15 Cara Merawat Rambut Smoothing agar Tahan Lama

Rambut merupakan mahkota bagi para wanita. Rambut yang lurus menjadi dambaan setiap wanita karena zaman sekarang rambut lurus sedang menjadi trend. Salah satu cara untuk meluruskan rambut yaitu dengan smoothing. Rambut yang ikal dapat menjadi lurus dengan di smoothing. Smoothing sebenarnya beda tipis dengan rebonding. Bedanya smoothing dengan rebonding yaitu langkahnya. Smoothing lebih instan daripada rebonding sehingga resiko rambut kembali seperti keadaan semula lebih cepat daripada rebonding. Smoothing lebih banyak diminati karena hasilnya lebih lembut dan tampak lebih alami daripada rebonding.

Smoothing dilakukan di salon-salon dengan bantuan obat kimia. Smoothing tentunya dengan biaya yang tidak murah. Rambut yang ikal ataupun kriting dapat menjadi lurus, lembut dan tampil cantik dengan smoothing. Setelah dilakukan smoothing tentunya juga perlu perawatan agar lurusnya tetap bertahan. Selain meluruskan smoothing juga melembutkan rambut. Smoothing kurang tahan lama dibanding rebonding.

Tetapi sebenarnya ada tips dan cara perawatan rambut smoothing agar dapat tahan lama. Berikut ini beberapa cara perawatan rambut agar smoothing anda tahan lama:

1. Setelah smoothing jangan keramas selama 3 hari

Smoothing dilakukan dengan menggunakan obat kimia. Jika anda baru melakukan smoothing jangan keramas terlebih dahulu selama 3 hari. Biarkan obat smoothingnya meresap terlebih dahulu kedalam rambut, setelah 3 hari baru silahkan keramas. Jika setelah smoothing anda langsung keramas obat yang ada bisa luntur terbawa air. Jadi hindari keramas setelah melakukan smoothing. Saat melakukan smoothing usahakan memilih obat yang berbahan dasar alami atau herbal supaya rambut anda terhindar dari penyebab kerusakan pada rambut.

2. Gunakan masker rambut

Masker rambut memberi manfaat agar rambut tetap lembab, tidak rontok, memberi nutrisi serta vitamin agar rambut tetap sehat. Setelah 3 hari tidak keramas dari awal pertama melakukan smoothing, sekarang anda silahkan keramas dan gunakan masker rambut.

(baca juga kegunaan masker rambut lainnya untuk : cara merawat rambut rebonding, cara merawat rambut rontok)

3. Keramas selama 2 minggu sekali

2 minggu seperti waktu yang sangat lama untuk tidak melakukan keramas, tetapi ini untuk menjaga agr rambut smoothing anda tetap bertahan lama. Keramas 2 minggu sekali menggunakan shampoo yang cocok dengan rambut anda. Keramas bermanfaat untuk menjaga kebersihan rambut dari berbagai kotoran yang menempel pada rambut.

Sponsors Link

4. Gunakan kondisioner setelah keramas

Kondisioner bermanfaat untuk menjaga kelembutan rambut. Setelah keramas gunakan kondisioner tetapi jangan gunakan sampai ke akar rambut karena dapat menimbulkan penyebab kulit kepala gatal, berketombe dan rambut mudah lepek.

5. Jangan mengikat rambut atau menjepit rambut

Mengikat atau menjepit rambut yang telah di smoothing akan menyebabkan rambut bergelombang karena bekas ikatan atau jepitan. Biarkan rambut anda terurai agar kelurusan rambut bisa tetap terjaga.

6. Hindari mengeringkan rambut menggunakan hair dryer

Mengeringkan rambut dengan menggunakan hair dryer akan merusak rambut karena penggunaan hair dryer akan membuat rambut menjadi kering. Rambut yang tidak dismoothing juga bisa rusak apabila dikeringkan dengan hair dryer, sama seperti halnya rambut yang dismoothing. Cara mengeringkan rambut agar tetap sehat yaitu dengan menggunakan anduk dengan ditekan-tekan dengan pelan dan jangan sampai disisir sebelum kering. Biarkan kering secara alami karena terkena angin.

7. Lakukan trim secara berkala pada rambut

Seorang perempuan sering mengalami rambut kering dan bercabang. Anda harus rajin-rajin serta perhatian pada rambut anda. Jika rambut bercabang, potong bagian rambut yang bercabang karena rambut yang bercabang tandanya sudah tidak sehat. Pemotongan dilakukan agar rambut tidak semakin parah rusaknya, dengan dipotong maka rambut akan tumbuh kembali dengan baik.

