dan tutup kembali dengan handuk hangat sebelum melakukan keramas. (baca juga:  Cara Membuat Masker BelerangManfaat Apel Untuk Kulit)

  1. Stop Bahan Kimia

Seperti yang kita ketahui bersama, penggunaan zat kimia dalam produk kecantikan justru menimbulkan berbagai efek negatif. Bagi anda yang ingin memiliki rambut tampak lembut dan sehat, kurangilah memakai jenis perawatan rambut yang mengandung bahan kimia. Sebaiknya, pakailah masker rambut yang terbuat dari bahan alami dengan cara membuat masker sendiri untuk rambut anda. Masker bisa terbuat dari bahan-bahan tradisional yang bisa anda temukan di area dapur anda seperti minyak kelapa, yoghurt, alpukat, air garam, santan, dan beberapa bahan bermanfaat lainnya. Menggunakan bahan alami seperti ini lebih terlihat manfaatnya dan pasti lebih hemat kan?

Baca juga:

Setiap orang terutama bagi wanita pastinya selalu mendambakan rambut yang sehat dan lembut sehingga dapat tampil cantik setiap saat. Pemilihan produk rambut saat ini sangat beragam. Bahkan beberapa diantara anda pasti pernah mencoba berbagai merk untuk menemukan produk yang sesuai dengan rambut anda. Usahakan untuk meneliti berbagai kandungan dalam produk yang akan anda beli, serta mintalah jasa pakar kesehatan rambut untuk menunjukkan jenis kandungan apa saja yang cocok untuk tipe rambut anda.

Demikian artikel informatif mengenai cara merawat rambut mengembang, semoga bermanfaat!