8. Lakukan creambath atau spa rambut

Agar rambut yang dismoothing tetap awet dan tahan lama serta tetap sehat lakukanlah creambath atau spa. Lakukan creambth atau spa minimal 2 minggu sekali atau paling lama sebulan sekali.

9. Jangan terlalu sering mencatok rambut

Melakukan pencatokan pada rambut yang terlalu sering dapat menyebabkan rambut kering karena proses pencatokan menggunakan energi listrik yang mempuyai sifat panas sehingga menyebabkan rambut kering. Catok memang membuat rambut semakin lurus tetapi juga menyebabkan rambut cepat rusak. Maka hindari penggunaan catok yang terlalu sering.

10. Gunakan sisir yang bergerigi lebar

Rambut wanita memang rawan rontok apalagi kalau panjang. Rambut rontok pada wanita yang berambut panjang memang bukan hal yang sangat membahayakan tetapi masih wajar. Tetapi kita bisa sedikit berusaha agar rambut kita tidak rontok terlalu banyak. Saat kita menyisir rambut gunakan sisir yang bergerigi lebar agar rambut bisa tetap rapi tanpa mengalami kerontokan yang banyak.

11. Gunakan masker alpukat atau yogurt

Masker berguna untuk membuat rambut lebih kuat dan tetap sehat. Anda dapat menggunakan masker dengan alpukat atau yogurt. Jika menggunakan alpukat, terlebih dahulu haluskan alpukat lalu oleskan secara merata pada rambut anda. Setelah teroles secara merata dengan secara pelan-pelan sisir rambut anda kemudian keringkan terlebih dahulu agar masker dapat menyerap kedalam rambut lalu bilas dengan air bersih.

Jika menggunkan masker yogurt, caranya sama yaitu oleskan yogurt pada rambut anda, lalu biarkan selama 20 menit agar yogurt meresap kedalam rambut. setelah kering bilas dengan air. Anda dapat menggunakan madu atau minyak zaitun sebagai bahan tambahan agar hasil lebih maksimal dan rambut tetap sehat.

Sponsors Link

12. Gunakan masker lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit sering digunakan dalam produk perawatan. Termasuk untuk shampoo atau perawatan rambut lainnya karena manfaat lidah buaya yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Lidah buaya dapat menjaga kesuburan rambut dan menjaga agar rambut kuat dan tidak mudah rontok. Lidah buaya dapat digunakan sebagai masker rambut. Cara membuat masker rambut dengan lidah buaya yaitu dengan mengambil daging lidah buaya dan ambil lendirnya lalu oleskan pada rambut. Setelah dioleskan tunggu beberapa menit, yaitu sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

13. Gunakan sarung bantal yang berbahan lembut

Sarung bantal juga harus diperhatikan demi menjaga agar rambut smoothing anda tetap terjaga. Sarung bantal yang terbuat dari bahan yang kasar dapat merusak rambut akibat gesekan ketika anda tidur. Gunakan sarung bantal dari bahan yng halus dan lembut seperti satin agar bangun tidur rambut anda tidak kusut.

14. Hindari mewarnai rambut

Mewarnai rambut dapat menimbulkan kerusakan pada rambut begitu juga pada rambut yang di smoothing. Jika anda ingin mewarnai rambut anda tunggu sampai umur rambut anda 3 bulan setelah smoothing agar efek smoothing sudah tidak begitu bermasalah ketika dicat atau diwarnai.

15. Menggunakan kelapa dan susu

Anda bisa memilih perawatan kelapa atau susu berikut ini :

  • Dengan menggunakan kelapa – Cara menggunakan kelapa agar rambut smoothing tetap sehat dengan menggunakan kelapa yaitu pertama parut kelapa lalu haluskan kemudian campur dengan air dingin dan oleskan pada rambut. biarkan selama 2 sampai 3 jam lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan 2 kali dalam sebulan.
  • Dengan menggunakan susu – Susu selain baik untuk kesehatan tubuh kita ternyata juga baik untuk kesehatan rambut kita. Cara menggunakan susu untuk rambut kita yaitu dengan cara campur susu dengan air dingin lalu kocok hingga tercampur secara merata dan semprotkan pada rambut. Lalu keringkan dengan menunggu sekitar 15 menit, lalu sisir rambut secara perlahan setelah itu bilas dengan air bersih.

Demikian beberapa tips dan cara agar rambut smoothig bisa tahan lama. Semoga dengan mengikuti dan melakukan beberapa cara diatas rambut smoothing anda dapat bertahan lama, tetap lurus, berkilau tidak rontok serta sehat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 22nd, December 2015 / 09:06 Oleh :
Kategori : Rambut